Cara Ngomong Pinjam Uang ke Bos Agar Menyakinkan dan Dipercaya Kas Bon Lain Kali

Hariantrendingtopik.com - Buat kamu pejuang Kas Bon, tentu bagaimana Cara Ngomong Pinjam Uang ke Bos itu tidak mudah ya, karena Biar Menyakinkan kamu harus punya alasan yang valid, setelah punya alasannya atau memang keadaan menjadi alasannya, berikutnya bagaimana cara ngomongnya atau cara menyampaikannya biar atasan percaya.

Di masa sekarang keadaan ekonomi terbilang sangat sulit, bahkan uang 100 ribu saja sudah gampang sekali habis, apalagi kalau tidak memiliki penghasilan yang cukup tinggi, maka kasbon atau pinjam uang keatasan bisa jadi salah satu solusi agar bisa bertahan hidup beberapa waktu kedepan.

Jangankan yang berpenghasilan kecil, mereka saja yang punya penghasilan tinggi pun terkadang masih saja merasa kekurangan karena banyaknya tuntutan cicilan yang harus dibayar demi kebutuhan primer sekunder buat hidup. 

Pinjam uang teman atau kerabat juga pasti tidak bisa selalu dilakukan karena ada batasan rasa “tidak enak”. Berbeda dengan pinjam uang ke bos ditempat kerja yang pasti lebih aman karena ada ikatan kerja.

Cara Ngomong Pinjam Uang ke Bos Agar Menyakinkan

Jika di perusahaan besar tentu ada fasilitas untuk mengajukan pinjaman, tentu syaratnya formal seperti surat pengajuan, pengecekan dan sebagainya hingga cair. Tapi bagaimana untuk usaha menengah dan relatif kecil ? Sudah pasti ngomong langsung dengan baik menjadi satu satunya cara untuk bisa mengajukan pinjaman ke bos.

Tips Sebelum Ngomong Pinjam Uang ke Bos

HarianTrendingTopik punya beberapa tips dan apa yang harus kamu katakan ketika ngomong ke bos untuk pinjam uang dengan baik agar dipercaya, jangan sembarangan, kamu harus sangat memperhatikan etika karena ini sangat mempengaruhi bagaimana respon atasan.

Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dan pikirkan terlebih dulu apa yang harus diperhatikan sebelum meminjam uang baik kepada atasan karena nanti bagaimana kamu menyikapi pinjaman ini akan berefek dengan bagaimana kesan mu ditempat kerja untuk selamanya.

Pertama, Tidak Meminjam Uang Kepada Orang lain

Untuk yang pertama kali sangat penting, sebelum kamu memutuskan untuk meminjam uang kepada bos atau atasan ditempat kerja untuk perihal kebutuhanmu, maka sebaiknya tidak meminjam uang kepada orang lain. Jadi nanti pertama pinjam akan ke atasan, disana kamu bisa dengan mudah menyebutkan kalau belum mencoba pinjam ke orang lain.

Kemudian sangat disarankan untuk kamu mencari pekerjaan tambahan atau bekerja paruh waktu yang tidak mengganggu pekerjaan utama disela waktu senggang, dan kalau ingin meminjam uang kepada orang lain terlebih dahulu sebelum pinjam uang ke bos, maka pertimbangkan dulu apakah bisa menyelesaikan masalah, jadi tidak perlu pinjam uang lagi ke bos atau justru akan menimbulkan masalah yang lebih besar.

Kedua, Sebaiknya Cek Gaya Hidup

Jika sudah meminjam atau baru akan meminjam, sebaiknya dan sangat disarankan untuk memastikan penghasilan sudah dipergunakan dengan baik, jangan sampai meminjam uang ke bos karena untuk menutup masalah keuangan imbas dari gaya hidup yang sembarangan seperti boros dalam membelanjakan uang dan membeli hal yan tidak dibutuhkan.

Jika masih seperti ini maka pinjaman dari atasan bukan akan menyelesaikan masalah tapi akan menambah beban hutang mu akan semakin berat, bab ini juga berlaku untuk semua orang tidak hanya ketika pinjam ke atasan mu saja.

Ketiga, Buat Perjanjian

Bab ini akan memperlihatkan dengan jelas apakah kamu niat atau tidak ketika meminjam uang, buatlah perjanjian dengan orang yang dipinjami uang, perjanjiannya seperti kapan waktu pembayaran dengan tempo yang sudah disepakati kedua belah pihak.

Mungkin jika tidak membayar hutang sesuai tempo, buat juga perjanjian denda atau bisa alternatif lain yang disetujui antara peminjam dan yang dipinjami, tujuannya ya jelas agar bisa menjaga komitmen.

Keempat, Kembalikan Sesuai Waktu Perjanjian

Katakanlah kamu sudah dapat pinjaman dana yang dibutuhkan, selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu harus bisa lunasi pinjaman anda secara tepat waktu untuk menjaga kepercayaan dari orang yang meminjami, apalagi belum tentu juga ada orang lain yang mau meminjami uang dengan lebih cepat dan mudah. Jika memang ingin mengembalikan maka tidak ada salahnya untuk melebihkan sedikit dari uang pokok pinjaman, sebagai tanda terimakasih.

Terakhir, Terimakasih

Perihal paling penting untuk dilakukan ketika sudah bisa mendapatkan pinjaman dan sudah bisa mengembalikan pinjaman tersebut, maka Terimakasih adalah kata yang tepat untuk dilakukan, pertama kepada Tuhan, karena sudah memudahkan urusan dan membukakan hati orang yang meminjami uang. Kemudian juga ucapkan terimakasih kepada orang yang telah memberikan pinjaman, karena telah memberikan bantuan solusi untuk masalah keuangan kamu.
 

Etika Meminjam Uang Ke Orang Lain yang Baik

Selain hal yang harus kamu pikirkan sebelum meminjam orang kepada orang lain, terutama kepada bos, ada juga bab Etika yang harus kamu lakukan untuk meminjam uang tersebut, apalagi bab etika ini sangat berhubungan erat dengan bagaimana cara kamu mengutarakannya.

Etika Meminjam Uang Ke Orang Lain yang Baik

1. Jangan Pernah Memaksa

Etika pertama yang harus dilakukan ketika meminjam uang kepada orang lain, apalagi akan meminjam uang keatasan yaitu jangan pernah memaksa, katakan secara baik kepada atasan dan cari waktu yang tepat, pahami juga bagaimana kondisi atasan agar bisa menerima dengan baik maksud kamu. 

Jangan sampai menimbulkan kesan memaksa pada bos atau orang lain, karena jika itu terjadi dan bos merasa tidak nyaman, maka otomatis kepercayaan kepada kamu juga akan luntur.

2. Jelaskan Tujuan Kenapa Meminjam Uang

Kemudian ketika bicara mengutarakan apa maksud meminjam uang, sebut dan jelaskan kenapa kamu meminjam uang tersebut, jangan mengarang alasan karena pasti kamu tidak akan yakin dengan jawaban lanjutannya. 

Alasan harus sesuai kondisi mu dan harus masuk akal agar menyakinkan. Katakan dan jelaskan dengan jujur dan gamblang kenapa harus meminjam uang, karena hal ini atasan wajib tau, dan juga sebagai pertimbangan bos untuk memutuskan meminjamkan kamu uang.

3. Jika Nilai Besar, Buat Perjanjian Tertulis

Jika kamu memutuskan meminjam uang dengan nilai yang lumayan besar dan bos sudah memutuskan untuk meminjami kamu uang, maka harus dan sebaiknya buat perjanjian tertulis agar bos kamu lebih percaya.

Lebih baik buat perjanjian diatas kertas dengan kesepakatan kapan bisa membayar hutang tersebut, berapa nominal yang dipinjam dan tanggal meminjam uang tersebut, tentu kamu juga harus melunasi pinjaman pada waktu yang ditentukan.

4. Lunasi Tepat Waktu

Terakhir, etika yang paling harus kamu lakukan yaitu jika uang pinjamannya sudah diberikan, maka gunakan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan kamu, dan juga kamu harus komitmen untuk melunasi pinjaman dan harus tepat waktu agar pandangan bos kepada kamu tetap baik dan tetap percaya, jangan pernah kecewakan atasan tempat kamu bekerja.

Cara Chat Pinjam Uang Ke Bos Lewat Wa atau Pesan Singkat

Meminjam uang ke bos lewat aplikasi chat seperti WA atau pesan singkat, sebenarnya sangat amat tidak disarankan dan tidak dibolehkan secara etika ya, jelas karena tidak sopan, apalagi jelas kita yang butuh. 

Diperusahaan besar atau menengah pun tidak mungkin melakukan hal ini karena ada prosedurnya. Tapi mungkin jika kamu menjadi pegawai prioritas yang sudah banyak memberikan keuntungan bagi perusahaan dan bos kamu, tentu pengecualian.

Cara Chat Pinjam Uang Ke Bos Lewat Wa atau Pesan Singkat

1. Alasan Jelas dan Wajib Mendesak

Jika memang harus pinjam uang kebos lewat pesan singkat ada syaratnya, yaitu wajib kebutuhan mendesak, nominal tidak besar dan juga kamu harus sudah punya effort yang besar di tempat kamu bekerja. Sebutkan alasannya dengan sejelas mungkin, dan alasannya harus nyata serta mendesak.

2. Nominal yang Dibutuhkan

Kemudian kamu harus menyebutkan nominal yang dibutuhkan, karena harus kebutuhan yang mendesak, maka nominalnya pastilah tidak yang terlampau besar dan aneh-aneh, contohnya untuk membayar tagihan, jadi sebutkan berapa nominal yang kamu butuhkan.

3. Sampaikan Kapan Mebayar

Yang jangan sampai kamu lupa untuk memberitaukan kepada atasan yaitu kapan akan membayar hutang tersebut, karena lewat pesan singkat memang tidak sopan, maka ada syarat yang tidak tertuliskan yaitu bayar hutang pinjaman terasebut secepat mungkin, jadi terlihat memang kamu butuh pinjaman urgent.

4. Cara Mengirimkan Uang

Karena kamu yang membutuhkan, jadi sampaikan juga cara mengirimkan uang tersebut, jelaskan rincinya, contoh mudahnya dijaman sekarang ya sudah pasti dengan transfer lewat antar bank atau platform yang mudah digunakan semua orang.

5. Buat Perjanjian

Agar bos lebih percaya, jika misal kamu bisa langsung ketemu bos tapi belum bisa membayarnya karena nilainya lumayan besar maka buatlah perjanjian rencana pembayaran lengkap dengan tanggal jatuh tempo dan jumlah cicilan. 

Tapi sebaiknya kalau pinjam uang ke bos lewat chat atau pesan singkat maka jangan sampai untuk nominal besar, kalau nominal besar maka kamu harus lebih baik dalam mengutarakannya dengan bertemu langsung.

Kata - Kata dan Cara Ngomong Pinjam Uang Ke Bos

Pada umumnya tidak ada format baku atau kata-kata formal yang harus diucapkan ketika mau pinjam uang ke bos ya, tapi secara inti dan etika serta bagaimana menghargai atasan maka beberapa poin yang sudah Harian Trending Topik sampaikan diatas bisa kamu gunakan. 

Garis Besar Cara Ngomong ke Bos seperti berikut :
  1. Selamat siang bapak / ibu atasan, saya ada keperluan mau meminjam uang dari bapak atau ibu.
  2. Gajian masih bulan depan tapi saya butuh uang untuk membayar tagihan sekolah anak saya minggu ini (misalnya).
  3. Saya butuh pinjaman uang Rp1.000.000 untuk membayar beberapa tagihan spp, seragam anak saya disekolah. (alasahnya sesuai kebutuhan kamu).
  4. Jika diperbolehkan, saya ingin pinjam uang untuk minggu ini.
  5. Saya tidak bisa membayar uangnya secara langsung, tapi akan saya cicil untuk 2/3 bulan kedepan.
  6. Pembayarannya langsung kepotong gaji saya saja bapak/ibu atasan, secara mencicil perbulannya.
Kira-kira seperti itu ya Cara Ngomong Pinjam Uang Ke Bos, tidak ada format yang harus dijalankan, tapi yang perlu kamu tau, sebaiknya langsung bertemu kepada atasan dan jangan sampai pinjam uang lewat pesan singkat atau aplikasi chat.

Kalau kamu memutuskan untuk pinjam uang ke atasan ditempat kerja maka pastikan mengembalikan pinjaman uang tersebut tepat waktu dan juga tetap menjaga peforma kerja kamu, agar bos tetap percaya dan jika nanti kamu butuh pinjaman lagi, atasan juga masih percaya kepada kamu.