Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Semarang, Misteri Tersembunyi Candi 6 dan 7 di Bawah Kaki Gunung Ungaran

Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Semarang, Misteri Tersembunyi Candi 6 dan 7 di Bawah Kaki Gunung Ungaran

HarianTrendingTopik.Com - Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Semarang. Lokasi wisata Candi Gedong Songo terdapat di kaki Gunung Ungaran yang kondisi geografisnya berbukit-bukit sangat bagus untuk kamu yang ingin menjauhi kejenuhan rutinitas yang super sibuk.

Di lokasi ini kamu suguhkan pemandangan yang sangat indah, ciri khas pemandangan pegunungan, hutan pinus, hawa dingin, dan lahan pertanian penduduk yang luas.Walaupun namanya Candi Gedong Songo (bahasa jawa dari susunan sembilan candi), candi tertinggi yang dapat di kunjungi adalah kompleks candi ke 5, hal ini dikarenakan kondisi lokasi yang curam dan menanjak.

Karena Faktor kondisi lokasi, Renovasi rute yang dilakukan agar aman bagi pengunjung hanya sampai candi ke 5 saja. Jarak dari satu candi ke candi yang lain memang cukup jauh dan memiliki rute mendaki untuk pejalan kaki. Buat kamu yang setiap hari berada di belakang meja kantor, Wisata Candi Gedong Songo ini sangat cocok untuk melemaskan otot kakimu.

Berlokasi di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Candi Gedong Songo menjadi salah satu ikon wisata candi di Jawa Tengah. Candi Gedong Songo berada di ketinggian 1200 Mdpl dan tepat di bawah kaki gunung Ungaran, karenanya hawa sejuk yang menusuk tulang akan sangat terasa jika kamu berkunjung ke lokasi wisata ini pada pagi hari.

Saat ini lokasi candi sudah dipugar dan direnovasi dengan apik dan sangat cantik, mulai dari halaman depan yang digunakan untuk acara acara khusus, jalan setapak, taman kompleks candi, dan candi-candinya sendiri sudah berdiri megah kembali. Dengan latar belakang yang dibentuk semakin rapi dan indah, sekarang hampir di semua titik dari lokasi candi dapat menjadi spot foto yang keren.

Jika anda mengunjungi lokasi candi pada pagi hari, anda dapat melihat kumpulan kabut yang perlahan turun dari Gunung Ungaran. Jangan takut dengan Hawa dingin yang datang secara tiba-tiba, di antara lokasi kompleks candi ke 3 dan ke 4 ada sebuah lokasi dengan pemandian air hangat yang dapat digunakan sebagai tempat berendam ketika hawa dingin mulai datang.

Berendam di air hangat alami ketika suhu udara semakin dingin akan terasa sangat nikmat, lagipula berendam dengan air hangat alami dapat merelaksasi lutut anda yang lelah.

Pemandian air panas candi gedong songo

kompleks Pemandian air panas candi gedong songo

Selain Pemandian air panas masih ada banyak hal menarik yang dapat anda coba seperti berkuda, camping, dan sekarang sudah tersedia kios kuliner dalam satu lokasi tersendiri untuk pengunjung yang ingin mengisi perut setelah tenaga terkuras habis karena trek menanjak.

Makanan khas yang dapat dinikmati pada area wisata Gedong Songo adalah sate kelinci dengan bumbu kacang. Jika anda berencana untuk mengunjungi tempat wisata ini, tambahkan menu sate kelinci kedalam daftar makanan yang harus anda coba.

Asal Usul dan Sejarah Singkat dibangunnya Candi Gedong Songo Bandungan


Candi Gedong Songo adalah kompleks candi agama Hindu. Kapan tepatnya Candi Gedong Songo dibangun belum diketahui secara pasti, tapi ada beberapa pendapat para ahli yang menyatakan Candi Gedong Songo dibangun pada pemerintahan dinasti Sanjaya Hindu.

Setelah melalui penelitian panjang, berdasarkan model bangunan dan coraknya para peneliti berpendapat bahwa Candi Gedong Songo dibangun pada abad ke-8.

Lokasi Candi Gedong Songo yang berada diperbukitan menjadi bukti khas bahwa candi ini berfungsi sebagai tempat pemujaan penganut agama Hindu. Para pemeluk agama Hindu mempercayai bahwa lokasi seperti Gunung adalah tempat para dewa berada.

Dari cerita rakyat atau legenda yang beredar di masyarakat, lokasi dari candi ini terbentuk ketika terjadi perang antara Rama dan Dasamuka untuk memperebutkan Dewi Sinta. Tokoh Dasamuka yang menjadi antagonis mempunyai kemampuan luar biasa yaitu tidak bisa mati walaupun dibunuh dengan cara apapun.

Sekutu dari Rama yaitu Hanoman ( Raja Kera di Pulau Jawa ) memutuskan untuk mengangkat sebuah gunung dan menimpakannya ke tubuh Dasamuka agar tertimbun hidup-hidup dan tidak bisa bangkit kembali. Gunung tersebut sekarang dikenal dengan nama Gunung Ungaran.

Jumlah Kompleks Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Semarang


Walaupun namanya Candi Gedong Songo ( 9 Candi ) ternyata jumlah kompleks candi yang dapat dikunjungi hanya terdapat 5 buah kompleks candi. Jalan yang memutar dan menanjak adalah jalur yang disediakan untuk menyusuri candi mulai dari kompleks candi pertama sampai terakhir,jika dilihat dari candi ke 5.

Ternyata setiap kompleks candi berada pada area datar di atas bukitnya masing-masing, ukuran bukitnya memang tidak terlalu besar tapi setiap candi memiliki lokasi ketinggian yang berbeda-beda mulai dari candi pertaman yang paling rendah sampai candi ke 5 yang paling tinggi. Dari lokasi candi ke 5 anda dapat melihat landscape area persawahan yang menghijau di kaki gunung.

Kompleks Candi Gedong Songo ke 6 dan ke 7


Ketika berkunjung ke Candi Gedong Songo, kami juga penasaran kenapa jumlah kompleks candinya hanya 5 ? Bukankah arti nama Candi Gedong Songo adalah 9 Kompleks Candi ?

Setelah turun dari lokasi kompleks candi ke 5, kami memutuskan untuk membeli makanan dan mencoba bertanya ke beberapa penduduk asli yang berjualan di kawasan Candi Gedong Songo.

Karena tidak mendapatkan informasi apapun, kami mencoba turun ke area perkebunan dan bertanya kepada beberapa petani dan beberapa nenek yang sedang turun dari hutan kawasan candi dengan membawa kayu bakar yang kemungkinan adalah penduduk asli kawasan tersebut.

Berdasarkan cerita dari seorang petani dan beberapa orang nenek yang membawa kayu bakar, ada kisah yang diceritakan oleh pendahulu mereka, bahwa diatas kompleks candi ke 5 terdapat kompleks candi ke-6 dan ke-7. Kondisi medan di kompleks candi ke-6 dan ke-7 sangat curam sehingga rute kompleks wisata Candi Gedong Songo hanya sampai candi ke-5 kemudian turun ke area pelataran candi.

Dari alur cerita yang dapat kami tangkap, kompleks candi ke-6 dan ke-7 hanya berupa puing-puing candi yang sekarang sudah hilang. Hilangnya kompleks ini disebabkan oleh kejadian alam seperti tanah longsor yang menyebabkan kompleks candi ke-6 dan ke-7 tertimbun tanah dan pelapukan alami.

Karena informasi yang kami dapat berdasarkan kisah turun-temurun dari penduduk setempat, tidak salah saja jika ada yang tidak percaya ketika membaca atau mendengar cerita ini, walaupun sebenarnya kami juga tidak percaya saat mendengarkan cerita tersebut karena kami memang belum pernah melihanya sendiri.

Tetapi, ketika kami mencoba melihat lokasi Candi Gedong Songo dengan mode satelite pada GoogleMaps, ternyata di atas kompleks Candi ke-5 memang terdapat 2 buah area yang berukuran hampir sama dengan lokasi kompleks candi ke-4.

Pada area tersebut tidak ditumbuhi pohon seperti area disekelilingnya. Seperti yang sudah diketahui, pohon dengan akar tunggang akan sulit tumbuh jika didalam struktur tanahnya terdapat banyak batuan keras. Karena berdasarkan cerita turun-temurun, hal tersebut bisa saja benar terjadi dan bisa juga tidak.

Kompleks Candi Gedong Songo ke 6 dan ke 7

Dimana Lokasi Kompleks Candi Gedong Songo ke 8 dan ke 9 ?


Selain mendapatkan cerita keberadaan dari kompleks candi ke-6 dan ke-7, kami juga bertanya tentang keberadaan 2 kompleks candi terakhir. Sekali lagi kami hanya mendengar cerita dan legenda jaman dahulu bahwa kompleks candi ke-8 dan ke-9 dipercaya oleh masyarakat sekitar memang dihilangkan keberadaannya oleh para dewa yang mendiami lokasi Candi Gedong Songo karena merupakan bangunan candi paling suci diantara kompleks candi lainnya.

Unsur misteri dari cerita yang kami dengar ternyata diperkuat dengan konsep pembanggunan candi yang tersusun berderet dari bawah sampai ke atas bukit. Konsep pembanggunan candi seperti ini sesuai dengan kepercayaan masyarakat penganut agama Hindu jaman dulu.

Mereka mempercayai bahwa daerah pegunungan adalah tempat dimana para dewa berada dan semakin tinggi lokasi dibangunnya candi sebagai tempat pemujaan maka lokasi candi tersebut akan menjadi semakin suci.

Jarak Tempuh ke Candi Gedong Songo


Dari Kota Ambarawa dibutuhkan waktu sekitar 50 Menit untuk sampai ke lokasi wisata. Sedangkan dari Semarang membutuhkan waktu yang lebih lama sekitar 1 setengah jam dengan kondisi lalu lintas yang normal. Daftar Barang yang Harus di bawa ketika berpergian.

-Jarak dari Semarang Ke Candi Gedong Songo sekitar 40KM
-Jarak dari Ambara ke Candi Gedong Songo sekitar 25KM

Atau anda dapat mengakses lokasi melalui google map untuk menuju ke Lokasi Candi Gedong Songo.

Rute Candi Gedong Songo dari Semarang


Jika anda sedang berada di Semarang dan bertujuan untuk ke Candi Gedong Songo, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Semua jenis kendaraan seperti motor atau mobil dapat langsung masuk ke lokasi kawasan candi karena sekarang area parkir sudah direnovasi menjadi semakin luas.

Dari Semarang anda dapat menggunakan rute Semarang-Solo ( Surakarta ). Setelah sampai di Jl. Raya Semarang - Soekarno Hatta Km. 26, Karangjati, Bergas atau di SPBU Pertamina Lemah Abang, anda bisa mengambil lajur kanan untuk berputar balik ke Jalan Ungaran-Bandungan.

Setelah masuk ke jalan Ungaran-Bandungan, anda tidak perlu khawatir tersesat, petunjuk jalan untuk sampai ke Candi Gedong Songo sudah sangat Jelas dan mudah dilihat. Jarak dari SPBU Pertamina Lemah Abang ke Lokasi Candi sekitar 40 Menit perjalanan.

Biaya Tiket Masuk Ke Lokasi WIsata Candi Gedong Songo


Harga Tiket masuk untuk wisatawan lokal dikenakan tarif Rp 6.000 pada hari biasa atau Rp 7.500 pada hari libur untuk setiap Wisatawan Lokal dan Rp. 50.000 Untuk Wisatawan Mancanegara.

Jika anda belum puas dengan wisata Candi Gedong Songo, jangan khawatir, tidak jauh dari obyek wisata ini masih terdapat banyak sekali lokasi wisata lainnya seperti:

-Pondok Wisata Umbul Sidomukti
-Wisata Alam Bantir Hills
-New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort
-Bukit Paralayang

Fasilitas di Area Wisata Candi


Bagi anda yang belum pernah berwisata ke Candi Gedong Songo, anda pasti akan mepertanyakan tentang ketersediaan fasilitas yang ada. Anda tidak perlu khawatir, semua fasilitas standar lokasi wisata sudah tersedia mulai dari toilet, kamar mandi, tempat makan, tempat bersantai, dan trasnportasipun sudah mudah ditemui, ada beberapa warga sekitar yang menjadi jasa ojek untuk para wisatawan.

-Penginapan,Villa, Hotel di dekat Candi Gedong Songo

Fasilitas seperti Penginapan,Villa,atau Hotel memang sepertinya belum ada di dalam area lokasi wisata, tapi jika anda berniat untuk mencari tempat menginap agar dapat menikmati suasana pagi di wisata Candi Gedong Songo, anda dapat mencari penginapan di sekitar jalan utama menuju lokasi candi, sudah banyak sekali hotel yang memang tersedia untuk para wisatawan.

-Camping dan Outbound

Setelah dilakukan renovasi, sekarang sudah terdapat area yang memang disediakan untuk kegiatan camping atau outboun, anda dapat bertanya di pusat informasi dekat dengan loket tiket masuk jika berniat untuk mengadakan acara camping atau outbound.

Jika anda ingin merasakan sensasi camping di area hutan pinus dan alam terbuka, anda dapat mengunjungi lokasi wisata Umbul Sidomukti yang berjarak sekitar 5 KM dari Lokasi Candi.

Rute yang harus anda tempuh tetap melalui jalur utama jalan raya Bandungan-Candi Gedong Songo, setelah berkendara turun ke pasar Jimbaran, cari gapura dengan tanda arah ke lokasi wisata Umbul Sidomukti dengan jalan yang menanjak, jangan sungkan bertanya kepada penduduk sekitar jika anda bingung dengan arah jalan.

-Spot foto

Hampir semua lokasi kompleks candi merupakan spot foto yang bagus karena berlatar belakang bukit dan pengunungan. Tapi jika anda ingin berfoto dengan latar belakang yang keren dan kekinian, cobalah masuk ke area wisata Ayanaz Gedong Songo.

-Kuda

Apakah anda merasa tidak mampu untuk berkeliling semua kompleks candi karena medannya yang menanjak dan terjal ? Tenang saja, anda dapat menggunakan jasa berkeliling area candi gedong songo dengan menunggangi kuda. Selain tidak terasa lelah, berkeliling candi menunggangi kuda akan memberikan sensasi tersendiri seperti berada pada jaman kerajaan terdahulu.

Latar belakang Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Semarang

Latar belakang Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Semarang

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Lokasi Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Semarang adalah ketika pagi hari sebelum pukul 11.00 WIB dengan cuaca yang cerah karena kabut mulai turun ketika menjelang tengah hari. Jika anda berkunjung ketika pagi hari, latar belakang candi akan terlihat sangat indah yaitu Gunung Ungaran yang hijau kebiruan, matahari pagi di sela-sela pohon pinus dan hamparan kebun pertanian yang hijau.

Demikianlah ulasan Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Semarang oleh Kang Hartrop, jika anda adalah seorang yang meyukai keindahan alam dan sedang berada di Semarang, Ungaran, atau Ambarawa, Wisata Candi Gedong Songo harus ada dalam daftar tempat wisata yang Wajib dikunjungi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel