Fungsi Komputer dan Tujuan Perakitannya

Fungsi Komputer dan Tujuan Perakitannya

Hariantrendingtopik.com - Fungsi Komputer dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai sarana komunikasi dan pengolah data. Lebih detailnya fungsi komputer secara umum adalah sebuah rangkaian perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan instruksi pengguna sehingga menghasilkan kumpulan informasi yang diinginkan.

Fungsi komputer berdasarkan aliran data terbagi menjadi 5 yaitu input, prosesing data, output, penyimpanan data atau storage, serta perpindahan alur data dari satu komputer ke komputer lain.

Fungsi Komputer Dari Perpindahan Data


1. Fungsi Komputer sebagai Data Input

Fungsi Komputer sebagai input data yaitu menerima instruksi masuknya data dari komponen input komputer seperti keyboard,mouse, webcam, pen, microphone dan lainnya.

Instruksi input Data yang masuk kedalam komputer kemudian diproses oleh CPU ( Prosesor ) sesuai dengan fungsi perpindahan data berikutnya.

2. Fungsi Komputer sebagai Data Processing

Fungsi komputer sebagai pemrosesan data dilakukan oleh komponen komputer yang bernama CPU atau ( Central Processing Unit ) yang sering kita sebut dengan prosesor.

Selain CPU atau prosesor, ada komponen komputer lain yang berfungsi untuk unit pemrosesan yaitu VGA (Video Graphics Array ) atau GPU (Graphics processing unit ) yang fungsi khususnya sebagai komponen pemrosesan data tambahn berupa grafis.

Keberadaan VGA pada sebuah komputer selalu direkomendasikan oleh para pakar. Hanya saja jika penggunaan komputer tersebut berkutat pada Office maka sifatnya menjadi opsional.

3. Fungsi Komputer sebagai Data Output

Fungsi komputer sebagai output data bisa diartikan sebagai media untuk menampilkan semua data yang selesai diproses. Data tersebut bisa berupa visual, audio ataupun bentuk lain sesuai dari instruksi pengguna.

Contoh komponen komputer yang termasuk perangkat output data yaitu layar monitor (visual), speaker (audio) ataupun lembar kerja seperti printer.

4. Fungsi Komputer sebagai Data Storage

Fungsi komputer sebagai penyimpan data bisa terjadi karena pada setiap komputer pasti terdapat satu atau lebih komponen penyimpan data dimana data tersebut tersimpan dalam bentuk biner.

Semua data pada komputer disimpan dalam suatu komponen internal atau bisa juga eksternal yang nantinya bertujuan untuk digunakan kembali atau ditulis ulang.

5. Fungsi Komputer sebagai Data Movement

Fungsi komputer untuk perpindahan aliran data tidak lain adalah komputer sebuah sarana untuk mengirim dan menerima data dari satu komputer ke komputer yang lain.

Media pengirim dan penerima data yang digunakan bisa bermacam-macam, khususnya pada saat ini yaitu era digital, pengiriman dan penerimaan data sebagian besar menggunakan jaringan internet.

Fungsi Komputer dari Tujuan Pembuatannya


Inti dari fungsi sebuah komputer adalah alur input, processing dan output data. Diluar itu berdasarkan dari tujuan perakitannya atau pembuatannya, sebuah komputer juga mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung untuk apa komputer tersebut dibangun.

1. Fungsi Komputer untuk Penggunaan Umum

1. Fungsi Komputer untuk Penggunaan Umum

Komputer yang dibuat dan diproduksi untuk penggunaan umum misalnya komputer untuk pengolahan lembar kerja atau office standarnya menggunakan sepesifikasi komponen biasa dengan kebutuhan menengah kebawah.

Rentang harga komputer untuk penggunaan umum seperti office, browsing, musik dan menonton video pada dasarnya sangat terjangkau dan semua orang bisa membelinya.

2. Fungsi Komputer Server

2. Fungsi Komputer Server

Komputer server dirakit khusus dengan spesifikasi tinggu berfungsi sebagai pusat dari suatu jaringan komputer sehingga antara setiap client dapat berkirim terima data ataupun meminta data dari komputer server.

Komponen dari spesifikasi komputer server harus mempunyai rating tinggi karena nantinya akan menangani tuntutan ketahanan serta proses yang berat setiap waktu. Satu unit komputer server kelas menengah saja bisa berharga ratusan juta, itupun hanya untuk menghandle jaringan client dalam lingkup kecil

3. Fungsi Komputer Client

3. Fungsi Komputer Client

Fungsi komputer client tidak membutuhkan spesifikasi tinggi atau hanya standar-standar saja karena fungsinya secara umum seperti meminta layanan dari server seperti data multimedia atau data lain seperti file-file ringan.

Spesifikasi komputer client berada pada kebutuhan rendah dan beragam tergantung dana yang ada, dan secara umum spesifikasinya sama saja dengan komputer pada umumnya.

4. Fungsi Komputer Gaming

4. Fungsi Komputer Gaming

Fungsi komputer khusus untuk Gaming yaitu sebuah komputer yang dirakit atau dibuat untuk kebutuhan global dalam dunia gaming termasuk game-game berat yang ada saat ini.

Komputer khusus gaming menuntut spesifikasi prosesor yang cepat dan multi tasking, RAM besar, VGA berkinerja tinggi dan penyimapan yang mempunyai kecepatan baca serta write terbaik.

Modal untuk merakit Komputer khusus gaming terbilang sangat tinggi bisa mulai dari puluhan sampai ratusan juta.

5. Fungsi Komputer Video Editing

5. Fungsi Komputer Video Editing

Komputer yang dirakit untuk video editing berfungsi untuk memproses data dalam bentuk input output file video yang pada dasarnya harus mengutamakan proses rendering.

Proses ketika render atau membangun sebuah file video membutuhkan kualitas prosesor yang tinggi dan mampu bertahan secara stabil. Kebutuhan VGA untuk komputer video editing juga harus berspesifikasi tinggi, tapi keberadaan VGA ini penggunaanya terfokus ketika proses editing.

6. Fungsi Komputer Desain Grafis

6. Fungsi Komputer Desain Grafis

Komputer yang dibangun untuk tujuan desain grafis berfungsi untuk memproses data yang sebagian besar berupa vektor ataupun gambar.

Spesifikasi komputer desain mengutamakan kualitas dan kapasitas besar dari VGA daripada komponen yang lain. Tentunya untuk mengimbangi dari VGA yang digunakan pasti membutuhkan prosesor dengan generasi terbaru

Pastikan pada komputer yang kamu bangun sudah mendukung sistem pendingin untuk Prosesor dan VGA yang bekerja pada waktu bersamaan.

7. Fungsi Komputer Audio Editing

Sebuah Komputer yang digunakan khusus untuk audio editing berfungsi untuk mengolah data berupa file audio seperti hasil record atau jenis file audio lainnya.

Komputer untuk audio editing menuntut spesifikasi yang kuat dari sisi ketahanan atau latency dari komponen yang digunakan.Kebutuhan ini tidak lain karena ketika proses rekaman atau editing semua komponen harus mampu bekerja bersamaan dan tanpa jeda dalam waktu yang cukup lama.

Jika kamu ingin merakit sebuah komputer khusus pengolahan audio editing carilah informasi dan saran dari orang yang berpengalaman dalam build pc untuk memilih komponen-komponen yang memiliki daya tahan tinggi.

Kesimpulan dari Fungsi Komputer


Fungsi komputer secara umum adalah untuk mengolah dan memproses data mulai dari tahap input data, pemrosesan data sampai menghasilkan output data sesuai dengan instruksi dari pengguna.

Adapun komputer yang dibangun dengan tujuan penggunaan tertentu sudah pasti berfungsi untuk mengolah data yang sebagian besar majemuk sesuai dengan untuk apa komputer tersebut di build.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel