Ukuran Panjang Senar PE dan Leader untuk Ultralight UL

Ukuran Panjang Senar PE dan Leader untuk Ultralight

Hariantrendingtopik.com - Memancing menggunakan PE dan leader pastinya ada ukurannya sendiri. Kali ini mas Topik akan membahas panjang senar PE dan panjang Leader untuk mancing Ultralight yang seharusnya cocok untuk UL.

Memancing dengan teknik ultralight memang membutuhkan semua piranti dengan berat yang sangat ringan termasuk senar yang digunakan yaitu PE dan Leader, kedua set senar ini haruslah dengan diameter dan kekuatan yang ringan agar lure bisa dilempar jauh.

Ukuran PE dan Leader yang pas untuk ultralight kadang menjadi perdebatan karena situasi dan kondisi perairan serta ikan yang menyambar tidak selalu sama. Ukuran PE line utama yang disarankan biasanya standar 4-6lbs saja.

Permasalahannya tidak banyak toko pancing yang menjual PE dan Leader khusus untuk Ultralight dengan harga yang murah dan terjangkau, jadi ada ukuran relatif atau kompensasi ukuran leader dan PE agar bisa mendapatkan harga yang terjangkau.

Kali ini Mas Topik akan menyimpulkan sedikit tentang Ukuran Senar PE dan Leader yang Pas untuk Ultralight jika kamu kebingungan mencarinya, berdasarkan pengalaman beberapa waktu terakhir mas Topik main UL an.

Ukuran Senar PE untuk Ultralight

Ukuran Senar PE untuk Ultralight
Pertama mungkin membahas Senar PE atau senar utama yang digunakan untuk ultralight standarnya berkemampuan menahan 4-6lbs atau tarikan ikan seberat 2-2,5kg. Kita bisa menggunakan ukuran maksimum yaitu 6lbs. Ini ukuran standarnya ya, ukuran asli ilmunya UL dari yang Mas Topik Baca.

Setelah keliling dikota Mas Topik ternyata tidak banyak yang menjual senar PE 6lbs karena alasan sedikit yang mencari. Maksudnya tidak banyak pemain ultralight di kota Mas Topik. Oke, alasan yang masuk akal.

Ukuran senar PE 6lbs yang paling umum berdiameter 0.08milimeter mm saja. Walaupun ada merek PE yang memproduksi 6lbs hanya dengan 0.06mm, hampir sulit sekali ditemukan. Oke, kita anggap standar line yang harus digunakan 0.08mm dengan kapasitas 6lbs, itu standar pirantinya.

Fakta dilapangan ternyata harga senar 0.08 6lbs cukup mahal juga, dilihat-lihat bisa jadi karena memang sulit mencarinya. Jika dikota kamu ada yang jual dan harganya terjangkau, maka tidak ada masalah.

Untuk aternatifnya kita bisa membandingkan Leader yang umum dijual di toko pancing. Kekuatan Leader paling kecil untuk Ultralight yang banyak dijual dan mudah ditemukan adalah Leader 15 - 20Lbs. Sekarang sudah banyak ukuran leader 15LB, kalau yang paling banyak memang 20lb.

Artinya PE alternatifnya kita bisa gunakan yang berkekuatan setengahnya atau sekitar 8-10lb. Ukuran diameter PE 10lb yang mudah ditemukan berkisar antara 0.1 -0.15 atau sering disebut dengan PE ukuran nomor 1, tidak selalu sama nomor PE nya, bisa juga lebih rendah.

Meskipun secara teori sudah overkapasitas dari standar ultralight, ukuran senar PE diameter 0.10 masih mumpuni untuk knot mulus melewati Ring ujung joran UL.

Jadi Kesimpulannya PE yang bisa digunakan standarnya diamerter 0.06mm-0.08mm dan berkekuatan sebesar 6lb. Alternatifnya kamu bisa pake ukuran 0.10-0.12mm berkekuatan maksimal 10lb yang mudah ditemukan dan harganya yang bervariasi.

Kalau ada, kamu bisa gunakan PE ukuran 6-8lb, di online shop kekuatan PE ini ada di ukuran PE 0.4 atau 0.6, yang memang dikhususkan untuk game UL, kamu bisa cari dengan mengetikkan keyword "PE Micro" di marketplace.

Kemudian jika kamu lebih suka datang langsung ke toko pancing untuk cari set, bisa pakai ukuran 0.10-0.12mm ( ini ukuran maksimal PE Ultralight ) dengan catatan Reel yang kamu gunakan ukuran 800, karena ukuran 500 terhitung sangat kecil.

Ukuran Leader untuk Ultralight

Kemudian kita bahas Senar Leader untuk Ultralight yang pada umumnya berfungsi untuk menahan tarikan seketika atau shock hentakan sambaran dari ikan, leader juga bisa untuk menahan tajamnya gigi ikan predator.

Ukuran leader yang paling mudah ditemukan dan cukup murah ditoko-toko pancing untuk Ultralight berkisar antara 0.20Lbs, ukuran ini sangat mudah mas TOpik temukan di toko-toko pancing.

Secara teorinya kekuatan senar Leader seharusnya minimal 2x dari kekuatan senar PE. Merek yang paling banyak digunakan dan dijual seperti Koji 0.40mm 20lbs tidak lebih dari 30ribuan, tapi ukuran diameter leader tersebut cukup besar dan pasti susah membuat knot yang halus.

Pada mancing UL, Ukuran Leader tersebut (0.40mm 20lbs) menurut mas TOpik terlalu besar untuk Ultralight, diameter leader yang bagus buat knot UL sebisa mungkin jangan sampai melebihi 0.30mm, maksimal 0.30mm.

Nah, kalau menurut Mas Topik, Senar leader untuk Ultralight paling enak dan pas bisa menggunakan ukuran kekuatan 10Lb-15LB saja, untk diameternya yang cocok ada di ukuran 0.20mm dan maksimal di 0.30mm JANGAN LEBIH. 

Kalau memang ada di bawah 0.20mm dengan kekuatan 10lb an, maka leader tersebut akan jadi pilihan terbaik, jangan lupa pilih yang tahan abrasi juga tahan gesekan, lebih mahal tidak masalah.

Ukuran Panjang Leader untuk Ultralight

Dari sekian banyak teman-teman yang bermain UL, sering kali muncul pertanyaan Sebenarnya seberapa panjang sih senar Leader yang dibutuhkan pada piranti Ultralight ? Maksudnya panjang ini, berapa Centimeter kah yang sesuai untuk disambungkan ke PE.

Mas Topik akan mencoba menjawabnya sesuai dengan beberapa waktu pengalaman selama bermain UL. Ukuran panjang yang biasa Mas Topik gunakan kira-kira 1 depa ( depa = panjang dari ujung jari kanan sampai ujung jari kiri ketika merentangkan tangan).

Tapi tidak boleh terpaku pada ukuran tersebut, Mas Topik sendiri merasa ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam menentukan panjang Leader ini :
  1. Sambungan knot antara PE dan Leader HARUS SUDAH DILUAR SPOOL REEL ketika akan melakukan cast atau lemparan. Jangan sampai sambungan knol masuk ke gulungan reel.
  2. Jangan menggunakan panjang leader yang TERLALU PENDEK, misalnya dibawah 30cm ( Hal ini berlaku untuk main di Pinggiran laut karena hentakannya lebih kuat, jadi butuh leader yang agak panjang, untuk mancing di sungai terasa tidak masalah kalau menggunakan leader pendek kecuali Target mu ikan gabus, set pancing harus diatas UL.
  3. Jangan menggunakan leader TERLALU PANJANG karena akan mengganggu kemulusan saat melakukan lemparan atau cast.
Dari ketiga poin yang sering Mas Topik rasakan, maka Panjang leader yang kira-kira pas dan cocok dipakai dalam perhitungan cast ultralight bisa dikatakan antara 70cm sampai 90cm, bulatkan saja di angka 1Meter lah, ini bisa dipakai untuk semua ukuran panjang joran UL.

Diluar itu ukuran panjang Leader yang dipakai, misalnya kamu tidak cocok dengan panjang 1M, maka harus ditekankan dengan ketentuan sambungan antara knot PE dan Leader harus Sudah berada diluar spool ketika akan melakukan casting atau lebih pas, sambungan berada di antara ring ke 2 dan ke 3 dari reel.