Cara Memilih Set Pancing ( Tackle Set ) Untuk Laut Pinggiran

Cara Memilih Set Pancing ( Tackle Set ) Untuk Laut Pinggiran

Hariantrendingtopik.com - Dalam ulasan Cara Memilih Set Pancing ( Tackle Set ) Untuk Laut Pinggiran ini, Kang Hartrop ingin berbagi tentang pengalaman buta dimana ketika itu tidak paham sama sekali dan sampai salah membeli set pancing.

Maksud kang Hartrop, kalau kamu baru pertama ingin mencoba hobi mancing, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu jadi tidak terlalu banyak buang-buang uang untuk membeli alat pancing yang tidak sesuai.

Memancing di Pinggir Laut tidak Sama dengan di Kolam Pancing


Jika yang kita tahu memancing dikolam dengan set pancing yang biasa seperti joran, senar, penggulung senar, pelampung dan kail. Memancing dipinggir laut tidak seperti itu, ada beberapa teknik yang berbeda yang bisa kamu dalami.

Lokasi mancing pinggiran laut yang biasa diakses para angler seperti muara, pantai, serta dam penahan ombak. Jadi kamu tidak bisa menggunakan satu teknik untuk semua spot.

Saran dari Kang Hartrop, sebaiknya kamu memilih salah satu teknik yang ingin kamu tekuni, sehingga seiring bertambahnya pengalaman akan semakin banyak hasil pancing yang kamu dapatkan.

Pilihan Set Pancing dan Teknik Mancing di Pinggir Laut


Langsung saja, pada dasarnya peralatan set mancing untuk pinggir laut bisa dibagi dengan 4 set piranti yang berbeda. Adapun untuk tekniknya bisa menyesuaikan tergantung jenis umpan yang digunakan.

Set Pancing Bottom Fishing (Mancing Dasaran) atau Fly Lining (Ngoncer)

Pilihan set mancing yang pertama untuk teknik Bottom Fishing (Mancing Dasaran) atau Fly Lining (Ngoncer) dimana intinya kamu tidak banyak aksi. Pasang umpan, lemparkan dan tunggu ada ikan menyambar.

Set Pancing Bottom Fishing (Mancing Dasaran) atau Fly Lining (Ngoncer)

Untuk teknik ini kamu butuh piranti dengan kekuatan yang besar karena target ikan juga termasuk ikan dengan ukuran besar seperti Kakap, Baramundi atau biasa dipanggil ikan Ceplek.

Set pancing yang dibutuhkan :
1. Joran berkekuatan lebih dari 30lb, bisa dari fiber ataupun carbon
2. Reel spinning diatas seri 2000
3. Line dengan kekuatan diatas 25lb
4. Jangan lupa tempat umpan hidupnya seperti udang

Intinya untuk teknik ini kamu butuh piranti yang lumayan berat, dan kamu harus mempunyai jiwa penyabar untuk menunggu sambaran ikan. Daftar Kekuatan Senar PE.

Set Pancing Casting ( Ultralight dan Baitcasting )

Piranti mancing yang kedua lebih ke teknik casting, bisa ultralight fishing ataupun baitcasting. Hampir sama, tapi set tackle nya saja yang berbeda. Intinya kedua teknik casting ini khusus untuk kamu yang bosan diam dalam waktu lama.

Set Pancing Mancing Ultralight

Ultralight fishing yang berarti memancing dengan piranti sangat ringan, cocok sekali untuk kamu yang bosan berdiam diri tapi ingin menikmati sensasi tarikan ikan.

Set Pancing Mancing Ultralight

Target ikan tidak begitu besar, paling umum berkisar antara 1kg-2kg. Kelebihannya ya sangat ringan saja untuk semua piranti yang digunakan. Reel Ultralight Terbaik.

Set pancing yang dibutuhkan :
1. Joran UL 2-6lb (beragam tergantung selera)
2. Reel UL spining antara seri 500-1000 (reel kecil)
3. Micro line PE 0.15, 0.1 dan 0.2 diameter 0.06mm-0.1mm
4. Lure atau umpan buatan dengan berat kurang dari 7gram

Set Pancing Mancing Ultralight menurut kang Hartrop benar-benar bertujuan untuk hiburan semata karena lebih mengutamakan sensasi mancing daripada hasilnya.

Set Pancing Mancing Baitcasting

Set Pancing Mancing Baitcasting sebenarnya punya tujuan yang hampir sama denga Ultralight, hanya saja kekuatan piranti dan target ikannya lebih besar.

Set Pancing Mancing Baitcasting

Desai piranti Baitcasting mengutamakan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan casting, karena itu kebanyakan turnament casting juga menggunakan set Baitcasting.

Set pancing yang dibutuhkan :
1. Joran baitcasti dengan penahan telunjuk maksimal 17lbs
2. Reel khusus BC harga berbeda-beda dengan drag power sekitar 10kg
3. Line berdiameter 0.2mm-0.3mm tergantung kebutuhan atau PE2-4
4. Lure casting dengan berat kurang dari 15gram menyesuaikan rod atau joran

Kalau kamu ingin target ikan yang lumayan besar dengan teknik mancing casting, belilah set baitcasting saja karena sudah populer di mancanegara.

Set Pancing Surf Fishing atau Rock Fishing

Pilihan set pancing yang terakhir sangat amat minim gerakan, hanya ketika melempar umpan dan jika ada sambaran saja.

Set Pancing Surf Fishing atau Rock Fishing

Teknik Surf Fishing atau Rock Fishing membutuhkan piranti yang berat dan joran yang sangat panjang hampir 5 meter dengan itu dimana kamu bisa melempar umpan sangat jauh.

Darinamanya, lokasi untuk memancing sudah jelas dipantai yang berpasir ataupun diatas karang yang besar.

Set pancing yang dibutuhkan :
1. Joran Surf dengan panjang antara 4-5Meter
2. Reel pancing kapasitas besar diatas seri 4000
3. Line dengan panjang lebih dari 150Meter dan berkekuatan sekitar 30lbs
4. Umpan hidup seperti udang atau cumi kecil
5. Pemberat sekitar 10-15 gram, menyesuaikan line agar lemparan bisa jauh

Pancing Surf Fishing atau Rock Fishing hanya berirama memasang umpan-lempar jauh-tunggu ada sambaran-baru di retrieve atau ditarik. Selain itu kamu hanya butuh duduk diam dan menunggu karena piranti terbilang sangat berat.

Saran Ketika Memilih Set Pancing ( Tackle Set ) Untuk Laut Pinggiran


Saran dari Kang Hartrop Ketika Memilih Set Pancing ( Tackle Set ) Untuk Laut Pinggiran hanya pilihlah satu set piranti saja dari ke-4 teknik di atas kemudian dalami dengan berbagai pengalaman ketika memancing.

Dengan begitu kamu akan banyak pengalaman di teknik tersebut dan mudah mendapatkan hasil. Kalau kamu mencoba berbagai piranti di awal belajar justru akan membuang-buang uang dengan sedikit hasil tangkapan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel