5 Tahap Cara Sikat Gigi yang Benar

5 Tahap Cara Sikat Gigi yang Benar

Hariantrendingtopik.com - Cara sikat gigi yang benar pastinya akan menjadi tolak ukur bersih atau tidaknya gigi kita dari sisa makanan yang dalam sehari sudah menumpuk hampir seharian.

Setidaknya ada 5 tahapan yang harus dilakukan ketika menyikat gigi agar mendapatkan hasil yang bersih di semua permukaan gigi. Bukan hal yang sulit apalagi merepotkan, hanya saja harus sedikit lebih sabar ketika melakukannya.

Berikut ini Kang Hartrop sudah merangkum lima runtutan cara sikat gigi yang benar agar gigi menjadi bersih dan gusi selalu sehat.

Cara Sikat Gigi yang Benar


1. Cara memegang sikat gigi dan gerakannya

Pertama kali, peganglah sikat gigi kamu agak miring dan membentuk sudut 450 dari posisi normal mulut kamu. Jadi kurang disarankan jika cara memegang sikatnya lurus dengan posisi mulut karena akan memberikan tekanan lebih terhadap gusi.

Buat sikumu santai dan rileks. Sikatlah dengan arah dari gusi ke gigi, tujuannya untuk membuang kotoran sisa makanan yang berada di dekat gusi baru ke sela gigi. Kamu bisa melakukannya secara vertikal atau horisontal tergantung posisi rahang.

Kamu juga bisa melakukannya dengan cara memutar pada tiap rahang. Ingat ! ketika menyikat gigi lakukanlah dengan tekanan tangan yang tingan saja, dikhawatirkan jika terlalu keras dan bertenaga akan melukai bagian gusi.

2. Bagian yang harus dibersihkan

Ketika menyikat gigi harus semua bagian mulut juga dibersihkan. Pastikan semua permukaan luar dan dalam gigi tersikat dengan benar. Bagian gigi untuk mengunyah menjadi prioritas utama untuk dibersihkan karena disanalah paling banyak kotoran tertinggal.

Bagian gigi yang digunakan untuk mengunyah atau gigi geraham bersihkan saja dengan cara menyikat maju mundur. Jangan gunakan sikat gigi yang berukuran besar, sesuaikan dengan ukuran mulut kamu agar mudah menjangkau bagian dalam.

3. Bagian dalam gigi dan lidah

Khusus bagian dalam gigi merupakan yang paling sulit dibersihkan, jadi harus extra sabar. Kombinasikan antara gerakan vertikal dan mencungkil agar sisa makanan yang terselip bisa keluar semuanya.

Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang sampai semua rongga dalam gigi tersikat dengan bersih. Kemudian sikat bagian permukaan lidah karena disanalah tempat bakteri berkumpul. Memang akan muncul sensasi mau mutah, tapi hiraukan saja yang penting lidahmu bersih.

4. Waktu Menyikat Gigi yang Benar

Kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi ? Jawabannya bukan 2 kali sehari melainkan 2 waktu yaitu sebelum tidur dan setelah makan. Jadi kalau kamu makan 3 kali dalam sehari artinya kamu harus sikat gigi 4 kali jika ingin kebersihan gigi terjaga.

Sikatlah gigi antara 2-5menit, jangan terburu-buru pastikan saja semua bagian gigi tersikat semua. Setelah membuang sisa pasta gigi didalam mulut, berkumurlah sekali saja agar bahan-bahan aktif dalam pasta gigi bisa bertahan lebih lama di permukaan gigi.

5. Sikat gigi yang baik untuk digunakan

Bentuk sikat gigi yang paling bagus untuk digunakan yaitu mempunyai bulu sikat yang lembut, sudah pasti untuk menjaga permukaan gusi agar tidak terluka. Cara Menghilangkan Sakit Gigi.

Kemudian gunakanlah sikat gigi dengan 3 sudut, hindari penggunaan sikat gigi yang lurus dan besar karena tidak bisa menjangkau seluruh rongga mulut. Sesuaikan ukuran sikat dengan rongga mulut, yang penting rongga bagian paling belakang bisa terjangkau.

Inti dari Cara Sikat Gigi yang Benar

Cara Sikat Gigi yang Benar artinya seluruh bagian gigi mulai dari yang tampak dari depan hingga rongga dalam yang digunakan untuk mengunyah tersikat dengan bersih seluruhnya. Lakukan gerakan menyikat mulai dari dekat gusi kemudian kearah luar gigi, jadi sisa makanan yang terselip bisa dikeluarkan.

Sekali lagi yang sangat penting, lakukan dengan sabar dan jangan terburu-buru agar semua bagian gigi tersikat dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel