Inspirasi dan Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Mulai dengan Modal Kecil Sampai Via Online

Inspirasi dan Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Mulai dengan Modal Kecil Sampai Via Online

Hariantrendingtopik.com - Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa. Ditengah kondisi ekonomi yang terbilang sulit, para mahasiswa pada era ini harus mampu memiliki bisnis sampingan agar tidak hanya mengandalkan uang dari orang tua.

Ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa tentunya harus sesuai dengan karakter waktu dan kebiasaan, dimana mahasiswa pasti mempunyai lebih banyak waktu longgar dan banyak teman.

Karena mahasiswa mempunyai kelebihan dari sisi waktu dan kenalan yang banyak, tapi disisi lain ide bisnis yang ada harus dapat dipraktekkan oleh mahasiswa yang masih pemula dan dengan modal yang terbilang kecil, kamu bisa cek daftar ide bisnis dibawah ini yang kamu rasa cocok untuk di coba.

Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa


1. Bisnis Paket Data dan Pulsa Elektrik


Bisnis Paket Data dan Pulsa Elektrik

Memulai bisnis isi paket data dan pulsa elektrik bisa dibilang salah satu bisnis yang paling cocok untuk mahasiswa dengan modal kecil. Modal yang dibutuhkan untuk usaha pulsa bisa mulai dari 500.000 dan itupun modal akan diputar terus menerus.

Tidak sulit untuk memulai, kamu hanya harus mencari server pulsa terdekat dengan daftar paket terlengkap di lokasi paling dekat denga tempat tinggal atau tempat kos kamu. Jangan terlalu mempermasalahkan perbedaan harga, paling bedanya hanya 100-300 perak.

Baca Juga : Tips dan Cara Memulai Bisnis

Untuk bisnis pulsa, carilah server dengan testimoni orang paling lancar dan jarang trouble, jikapun harga lebih mahal 200 perak dari server pulsa lain, itu bukan masalah karena harga transaksi pulsa dan paket data akan relatif mengikuti pasar.

Modal HP pasti punya kan ? jadi alat transaksinya sudah ada. Target pasar juga sudah ada, teman teman yang kamu sering ketemu di kampus pasti banyak yang butuh paket internet ataupun pulsa, tinggal kamu harus belajar bagaimana cara memasarkan bisnismu.

Untung yang didapat bisa sampai sekitar 10%, misalnya dengan pulsa 10k yang harga jualnya 13 ribu, kamu bisa untung 1500 - 2000 tergantung operator. Untuk paket data senilai 25000 kamu bisa mengambil untung sebesar 5000 perak. Lumayan kan jika berputar terus menerus.

2. Jasa Penulis Artikel untuk Website atau Jurnal


Jasa Penulis Artikel untuk Website atau Jurnal

Jasa menulis artikel bisa jadi sebuah inspirasi bisnis sampingan yang paling cocok untuk mahasiswa yang dapat dicoba tanpa modal.

Tanpa modal ? iya tanpa modal, karena modalnya pasti kamu sudah punya mulai dari laptop / komputer, hp, sosial media, dan internet. Bedanya, kamu harus punya kemampuan menulis dan ketertarikan tentang hal ini.

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa sastra bahasa indonesia ataupun bahasa inggris karena dasar basic kemampuan yang kamu butuhkan, kamu sudah punya semua.

Kenapa jasa tulis artikel ? Ternyata mahasiswa hampir semua pernah mencoba membuat sebuah blog atau website, tapi permasalahannya tidak semua dari mereka mampu membuat tulisan artikel yang bagus dan menarik.

Misalnya mahasiswa dari jurusan informatika, mereka mampu membuat sebuah website yang bagus, tapi untuk konten yang bisa enak dibaca akan sangat sulit untuk mereka buat, Disinilah peran anda untuk menawarkan kemampuan.

Artikel untuk blog atau website dengan jumlah 1500 kata yang biasa saja paling murah dihargai 10.000. Untuk kamu yang mampu dan suka menulis, 1500 kata itu sangat sedikit lho, mimin aja bisa ngetik 2000 kata dari pengalaman sendiri dengan wakti 1 jam kurang.

Selain untuk konten website, artikel / jurnal ilmiah yang tembus standar dosen bisa dihargai lebih mahal paling murah 250.000 rupiah untuk artikel jurnal ilmiah yang biasa, itu pun datanya dari mereka, kamu cuma mengolah data untuk menjadi sebuah jurnal yang layak baca.

3. Bisnis Les Privat dan Bimbingan Belajar


Bisnis Les Privat dan Bimbingan Belajar

Buat kamu mahasiswa yang mengambil jurusan di bidang pendidikan, bisnis les privat pasti cocok untuk mahasiswa seperti kamu yang tentunya pasti menguntungkan.

Misalnya kamu mengambil jurusan kependidikan matematika, kamu bisa memulai bisnis les privat dan bimbingan belajar matematika. Apalagi mata pelajaran matematika sudah menjadi mata pelajaran pokok di tingkat smp dan sma.

Kamu bisa memberikan les sesuai dengan jurusan yang kamu ambil, bahkan jurusan olahraga pun pasti bisa menyelesaikan soal hitungan untuk pendidikan smp Kan ?

Jika punya tempat kamu bisa membuka les privat yang dimana anak-anak sendiri yang datang ke tempat anda. Jika tidak ada tempat, kamu bisa menawarkan jasa les panggilan yang ditempat kamu mengajar ada beberapa orang anak yang mengikuti les.

Hasil yang didapatkan dari les privat bervariatif, menurut sepengetahuan dan pengalaman kang hartrop dari tanya-tanya ke temen waktu kuliah dulu, kamu bisa dapat paling sedikit 150.000 rupiah perbulan PerAnak (diper jelas Per-Anak dalam satu bulan) untuk Les setara SMP Negeri.

Apalagi jika kamu punya kemampuan komunikasi verbal yang bagus untuk memasarkan jasa les privat mu lewat media sosial.

4. Bisnis Makanan Ringan atau Paket Makan


Bisnis Makanan Ringan atau Paket Makan

Yang namanya mahasiswa, permasalahan makan bisa jadi yang paling dipikirkan, apalagi mahasiswa yang kost dari luar kota. Disinilah kesempatanmu untuk memulai bisnis makanan ringan ataupun bisnis paket makanan.

Bisnis ini cocok untuk kamu yang berstatus mahasiswa tapi tidak nge-kost atau sering disebut mahasiswa rumahan. Dengan bisnis rumahan ini kamu bisa leluasa membuat makanan yang dipesan target bisnismu.

Begini, pilih saja salah satu dulu, makanan ringan atau paket makan. Kalau makanan ringan, kamu harus buat se-unik mungkin sehingga teman-teman kamu tertarik untuk mencoba membeli misalnya seperti Variasi donat. Perkembangan bisnis ini menjanjikan, bisa menuju ke bisni UKM dengan tenaga karyawan dari sekitar rumah kamu.

Untuk bisnis paket makan, itu seperti misalya ada teman kamu yang kontrak, di dalam kontrakan ada sekitar 8 orang. 8 orang itu pesan paket makan siang ke kamu dengan menu yang kamu tentukan dengan paket dan harga berbeda.

Bagian penting dari bisnis ini adalah kamu harus seorang mahasiswa yang ulet dan mau mencoba, karena modal paling dibutuhkan lebih ke ketekunannya.

5. Bisnis Kuliner atau Warung Makan 


Bisnis Kuliner atau Warung Makan

Bisnis Kuliner tempat makan akan cocok untuk mahasiswa yang berada di ekonomi menengah, gampangya yang punya modal lumayan besar juga beberapa teman yang memang sepemikiran dan seketertarikan dalam bisnis kuliner.

Bukan bisnis yang ringan juga bukan bisnis sampingan, ini lebih dikatagorikan ke dalam bisnis yang memang akan kamu lakoni dengan segenap kemampuan. Kesabaran, keuletan, jangan gampang nyerah semuanya akan dibutuhkan di bisnis ini.

Tapi jika "mampu" dalam bisnis ini di lingkungan kampus, keuntungannya juga nggak main-main lho! bisa jadi malah bakal bisnis yang utama, kuliah nomor 2.

Banyak sekali yang harus kamu persiapkan dan pelajari, dibahas disini rasanya kok nggak bakal cukup. Tapi buat kamu yang punya modal, kamu tau kamu ulet dan tidak bisa diam di satu tempat, ada teman sepemikiran juga, kamu bisa pilih bisni kuliner ini.

Menu yang dijual ? Itu tergantung dari kesepakatan kamu sama teman-teman kamu, tapi ada beberapa menu yang memang dicari untuk kuliner daerah kampus seperti paket steak, penyetan, jus dan aneka nasi goreng.

