Cara Meredakan dan Mengatasi Batuk Pilek Anak

Cara Meredakan dan Mengatasi Batuk Pilek Anak

Hariantrendingtopik.com - Cara Meredakan dan Mengatasi Batuk Pilek Anak. Sebelum bunda melakukan tindakan untuk meredakan dan mengatasi batuk pilek pada anak akan lebih baik jika memahami dulu apa penyebabnya.

Perlu bunda ketahui jika batuk itu pada dasarnya bukan suatu penyakit melainkan respon alami tubuh dimana tubuh ingin mengeluarkan sesuatu bisa berupa bentuk padat atau alergen yang menghalangi jalan nafas.

Jadi bunda tidak boleh mengatakan kalau anak sedang batuk itu tandanya sedang sakit. Batuk juga dibedakan menjadi 2 yaitu batuk berdahak ( batuk produktif ) dan batuk kering (batuk non-produktif)

Ketika flu, biasanya batuk akan muncul karena flu adalah serangan virus pada organ pernafasan. Artinya bukan sakit batuk pilek, tapi hanya pilek dan barulah kemudian muncul batuk sebagai respon untuk mengeluarkan virus.

Obat flu pada umumnya terdapat antibiotik, dan antibiotik tersebut hanya untuk melawan virus flu nya bukan menyembuhkan batuknya. Maka ketika flu telah sembuh tapi masih batuk jangan minumkan obat yang sama.

Jika bunda sudah yakin pilek si anak sudah sembuh, cobalah untuk meredakan batuknya agar sembuh dengan sendirinya. Minumkan obat batuk hanya jika batuk terdengar keras dan sangat mengganggu anak. Vaksin Influenza.

Ambil Tindakan Ke Dokter Jika Anak Mengalami Gejala Berikut saat Batuk Pilek

  • Anak menangis terus dan mengeluh sakit di sekitar kepala dekat telinga. Dikhawatirkan muncul infeksi sehingga membahayakan organ telinga dan sekitarnya.
  • Anak mengalami demam lebih dari 40o C ketika batuk dan pilek. 
  • Anak anda selalu rewel dan mengatakan ingin tidur yang terus menerus, karena seharusnya ketika batuk pilek anak hanya akan rewel seperti biasa. 
  • Pada kulit anak muncul warna kemerahan atau berupa bercak-bercak merah yang seharusnya tidak ada ketika batuk pilek. 
  • Mengalami susah bernafas yang terus menerus dan kondisi pilek batuk tidak kunjung mereda setelah 4-5 hari. 

Cara Mengatasi Batuk Pilek Anak


1. Cara terbaik meredakan batuk pilek pada anak adalah dengan anda sebagai orang tua selalu berada didekat anak dan memberikan perhatian lebih. Memang tidak berhubungan dengan medis, tapi anak yang merasa nyaman akan lebih cepat pulih dari kondisi sakit.

2. Berikan nutrisi lebih banyak untuk anak seperti Vitamin C dan vitamin penungjang lainnya. Usahakan nutrisi berasal dari makanan alami seperti buah dan sayuran, jika sulit makan anda bisa mengolahnya menjadi minuman seperti jus.

3. Usahakan agar anak cukup tidur dimalam hari, bisa dengan rutin memberikan minuman hangat atau herbal agar nafasnya lebih lega dan tidak tersumbat.

4. Jangan berikan anak makanan yang berminyak atau minuman dingin. Awasi anak dengan baik, jangan berikan snack atau sejenisnya. Kalau anak mau minum air lemon atau jahe hangat itu akan lebih baik.

5. Hal yang paling mengganggu ketika batuk pilek adalah dahak yang tidak kunjung keluar. Maka cobalah berikan anak air putih hangat sesering mungkin agar proses pengeluaran alami dahak lebih mudah.

6. Ketika pagi hari ketika matahari naik sepenggalah ( waktu dhuha ) sekitar pukul 07.00 - 08.00, anda bisa menjemur si kecil dengan waktu sekitar 10 menit saja menghadap matahari bagian dada dan punggung bergantian agar organ dalam tubuh terasa hangat.

7. Penanganan dari luar lainnya tentusaja dengan cara oles, misalnya kerokan dengan minyak kayu putih atau bahan oles penghangat badan sejenisnya, ingat yang khusus anak ya.

Jika Batuk Pilek Anak Tidak Kunjung Reda


Dengan Mengatasi Batuk Pilek Anak diatas seharusnya kondisi sakit akan mereda antara 3-5 hari tergantung kekuatan si anak, tapi jika memasuki hari ke 4 dan kondisi batuk pilek belum mereda serta anak tetap rewel, lebih baik bunda segera mengambil tindakan untuk periksa ke dokter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel