Cara Menghilangkan Sakit Gigi karena Berlubang

Cara Menghilangkan Sakit Gigi karena Berlubang

HarianTrendingTopik.Com - Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Berlubang. Gigi berlubang terjadi karena penumpukan bakteri dalam mulut yang mengikis email ( lapisan paling luar ) Gigi. Jika ada rasa sakit yang tiba-tiba muncul karena hal ini, anda harus mengetahui Cara Menghilangkan dan Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang paling Ampuh.

Penyebab munculnya gigi berlubang secara umum karena adanya plak mulut dari semua sisa makanan termasuk makanan yang manis. Pada awal berlubang memang tidak begitu terasa karena rasa sakit hanya akan mulai muncul saat lubang mengenai syaraf di dalam gigi.

Jika anda mulai merasa kadang-kadang terasa sakit di sekitar pipi kanan atau pipi kiri tanpa sebab, kemudian rasa sakit itu menjalar ke kepala, bisa jadi mulai ada gigi anda yang berlubang.

Anda bisa mencoba cara berikut ini jika nantinya memang benar rasa sakit tersebut disebabkan karena gigi berlubang.

Cara Menghilangkan dan Mengobati Gigi Berlubang Secara Medis


Rasa sakit atau nyeri akibat gigi berlubang memang dapat diatasi dengan bahan-bahan diatas, tentu saja rasa sakit tersebut akan muncul kembali karena memang masalah utamanya adalah gigi yang berlubang.

Jika rasa sakit tersebut sudah membuat anda jengkel dan sangat mengganggu segeralah mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan. Pengobatan yang dilakukan oleh dokter tidak sama kepada setiap pasien, tergantung dari kondisi lubang pada gigi.

Berikut ini adalah cara menghilangkan dan mengobati rasa sakit gigi atau tindakan yang biasa digunakan oleh dokter gigi.

1. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Menambal ( Filling )


Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Menambal ( Filling )

Mengobati atau menghilangkan gigi berlubang dengan cara menambal akan dilakukan jika pembusukan gigi berlubang sudah cukup dalam. Bagian yang busuk berlubang tersebut akan mulai dibuang dengan cara di bor.

Dokter akan memastikan bagian dari gigi yang sudah busuk berlubang terbuang semua sehingga tidak ada bakteri yang akan menggerus lapisan gigi lagi.

Setelah gigi bersih dari bagian yang busuk, penambalan akan dilakukan dengan bahan-bahan tertentu misalnya komposit resin, perak, emas ( bagi yang mampu beli bahannya) ataupun bahan lain yang sesuai dengan prosedur.

2. Cara Mengobati Dan Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang dengan Crown Gigi


Cara Mengobati Dan Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang dengan Crown Gigi

Tindakan Crown Gigi akan dilakukan jika kondisi pembusukan sudah mencapai hampir seluruh lapisan luar gigi sehingga gigi menjadi rapuh.

Inti dari Pemasangan Crown gigi adalah mengganti seluruh lapisan mahkota gigi ( bagian / lapisan gigi yang berwarna putih dan keras ). Bahan yang digunakan untuk membuat Crown sama dengan bahan yang digunakan untuk menambal gigi.

Cara ini terbilang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit gigi yang muncul tanpa mencabutnya karena semua bagian yang telah busuk akan dibuang dan diganti dengan yang baru.

3. Cara Mengobati dan Menghilangkan Sakit Gigi dengan Root Canal


Cara Mengobati dan Menghilangkan Sakit Gigi dengan Root Canal
Root Canal by www.dentalimplantscr.com

Sebutan lain dari Root Canal adalah metode Perawatan Saluran Akar gigi, dimana cara yang digunakan dengan membuang semua bagian yang sudah busuk termasuk jaringan saraf dan pembuluh darah.

Bagian yang tersisa setelah semua dibersihkan hanya sekitar Semen Gigi dan sedikit bagian email gigi yang dekat dengan gusi. Kemudian dokter akan memberikan tambalan atau Crown Gigi yang lebih kuat sehingga tidak perlu mencabut gigi.

4. Cara Mengobati dan Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang dengan Cabut Gigi


Cara Mengobati dan Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang dengan Cabut Gigi

Jika lubang dan pembusukan sudah parah, tentu saja tidak ada harapan lain selain mencabut gigi yang rusak. Dengan pencabutan gigi akan ada celah rongga kosong diantara gigi anda.

Untuk mengisi celah rongga kosong tersebut anda juga dapat menggunakan gigi palsu atau bisa juga menggunakan metode implan gigi, semua nya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang dengan bahan Alami


Selain cara menghilangkan sakit gigi secara medis tentu saja ada cara alami dengan memanfaatkan bahan herbal.

Bahan yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit gigi karena berlubang yang tiba-tiba muncul tentu saja harus mudah ditemukan dan tidak jauh dari tempat anda.

1. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Garam

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Garam

Kenapa Garam? Ternyata di dalam garam mengandung antiseptik alami serta anti bakteri. Dengan Air Garam yang kemudian digunakan untuk berkumur, rasa sakit yang muncul karena gigi berlubang akan segera berkurang.

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri yang muncul. Tidak hanya itu, ternyata dapat mencegah infeksi dan perkembangan bakteri di dalam mulut.

1.1 Cara Membuat Larutan Air Garam untuk Kumur


  1. Anda dapat mencampur dan melarutkan satu gelas air hangat (gelas sedang saja) dan satu sendok teh garam. Aduk dan Pastikan garam terlarut semuanya.
  2. Gunakan larutan garam untuk berkumur dan bagian gigi yang berlubang harus lebih banyak terkena larutan air garam. Jangan berkumur terlalu cepat dan terlalu lama.
  3. Berkumurlah sebanyak 3 - 4 kali sampai rasa sakit mereda.
  4. Anda juga dapat membuat larutan garam dengan air lemon, karena air lemon dapat membantu membunuh bakteri lebih baik.


2. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Lemon

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Lemon

Lemon dapat menjadi anti bakteri atau pembersih bakteri penyebab gigi berlubang yang bagus. Selain mudah didapat, cara penggunaannya pun tidak ribet, Anda hanya perlu memeras Lemon saja dan campur ke dalam air hangat kemudian gunakan untuk kumur.

Seperti menggunakan larutan garam, pastikan air lemon mengenai gigi yang berlubang. Anda dapat berkumur dengan air lemon 3 kali sehari untuk membersihkan bakteri, serta berkumur lebih sering ketika rasa sakit muncul hingga rasa sakit tersebut mereda.

3. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Bawang Putih

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Bawang Putih

Masih pada pasukan anti bakteri, bawang putih sangat baik untuk meredakan rasa sakit dan nyeri yang muncul ketika gigi sudah berlubang.

Begini cara menggunakannya :


  1. Bahan yang dibutuhkan hanya 4 Siung bawang putih serta sedikit garam, kira-kira setengah sendok teh sudah lebih dari cukup.
  2. Tumbuk dan campur sampai halus kemudian oles dan ratakan pada gigi yang berlubang. Sedikit perih memang, tapi setelah itu rasa sakit akan cepat mereda.
  3. Barkan kira-kira 10 menit kemudian bersihkan dengan kumur menggunakan air bersih.
  4. Setelah itu berkumurlah lagi dengan menggunakan obat kumur.
  5. Lakukan ini secara rutin selama kira-kira 2 minggu sebanyak 2 kali sehari.


Jika anda bisa dan mau, anda dapat mengunyah bawang putih mentah ( note : Mengunyah saja ) karena memang bawang putih adalah anti bakteri yang sangat bagus.

4. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Daun Jambu Biji

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Daun Jambu Biji

Pada daun jambu biji sudah diketahui memiliki anti bakteri dan anti-inflamasi yang cukup kuat. Seperti penggunaan bahan lainya, anda hanya perlu merebusnya dan menggunakannya untuk berkumur. Efek pada setiap orang akan berbeda, Tapi karena bahan alami, tentunya tidak berbahaya sama sekali.

Jika anda tahan dengan rasa pekatnya, anda dapat mengunyah daun jambu biji untuk pencegahan rasa sakit muncul kembali (ingat, hanya untuk dikunyah). Pastikan daun jambu biji juga sudah di cuci dengan bersih.

5. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Akar Manis ( Licorice )

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Akar Manis

Akar manis atau biasa disebut Licore ('Licorice' atau 'Liquorice') yang termasuk tanaman jenis polong-polongan dari eropa ini mempunyai senyawa licoricidin dan licorisoflavan A. Kedua senyawa tersebut diketahui adalah pembunuh bakteri yang sangat kuat.

Cara penggunaannya hanya perlu di rebus dan digunakan untuk berkumur, lebih sering lebih bagus, 3 kali sehari sudah sangat cukup. Batang dari akar manis juga dapat digunakan untuk sikat gigi, kandungan yang terdapat pada akar manis dapat membersihkan plak lebih mudah.

6. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Daun Sirih

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Daun Sirih

Siapa yang tidak tau kemampuan daun sirih dalam memperkuat gigi. Orang jaman dahulu selalu mengunyah sirih sampai bibir mereka berwarna merah. Banyak sekali manfaatnya untuk sekitar rongga mulut dan gigi.

Kalau orang dulu langsung mengunyahnya, anda bisa dengan cara merebusnya kemudian gunakan untuk berkumur. Sama saja, tapi efek dari mengunyahnya secara langsung akan lebih kuat. Dengan berkumur menggunakan rebusan air daun sirih, gigi akan menjadi lebih kuat dan bau mulut dapat hilang.

7. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Kunyit

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Kunyit

Jika di sekitar anda sulit mendapatkan kunyit, anda dapat membelinya dalam bentuk bubuk di toko herbal. Kandungan vitamin C pada kunyit sangat mampu menghabisi bakteri penyebab gigi berlubang serta mencegah peradangan pada gusi.

Untuk rasa sakit karena gigi berlubang, anda dapat mencampur kunyit bubuk dengan air hangat kemudian gunakan untuk berkumur sampai rasa sakit mereda. Anda juga dapat mencampur bubuk kunyit dengan minyak mustard kemudian mengoleskannya ke sekitar gigi yang sakit, jangan ditelan biarkan beberapa saat kemudian muntahkan kembali.

Untuk membersihkan mulut anda dari bekas kunyit atau rasa yang menempel, anda dapat berkumur dengan air hangat atau obat kumur.

8. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cengkeh

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cengkeh

Cengkeh memang bahan yang sulit ditemukan apalagi di daerah perkotaan, tapi tenang saja, anda dapat membelinya dari toko herbal atau jika sabar anda dapat membelinya dari toko online per satuan kilogram. Cengkeh tidak mudah busuk jadi aman untuk disimpan, asalkan ditempat kering.

Cara lebih mudah untuk mendapatkan cengkeh adalah dengan membeli produk olahannya berupa minyak cengkeh. Kemampuan yang di miliki cengkeh sangat baik seperti anti bakteri, anti peradangan serta analgesik yang memang bisa digunakan membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Cara penggunaan minyak cengkeh untuk mengobati rasa sakit gigi berlubang cukup mudah, anda hanya harus mencampur 3 tetes minyak cengkeh dengan minyak wijen, kemudian sapukan campuran minyak tersebut pada gigi yang sakit dengan menggunakan kapas atau bahan sejenisnya.

Kalau anda kuat mengunyah cengkeh, kunyah saja sampai cengkeh tersebut terektrasi menjadi minyak, tentu saja efek meredakan nyerinya akan lebih cepat.

9. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Jahe

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Jahe

Seperti squad bahan lain yang mengandung anti bakteri, anda dapat menggunakan air rebusan dari parutan jahe untuk berkumur ketika rasa sakit akibat gigi berlubang menyerang. Karena murni herbal, tertelan pun juga tidak masalah.

Jika anda bermasalah dengan bau mulut, air rebusan dari parutan jahe juga dapat menghilangkan bakteri yang menjadi sumber munculnya bau mulut.

10. Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Oil Pulling

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Oil Pulling

Sesuai dengan namanya, Oil Pulling adalah teknik berkumur dengan minyak tertentu untuk meredakan masalah sakit gigi. Minyak yang disarankan adalah minyak wijen, minyak zaitun bisa juga dengan minyak kelapa.

10.1 Cara Berkumur dengan Minyak Untuk Menghilangkan Sakit Gigi


  1. Sediakan salah satu dari minyak yang disarankan sebanyak 1 sendon makan. 1 sendok makan sudah cukup untuk melumasi seluruh rongga gigi.
  2. Kemudian gunakan 1 sendok minyak tersebut selama 10-20menit dan pastikan gigi yang sakit juga terkena dengan baik.
  3. Buang minyak dengan cara meludahkannya kemudian bersihkan mulut dengan berkumur menggunakan air hangat.
  4. Setelah itu anda dapat berkumur lagi dengan obat kumur atau menyikat gigi, pastikan tersikat dengan bersih ya.


Kesimpulan Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang


Gigi yang berlubang tidak boleh dibiarkan saja, karena semakin lama pembusukan akan semakin lebar dan bertambah parah. Rasa sakit yang muncuk hanya dapat di netralisir sementara dengan Cara Menghilangkan Sakit Gigi diatas.

Agar Rasa sakit tidak muncul lagi, anda harus segera mendapatkan tindakan medis dari Dokter Gigi Terdekat di Kota Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel