Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi Sesak Napas

Hariantrendingtopik.com - Sesak Napas dan Cara Mengatasinya. Pernah dengar atau pernah merasakan yang namanya sesak napas ?

Sesak napas adalah salah satu gangguan pernapasan yang mengakibatkan paru-paru kekurangan asupan oksigen sehingga bagian dada terasa sesak dan sulit untuk bernapas.

Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi Sesak Napas

Kondisi yang terjadi ketika sesak napas tidaklah sama pada setiap orang, memang gejala yang nampak semuanya seperti kesulitan bernapas, hanya saja penanganan harus sesuai dengan penyebabnya.

Pahami Apa Sebenarnya Sesak Napas


Sesak napas mempunyai beberapa sebutan lain seperti asma, dispnea atau ada juga shortness of breath (SOB). Semua sebutan tersebut mempunyai makna yang sama yaitu kondisi tidak cukup udara ketika bernapas.

Gejala yang muncul bersamaan biasanya dada terasa sesak, kepala terasa pusing dan berkunang kunang. Sesak napas termasuk salah satu gejala yang berbahaya karena bisa muncul kapan saja.

Banyak sekali faktor penyebabnya, tapi pada umumnya untuk kondisi badan yang normal disebabkan karena adanya aktifitas tubuh yang berlebihan daripada biasanya, bisa juga karena gangguan emosi dan psikologis ketika menghadapi masalah.

Kondisi sesak napas mulai memburuk jika kondisi sekitar mulut mulai pucat, susah bicara dan jantung berdebar tidak beraturan kemudia tarikan napas menjadi sangat berat.

Faktor dan Penyebab Munculnya Sesak Napas


Faktor penyebab munculnya bisa bermacam-macam dan saling berkaitan, namun secara umum ada beberapa faktor yang sering menyadi penyebab utama.

1. Tentu saja penyebab utamanya yaitu seseorang yang mempunyai penyakit pada bagian organ paru-paru atau emboli. Meskipun dikatakan sudah sembuh dari penyakit paru-paru, pastinya riwayat penyakit tidak bisa dianggap remeh.

2. Sesak nafas juga bisa disebabkan oleh gangguan organ lain yang berada disekitar paru-paru misalnya gangguan jantung seperti koroner, aritmia ataupun sejenisnya.

3. Penyebab sesak napas paling sering terjadi pada tubuh yang normal ( Tidak ada riwayat sakit paru ) biasanya karena pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, sering terkena angin malam, dan sebagainya.

4. Masih berkaitan dengan poin pertama dan ke 3, hanya saja keduanya muncul karena dipicu faktor emosi misalnya karena stress dan cemas berlebihan. Tanda - Tanda Stress pada Pria dan Wanita.

Cara Mengatasi Sesak Napas


1. Jika sesak napas tiba-tiba muncul, pergilah dari tempat anda , tinggalkan keadaan ruangan yang penat dan carilah lokasi lapang atau tempat terbuka bebas polusi. Tujuan utamanya agar paru-paru anda mendapatkan lebih banyak oksigen segar.

2. Ada hubungan erat antara kondisi cemas panik dan emosi, jadi sebisa mungkin kontrol kondisi anda dan usahakan agar otak menjadi rileks.

3. Ambilah posisi duduk dikursi (jika ada) atau duduk dengan posisi bersandar, posisi kepala sedikit mengarah keatas sehingga jalur udara yang masuk keparu-paru anda menjadi lebih lebar. Perlu anda ingat ! Jangan pernah ambil posisi tidur!

4. Carilah minuman hangat yang bisa melegakan nafas misalnya teh, jahe dan sejenisnya, hindari minuman yang pekat walaupun dalam kondisi hangat.

5. Jika anda paham betul memiliki riwayat sesak napas atau pernah mengalami sesak napas, jangan lupa berjaga-jaga membawa obat sesak nafas untuk kondisi genting. Bentuknya bermacam-macam bisa berupa hirup ataupun obat biasa.

6. Poin ini khusus anda yang melihat penderita sesak napas, misalnya penderita kehilangan kesadaran atau berhenti bernapas, segera lakukan pertolongan pertama. Anda bisa sedikit menyangga bagian belakang leher agar saluran napas terbuka dan berikan ruang.

Cara Mencegah Munculnya Sesak Napas


1. Cara terbaik untuk mencegah munculnya sesak nafas tentu saja dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan rutin berolahraga diruang terbuka. Cara Agar Tubuh Sehat dan Kuat Sampai Tua.

2. Sebisa mungkin hindari tempat-tempat berpolusi berat seperti sekitar perokok, jalan macet yang penuh dengan asap kenalpot serta hindari memelihara hewan dan tumbuhan yang secara ilmiah dapat memicu munculnya gangguan nafas.

3. Dari sekian banyak penyebab sesak napas, memang ada orang-orang dengan bawaan gangguan sesak napas karena alergen (penyebab alergi) misalnya debu dan asap. Maka usahakan membawa masker dan hindari lokasi yang banyak alergen.

Hal Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Sesak Napas

Jika anda atau salah satu orang disekitar anda mengalami sesak napas, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan menenangkan diri dan buat suasana atau kondisi badan menjadi rileks.

Tarik napas panjang berulang-ulang baru kemudian minum minuman hangat untuk melegakan napas, jika sesak napas terasa makin berat, segeralah minta tolong kepada orang didekat anda. Semoga sedikit cara mengatasi Sesak Napas yang tiba-tiba muncul dari Kang Hartrop bisa bermanfaat untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel