Tanda - Tanda Hamil Muda ( Awal Masa Kehamilan )

Hariantrendingtopik.com - Tanda tanda awal masa hamil atau kehamilan mudah harus diwaspadai oleh pasangan sumi istri. Alasannya tidak lain karena masa ini janin sangat rentan dan membutuhkan perhatian ekstra.

Tanda - Tanda Hamil Muda ( Awal Masa Kehamilan )

Bagi pasangan suami istri yang baru menikah pasti akan mengalami sedikit kebingungan tentang tanda tanda dan ciri ciri hamil sang istri. Benarkah nyata dan benar hamil atau hanya haid menstruasi biasa ?

Hal seperti ini tentu saja sangat wajar terjadi mengingat tanda dan momen-momen awal kehamilan sangat ditunggu.

Serta kelahiran buah hati sangat di rindukan oleh semua orang dalam keluarga. Tapi masalahnya tanda tanda kehamilan di usia 1 - 2 minggu masih belum bisa dibedakan antara benar terjadi kehamilan atau hanya sebatas demam dan masuk angin.

Nhah, pada artikel ini akan membahas seperti apa sih tanda tanda dan ciri ciri kehamilan usia muda. Tidak hanya calon bunda, calon ayah juga harus tau agar bisa menemani masa-masa bahagia saat sang istri mengandung buah hati tercinta.

Tanda Awal Masa Kehamilan ( Hamil Muda )


1. Munculnya Rasa Mual dan ingin Muntah

Gejala mual dan ingin muntah atau sering disebut dengan Morning sickness biasanya akan dialami oleh hampir semua ibu hamil.

Kondisi seperti ini tidak perlu di khawatirkan, sangat wajar, bahkan anda harus merasa bahagia karena bunda memiliki tubuh yang normal.

Penyebab munculnya tanda gejala rasa mual dan ingin muntah ketika hamil muda adalah Hormon HCG. Hormon Human chorionic Gonadotrophin ini mengalami peningkatan jumlah di dalam aliran darah.

Hormon HCG ini juga mengalami peningkatan pada saluran air kencing, karena itulah alat tes kehamilan juga menggunakan air kencing. Peningkatan hormon ini yang digunakan sebagai indikator dari tanda awal kehamilan bunda.

Walaupun mual dan muntah menjadi ciri-ciri kehamilan yang normal, ada baiknya bunda juga mengontrolkan kondisi mual dan muntah tersebut agar tidak mengganggu masa kehamilan anda. Karena gejala yang sama bisa jadi memiliki efek yang berbeda tergantung ketahanan fisik bunda.

2. Terjadi Perubahan Bentuk Tubuh

Badan bunda tiba-tiba merasa agak gemuk terutama dibagian payudara dan sekitar pinggang setelah menikah ? Lebih baik bunda segera melakukan test apakah benar hamil atau tidak.

Masih dalam kondisi hormon yang mengalami perubahan, kali ini yang mengalami peningkatan adalah hormon esterogen dan progesteron. Telur rebus untuk ibu hamil.

Hormon ini akan mempengharuhi bentuk tubuh anda terutama bagian payudara, karena memang bertujuan untuk mempersiapkan tubuh bunda ketika nanti sudah melahirkan si buah hati. Jadi bunda jangan merasa khawatir.

Tanda tanda kehamilan yang mempengatuhi bentuk payudara biasanya akan seperti rasa sensitif yang meningkat, nyeri dan lebih lembut saat dipegang.

Warna puting susu juga akan berubah, kulitnya akan menjadi lebih tebal dan gelap yang nantinya akan berguna untuk menyusu bayi.

3. Frekuensi Buang Air Kecil Bertambah / Sering Kencing

Tanda kehamilan berikutnya terjadi setelah 1 minggu atau bisa juga setelah 2 minggu, tergantung dari kondisi fisik sang bunda. Dengan adanya janin yang tumbuh di rahim, kandung kemih ibu akan tertekan oleh si janin.

Karena hal tersebut tanda yang terlihat berupa adanya peningkatan frekuensi buang air kecil dibandingkan pada hari-hari sebelum anda hamil.

Sebenarnya tidak hanya itu, banyak sekali faktor yang mempengharuhi perubahan jumlah buang air kecil ketika hamil.

Anda tidak perlu khawatir, yang perlu anda lakukan hanyalah jangan menahan ketika ingin kencing dan perbanyak minum air putih karena ibu yang mengandung jangan sampai dehidrasi serta membutuhkan sirkulasi darah yang lebih baik.

4. Muncul Bercak Darah atau Flek

Tanda flek atau bercak darah yang muncul ketika hamil muda hampir sama ketika anda akan mengalami menstruasi atau haid. Flek ini terjadi ketika proses janin menempel pada dinding rahim.

Ada baiknya jika bunda setelah menikah jangan biasakan minum pelancar haid ketika ada flek muncul, biarkan natural saja.

Perbedaannya hanya jika anda mengalami muncul bercak dara di sertai tanda pada point ke 2, cobalah untuk mengetesnya apakah benar terjadi kehamilan atau tidak.

5. Sering Mengalami Kram Perut

Tanda tanda hamil yang muncul lainya biasanya akan terjadi kram perut. Kram perut tersebut akan muncul pada waktu tertentu dan secara teratur karena otot perut bunda juga berperan menjaga posisi janin.

