Ukuran Senar PE dan Leader yang Pas untuk Ultralight

Ukuran Senar PE dan Leader yang Pas untuk Ultralight

Hariantrendingtopik.com - Ukuran PE dan Leader untuk Ultralight. Memancing dengan teknik ultralight memang membutuhkan semua piranti dengan berat yang sangat ringan termasuk senar yang digunakan yaitu PE dan Leader.

Ukuran PE dan Leader yang pas untuk ultralight kadang menjadi perdebatan karena situasi dan kondisi perairan serta ikan yang menyambar tidak selalu sama. Ukuran PE line utama yang disarankan biasanya standar 4-6lbs saja.

Permasalahannya tidak banyak toko pancing yang menjual PE dan Leader khusus untuk Ultralight dengan harga yang murah dan terjangkau.

Kali ini kang Hartrop akan menyimpulkan sedikit tentang Ukuran Senar PE dan Leader yang Pas untuk Ultralight jika kamu kebingungan mencarinya.

Senar PE untuk Ultralight


Senar PE atau senar utama yang digunakan untuk ultralight standarnya berkemampuan menahan 4-6lbs atau tarikan ikan seberat 2-2,5kg. Kita bisa menggunakan ukuran maksimum yaitu 6lbs.

Setelah keliling dikota kang Hartrop ternyata tidak banyak yang menjual senar PE 6lbs karena alasan sedikit yang mencari. Maksudnya tidak banyak pemain ultralight di kota Kang Hartrop.

Ukuran senar PE 6lbs yang paling umum berdiameter 0.08milimeter mm saja. Walaupun ada merek PE yang memproduksi 6lbs hanya dengan 0.06mm, hampir sulit sekali ditemukan.

Oke, kita anggap standar line yang harus digunakan 0.08mm dengan kapasitas 6lbs, itu standar pirantinya. Reel Pancing Ultralight murah.

Fakta dilapangan ternyata harga senar 0.08 6lbs cukup mahal juga, dilihat-lihat bisa jadi karena memang sulit mencarinya. Jika dikota kamu ada yang jual dan harganya terjangkau, maka tidak ada masalah.

Untuk aternatifnya kita bisa membandingkan Leader yang umum dijual di toko pancing. Kekuatan Leader paling kecil untuk Ultralight yang banyak dijual dan mudah ditemukan adalah Leader 20Lbs.

Artinya PE alternatifnya kita bisa gunakan yang berkekuatan setengahnya atau sekitar 10lb. Ukuran diameter PE 10lb yang mudah ditemukan berkisar antara 0.1 -0.15 atau sering disebut dengan PE ukuran nomor 1.

Meskipun secara teori sudah overkapasitas dari standar ultralight, ukuran senar PE diameter 0.10-0.15 masih mumpuni untuk knot mulus melewati Ring ujung joran UL.

Kesimpulannya PE yang bisa digunakan standarnya diamerter 0.06mm-0.08mm dan berkekuatan sebesar 6lb. Alternatifnya kamu bisa pake ukuran 0.10-0.15mm berkekuatan maksimal 10lb yang mudah ditemukan dan harganya yang bervariasi.

Senar Leader untuk Ultralight


Senar Leader untuk Ultralight pada umumnya berfungsi untuk menahan tarikan seketika atau shock dari ikan, leader juga bisa untuk menahan tajamnya gigi ikan predator.

Ukuran leader yang paling mudah ditemukan dan cukup murah ditoko-toko pancing untuk Ultralight berkisar antara 0.38-0.40mm dengan kekuatan 20lbs. Cara Memilih Reel Pancing yang Bagus untuk Ultralight.

Secara teorinya kekuatan senar Leader seharusnya minimal 2x dari kekuatan senar PE. Merek yang paling banyak digunakan dan dijual seperti Koji 0.40mm 20lbs tidak lebih dari 30ribuan.

Ukuran Leader tersebut (0.40mm 20lbs) menurut kang Hartrop sudah Maksimal sekali untuk Ultralight, diameter leader jangan sampai melebihi 0.40mm.

Kesimpulannya Senar leader untuk Ultralight bisa menggunakan ukuran 0.40mm 20lbs (ukuran maksimal ya), tapi jika memang ada yang berdiameter dibawah 0.40 misalnya 0.35 dengan kemampuan menahan tarikan sekitar 15lb itu sudah cukup tapi kalau bisa cari yang berkekuatan sekitar 20lbs saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel