24 Ide Bisnis dan Usaha di Desa atau Kampung yang Mudah Berkembang serta Menjanjikan

24 Ide Bisnis dan Usaha di Desa atau Kampung yang Mudah Berkembang serta Menjanjikan

Hariantrendingtopik.com - Peluang ide usaha di desa yang mudah berkembang. Anda memutuskan untuk pulang dan menetap di desa ? Bingung mau bisnis dan usaha apa?

Pas sekali, di artikel ini Kang Hartrop akan membahas berbagai ide usaha di desa yang mudah berkembang serta sangat menjanjikan.

Sebelum masuk ke pembahasan jenis bisnis, cek dulu potensi terbaik di desa anda berupa apa. Karakteristik usaha potensial di desa biasanya berupa kondisi asri dan masih asli.

Arahan pertama yang terpikirkan pada umumnya seperti beternak dan bercocok tanam.Tidak masalah, beternak dan bercocok tanam termasuk jenis usaha jangka panjang di daerah kampung pedesaan yang menjanjikan.

Yang perlu anda pertimbangkan lebih matang adalah masalah modalnya, karena seperti yang anda tau perputaran uang di desa tidak semudah di kota.

Peluang Bisnis dan Usaha di Desa yang Cepat Berkembang


1. Peluang Usaha dan Bisnis di Desa Berupa Ternak Ayam Kampung


Peluang Usaha dan Bisnis di Desa Berupa Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam kampung bisa dibilang menjadi sebuah bisnis usaha yang dapat dilakukan di desa manapun dengan kondisi sepi sekalipun dengan hasil yang menjanjikan. Pasalnya di desa masih mudah tersedia area tanah yang luas untuk membuat kandang-kandang.

Tapi di desa jarang yang beli daging ayam ataupun telurnya ? Iya memang seperti itu, di desa hampir semua punya peliharaan ayam kampung yang ketika pengen makan daging ayam tinggal tangkap sembelih dan di masak.

Permainan usaha ayam kampung harus dalam skala menengah ke atas sekalian, jadi area yang digunakan akan relatif luas, tapi semua hasilnya dapat dimanfaatkan. Mulai dari penjualan ayam, telur sampai bibit ayam kampung.

Target penjualannya bukan di sekitar desa melainkan di kota terdekat. Daging ayam kampung mulai disenangi di area perkotaan karena terkturnya, telur ayam kampung juga sudah memasuki ranah pasar market modern.

2. Ide Bisnis di Kampung Ternak Lele


Ide Bisnis di Kampung Ternak Lele

Khusus untuk kampung atau desa dengan sumber air yang dekat dan melimpat misalnya di daerah dekat gunung ataupun dekat sungai, bisnis usaha budidaya ikan lele ataupun jenis ikan lainnya akan sangat menguntungkan.

Bagaimana tidak, modal yang dibutuhkan yang utama berupa pengairan sudah ada, pasar kota untuk daging ikan selalu naik. Asal sudah memiliki pengalaman dimana memasarkannya akan lebih mudah untuk mendapatkan untung.

Penjualan bibit lele dan bibi ikan lainnya seperti nila juga sangat menjanjika untuk tahun-tahun ke depannya melihat banyak berkembangnya titik pengembangan bibit sampai menjadi ikan siap jual. Karena memang pembiakan bibit ikan juga tidak mudah.

Baca Juga : Inspirasi Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Selain budidayanya, anda juga bisa membuat lokasi mancing ikan lele sebagai hiburan warga. Dari perkembangannya akhir-akhir ini pemancingan warga lokal tidak pernah sepi ketika malam minggu atau akhir pekan.

Maklumlah di era ini tuntutan kerja semakin berat sehingga banyak orang membutuhkan hiburan, mancing dan tongkrongan di pemancingan lele bisa jadi ladang usaha baru yang mampu mendatangkan untung dalam waktu yang singkat.

3. Usaha Konter Pulsa dan Paket Internet di Desa


Usaha Konter Pulsa dan Paket Internet di Desa

Era teknologi smartphone bak wabah kutu yang menyerang ternak, area desa pun sekarang sudah banyak yang mulai memiliki smartphone karena perkembangan jaringan sinyal yang luar biasa pesatnya.

Membuka usaha konter pulsa dan isi ulang paketan bisa sangat prospek karena modal yang dibutuhkan relatif sedang dan dapat diputar terus menerus.

Tapi lokasi target dari outlet pulsa tidak dapat berada di dalam desa, harus ada tempat di sisi luar desa seperti di pinggir jalan utama penghubung desa anda dan desa lainnya.

Keuntungan yang didapat bisa sampai 10%. Permasalahan utama dari bisnis ini hanya tega atau tidak nya anda tidak memberikan hutang dari dagangan anda. Apalagi di daerah desa rasa toleransi dan tenggang rasanya masih tinggi sekali.

4. Bisnis Budidaya Jamur Tiram


Bisnis Budidaya Jamur Tiram

Berikutnya peluang usaha bisnis budidaya jamur tiram. Bidang usaha yang mampu menembus pasar penjualan antar pulau bahkan ranah export.

Cuma memang modal yang dibutuhkan tidak sedikit apalagi keuletan dan ketekunan yang harus di asah terus menerus.

Tipikal bisnis budidaya jamur tiram membutuhkan modal yang besar di awal dan harus sabar dengan waktu yang cukup lama sampai dapat panen. Setelah panenpun harus mampu memiliki canel luar kota untuk memasarkan hasil bisnis anda.

Sisi positifnya, hasil keuntungan yang didapat tidak pernah mengecewakan melihat dari kerja keras yang dilakukan. Bisnis ini merupakan bisnis jangka panjang yang sangat menguntungkan menjanjikan dan peluang suksesnya cukup besar.

Penyerapan tenaga kerja dari bisnis usaha ini juga cukup kuat, jadi sembari anda menjadi pelaku bisnis, anda juga mampu menjadi pencetak lapangan kerja.

5. Usaha Budidaya Buah-Buahan


Usaha Budidaya Buah-Buahan

Jika anda punya pengalaman dan ilmu dalam bidang pertanian dan desa anda merupakan desa dengan identitas pertanian dan kesuburan tanah. Lebih baik jangan ragu mengambil keputusan untuk membangun bisnis budidaya buah-buahan.

Buah target pembudidayaan tidak jauh dari jenis buah oleh-oleh, misalnya mangga, rambutan, pisang, salak, jeruk ataupun sebagainya. Saat ini sudah banyak bibit hybrid yang dapat berbuah banyak tapi hanya membutuhkan waktu yang cukup pendek untuk tumbuh.

Buah kelengkeng misalnya, penjualannya di lokasi wisata mengalami kenaikan permintaan pertahunnya dengan bibit yang mampu menghasilkan buah dengan waktu pertumbuhan kurang dari 2 tahun.

Peluang Usaha Potensial di Desa


1. Peluang Bisnis terbaik Di Desa dengan Jual Alat Pertanian atau Peternakan


Peluang Bisnis terbaik Di Desa dengan Jual Alat Pertanian atau Peternakan

Peluang bisnis yang potensial di desa atau kampung adalah jenis usaha yang secara garis besar anda menjual barang atau bahan yang dibutuhkan untuk penduduk desa tersebut.

Misalnya di desa anda relatif mata pencahariannya adalah sebagai petani dan mereka harus membeli kebutuhan pertanian seperti alat atau obatnya di kota.

Dengan latar belakang masalah ini anda bisa mengambil peluang untuk menjual alat-alat pertanian atau peternakan di dekat desa agar para penduduk tidak harus pergi jauh kekota.

Anda dapat menjualnya lebih mahal dari pada harga di kota, tentu saja karena anda keluar biaya untuk transport dan tenaga bukan? jadi seharusnya tidak masalah mengingat target konsumen tidak perlu pergi jauh ke kota untuk membeli apa yang mereka butuhkan.

2. Buka Usaha dan Bisnis Kelontong


Buka Usaha dan Bisnis Kelontong

Warung kelontong dan sembako memang menjadi pilihan banyak orang ketika mencari ide bisnis untuk dikembangkan di desa.

Bukan masalah jika banyak persaingan, anda harus melakukan sedikit inovasi agar berbeda dari warung kelontong dan sembako yang lain.

Misalnya warung kelontong dan warung kopi bersamaan dalam satu tempat atau juga bisa anda mendesain warung kelontong yang mirip minimarket. Tapi lokasi harus anda perhitungkan dengan jeli.

Jalan utama di luar desa (masih termasuk paling dekat dari desa) merupakan lokasi paling strategis untuk mendirikan bangunan warung kelontong. Selain warga desa, para pengendara yang lewat juga bisa beristirahat di area depat toko anda.

3. Praktek Bisnis Potong Rambut


Praktek Bisnis Potong Rambut

Jasa Potong rambu, lapangan usaha yang selalu ada dimanapun dengan kondisi seadanya sampai dengan tempat yang keren bernama barber shop.

Jika anda punya kemampuan mencukur rambut yang fasih dan mampu mengikuti gaya trend rambut yang ada. Bisnis ini dapat anda lakukan di desa seperti apapun.

Bagaimana tidak, semua orang butuh jasa ini. Hanya saja memang tidak semua orang cocok dengan gaya dan cara memangkas rambut tiap barber.

Untuk usaha sampingan di desa, rasa-rasanya jasa potong rambut ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda yang mempunyai kemampuan memangkas rambut orang.

4. Peluang usaha Klinik Kesehatan di Desa


Peluang usaha Klinik Kesehatan di Desa

Punya background pendidikan dan pengalaman di bidang kesehatan ? Membuka klinik kesehatan bisa menjadi lapangan usaha yang sangat potensial di desa.

Misalnya membuka klinik kesehatan gigi atau kulit atau bisa juga membuka toko obat-obatan yang umum dibutuhkan warga.

Artikel Pilihan : Investasi Kontan Terbaik di Indonesia

Untuk klinik kesehatan memang membutuhkan perijinan yang lengkap, jadi anda harus tau bagaimana mengurusi seluruh keperluan soal bab perijininannya.

5. Bisnis Craft Kerajinan dari Limbah Pertanian


Bisnis Craft Kerajinan dari Limbah Pertanian

Setiap desa pasti punya produk yang selalu diandalkan untuk menjadi sumber penghasilan terbesar dari para warganya. Misalnya jagung, enceng gondok atau buah-buahan seperti manggis dan durian.

Dari limbah tidak terpakai bahan tersebut pasti ada peluang usaha yang unik dan jarang persaingannya di lokasi pedesaan. Bisa jadi anda menciptakan lapangan kerja yang baru. Tapi otak anda akan dituntut untuk selalu kreatif menjaring target pasar.

Misalnya dari jagung, Tongkol jangung tidak dapat diperjual belikan secara langsung. Anda dapat mengambilnya sebagai peluang usaha. Bisa jadi produksi arang dari tongkol jagung atau menjadi jenis kerajinan lainnya seperti hiasan ruangan.

Bisnis Craft Kerajinan dari Limbah Jagung yang bisa masuk ke target pasar ternyata juga mampu menembus pasar kerajinan lokal. Bisa juga dijual melalui media online untuk mencapai pasar seluruh nusantara.

6. Jasa Angkutan Ke Luar Desa


Jasa Angkutan Ke Luar Desa

Point vital untuk usaha apapun dari dalam desa adalah berupa angkutan barang untuk membawa hasil pertanian atau perkebunan para warga menuju kota untuk dijual.

Jika anda tidak mampu untuk bertani ataupun berternak, tapi anda mempunyai modal yang cukup besar untuk membeli mobil bak terbuka dan bisa menyetir.

Peluang bisnis ini dapat menjadi sampingan anda di desa dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Peluang ini tidak mungkin sepi karena jasa anda akan selalu dibutuhkan selama produk desa masih ada untuk dijual ke kota.

7. Buka Toko Elektronik


Buka Toko Elektronik

Lampu, Saklar, Kabel Listrik dan sebagainya pasti dicari orang baik di desa maupun di kota, selama tempat tersebut masih di aliri listrik.Tertarik dengan peluang usaha yang ditawarkan?

Daripada warga desa harus pergi jauh ke kota untuk membeli lampu, kenapa anda tidak membuka toko elektronik yang menyediakan kebutuhan barang-barang tersebut.

Selain itu anda juga dapat belajar membuka jasa servis elektronik. Pembeli pasti ada, hanya saja tempat untuk usaha harus jelas di pinggir jalan dekat desa yang trafik kendaraannya cukup lumayan.

Usaha yang Menguntungkan di Desa


1. Bisnis Wifi di Kampung

Peluang usaha di desa berkembang yang dapat dipasarkan tentunya dalam segmen teknologi. Dengan perbandingan cost yang lebih sedikit, bisnis WIFi bisa jadi peluang yang dapat anda ambil.

Dibanding paket internet dari kartu yang hanya dapat dipake pada 1 buah smartphone, Bisnis Wifi dapat disandingkan dengan usaha lainnya misalnya warung kopi.

Di desa yang mulai dimasuki teknologi internet, masih jarang sekali ada tempat nongkrong yang menyediakan wifi gratis. Anda juga bisa menjual koneksi wifi di sekitar anda misalnya 60ribu per kepala keluarga yang masih tertaut sinyal.

Jika biaya bulanan Wifi anda sekitar 450 ribu, dengan anda jual sebagian koneksinya ke 10 rumah yang tertaut, anda akan mendapatkan untung 150ribu. Koneksi anda gratis, masih untung pula ditambah keuntungan lain seperti dari online shop.

2. Buka Bisnis Jasa Menjahit

Bisnis jasa menjahit hampir sama dengan jasa potong rambut. Jika anda memiliki kemampuan yang dibutuhkan, usaha ini dapat menjadi sumber penghidupan di desa tempat anda tinggal.

Perkembangan bisnis ini tidak hanya tertutup pada menjahit saja, anda juga bisa menjual peralatan menjahit atau bisa lebih lagi mungkin ke arah pemesanan kaos dan jaket.

3. Usaha Makanan untuk Pengunjung Desa

Jalan utama di desa adalah sumber peluang bisnis terbaik yang harus anda pikirkan dengan seksama. Bisnis kuliner seperti nasi goreng, sate kambing, soto atau bakso bisa menjadi pilihan yang harus anda pertimbangkan.

Mengingat yang datang dan lewat di jalan utama desa buka hanya warga di sekitar anda tetapi juga orang lain yang melintasi jalan desa anda. Bagi pengendara yang sedang berpergian, tempat istirahat untuk makan adalah pilihan terbaik.

4. Usaha Bisnis Mebel dan Bahan Bangunan

Jika desa anda memiliki sumber daya alam berupa kualitas kayu yang baik serta melimpah, pilihlah bisnis usaha di bidang permebelan.

Pasar yang ditembus bisa sangat luas tergantung dari kualitas mebel dan kayu yang desa anda miliki. Seperti contoh desa-desa di daerah Jepara banyak sekali UKM-UKM yang memproduksi mebel dengan pasar yang sampai internasional.

Atau seperti desa di pinggir kota Yogjakarta yang terkenal dengan teknik dan seni gerabahnya. Target penjualan bisnis usaha rumahan di desa seperti ini tidak terbatas oleh tempat, selama ada sarana untuk memasarkan, penjualan bisa menjangkau dimana saja.

5. Usaha Ternak Kambing atau Sapi

Bisnis ternak sapi dan kambing tidak akan pernah surut pembeli apalagi ketika perayaan hari Idul Adha. Tapi bisnis ini membutuhkan kesabaran dan keuletang yang sangat tinggi untuk merawat ternak tersebut.

Salah satu grub di media sosial yang berisi para peternak sapi saling berbagi informasi dan prospek penjualan sapi mereka. Hebatnya, keuntungan yang didapat oleh peternak tidak main-main. Ada yang mampu membangun rumah mewah dengan menekuni bisnis usaha sapi dan kambing.

Peluang Bisnis yang Menjanjikan Di Desa dan Kampung


1. Bisnis Online dari Produk Hasil Desa

Merintis usaha bisnis menjual produk hasil kerajinan atau produk olahan dari desa ke media online menurut admin hartrop adalah jenis bisnis yang paling menjanjikan.

Bagaimana tidak, coba lihat supermarket besar, ada banyak hasil desa yang dahulunya bisa kita dapatkan secara gratis justru sekarang malah dijual dengan harga yang cukup mahal.

Misalnya jantung pisang, buah siwalan, ketela, ciplukan sampai ikan gabus yang dulu bisa didapat mudah di sungai dekat desa. Hanya perlu sedikit usaha untuk mengawetkannya saja sampai bisa bertahan di tangan pembeli.

2. Menjadi Youtuber dengan Tema Alam Pedesaan

Tau youtube Polapike, Pak Ndul atau yang terkenal seperti Primitive Technology ? Mereka membuat konten youtube yang memang menjual suasana dan kearifan dari desa. Ternyata bisa dibilang sukses dan mendapat penghasilan yang sangat mumpuni.

Kalau mereka bisa, kenapa anda tidak ? Menurut apa yang kang Hartrop lihat, Masyarakat yang tinggal diperkotaan sepertinya tertarik dengan kondisi alam di desa yang masih sejuk dan bebas strees, terbukti banyak obyek wisata alam yang sekarang banyak digemari.

3. Pertanian Sayur Organik dan Hidroponik

Bisnis moderen yang dapat di terapkan di kota dan bisa lebih baik untuk diterapkan di desa. Budidaya pertanian sayur organik dan media hidroponik. Hasil pertaniaanya juga mampu menembus pasar target modern seperti minimarket.

Untuk ilmunya memang harus belajar lebih keras karena banyak hambatan yang memang cuma dapat diselesaikan dengan pengalaman. Sekarang sudah mulai banyak lahan di daerah pegunungan yang beralih ke pertanian sayur organi, selain lebih mudah dirawat keuntungannya juga lebih besar.

4. Mengelola Obyek Wisata di Desa

Bersyukurlah jika desa anda memiliki bibit obyek wisata, misalnya seperti air terjun yang belum banyak orang tau, atau perbukitan dengan pemandangan indah bisa juga seperti sungai yang deras tapi tidak dalam.

Semua faktor tersebut dapat anda kelola dengan warga desa lainnya menjadi bisnis untuk mendongkrak ekonomi desa anda.

Harus anda tau, di kota sekarang tingkat strees saat bekerja sudah sangat tinggi dan hari libur juga sangat singkat. Sehingga banyak dari penduduk kota ingin menghabiskan hari liburnya di suasana pedesaan untuk menghilangkan stress mereka.

Peluang Usaha di Desa degan Modal Kecil


1. Usaha Bisnis Makanan Kecil atau Cemilan

Berbeda dengan bisnis limbah hasil desa, anda justru dapat menggunakan hasil desa prioritas utama untuk membuat bisnis makanan kecil atau industri snack.

Misalnya desa anda mumpuni dalam hasil alam nya berupa pisang atau salak, anda dapat merintis usaha berupa kripik pisang aneka rasa atau kripik salak.

Tidak butuh modal besar, anda hanya harus mulai dari awal, dari pintu ke pintu, mulut ke mulut sampai menggunakan media online yang ada. Biarkan bisnis anda tumbuh dan berkembang secara natural.

2. Bisnis Pakan Ternak

JIka ada usaha peternakan seperti sapi atau ayam pasti mereka akan mencari stok pakan yang dapat meningkatkan hasil produksi dari kota.

Ambil lah kesempatan ini untuk membangun bisnis berupa pakan ternak. Pakan burung pun dapat menjadi usaha sampingan anda. Pokoknya apapun yang dibutuhkan dalam bisnis peternakan, anda harus menyediakannnya.

Sehingga pengusaha ternak tidak harus pergi jauh ke kota untuk menyetok kebutuhan pakan seperti jenis pakan konsentrat.

3. Membuka Les untuk Anak-Anak Desa

Bagian terakhir ini bisa menjadi peluang bisnis yang baik bagi anda dengan backgroun pendidikan sarjana di kota yang pulang dan menetap di desa.

Seperti yang anda sadari, orang tua dari anak-anak desa tidak mengemban bangku pendidikan yang tinggi seperti anda. Anda bisa membuka les untuk anak-anak mereka yang mulai di bangku SMP atau SMA.

Ya memang hasil yang didapat tidak begitu banyak melihat anda berada di desa, tapi bisalah menjadi usaha sampingan anda sekaligus menambah ilmu pengetahuan untuk generasi baru di desa anda.

Peluang Usaha di Desa yang Paling Menguntungkan dan Potensial


Ide Bisnis dan Usaha di Desa yang paling menguntungkan adalah jenis usaha yang memang harus anda pilih berdasarkan faktor pendukungnya, bukan bisnis yang anda buat dengan sesukanya.

Ketahui dengan pasti sumberdaya apa yang ada di desa anda yang melimpah dan terlihat tidak ada harganya karena memang jumlahnya yang sangat banyak.

Anda harus mampu berkreasi mengubah sumberdaya tersebut menjadi sebuah produk yang dapat menjangkau target pasar sampai di perkotaan. Akhir kata selamat Berinovasi !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel