Alasan Pinjam Uang ke Bos Yang Baik dan Benar Untuk Kebutuhan Keuangan Darurat

Hariantrendingtopik.com - Punya kebutuhan mendesak ? Mau Kasbon ke atasan ? Cara dan Alasan Pinjam Uang ke Bos Yang Baik dan Benar perlu dengan sangat-sangat diperhatikan ya untuk permasalahan ini, mengingat kalau akan nantinya kasbon bakalan berpengaruh dengan pandangan bos kepada kita ataupun bagaimana gaji kita akan terpotong oleh kasbon tersebut.

Tentang Kas Bon, Apa itu Kas Bon? Kas bon adalah sebuah fasilitas dari perusahaan yang diberikan kepada karyawan nya sebagai bentuk pinjaman atau hutang, jadi kasbon atau pinjam uang ini bukan kepada bos ya, tapi pinjam kepada perusahaan. Dengan fasilitas ini Karyawan dapat mengajukan kas bon kepada perusahaan dengan berbagai alasan yang tentunya masuk akal dan berkaitan dengan kebutuhan finansial pastinya.

Kemudian kalau kita bicara tentang usaha menengah atau mungkin umkm yang bos atau pemiliknya turun tangan langsung, atau katakanlah kerja di toko lah, maka jelas kas bon yang dimaksud yaitu pinjam uang langsung kepada bos atau pemilik dan nanti dibayar ketika gajian, entah itu potong gaji atau secara sendiri membayar bon tersebut. Harian Trending Topik akan coba bahas keduanya ya.

Alasan Pinjam Uang ke Bos Yang Baik dan Benar Ada

beberapa alasan yang menyebabkan atau membuat karyawan bisa mengajukan kas bon ke perusahaan, atau langsung ke bos, pemiliknya jika itu berbentuk usaha menengah atau masih skala toko seperti berikut ini.

Alasan Pinjam Uang ke Bos Yang Baik dan Benar Ada

1. Kondisi Keuangan Kesehatan Darurat

Bab permasalahan kesehatan darurat ini biasanya menjadi banyak alasan utama ya, contoh mudahnya butuh tambahan uang untuk berobat, mungkin bisa juga kecelakaan, atau penyakit tertentu dari keluarga, atau bisa juga tentang kejadian tak terduga lainnya yang butuh dana tambahan, pas dimana kondisi uang yang dimiliki tidak cukup atau belum cukup, maka biasanya karyawan sering mengajukan pinjaman ke bos atau kas bon.

Jika sekelas perusahaan tentu untuk meminimalisir permintaan kasbon dalam segi kesehatan darurat bisa dengan memberikan karyawannya dengan employee benefit terkait kesehatan seperti BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan, kemudian kalau masih sekelas usaha kecil menengah ya memang pemilik harus memahami kondisi ini dan meminjamkan nilai uang yang sekiranya bisa membantu dan karyawan bisa menanggung pinjaman tersebut.

2. Adanya Kebutuhan Darurat Untuk Dirinya Sendiri atau Keluarga

Alasan yang paling sering muncul berikutnya yaitu Karyawan mengajukan kas bon atau pinjam uang ke bosnya karena ada kebutuhan mendesak dalam keluarga mereka misalnya butuh bayar pendidikan anak seperti spp, bayar pajak motor, perpanjangan SIM atau kebutuhan seperti listrik atau dapur. Umumnya untuk nominal rendah di ratusan ribu pasti normalnya akan pinjam ke teman atau atas.

Diperusahaan besar ada yang punya fasilitas karyawan seperti Early Wage Access atau Tarik Gaji Awal. Kalau di UMKM atau usaha pertokoan ya pasti pinjam uang ke bos atau temannya, hal ini justru ada sisi bagusnya ya, dibandingkan kalau harus pinjam uang dengan jaminan yang pastinya butuh waktu dan ribet.

3. Kebutuhan Pembiayaan Pendidikan Karyawan Itu Sendiri

Karyawan yang bagus dan punya motifasi pastinya punya keinginan meningkatkan keterampilan atau memperoleh pendidikan tambahan, bisa untuk persiapannya di pekerjaan selanjutnya atau jika di PT besar pasti bisa untuk kemajuan karir mereka, dari sini bisa juga karyawan mengajukan kasbon untuk membantu pembiayaan nya.

4. Melunasi Hutang Lain, Mungkin

Pernah juga ada keadaan dimana Karyawan mengajukan pinjaman uang ke bos untuk melunasi utang ditempat lain atau mungkin dengan tetangganya atau bisa juga karena adanya kewajiban keuangan lainnya. Jelas jika Kas bon bisa membantu karyawan meringankan beban finansial mereka misalnya pelan-pelan melunasi hutang yang pernah mereka miliki karena jelas pasti bulan depan gajian tempat kerja.

5. Rencana Keuangan Jangka Pendek

Rencana Keuangan Jangka Pendek Karyawan ini lebih seperti untuk sesuatu hal yang butuh dana cepat ya semisal mau bayar DP motor, servis kendaraan atau mungkin seperti kebutuhan pribadi lainnya, jadi kas bon tidak salah menjadi pilihan terbaik.

6. Butuh Modal Usaha Sampingan

Sudah sangat umum jika ada karyawan yang punya usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, nah ketika ada masalah dimodal yang nominalnya tidak terlalu besar, maka kasbon juga bisa digunakan untuk hal ini, SELAMA usaha sampingan tersebut tidak mengganggu kewajiban ditempat kerja nya.

7. Memperbaiki Rumah

Pinjam uang ditempat kerja untuk memperbaiki rumah itu sudah sangat biasa, memang diperusahaan besar banyak sekali karyawan yang mengajukan pinjaman ke kantor untuk merenovasi atau sekadar memperbaiki rumah mereka. Tapi kalau untuk UMKM dan usaha kecil menengah mungkin masih terlalu berat untuk kebutuhan seperti ini.

Banyak sekali alasan yang akan diajukan karyawan untuk kasbon ke atasan atau ke tempat kerja, sudah pasti hal ini akan berpengaruh dengan arus kas yang ada, maka dari itu sebuah perusahaan atau tempat usaha harus bisa menghitung dan menakar berapa pinjaman dari karyawan yang bisa di handle.

Untuk karyawan yang memutuskan mengajukan pinjaman uang ke bos atau ke tempat kerja harus sangat bertanggung jawab dan memahami konsekuensi finansialnya. Jangan sampai dengan bisa nya mengajukan pinjaman justru akan memberatkan nilai gajian yang didapat tiap bulannya sebab kewajiban pembayaran kembali juga akan sangat mempengaruhi posisi dan kenyamanan kerja.
 

Sudut Pandang Soal Pinjaman Uang Dari Sisi Bos

Sudah tidak bisa dibantah ya kalau pinjam uang sama perusahaan atau pinjam uang sama bos itu udah ada dari jaman dulu, dari sisi karyawan sudah jelas hal ini akan sangat membantu karena pasti di hidup banyak sekali kebutuhan mendesak ataupun kebutuhan harian yang harus dipenuhi. Dari kerjaan kelas toko, kaki lima yang pinjam puluhan ribu hingga yang kelas eksekutif yang butuh pinjaman kantor untuk bayar banyak hal seperti KPR dan cicilan.

Sudut Pandang Soal Pinjaman Uang Dari Sisi Bos

Sebagai intermezo tambahan, kita juga harus tau pandangan pinjaman uang ini dari sisi bos, kalau yang dipinjam itu dana dari perusahaan, okelah ada bagian sendiri yang cek dan menyetujui atau tidak, tapi kalau kelas usaha toko, pastinya langsung bos yang menjadi tatap muka ketika mau kasbon.

Dari sisi bos itu pasti merasa tidak enak juga kalau pegawai sudah buka suara tentang pinjam uang atau kasbon karena tidak semua boss itu kaya raya dan setiap waktu pegang uang. Kalau tidak dinjami rasanya kok kejam banget dan pelit, tapi kalau semua dipinjami terus nanti dipotong ketika gajian pasti karyawan akan mengeluh mendapat gaji yang sedikit.
 

Dilema si Bos yang Dipinjami Uang

Kalau salah satu dikasih pinjam, pasti karyawan yang lain juga akan minta pinjam, dari sini bos harus berpikir kalau meminjamkan ke satu karyawan, maka harus mau meminjamkan kesemua karyawan yang ada. 

Dan yang paling sulit dari sisi bos itu kadang memang nilai pinjaman uang yang sebenarnya tidak banyak, mungkin beberapa ratus ribu saja, tapi karyawan tersebut tidak sanggup membayar dan akhirnya keluar tanpa pamit. Jika di lingkup perusahaan besar pasti jelas ada perjanjian hitam diatas putih, tapi kalau di usaha kelas toko ya menyebalkan sekali.

Jadi kalau bisa unutk pinjam uang ke bos, cobalah ukur nilai dari yang mampu untuk dibayar, jangan se enaknya sendiri pinjam nilai uang yang besar. Dan juga jangan terlalu sering, kalau memang kebutuhan semakin banyak, ya cobalah untuk mencari pekerjaan yang hasilnya lebih besar atau mungkin cari pemasukan sambilan.

Sebelum Pinjam Uang Ke Bos / Kantor, Pahami Hal ini

Kepepet pinjam uang ke perusahaan atau kantor tempat kerja memang menjadi salah satu pilihan yang cepat. Melakukan Pinjaman uang ke kantor, kita coba bicara kantor ya karena nilainya pasti lebih besar, konsepnya sih mau kantor mau toko sama saja. Pinjam uang ke kantor disebut-sebut lebih mudah dan menyenangkan karena beberapa alasan.

Alasan yang paling umum yaitu jika di tempat kerja kamu menjadi karyawan teladan maka pasti sangat mudah untuk dipercaya dan bisa membayar kembali pinjaman tersebut apalagi kalau sudah kerja dalam waktu yang lama, alasan berikutnya yaitu relatif tidak berbunga karena bentuknya kas bon dan pengembaliannya bisa diatur sendiri.

Sebelum Pinjam Uang Ke Bos / Kantor, Pahami Hal ini

Dibalik kemudahannya, kamu jangan sampai menyepelekan hal ini, jangan sembarangan, ketika pinjam uang ke kantor, memperhatikan beberapa hal berikut dengan seksama.

1. Pinjam Uang Ke Bos / Perusahaan itu Mengikat

Maksudnya begini, ketika kamu pinjam uang ke perusahaan, secara tidak langsung itu sebagai sarana untuk "mengikat" dengan tujuan karyawan potensial untuk tidak pindah kerja, jadi kalau kamu punya rencana mencari penglaman ke tempat kerja lain maka pikirkan dulu jika ingin mengajukan pinjaman uang ke atasan, jangan sampai kamu repot karena urusan utang.

2. Tempat Kerjamu Memikirkanmu

Pahami ketika kamu dapat pinjaman dari tempat kamu bekerja, hal ini karena kamu dipikirkan oleh atasanmu agar tidak terbebani masalah keuangan yang nantinya bisa bikin kinerjamu menurun, jadi hargailah dengan baik pinjaman yang kamu dapatkan.

3. Jaga Sikap Ke Tempat Kerja

Kalau sudah dapat pinjaman maka etikanya kamu harus jaga sikap, jangan sampai terjadi kamu masih berutang lalu ketika ada uang dadakan malah kamu buat traveling atau makan di tempat mahal, kalau kamu seperti itu maka akan disepelekan oleh tempat kamu meminjam uang, dan jika nanti kamu butuh, sudah pasti kamu tidak akan dipikirkan lagi.

Pesoalan bagaimana Alasan Pinjam Uang ke Bos atau tempat kamu bekerja pada dasarnya adalah hal yang sangat sensitif, mungkin memang lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan pilihan pinjam ke tempat lain tapi resikonya tinggi juga kalau kamu tidak bisa membayarnya dengan baik. 

Di sini Posisi kamu bekerja dan reputasi di mata atasan serta teman kerja bisa jadi taruhannya jadi sebaiknya jika memutuskan untuk pinjam uang ke bos atau kantor sebaiknya imbangi dengan mempertahankan kinerja dan performa kamu. Semoga bermanfaat !