Kram perut ini tidak terlepas dari tanda di poin nomor 4 yaitu munculnya flek atau bercak darah. Ke dua tanda ini biasanya akan muncul secara bersamaan.

Kapan Kram Perut akan hilang ? Tenang saja bunda, rasa kram di bagian perut bawah akan berangsur hilang sampai janin berada di posisi tengah dan sudah disangga dengan panggul.

6. Bunda mudah Lelah, Mengantuk dan Sering Sakit Kepala Tiba-Tiba

Ketika bunda sedang hamil di usia janin yang masih muda, akan banyak sekali perubahan yang dirasakan, namun kadang kala perubahan tersebut hanya terasa seperti gejala meriang atau masuk angin.

Penyebab utamanya hanya perubahan hormon dan adanya perubahan kerja organ vital bunda karena tubuh harus mempersiapkan suplai untuk perkembangan janin.

Lelah dan sering merasa mengantuk sangatlah normal bagi bunda yang sedang hamil mengingat pasti ada tekanan yang mempengaruhi mental ( rasa khawatir dan sebagainya ) saat usia kehamilan muda.

Tanda - tanda yang muncul setelah mudah lelah dan mengantuk biasanya rasa pusing dan sakit kepala yang muncul tiba-tiba. Penyebabnya tidak lain karena sirkulasi darah tidak senormal biasanya.

7. Selalu Ingin Meludah

Perubahan hormon estrogen ketika awal kehamilan sering menyebabkan anda memiliki produksi air liur yang lebih banyak tapi ada rasa mual saat ingin menelannya, yang akhirnya lebih mudah untuk di ludahkan,

Ciri - ciri kehamilan yang sering membuat bunda ingin meludah tidak selalu terjadi, tapi biasanya tanda-tanda ini akan hilang setelah memasuki trimester kedua kehamilan.

8. Penciuman Bunda akan Lebih Tajam

Masih karena penyebab yang sama yaitu perubahan hormon, ada kalanya ketika hamil muda, indera penciuman ibu menjadi lebih tajam dari biasanya.

Kadang pengaruhnya akan terjadi kepada aroma yang memang bunda tidak suka, rasa sesitif penciuman kepada aroma tersebut akan meningkat.

Bahkan bisa jadi hanya dengan melihat sesuatu yang bunda tidak suka, aroma dari benda tersebut dapat "seakan-akan" tercium oleh hidung anda.

Tidak semua calon ibu mengalami hal seperti ini, tapi jika anda mengalaminya, hal tersebut masih terbilang wajar-wajar saja.

Tanda Tanda Hamil Anak Laki-Laki


Tanda Tanda Hamil Anak Laki-Laki

Pada dasarnya USG untuk kelamin janin hanya bisa diketahui kira-kira ketika kandungan memasuki usia 3-4 bulan. Walupun demikian, sudah menjadi buah bibir di kalangan ibu-ibu yang suka menebak-nebak kalau janin bunda nantinya akan lahir anak laki-laki.

Tanda-tanda hamil anak laki-laki biasanya sering dilihat dari bentuk perut. Perut yang hamil anak laki laki biasanya akan berbentuk bulat semua atau terlihat agak turun. Sekali lagi ini bukanlah acuan medis, hanya saja "biasanya" yang terjadi seperti ini.

Pergerakan dan denyut jantung janin yang bisa dirasakan ibu akan terasa lebih kuat dan lebih sering bergerak. Jika semakin bertambah usia janin dan keaktifan nya seperti menendang terasa kuat, kemungkinan besar bunda akan memiliki bayi laki-laki.

Tanda Tanda Hamil Anak Perempuan


Tanda Tanda Hamil Anak Perempuan

Tanda jika bunda sedang hamil anak perempuan hampir semuanya berkebalikan dengan tanda mengandung bayi laki-laki. Posisi perut bunda biasanya akan lebih terlihat ke tengah dan stabil.

Selain posisi perut, biasanya janin bayi perempuan tidak terlalu sering aktif bergerak, ya tetap bergerak tetapi pergerakannya lebih pelan dan halus.

Tanda-tanda lainnya justru terjadi pada sang bunda, bunda akan merasa jantung berdetak lebih cepat dan mudah cemas, serta suasana hati atau mood yang mudah berubah-ubah.

Kesimpulan

Tanda tanda hamil muda dan ciri ciri kehamilan pada saat awal terbentuknya janin akan terasa oleh bunda seperti gejala menstruasi biasa bercampur dengan rasa seperti meriang. Munculnya flek memang tidak bisa menjadi acuan apakah bunda benar hamil atau tidak.

Tapi jika muncul flek disertai perubahan bentuk tubuh terutama bagian payudara seperti yang sudah dijelaskan diatas, kemungkinan bunda memang sedang memulai kehamilan.

Untuk tanda-tanda kehamilan anak laki-laki dan perempuan memang tidak bisa menjadi jaminan, tapi jika dilihat dari cara penyampaiannya kemungkinan hal tersebut bertujuan untuk menghibur bunda agar menghilangkan rasa kecemasan yang mudah muncul.

Rutinlah memeriksakan kandungan ke dokter setelah test menunjukan bahwa anda benar-benar sedang hamil. Yang terakhir, jangan lupa untuk berbahagia ya bunda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel