Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tanda Tanda Stres Ringan yang Mudah Dikenali

11 Tanda Tanda Stres Ringan yang Mudah Dikenali

Hariantrendingtopik.com - Selain dari hasil test, ternyata ada Tanda Tanda Stres Ringan yang Mudah Dikenali dari perilaku sehari - harinya.

Di kehidupan orang dewasa termasuk pria ataupun wanita dengan segudang tuntutan kerja pastinya ada efek stres yang ditimbulkan dan tidak bisa dihindari.

Tapi yang berbahaya, ada tanda-tanda stres tahap awal yang dikira biasa biasa saja ternyata bisa memberikan memiliki efek negatif untuk kesehatan kamu.

Karena itu Kang Hartrop sudah merangkum 11 tanda - tanda stres yang bisa dengan mudah dikenali sehingga kamu tau kalau harus ambil liburan

Tanda - Tanda Stres Ringan yang Mudah Dikenali


1. Mengalami Gangguan Sulit Tidur atau Insomnia

1. Mengalami Gangguan Sulit Tidur atau Insomnia

Tanda tanda stress ringan yang pertama dan paling mudah diketahui adalah ketika kamu pusing memikirkan kerjaan kemudian susah untuk tidur malam.

Jika kondisi ini terjadi artinya kamu sudah mengalami tahap stress awal yang merupakan efek dari beban rutinitas.

Memang tidak dapat dipungkiri yang namanya kerjaan pasti bikin pusing, tapi ketika pusing itu sudah mulai mengganggu tidur malam berhari-hari maka bisa dipastikan kondisi tubuh dan otak sudah memasuki tahap stress ringan.

Perlu kamu ingat, obat tidur hanya akan bisa memaksa otak kamu untuk tidur, tapi tidak dengan beban yang dipikirkan.

Jika sudah mulai mengalami susah tidur dalam rentang waktu 1 minggu, cobalah ambil libur selama 3 hari untuk menyegarkan otak dan liburan.

Topik Pilihan : 

2. Merasa sangat Sulit Konsenstrasi

2. Merasa sangat Sulit Konsenstrasi

Kemampuan otak itu ada batasnya, seperti layaknya RAM di smartphone, jika ram sudah terlalu banyak dipakai makan akan sulit untuk memproses aplikasi lainnya dan akhirnya mengalami hang.

Otak pun sama seperti itu, kalau sudah ada beban berlebih maka akan sulit untuk berpikir, memahami sesuatu bahkan untuk konsentrasi.

Beban yang bertumpuk dalam pikiran sudah dipastikan menjadi penyebab stres yang utama disamping banyaknya tekanan dari hal lain.

Jadi kalau kamu mengalami susah berkonsentrasi atau mengingat, coba cek dulu, apakah ada beban kerjaan yang menjadi bawaan otak sampai berlarut-larut.

3. Badan Terasa Pegal dan Berat Naik Turun

3. Badan Terasa Pegal dan Berat Naik Turun

Badan pegal-pegal dan berat badan berubah ubah dalam seminggu bisa naik dan turun juga menjadi salah satu tanda stres ringan yang mudah dilihat.

Tapi sejauh yang Kang Hartrop pahami dari berbagai sumber, kondisi seperti ini sebenarnya hanya efek dari tanda stres lainnya seperti susah tidur dan merasa cemas.

Berat badan naik turun karena memang ada orang yang ketika pusing dan cemas bawaannya ingin makan terus kemudian berubah lagi menjadi malas makan.

Akhirnya berat badan mudah naik turun, kacaunya pola makan dan pola istirahat akhinya akan muncul gejala maag.

4. Sering merasa Cemas dan Khawatir

4. Sering merasa Cemas dan Khawatir

Tanda - tanda stres yang ini lebih sering muncul pada wanita. Sering merasa cemas dan khawatir tanpa sebab bisa jadi sebuah akibat dari adanya beban pikiran yang dipaksa untuk dilupakan.

Alih-alih mencoba tenang justru beban pikiran tersebut selalu muncul kembali, alhasil pada wanita kadang terjadi perubahan rasa khawatir yang mendadak.

5. Mood yang mudah Berubah-ubah

5. Mood yang mudah Berubah-ubah

Melanjutkan point nomor 4, karena mudah khawatir tanpa sebab maka bisa terjadi mood tidak stabil dan gampang sekali berubah.

Meskipun pada pria juga bisa muncul mood yang mudah berubah, tapi pada pria ada sebuah sifat yang dengan mudah meninggalkan masalah yang menjadi beban pikiran.

Sebaliknya pada wanita justru lebih tergerak untuk mencoba menyelesaikan masalah tersebut, jika tidak bisa terselesaikan malah akan menjadi beban pikiran berhari hari.

6. Melow dan Sering Ingin Menangis

6. Melow dan Sering Ingin Menangis

Memang sih yang namanya stres itu hampir selalu menyerang kaum wanita, karena yang mencoba bertahan selalu para wanita, laki-laki lebih mudah untuk meninggalkan sebuah masalah.

Ketika ada beban pikiran yang menyebabkan tanda awal stres, para wanita bahkan anak yang beranjak dewasa mudah merasa ingin menangis, bahasa sekarang Melow.

7. Malas Untuk Melakukan Apapun

7. Malas Untuk Melakukan Apapun

Yang namanya beban pikiran pastilah tidak mudah untuk dilupakan, walaupun coba dilupakanpun pasti sering muncul dan teringat lagi.

Efek ketika penyebab stres tersebut teringat kembali akhirnya otak tidak bisa memproses hal lain dan terfokus ke permasalahan tersebut.

Karena itu jika kamu merasa tiba-tiba malas untuk melakukan apapun, coba ingat lagi apakah ada hal yang menjadi beban pikiranmu.

8. Sering Salah Paham dan Emosian

8. Sering Salah Paham dan Emosian

Sepertinya untuk yang ini Kang Hartrop tidak perlu menjelaskan lebih banyak. Orang yang sedang banyak pikiran pasti dimana tempatnya gampang emosian dan sering salah paham.

9. Rambut mudah Rontok dan Bibir Pecah pecah

9. Rambut mudah Rontok dan Bibir Pecah pecah

Apa hubungannya ? Kembali lihat poin nomor 1 dimana orang yang mengalami susah tidur. Artinya kondisi tubuh orang yang sedang mengalami stres akan mengalami kekurangan istirahat dan proses regenerasi sel akan terganggu.

Efek tanda stres tersebut hampir sama dengan dehidrasi, karena mungkin ketika stres asupan air minum tidak dipikirkan, dan hanya ingin makan dan minum yang manis saja.

10. Muncul Perilaku aneh dan Tak Biasa

10. Muncul Perilaku aneh dan Tak Biasa

Nhah ini sudah sangat gawat dan memprihatinkan, rasa kecemasan yang berlebihan dan tidak disadari kadang sering memunculkan perilaku aneh.

Misalnya seperti yang tidak suka makan pedas mau makan pedas dengan level yang ekstrim. Mungkin terlalu banyak nonton chanel mukbang dan akhirnya terbawa untuk melupakan masalah.

Paling sering terjadi adalah ketika orang mengalami stres dadakan, mereka akan mencoba untuk menyendiri dan mengucilkan diri. Kecuali orang pecinta alam lhoh ya, rasa-rasanya mereka punya jurus anti stres.

11. Merasa Apa yang Dilakukan Selalu Tidak Ada Hasilnya

11. Merasa Apa yang Dilakukan Selalu Tidak Ada Hasilnya

Kang Hartrop pikir ini adalah tanda paling jelas ketika kamu mengalami stress di pekerjaan atau di sekolah.

Kamu mungkin terlintas pikiran apa yang kamu kerjakan tidak ada gunanya dan tidak ada hasilnya sama sekali.

Kalau kamu merasa demikian, bisa disimpulkan sudah memasuki gejala stres tingkat menengah. Cobalah mencari hiburan untuk membuang rasa suntukmu misalnya traveling atau kegiatan alam lainnya.

Kenapa Tanda Tanda Stres Ringan Jarang Terdeteksi ?


Tanda - tanda stres ringan di fase awal memang pada dasarnya sama persis seperti orang yang sedang ada beban pikiran normal saja.

Meningkat atau tidaknya kondisi stres tersebut hanyalah karena beban pikiran itu mendapatkan jalan keluar atau tidak. Jika berlarut larut, sudah pasti tanda - tanda stres yang lain akan bermunculan.