Cara Mencegah Cacingan Pada Anak - Anak

Hariantrendingtopik.com - Cara Mencegah Cacingan Pada Anak. Cacingan adalah sebutan untuk sebuah kondisi sakit pada organ pencernaan yang disebabkan oleh beberapa jenis cacing. Cacing yang biasanya masuk ke tubuh misalnya Cacing kremi, Cacing gelang, Cacing tambang, atau. cacing pita

Cara Mencegah Cacingan Pada Anak - Anak

Para bunda harus paham bagaimana cara mencegah cacingan karena pada usia anak-anak akan lebih rentan terserang penyakit ini. Kenapa demikian ? karena ketika usia anak-anak sangat suka bermain bebas dengan tanah atau pasir.

Bagaimana Cara Cacing Masuk Ke Tubuh Anak ?


Tentunya cara cacing masuk ketubuh anak bisa melalui mulut, tangan, ataupun kaki. Proses awal cacing berada di tanah bisa melalui kotoran manusia atau memang dari alam bebas.

Anak cacing ataupun telur cacing tetap berada di tanah ataupun pasir untuk menetas dan tumbuh. Sampai pada ada anak-anak yang bermain bebas dengan tanah dan pasir.

Akhirnya telur dan anak cacing masuk melalui kuku tangan dan kuku kaki. Jika anak tidak mencuci tangan dengan benar kemudian makan, maka cacing bisa masuk ke tubuh anak melalui makanan dan mulut.

Setelah itu berputar, cacing akan tumbuh dan berkembang di dalam usus. Beberapa jenis cacing memang tidak akan mati oleh asam lambung sehingga bisa menjangkit penyakit dan keluar lagi melalui kotoran.

Tanda dan Ciri Anak Terkena Cacingan


  1. Ciri-ciri utama anak terjangkit cacingan dapat dilihat dari kondisi badan. Badan anak yang terjangkit cacingan akan terlihat kurus tapi perut buncit.
  2. Mata anak yang terkena cacingan akan terlihat memerah pada bagian putihnya serta rambut akan terlihat jarang atau rontok beserta akarnya.
  3. Efek yang terlihat jika terkena cacingan pertumbuhan badan anak terlambat dari teman sebayanya serta tingkah anak yang tidak bersemangat serta lesu. Jadi jika anak anda over aktif, artinya kemungkinan besar tidak terkena cacingan.


Bahaya Jika Anak Terkena Cacingan


1. Anak yang terkena cacingan sudah pasti akan mengalami masalah pada bagian organ pencernaan, seperti terkena diare dan sering muntah muntah.

2. Akibatnya jika anak terkena cacingan pasti akan kurus seperti kurang gizi dan efek lainnya persis seperti anemia yaitu kekurangan darah.

Cara Mencegah Cacingan Pada Anak


Kata Mencegah Cacingan pada anak pastinya berupa pola hidup dan makan yang bersih, adapun jika anak sudah terkena cacingan maka harus menjalani pemeriksaan yang insentif.


  • Pastikan anak mencuci bersih tangan sebelum makan dan kuku harus dipotong rutin agar tidak ada kotoran yang tertinggal.
  • Bahan makanan yang akan dimasak atau dimakan langsung seperti buah harus dicuci dengan bersih pada air mengalir misalnya air keran.
  • Semua makanan harus dimasak dengan matang benar dan hindari makan daging ikan atau ayam dalam kondisi mentah seperti sushi serta daging setengah makan.
  • Cek kondisi air yang menjadi sumber kebutuhan hidup, pastikan tidak tercemar dalam bentuk apapun. Air sumur yang terkontak langsung atau jarak dekat dengan Septiktank bisa menjadi perantara masuknya cacing.
  • Paksa anak selalu menggunakan alas kaki ketika diluar rumah, jangan biarkan anak berjalan dengan kaki terbuka. Dan kalau anak ingin sekali bermain tanah, belikan sarung tangan khusus anak.
Artikel Terkait Seputar Anak : Cara Meredakan dan Mengatasi Batuk Pilek Anak dan Jika Anak Terlambat Berbicara.

Cara Mencegah Cacingan Pada Anak tidak lain pastinya dengan mengajarkan anak untuk hidup bersih dan kebiasaan mencuci tangan serta tidak makan sembarangan. Sebagai bunda, perhatikan penuh apapun yang anak makan dan kebersihan mainannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel