Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ajari Anak Menabung sejak Dini Agar Tidak Menjadi Pribadi Boros

Ajari Anak Menabung sejak Dini Agar Tidak Menjadi Pribadi Boros

HarianTrendingTopik - Memiliki uang tabungan sangat berguna jika ada keadaan yang genting ataupun misalnya muncul kebutuhan mendesak.

Lebih dari itu, jika anak diajari menabung sejak dini, manfaatnya bisa sangat bagus untuk merubah pribadinya dari sering menggunakan uang menjadi sering menyimpan uang.

Sudah sepatutnya kita sebagai orang tua untuk mengajari anak menabung sejak usia dini agar bisa memahami manfaatnya jika menabung sebagian uang jajannya. 

Info Keuangan :
Jadi si anak akan tau kalau mempersiapkan uang untuk masa depan itu merupakan sesuatu yang amat sangat penting.

Anak harus di didik dan dikenalkan dengan cara mengelola keuangan yang baik sehingga nanti anak kita akan tumbuh menjadi pribadi bisa menghargai keuangan.

Kapan Mengajari Anak Menabung ?


Orang tua bisa mengajari anak menabung semenjak mulai paham kegunaan uang, meskipun usianya masih sangat kecil, tetap saja harus diberikan pengertian untuk menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan.

Berikan uang jajan kepada anak secukupnya dan ajari menabung, jadi anak tidak akan bisa menggunakan sesukanya dan jika uangnya sudah habis berarti berhenti jajan.

Memang bukan hal mudah untuk membatasi uang jajan dan menyakinkan hati agar tidak menuruti kemauan anak, tapi harus dilakukan karena itu penting demi membentuk pribadi si anak.

Tindakan ini butuh penyesuaian terutama untuk si anak agar hati dan sikapnya terbiasa mengikuti pola menghemat dan menabung.

Tentu jangan dipaksa juga, karena masih banyak waktu jadi kita bisa mengajari anak pelan pelan dan tahal demi taham hingga nanti anak masuk sekolah dasar sudah paham dengan konsep menabung dan mengatur keuangan secara mendasar.

Mulailah dengan membelikan anak tempat menabung yang menarik dan dia suka, jadi ketika diberi uang jajan setiap hari langsung sisihkan dan ajari anak untuk memasukkannya ke dalam tabungan.

Apabila dirasa dalam waktu tertentu dan tabungan sudah mulai banyak isinya, bisa ajak si anak untuk membongkar tabungan tersebut.

Perlihatkan hasil kepada si anak sebagaimana dia punya banyak uang dalam tabungan, pertama bisa digunakan untuk membeli sesuatu yang dia suka.

Berikutnya baru diajari untuk menabung dan menghemat lebih baik, jangan lupa juga berikan anak hadiah karena sudah sabar menabung, apapun bentuknya yang penting membuat akan suka dan menyadari kalau menabung itu sesuatu yang penting.