6. Bisnis Servis Elektronik, Laptop, Komputer, Smarphone dan Sebagainya 


Bisnis Servis Elektronik, Laptop, Komputer, Smarphone dan Sebagainya

Jasa bisnis servis bisa jadi jenis bisnis sampingan yang sangat cocok untuk mahasiswa dari jurusan teknik dan elektro yang memang tidak asing dengan hal tersebut.

Target pemasaranpun sudah jelas, hampir semua mahasiswa sekarang pasti punya laptop ataupun smartphone. Daripada beli lagi, ketika rusak pasti pilihan pertama adalah menservisnya.

Tapi untuk bisnis ini kamu harus punya tempat yang memadai, misalnya dirumah sendiri atau sewa tempat yang tidak begitu besar yang penting ada tempatnya, masalah promosi tentu lebih bagus kalau lewan media online, sosial media misalnya.

Kabar baiknya, kemampuan kamu yang diasah melalui bisnis ini akan bertambah dan akan selalu dipakai jika saja kamu memutuskan untuk bekerja di perusahaan elektronik. Bisa juga kamu membuka tempat jual beli laptop dan smartphone bekas.

7. Bisnis Online Shop untuk Mahasiswa 


Bisnis Online Shop untuk Mahasiswa

Menurut Kang Hartrop, Bisnis Online Shop Sangat sangat cocok untuk kaum mahasiswa. Kenapa ? Mahasiswa sudah akrab dengan yang namanya teknologi internet dan toko online.

Bingung mau jual apa ? Kamu bisa mulai menjual barang apa yang kamus sukai. Percayalah diluar sana pasti ada peminat yang menyukai barang yang kamu jual, apapun itu. Mainan anak pun bisa laku keras di musim sekarang.

Kamu mahasiswa / mahasiswi di jurusan perawat ? kamu bisa menjual paket makanan atau minuman sehat atau bisa juga yang tidak pernah surut penjualannya seperti produk perawatan wajah atau barang-barang fashion.

Persoalan kemampuan mengelola toko online dan memasarkannya jelas memang harus dipelajari, semua juga seperti itu. Jangan main-main dengan toko online shop, bisnis ini mempunyai pasar yang sangat luas dan keuntungan yang menjanjikan.

8. Bisnis Foto Copy, Percetakan, Pengeprintan, dan Sejenisnya 


Bisnis Foto Copy, Percetakan, Pengeprintan, dan Sejenisnya

Berbeda dengan bisnis pembuatan artikel, bisnis ini mengharuskan kamu mempunyai tempat di pinggir jalan dekat area kampus. Pembeli pasti ada karena semua mahasiswa pasti butuh yang namanya prin dan foto copy.

Modal besar tapi keuntungan kecil ? Bukan seperti itu perhitungannya, kamu harus melihat metode survival, jadi untung yang sedikit tapi banyak pembeli bukan untung yang besar dengan sedikit pembeli.

Problem Solving nya adalah karena tidak semua mahasiswa rajin untuk mengetik, banyak dari mereka yang suka menulis tapi malas untuk mengetik, disini anda bisa memulai sebuah ide bisnis.

Bisnis seperti ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan mahasiswa dari jurusan apa saja. Tapi masalah modal memang kamu harus mempunyai keuangan bagus. Bisnis percetakan sangat tidak direkomendasikan buat kamu mahasiswa yang mencari ide atau rencana bisnis dengan modal kecil.

9. Bisnis Jasa Desain Website 


Bisnis Jasa Desain Website

Khusus buat mahasiswa yang mendalami jurusan komputer atau informatika, keahlian ini seharusnya menjadi keahlian dasar basic mu. Kalau sampai tidak mampu, itu namanya keterlaluan sekali.

Banyak diluar jurusan komputer, jurusan ekonomi misalnya, mereka menginginkan sebuah website dengan desain yang khusus menggambarkan kepribadian dan hobi mereka.

Kamu bisa menawarkan website dengan desain dari mereka dengan semua keperluannya sehingga mereka hanya mengelola saja.

Bisnis ini sangat menguntungkan karena yang ditarget adalah kualitas. Kemampuan yang kamu asah melalui bisnis ini juga memiliki permintaan banyak di setiap perusahaan jika misalnya kamu memutuskan untuk bekerja nantinya.

10. Bisnis Reseller, Makelar Keren, Re-sale Barang Apa bisa ? 


Bisnis Reseller, Makelar Keren, Re-sale Barang Apa bisa ?

Tentu bisa. Sumber permasalahan dan targetnya sudah jelas. Ada kaum mahasiswa yang mampu membuat suatu produk tapi susah memasarkan karena mungkin temannya sedikit.

Buat kamu mahasiswa yang punya kemampuan verbal bagus berupa ucapan ataupun tulisan, ini bisa jadi ede bisnis untuk mu.

Tawarkan kepada mereka sebuah jasa yang menjualkan produk mereka, negokan harganya dulu. Jika kamu punya kemampuan yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang luar kampus, pasti ada penghasilan dari sini.

11. Bisnis Jasa Desain Gambar atau Logo 


Bisnis Jasa Desain Gambar atau Logo

Kemampuan untuk mendesain sebuah gambar atau logo adalah sebuah kemampuan yang terbilang langka. Kalau cuma desain seadanya semua juga bisa, cuma bagi orang yang melihat memang ada desain yang dibuat dengan pasion dan komitmen.

Kalau kamu mahasiswa desain yang memang menyukai desain dan mampu mendisain. Bagian ini harus sadar diri ya. Ide bisnis ini terbuka lebar untuk mu. Lomba desain logo saja hadiahnya bisa berjuta-juta bagaimana dengan bisnisnya.

12. Bisnis FotoGrafi dan VideoGrafi 


Bisnis FotoGrafi dan VideoGrafi

Bisnis Fotografi atau videgrafi akan sangat tepat untuk mahasiswa yang memiliki hobi di segmen ini. Bukan bisnis biasa, modal yang dibutuhkan, waktu yang diperlukan untuk belajarpun sangat banya.

Tapi ada sebuah "janji" tak tertulis di kehidupan bisnis yaitu sesuatu hal yang dirancang dan dibangun lama denga susah payah dan keringat pasti hasilnya akan sangat memuaskan.

Jika kamu sudah punya standart kemampuan yang mencukupi, keuntungan akan datang membanjiri kamu denga segala keunikannya.

13. Bisnis Menjadi Event organizer 


Bisnis Menjadi Event organizer

Suka Pesta ? Punya Penampilan Menarik ? Males Mikir Kuliah ? Wah kamu cocok sekali menjadi Event Organizer.

Banyak yang nyari jasa di bisnis ini, terlebih lagi efek hura-hura dari trenseter sekarang sudah sangan menginfluence sekali.

Banyak mahasiswa yang suka mengadakan event-event tapi untuk orang yang mampu menjadi EO mulai sangat sedikit, kemampuan publik yang selalu dituntut up-to-date tidak selalu dimiliki oleh semua orang di dalam bidang ini.

14. Bisnis Menjadi Blogger atau Youtuber 


Bisnis Menjadi Blogger atau Youtuber

Blogger dan Youtuber memang sebuah bisnis adsense yang menjanjikan, cuma kenapa kang hartrop mbahas bisnis ini terakhir ?

Karena sukses di blogger dan youtuber itu tidak mudah. Masalah yang dihadapi juga sangat banyak. Bab originalitas juga tidak dimiliki oleh semua orang, apalagi soal konsisten membuat konten, tidak semua orang bisa.

Blogger sendiri dituntut untuk mampu membuat konten yang berkualitas, original, dan konsisten terus menerus tanpa menyerah, itu bukan hal yang mudah.

Waktu yang dibutuhkan untuk blogger dan youtuber dengan cara yang "bersih" sampai mampu menghasilkan juga sangat lama.

Artikel  Terkait : Investasi Kontan yang Menguntungkan di Indonesia

Jika kamu ingin mendalami bidang blogger dan youtuber ini, pasanglah tekad yang kuat karena mesin pencari seperti Google sudah menjanjikan, berikan kualitas dan uang akan datang kepadamu.

"Kualitas" yang dimaksud ini bukan hanya dalam satu hal saja, tapi hampir di keseluruha, cek saja blog-blog terkenal, konsistensinya, kontennya, desainnya semua nya mereka total dalam megerjakannya.

Jadi blogger dan youtuber memang bisnis yang menjanjikan CUMA rintangannya juga sama menjanjikannya.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa Seperti Apa Yang Menguntungkan ?


Untuk menjawab perntanyaan ini kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa minat dan kemampuan yang kamu punya. Harus tau itu dulu karena menjalani bisnis yang hanya dengan minat sesaat tidak akan bertahan lama.

Bisnis yang cocok untuk Mahasiswa adalah bisnis yang diminati dan ditekuni, dengan dua hal tersebut keuntungan pasti datang dengan sendirinya. Selebihnya kamu harus belajar terus dan terus untuk mengasah kemampuanmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel