Cara Menabung Buat Beli Rumah Dengan Gaji 1 juta Hingga 3 Juta, Bisa Di Cash ?

Hariantrendingtopik.com - Memiliki gaji kecil bukanlah sebuah halangan untuk cara menabung buat beli rumah dengan gaji 1 juta hingga 3 juta, semua pasti ada kemungkinan dan ada jalannya tapi harus ada tekad yang kuat. Kemudian untuk beli rumah tersebut dengan cara di cash, tentu hal ini butuh pertimbangan lebih keras.

Setiap orang pastinya ingin memiliki hunian pribadi, terlepas tentang desain, lokasi dan harganya, keinginan untuk memiliki rumah pribadi adalah hal yang primer, intinya semua orang pasti punya keinginan ini.

Cara Menabung Beli Rumah Dengan Gaji 1 Juta Hingga 3 Juta 

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk membeli rumah impian, untuk memiliki rumah untuk tempat kembali setelah seharian beraktifitas, salah satunya yang sudah pasti banyak dilakukan orang adalah menabung secara rutin, meskipun begitu jangan hanya terpaku dengan tabungan uang cash saja.

Cara Menabung Beli Rumah Dengan Gaji 1 Juta Hingga 3 Juta an

Kebutuhan dan tuntutan sabar serta konsisten saat menabung untuk membeli rumah itu menjadi tuntutan yang tidak bisa dinego walaupun waktu yang dibutuhkan mungkin tidak sebentar. Kemudian sudah pasti harus mempertimbangkan dengan keluarga terdekan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah.

Mengingat dari nominal yang menjadi garis besar pembahasan, pastinya ada banyak hal yang harus dilakukan untuk cara menabung beli rumah dengan gaji 1 hingga 3 juta ini, terutama bagaimana untuk menghemat dan mendapatkan sumber pedapatan tambahan.

Sebagian besar poin-poin nya mungkin hanya bisa atau lebih mudah dipraktikkan oleh orang-orang yang belum memiliki tanggungan, maksudnya jika belum berkeluarga. Tapi jika sudah berkeluarga, tentu juga punya kelebihan dimana pendapatan bisa tambah dari jalan lain atau ada bantuan dari keluarga pasangan.

Kemudian jika sudah menikah, tapi belum mempunyai anak, juga pasti ada cara berkomunikasi kepada pasangan untuk membuat tabungan bersama dengan tujuan tabungan tersebut digunakan membeli rumah nantinya. Dengan begitu mimpi dan rencana memiliki rumah semakin bisa dicapai.

Cara Menabung Buat Beli Rumah Dengan Gaji 1 juta

1. Harus Membulatkan Tekad dan Yakin

Langkah pertama bagaimana cara menabung dengan gaji satu hingga tiga jutaan adalah dengan memiliki niat dan tekad yang kuat. Proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan perjalanannya nanti pasti akan ada halangan yang ditemui, jadi harus membulatkan tekad, juga harus yakin akan terwujud.

Rencana yang memiliki target pasti tidaklah mudah, tapi jika sudah bertekad, membeli rumah bukan hal yang mustahil, tekad ini juga berguna untuk merubah pola pikir agar lebih bijak menggunakan uang, jadi nanti setiap menggunakan uang akan punya lKamusan ingin membeli rumah.

2. Buatlah Perencanaan Keuangan

Langkah berikutnya dari Cara menabung untuk beli rumah yaitu harus bisa membuat perencanaan keuangan yang matang. Semua orang pasti tau kalau harus membuat rencana keuangan, tapi yang bagaimana ? dan seberapa penting ?

Tidak terlalu sulit dan tidak ribet, perencanaan keuangan ini seperti memisahkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan uang untuk DP rumah, jadi ketika ada pemasukan maka langsung pisahkan mana yang untuk kebutuhan dan mana yang akan ditabung untuk DP nantinya.

Tujuannya sederhana saja, dengan memisahkan dana tersebut menjadi dua, maka khusus uang yang untuk ditabung membeli atau membayar DP rumah tidak akan terpakai atau terganggu. Hal ini sangat erat hubungannya dengan tekad dan niat untuk tidak mengutak-atik dana tersebut.

3. Buatkan Rekening Tersendiri

Mendukung langkah kedua, maka harus punya dua rekening bank berbeda saat mulai menabung untuk beli rumah. Mungkin pemasukan di rekening pertama, kemudian menyisihkan dengang ditransfer ke rekening ke dua untuk keperluan DP rumah.

Dengan begitu pengeluaran akan bisa terkontrol secara spesifik, berapa bagian untuk kebutuhan harian dan berapa yang ditabung untuk membeli rumah nantinya. Awasi dengan ketat pada tabungan rumah, jangan sampai di ambil, agar nantinya bisa memenuhi target.

4. Langsung Ditabung Setelah Gajian

Setelah ada rekening tersendiri maka setelah menerima gaji, jangan langsung dibelanjakan bulanan, tapi langsung dipisahkan sebagian untuk ditabung pada rekening dp rumah. Kalau misal memutuskan untuk menabung di akhir bulan, maka uang yang ditransfer ke tabungan dp rumah tidak akan terencana, dan nominalnya tidak pasti.

Berapa besarannya ? bebas sih terserah Kamu, tapi disarankan minimal 25% dari gaji, ya seperempat dari gaji yang diperoleh. Kurang dari itu tidak masalah, tapi nanti pasti untuk mencapai target akan sangat sulit.

5. Harus Ada Target Tabungan Per Bulan

Mendukung langkah ke empat, Kamu harus konsisten, dengan metode menabung harian, mingguan maupun bulanan, sebenarnya tinggal pilih salah satu yang mana, sama efektifnya. Bedanya kalau langsung ditabung setelah gajian, nominalnya akan pasti.

Tergantung nyamannya Kamu sendiri bagaimana tempo menabungnya, semisal harian bisa menabung Rp25 ribu, maka sebulan uang yang terkumpul adalah sekitar Rp 750 ribu an. Namun untuk gaji 1 jutaan, sebaiknya dan sangat disarankan untuk mendapatkan sumber pendapatan tambahan terlebih dahulu.

Anggap saja satu tahun bisa rutin, 2 tahun saja sudah dapat 18 Juta an, nominal ini sudah bisa untuk dengan DP rumah tipe 36 di area perumahan rakyat atau bisa lebih murah jika di kawasan perumahan pemerintah.

Coba cek harga rumah di sekitar luar semarang, kota besar ya, ada listing rumah yang dihargai sekitar Rp 350 juta an, itu pun sudah terbilang oke. Anggap saja butuh DP 5%, maka uang yang harus dikeluarkan sekitar 17,5 jutaan, dan bisa lebih miring tergantung promonya.

6. Penting Memilih Jenis Investasi yang Tepat

Menabung memang salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan uang jika ingin membeli rumah, entah itu via KPR ataupun mau langsung dicash. Tapi dalam prosesnya tidak akan semudah itu, maka sangat disarankan dan penting untuk menambah jalan lainnya berupa investasi.

Secara singkat Investasi adalah cara yang bisa digunakan untuk menambah pemasukan, tetap berfungsi menyimpan uang, tapi dengan nilai nominalnya semakin tinggi tiap tahunnya dan tidak tergerus oleh inflasi. Namun langkah investasi bisa diambil jika uang yang ditabung sudah cukup untuk memilih instrumen investasi.

Karena tujuannya untuk membeli rumah, maka jangan sembarangan memilih investasi, pilih yang pasti-pasti saja semisal seperti emas, reksadana, deposito, investasi properti, dan lainnya. Kalau ingin menginvestasikan uang yang aman, bisa pilih emas, karena lebih mudah dan tidak butuh ilmu investasi tinggi. 

Bukan perhiasan emas lhoh ya ! Tapi emas berupa fisik, seperti fine gold, batangan berlisensi dan Antam, jadi memang bertujuan investasi untuk mendapatkan nilai uang yang lebih tinggi ketika nanti sudah akan dicairkan.

Mulainya dari sedikit-sedikit saja, jika merasa ragu untuk langkah investasi di emas, cobalah untuk berkonsultasi dengan jasa profesional atau orang yang paham untuk mendapatkan solusi terbaik.

7. Menabung Emas dan Saham

Masih sama di segmen investasi, tapi ini lebih khusus di emas yang saham karena memberikan keuntungan cukup besar, terbukti harga emas terus naik dari tahun ke tahun, harganya juga relatif stabil. Pilihan investasi yang bisa kamu pilih lainnya sebagai jalan modal beli rumah, yaitu deposito ataupun investasi melalui reksa dana, khusus keduanya kamu butuh saran dari yang sudah ahli.

8. Usahakan Helunasi Hutang

Awal langkah dari Cara menabung buat beli rumah dengan gaji 1 – 3 jutaan terbaik yang bisa dilakukan yaitu harus mampu melunasi utang terlebih dahulu, hindari bentuk utang apapun, agar bisa fokus menabung dan tidak terbebani memikirkan tunggakan atau bunga dari hutang tersebut. 

Caranya tidak bisa Hariantrendingtopik jelaskan secara detail, karena kamu sendiri yang lebih paham harus bagaimana. Setelah itu lakukan gaya hidup hemat, demi mempercepat terwujudnya membeli rumah impian, dengan hidup hemat maka penyimpanan uang akan semakin cepat. 

Sebaiknya hindari berbagai jenis pengeluaran yang tidak penting dan buat rancangan biaya yang paling penting dari pengeluaran dalam sebulannya.

9. Opsi Menabung Program Tabungan Perumahan Rakyat

Ada opsi yang bisa kamu pilih yaitu mengikuti sistem tabungan pembiayaan rumah oleh pemerintah melalui Tapera, kriteria penerima fasilitas ada dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 tahun 2020.

Pada peraturan tersebut disebutkan bahwa setiap masyarakat yang bekerja wajib menjadi peserta Tapera, dan besaran iuran yang dibebankan kepada peserta setiap bulannya sekitar 3%. Jika kamu pekerja swasta maka perusahaan akan menanggung beban iuran 0,5%, untuk pekerjanya sebesar 2,5%. Iuran otomatis terpotong dari gaji setiap bulan, dan untuk pemilik usaha atau peserta mandiri wajib membayar penuh.

10. Bisa Pilih Juga Fasilitas Rumah Subsidi

Salah satu program KPR yang khusus tersedia untuk yang ingin pembeli rumah dengan gaji kecil atau sedang yaitu rumah subsidi. Rumah subsidi bisa untuk mereka yang berencana beli rumah gaji 3 juta an.

Banyak fasilitas yang ditawarkan untuk gaji kecil menengah seperti suku bunga di bawah pasar, diskon asuransi KPR, uang muka rendah bahkan 0%, dan sebagainya. Tapi ada syarat yang mengharuskan kepada pembeli rumah pertama untuk mendiami rumah tersebut selama jangka waktu tertentu, jadi tidak boleh langsung disewakan.

11. Program KPR

Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji sekitar 1 higga 3 jutaan terbaik yaitu dengan mengikuti program KPR yang sering ditawarkan oleh bank, cara ini bisa kamu pilih agar memudahkan konsisten untuk membeli rumah.

Tentu dari pihak bank pun juga akan memberikan fasilitas kemudahan cicilan sesuai dengan kemampuan pendapatan kamu untuk jangka waktu tertentu, namun sebelumnya kamu harus memastikan tidak memiliki hutang lainnya sebelum mendaftar KPR agar pengajuan kredit tersebut lebih mudah diterima oleh bank.

12. Harus Punya Pendapatan Tambahan

Jika menabung hanya dari gaji, sudah pasti akan terlampau lama terkumpulnya, jadi sebisa mungkin harus mencari penghasilan tambahan atau pekerjaan sampingan, maka pendapatan yang masuk pun akan lebih banyak. Upayakan untuk mencari pekerjaan sampingan dengan waktu yang lebih longgar seperti bisnis online atau sebagainya.

13. Harus Punya Komitmen dan Konsistensi

Bagaimanapun yang diupayakan dari cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 hingga 3 juta di atas tentunya tidak akan berguna sama sekali jika melakukannya hanya setengah-setengah, yang paling dibutuhkan adalah komitmen serta niat untuk memiliki rumah yang kuat agar menabung tidak gagal ditengah perjalanan.

Bisakah Beli Rumah Cash Dengan Gaji 1 sampai 3 Jutaan ?

Memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah, kecuali jika memang diberi jadi oleh orang tua, itu beda cerita. Beli rumah ada cara dengan di kredit ataupun dengan cara di cash. Kita ulas sebentar tentang beli rumah yang cash atau tunai. 

Beli Rumah Cash Dengan Gaji 1 sampai 3 Jutaan

Apabila kamu sudah mengumpulkan dan memiliki dana yang cukup tentu bisa memilih cara cash, terlepas berapa pendapatan yang dimiliki, asal sudah cukup bisa bayar cash. Beli rumah cash sendiri ada 2 pilihan yang bisa diambil yaitu cash keras dan cash bertahap.

Beli Rumah Cash Bertahap

Yang dimaksud dari Cash bertahap adalah skema pembayaran rumah dengan mencicil sesuai harga yang disepakati dalam kurun waktu tertentu, misalnya developer memberikan jangka waktu dari 6 sampai 24 bulan, dan cicilan tersebut langsung ke developer.

Tidak sama dengan KPR ke bank yang sudah langsung dibalik nama, cash bertaham status kepemilikan propertinya masih milik developer sampai pembeli dapat melunasinya, dan setelah lunas baru balik nama hak milik bisa dilakukan.

Beli Rumah Cash Keras

Model berikutnya yaitu dengan cash keras dimana tenor yang diberikan sangat singkat yakni satu bulan, jadi pembeli harus melunasi hunian dibulan itu juga ketika membeli rumah. Prosedurnya tidak berbeda jauh dengan cash bertahap, hanya beda di waktu tenor nya saja.
  • Pertama cari dulu lokasi hunian yang di inginkan
  • Kemudian pelajari kredibilitas developer
  • Periksa sertifikat tanah
  • Bayar uang muka (DP)
Jika sudah mencapai kata sepakat maka harus meminta surat pemesanan rumah pada developer yang diberikan materai, selanjutnya kamu bisa mencicil sesuai dengan waktu yang ditentukan antara pembeli dan developer. Kemudian jika sudah lunas, segera buat AJB dan balik nama sertifikat di hadapan PPAT.

Apa Bisa Beli Rumah Gaji 1 - 3 juta Di Cash ?

Tidak ada yang tidak mungkin ketika membahas tentang rezeki. Mau gaji 1 hingga 3 juta, mau itu tidak punya pendapatan pun bisa-bisa saja untuk membeli rumah secara di cash. Ya, Kamu bisa beli rumah dengan gaji 1 jutaan 3 jutaan secara dicash jika uangnya sudah terkumpul dengan cukup.

Tapi untuk perhitungan secara rasional, dan amannya menyesuaikan dari pendapatan yang dimiliki, Cara Menabung Buat Beli Rumah Dengan Gaji 1 juta Hingga 3 Juta lebih disarankan untuk mengumpulkan DP nya dan memilih antara mengikuti Program KPR, Program Tabungan Perumahan Rakyat ataupun juga bisa memilih perumahan subsidi. 

Jika sudah harus tinggal dirumah sendiri dan uang belum cukup untuk beli rumah, rekomendasi terbaik mungkin kamu bisa memilih untuk kontrak rumah terlebih dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat.