Operasi Lasik Mata : Prosedur, Biaya dan Tingkat Keberhasilan

Operasi Lasik Mata : Prosedur, Perawatan, Resiko, Biaya dan Tingkat Keberhasilan

Hariantrendingtopik.com - Operasi Lasik Mata adalah sebuah prosedur bedah mata dengan menggunakan media utama berupa laser, sedangkan kata LASIK merupakan singkatan dari laser-assisted in situ keratomileusis.

Cara kerja prosedur Lasik adalah dengan menggunakan media laser untuk membentuk ulang kornea seperti pada kondisi normal, sehingga titik fokus pengelihatan kembali tepat pada retina.

Prosedur lasik termasuk prosedur operasi dengan rawat jalan dan dapat mengatasi masalah pengelihatan seperti rabun dekat,rabun jauh, dan astigmatisme.

Sinar laser yang digunakan pada prosedur Lasik adalah jenis sinar laser ultraviolet. Kelebihan dari prosedur Lasik adalah tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar 10 sampai 15 menit prosedur operasi Lasik mata dapat selesai.

Bius yang di gunakan ketika proses operasi adalah jenis bius tetes agar permukaan daerah mata menjadi mati rasa. Ketika proses operasi berlangung, anda seharusnya masih berada dalam keadaan sadar, tetapi anda diberi obat agar kondisi tubuh tidak tegang dan tetap dalam kondisi nyaman.

Sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur operasi Lasik, Anda harus melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter spesialis mata agar dapat memastikan kondisi mata dan kesehatan anda mampu atau tidak untuk mendapatkan prosedur tersebut.

Prosedur Operasi LASIK Mata


Sebelum melakukan prosedur operasi Lasik Mata, anda akan diberikan sejenis obat untuk menjaga kondisi tubuh anda tetap nyaman dan rileks agar tidak merasa tertekan ketika berada di ruang operasi, karena hampir semua pasien pasti merasa khawatir tentang proses berlangsungnya operasi.

Kelopak mata anda akan dipasang sebuah penyangga agar mata tetap dalam keadaan terbuka selama proses operasi berlangsung.

Prosedur Operasi LASIK Mata

Pada keadaan mata yang terbuka, dokter akan memasang sebuah cincin hisap untuk meratakan area kornea dan mencegah mata agar tidak bergerak. Setelah cincin hisap dipasang, pandangan mata anda akan terlihat gelap karena kornea sedang diratakan.

Setelah itu dokter akan membuat sebuah sayatan kecil pada bagian kornea mata untuk memudahkan membentuk ulang kornea mata sesuai dengan keadaan normal.

Setelah sebuah sayatan dibuat, lapisan ini diangkat dan di lipat agar memudahkan memudahkan proses pemotongan sejumlah jaringan kornea yang mengganggu.

Ketika laser sudah diposisikan lurus dan tepat ke kornea mata yang harus dirubah, laser tersebut akan memotong bagian dari jaringan tertentu pada kornea untuk mengubah bentuk kornea sesuai kondisi mata normal.

Setelah pembentukan kornea selesai, lapisan yang dilipat tadi akan ditempatkan pada posisi semula dan akan menempel tanpa memerlukan jahitan apapun.

Sesudah semua prosedur operasi Lasik selesai dilakukan, anda akan diberi obat tetes mata dan pelindung agar mata aman dari kontak yang tidak di inginkan.

Waktu yang dibutuhkan pasien untuk pulih setelah operasi adalah sekitar 6 bulan dan dapat lebih cepat atau lambat tergantung kondisi dari pasien sediri.

Persiapan Sebelum Melakukan Prosedur Operasi Lasik Mata


Sebelum anda mendapatkan prosedur operasi Lasik, dokter pasti akan memberikan informasi tentang apa saja persiapan yang harus anda lakukan.

Pada umumnya anda diharuskan untuk tidak memakai atau menggunakan sesuatu yang memberikan sentuhan langsung pada mata atau sekitar daerah mata seperti kontak lensa, make up atau riasan pada daerah mata sebelum operasi.

Perawatan Sendiri Setelah Mendapatkan Operasi Lasik Mata


Kondisi kesehatan mata setiap orang tidaklah sama, maka dari itu, waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan juga tidak bisa sama untuk setiap orang.

Secara umum, kesembuhan total setelah mendapatkan prosedur operasi adalah sekitar 6 bulan, bisa lebih cepat atau lebih lambat juga tergantung dari faktor usia pasien. Pada pasien remaja, kondisi mata akan lebih cepat sembuh daripada pasien dengan usia lanjut

Setelah mendapatkan operasi Lasik, ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar proses pemulihan kondisi mata anda lebih cepat.

  • Setelah penutup mata dilepas, jangan memakai benda apapun yang melakukan sentuhan langsung pada mata, seperti make up, kontak lensa dan sebagainya.
  • Tidak melakukan aktifitas fisik yang berat, paling tidak selama satu bulan atau sampai benar-benar dinyatakan sembuh oleh dokter. Melakukan aktifitas fisik yang berat akan memberikan tekanan otot pada seluruh tubuh terutama pada daerah leher dan kepala. 
  • Walaupun pelindung mata sudah dilepas, anda juga tetap disarankan untuk memasang pelindung mata tersebut ketika tidur. 
  • Jaga mata anda dengan menghindari semua hal yang bersifat meberikan sentuhan atau tekanan langsung pada daerah mata, gunakan kacamata dengan bahan yang bagus agar mata anda terlindung dari debu yang terbawa angin. 

Tingkat Keberhasilan Operasi Lasik Mata


Untuk saat ini, hanya prosedur operasi Lasik mata yang dapat menjadi solusi untuk lepas dari ketergantungan memakai kaca mata.

Operasi Lasik mata memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi yaitu lebih dari 90% untuk menyembuhkan gangguan mata minus ( tingkat keberhasilan tersebut hanya untuk gangguan mata minus ).

Jika anda memiliki gangguan mata selain mata minus, jangan terburu-buru memutuskan untuk menggunakan prosedur Lasik mata, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter, sampaikan semua keluhan pada mata yang anda rasakan.

Resiko Operasi LASIK Mata


Prosedur operasi Lasik mata akan digunakan dokter jika kondisi pasien memungkinkan untuk mendapatkan prosedur tersebut.

Walaupun prosedur operasi Lasik mata memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi untuk gangguan mata minus, semua prosedur operasi pasti memiliki resiko, yang perlu anda lakukan hanyalah meminimalisir resiko tersebut dengan mengikuti semua arahan dan saran dari dokter untuk anda.

Percayalah pada dokter anda karena mereka pasti akan melakukan yang terbaik untuk keberhasilan proses operasi anda.

Resiko atau efek samping yang mungkin terjadi setelah Operasi Lasik Mata

1.Mata kering

Mata kering yang terjadi setelah mendapatkan prosedur operasi mata dapat dikatakan adalah hal yang wajar karena mata sedang melakukan penyesuaian untuk mengurangi produksi air mata.

2.Sensitif cahaya

Prosedur operasi Lasik mata bertujuan untuk membentuk kembali kornea mata agar sesuai dengan bentuk kornea normal sedangkan fungsi utama dari kornea mata adalah mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Jadi ketika masa pemulihan setelah anda mendapatkan operasi Lasik dan kemampuan kornea belum berada dalam keadaan pulih sepenuhnya.

Kornea akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk ke mata karena itu mata akan mengalami sensitif terhadap cahaya dalam beberapa bulan setelah operasi.

3.Gangguan pengelihatan

Untuk gangguan pengelihatan seperti pandangan yang gelap atau gangguan mata lain biasanya jarang terjadi setelah operasi Lasik.

Jika terjadi gangguan pengelihatan biasanya terjadi karena setelah dokter melepas pelindung mata, pasien tersebut menganggap matanya sudah sembuh kemudian melakukan hal yang ceroboh.

Padahal mata membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih sepenuhnya walaupun pasien sudah dapat melihat dengan normal.

Biaya yang dibutuhkan untuk Prosedur Operasi Lasik Mata


Secara umum total biaya yang dibutuhkan untuk operasi lasik mulai dari pemeriksaan, konsultasi sampai tindakan operasi selesai dilakukan adalah sekitar 30 juta sampai 60 Juta.

Di Amerika, operasi Lasik Mata membutuhkan biaya sekitar $2.000 sampai $3.000 per mata. (informasi biaya operasi Lasik Mata di Amerika didapatkan dari sumber www.lasik.md)

Karena persoalan biaya adalah hal yang pasti di pikirkan oleh semua orang, ada baiknya jika anda mengecek ulang asuransi yang anda ikuti akan menanggung biaya prosedur operasi ini atau tidak.

Jika anda sudah merencanakan untuk melakukan operasi Lasik Mata dari jauh hari, anda dapat mencari jasa asuransi yang sudah jelas menanggung biasa operasi mata anda.

Terasa Nyeri Setelah Operasi Lasik

Setelah menjalani prosedur operasi Lasik mata, pengelihatan tidak akan langsung kembali seperti pada keadaan normal. Tentu saja, pemulihan mata yang sebagai organ vital akan membutuhkan waktu sangat lama untuk pulih sepenuhnya.

Setelah operasi dilakukan pasti ada gejala-gejala seperti terasa nyeri pada mata, gatal, silau, pengelihatan mata buram dan lain-lain. Hal seperti ini memang kadang terjadi kepada siapapun yang menjalani operasi mata.

Tapi anda tidak perlu merasa khawatir karena kurang dari satu minggu keadaan pengelihatan mata anda akan mulai membaik.

Jika terjadi rasa nyeri pada mata terjadi lebih dari 2 minggu, anda harus segera mendapatkan konsultasi lebih lanjut kepada dokter yang menangani operasi Lasik pada mata anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel