Cara Mengatasi dan Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah dan Sekitar Mata ( Mata Panda )

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah dan Sekitar Mata ( Mata Panda )

HarianTrendingTopik.Com - Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah dan Sekitar Mata. Problem soal penampilan terutama pada bagian sekitar mata memang selalu membutuhkan perhatian khusus. Dengan bertambahnya usia, pasti akan banyak masalah penampilan yang mulai memunculkan tanda-tandanya seperti lingkaran hitam di sekitar mata ( mata panda ) atau semacam kulit kendur dan berwarna gelap dibawah mata ( kantung mata ).

Munculnya Lingkaran hitam di sekitar mata atau sering disebut mata panda dan kantung mata bukanlah hal yang aneh jika seseorang sudah memasuki usia kerja. Tuntutan pekerjaan apalagi kalau sembari mencari ilmu pasti memberikan tekanan yang tinggi pada otot sekitar mata. Mata panda dan kantung mata hampir seperti efek sebab akibat yang tidak dapat dihindari.

Banyak sekali penyebab munculnya warna hitam di sekitar mata, tidak hanya karena kelelahan, faktor kesehatan juga mempengaruhi lho !. Bukan hanya pada orang dewasa, mata panda juga dapat terjadi pada anak-anak.

Karena mempunyai berbagai penyebab munculnya, tentu saja cara mengatasi dan menghilangkan lingkaran hitam di bawah dan sekitar mata juga berbeda tergantung dari penyebabnya. Cara menghilangkan lingkaran hitam di mata dapat menggunakan cara alami atau lebih cepat dengan pengobatan dokter seperti menggunakan jenis cream tertentu.

Jadi jangan sembarangan mencoba obat-obatan yang hanya di iklankan melalui media internet. Dikhawatirkan bukannya akan menghilangkan tapi justru menambah parah keadaan. Anda dapat menyimak pembahasan singkat berikut ini untuk mengetahui cara yang tepat mengatasi munculnya warna hitam di sekitar mata anda.

Penyebab Lingkaran Hitam Dibawah Mata


Lingkaran hitam di sekitar mata memiliki banyak sekali faktor penyebabnya. Penyebab yang paling sering terjadi adalah karena kerusakan pembuluh darah di sekitar mata. Di sekitar mata banyak sekali pembuluh darah halus, nhah! jika pembuluh darah tersebut mengalami kerusakan atau sirkulasi darah tidak lancar maka akan membuat kondisi kulit sekitar mata nampak kehitaman.

Memang masih banyak penyebab lainnya, tapi fase akhir dari penyebab lain tersebut juga akan menimbulkan efek kerusakan pembuluh darah di sekitar mata. Berikut adalah daftar penyebab munculnya lingkaran hitam di sekitar mata ( Mata panda ) dan kantung mata.

1. Kondisi Stres, Pola Istirahat Terganggu, Kemudian Muncul Gejala Insomnia

Penyebab munculnya lingkaran hitam dan kantung mata yang paling sering di alami oleh pria atau wanita setelah masuk usia kerja adalah kondisi stres karena tekanan pekerjaan dan belum lagi adanya beban pikiran dari luar misalnya masalah keluarga atau masalah pribadi.

Kondisi stress tidak akan menyebabkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata, tapi ketika stres sudah berlarut-larut dan mempengaruhi pola istirahat kemudian sering mengalami kesulitan tidur ( insomnia ), barulah akan muncul lingkaran hitam dan kantung mata.

Baca Juga : Gejala dan cara mengobati insomnia

Bagaimana bisa ? Sirkulasi darah terbaik ke daerah wajah terutama bagian mata ( sebenarnya sirkulasi untuk semua jaringan kulit ) hanya dapat terjadi ketika posisi badan benar-benar rileks dan beristirahat, dengan kata lain adalah ketika tidur.

Kulit dapat bersih, bebas flek hitam jika sirkulasi darah dapat mencukupi kebutuhan oksigen untuk jaringan kulit. Jika waktu tidur terganggu dan tak beraturan, oksigen untuk jaringan kulit di sekitar mata akan terlambat dan sedikit, sehingga pembuluh darah halus di sekitar mata akan menjadi "lelah" dan rusak.

Kondisi seperti ini akan mempercepat munculnya lingkaran hitam dan kantung mata. Kurang tidur hanya menjadi penyebab awal, setelah sirkulasi darah terganggu terus menerus makan akan muncul penyebab berikutnya yaitu penuaan

2. Penuaan, Kelelahan, dan Make Up yang Berlebihan

Faktor penuaan dan kelelahan sama hal nya dengan kondisi stres yang akhirnya membuat waktu istirahat terganggu, rasa badan sudah mengantuk tapi tetap tidak bisa tidur. Akhirnya masuk ke gejala insomnia.

Penuaan yang terjadi pada jaringan kulit, terutama kulit pada wajah akan menuntun seorang wanita untuk menggunakan make up lebih banyak agar menyamarkan kondisi penuaannya. Pemakaian make up yang berlebihan tentunya menyebabkan kulit tertutup dan sulit mendapatkan sirkulasi udara.

Memang dari pandangan orang lain, penuaan tidak akan terlihat, tetapi tetap saja kulit akan bertambah lelah karena harus menahan tekanan dari make up yang digunakan. Bukannya menghilangkan noda hitam, alhasil malah warna hitam di sekitar mata akan semakin permanen.

3. Terlalu Sering dan Banyak Mengkonsumsi Kafein dan Merokok

Masih dengan efek yang sama dari penyebab munculnya lingkaran hitam di sekitar mata yang pertama dan kedua. Kafein dan zat nikotin pada rokok juga akan mempengaruhi kualitas istirahat malam anda.

Kurang tidur, kelelahan dan rasa tekanan karena stres juga termasuk efek akibat banyak mendapatkan kandungan kafein dan nikotin lho ! Lebih parahnya, Kafein dan nikotin yang berlebihan akan mempunyai efek berantai yang akhirnya dapat mempercepat kondisi penuaan pada jaringan kulit di seluruh tubuh.

4. Flu, Hidung Tersumbat, Terkena Alergi, dan Terlalu Sering Bersin

Penyebab munculnya lingkaran hitam dan kantung mata berikutnya adalah kondisi dimana sistem pernafasan terganggu, lebih spesifik yaitu kualitas istirahat terganggu karena susah bernafas ataupun terlalu sering bersin-bersin.

Selain faktor susah tidur yang sudah dijelaskan sebelumnya, gangguan di sekitar hidung akan menyebabkan bersin yang lebih kuat dari pada biasanya.

Tingkat bersin ketika terkena gejala flu dapat memberikan tekanan lebih besar di sekitar otot wajah, yang tentu saja ada kemungkinan merusak beberapa pembuluh darah halus pada sekitar mata.

5. Salah Membersihkan Make Up

Membersihkan make up juga jangan sembarangan dan menggosok terlalu keras yang dapat menyebabkan luka di sekitar kulit wajah. Make up akan lebih sulit dibersihkan pada bagian sekitar mata. Jadi harus benar-benar bersih dan harus hati-hati.

Selain dari cara membersihkannya, anda harus benar-benar tau produk pembersih make up yang cocok untuk kulit anda. Pastikan anda mengetahuinya bukan dari iklan di berbagai media tapi langsung dari dokter perawatan kulit agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

6. Faktor Lain Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam dan Kantung Mata

Penjelasan ke 5 faktor penyebab munculnya warna hitam di sekitar mata sebelumnya adalah penyebab yang umum dan pasti terjadi pada semua orang. Di sisi lain memang ada penyebab yang hanya di miliki oleh orang-orang tertentu.

Misalnya karena faktor keturunan, hormon bahkan perubahan cairan dalam tubuh juga dapat mempengaruhi munculnya lingkaran hitam di sekitar mata. Untuk faktor khusus ini, penanganan yang dibutuhkan tentunya tidak sama dengan penyebab yang terjadi secara umum.

Penyebab Lingkaran Hitam Disekitar Mata di Bawah Mata Anak


Jangan salah ! Bukan hanya pada orang dewasa yang dapat muncul lingkaran hitam di sekitar mata. Anak-anak juga dapat memiliki gejala yang serupa. Perbedaanya, penyebab munculnya lingkaran hitam dan kantung mata pada anak memiliki lingkup yang lebih sempit.

Penyebab umum yang terjadi juga sama, yaitu kurang atau terganggunya waktu tidur. Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama, jika waktu tidurnya kurang, anak-anak juga dapat memiliki warna hitam di sekitar mata.

Penyebab khususnya tentu tidak lain karena faktor keturunan. Jika anak anda mudah sekali memiliki lingkaran hitam di sekitar mata, misalnya karena flu beberapa hari langsung muncul warna hitam di sekitar mata, cobalah cek dari sisi faktor keturunan misalnya dari keluarga serumah atau dari kakek dan neneknya.

Tips dan Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah dan Sekitar Mata


Dengan pesatnya perkembangan teknologi kesehatan, cara menghilangkan lingkaran hitam dan kantung mata kini semakin mudah. Tapi tetap saja anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan kulit juga agar hasil pengobatan lebih baik.

1. Produk Perawatan Kulit dengan Vitamin K, Tabir Surya SPF 30 dan Sinar Laser

Penggunaan Tabir Surya SPF 30 untuk menghilangkan warna hitam di sekitar mata sudah banyak digunakan. Fungsi utamanya adalah melindungi kulit dari sinar matahari dan ultraviolet.

Ketika tabir surya SPF 30 bekerja untuk melindungi, anda dapat menggunakan juga produk perawatan kulit berupa vitamin dan nutrisi agar regenerasi sel-sel kulit yang mati dan pembuluh darah yang rusak dapat bekerja dengan optimal.

Perawatan kulit hitam dengan laser memang merupakan metode paling cepat untuk menghilangkan kulit hitam disekitar mata karena pembuluh darah yang pecah dan rusak. Tentunya biaya yang dikeluarkan pasti lebih besar.

2. Penggunaan Obat Tidur atau Obat Alergi

Lingkaran hitam dan kantung mata dapat terjadi karena kurang tidur ataupun karena sedang menderita flu dan sejenis alergi. Obat tidur dan obat alergi bukan bertujuan untuk menghilangkan lingkaran hitam tersebut melainkan memperbaiki apa yang menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam dan kantung mata.

Penggunaan sejenis obat tidur dan obat alergi tidak boleh sembarangan. Anda harus tau pasti apa penyebab anda susah tidur atau sedabng terjangkit virus apa. Berkonsultasilah ke dokter kepercayaan anda untuk hal ini.

3. Perawatan dengan Dermal Filler

Dermal Filler merupakan metode yang digunakan dalam prosedur medis dengan media suntik yang bertujuan untuk memasukkan bahan khusus agar dapat menyamarkan keriput atau bekas luka pada kulit wajah.

Selain itu Dermal Filler juga dapat digunakan untuk memperbaiki pembuluh darah yang mengalami kerusakan dibawah kulit. Bahan yang disuntikkan pun dapat berbeda-beda tergantung kebutuhannya. Efek dari perawatan Dermal Filler dapat dilihat dengan cepat. Dalam waktu beberapa hari saja warna hitam di sekitar mata sudah dapat memudar bahkan menghilang.

Cream Penghilang Lingkaran Hitam Dimata

Produk Cream yang digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar atau dibawah mata biasanya adalah produk cream pemutih kulit.

Jangan sembarangan atau coba-coba menggunakan cream pemutih untuk menghilangkan mata panda atau warna hitam di sekitar mata. Ingat ! Jenis kulit setiap orang tidaklah sama yang artinya bahan kandungan di dalam cream yang dibutuhkan untuk kulit tentu saja berbeda-beda.

Cream penghilang lingkaran hitam atau cream pemutih yang biasa disarankan dokter adalah cream yang mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin K, Vitamin E, Vitamin C, zat pencerah, retinol serta Hydroquinone yang berfungsi menghambat enzim penyebab kulit gelap.

Anda juga dapat menggunakan cream dengan bahan pelembab agar proses regenerasi kulit dibawah mata menjadi lebih baik. Sedangkan untuk kantung mata, anda dapat menggunakan cream dengan kandungan bahan elastine dan niacinamide untuk menstimultan kembalinya kekencangan kulit wajah dibawah mata.

Cara Alami Menghilangkan Lingkaran Hitam Di Sekitar Mata Dengan Cepat


Menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata secara alami tidak selalu menggunakan bahan herbal yang di oleskan pada kulit yang berwarna hitam atau dengan bahan herbal yang diminum. Cara alami ini lebih berfokus untuk menghindari kebiasaan buruk yang menyebabkan munculnya lignkaran hitam di sekitar mata.

1. Hindari Alkohol, Rokok dan makanan Penyebab Jenuh

Seperti yang sudah dijelaskan, kandungan dalam alkohol dan rokok dapat mengganggu waktu istirahat anda, sedangkan kulit membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk beregenerasi dengan baik.

Makan seperti makanan cepat saji tanpa adanya kandungan nutrisi yang lengkap juga akan membuat kulit anda kering dan bisa jadi lebih cepat mengalami penuaan.

2. Minumlah Air Putih yang Banyak

Kemampuan kulit untuk beregenerasi juga dapat berkurang lho ! Nhah pastikan kulit tidak kering dengan banyak minum air putih agar ketika istrirahat malam, proses pengangkutan nutrisi yang sudah dicerna dan di edarkan ke seluruh tubuh melalui darah dapat mudah sampai kedaerah kulit mata dengan kandungan cairan di dalam darah yang tercukupi.

3. Paksakan Waktu tidur Anda Cukup 8 Jam, Jangan Kurang !

Dengan menghindari alkohol, rokok, serta kafein, seharusnya tubuh anda merasakan lelah dan ingin segera beristirahat. Biarkan saja ! Beristirahatlah dengan rileks dan nyaman. Tinggalkan masalah dan pekerjaan di luar ruangan tidur.

Buat agar kamar tidur anda bebas alat elektronik seperti TV dan Handphone. Cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas salah satunya adalah dengan minum minuman herbal yang menenangkan untuk istirahat seperti sejenis jamu.

Tujuan waktu tidur yang cukup adalah badan anda mendapatkan waktu untuk istirahat dengan baik dan regenerasi sel-sel anda berjalan dengan sempurna. Jika anda sudah mengalami gangguan insomnia, segera mungkin dapatkan penanganan medis.

4. Olahraga Teratur dan Relaksasi Mata

Olahraga teratur tentu saja berguna untuk membuang toxin yang berada di bawah kulit. Toxin dan racun yang menumpuk dibawah kulit hanya dapat terbuang jika tubuh mengeluarkan keringan secara efektif. Olah raga dengan teratur dan rutin adalah satu-satunya cara agar kulit anda mampu membuang kotoran.

Relaksasi mata dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan berlibur. Berlibur tidak perlu jauh dan mahal, anda hanya perlu berjalan-jalan ke tempat yang dominan berwarna hijau misalnya ke daerah air terjun dan hutan wisata. Karena warna hijau dapat membuat otot mata berkontraksi dan menjadi rileks.

Agar otot dan pembuluh darah di sekitar mata tidak tegang, anda dapat melakukan kompres mata misalnya denga irisan mentimun atau kain yang di dinginkan. Kalau anda memiliki dana yang lebih baik, belilah alat pinjat otot sekitar mata dengan ekstra inframerah agar melancarkan peredaran darah di sekitar mata. Masker pisang ternyata dapat menjaga kesehatan wajah !

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah dan Sekitar Mata atau Mata panda pada dasarnya sangat mudah. Anda hanya harus mengetahui dengan pasti apa penyebabnya dan menghentikan kebiasaan penyebab tersebut. Semua produk perawatan untuk menghilangkan lingkaran hitam dan kantung mata sebisa mungkin anda konsultasikan dulu kepada dokter sebelum mempergunakannya.

Yang terakhir jangan lupa bahagia dan hilangkan semua penyebab stres anda. Karena stres adalah awal dari masalah kesehatan yang serius, apapun itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel