Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop

Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop

Hariantrendingtopik.com - Cara Cek Spesifikasi Laptop atau Cara Melihat Spesifikasi Laptop tidak sulit untuk dilakukan, dan mungkin sangat kamu perlukan ketika akan mengupgrade part atau ingin mengetahui komponen yang sesuai.

Menurut Kang Hartrop, Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop Komputer lebih sering dilakukan ketika ingin mengganti komponen laptop atau komponen komputer seperti RAM atau Hardisk.

Karena tipe komponennya hanya bisa diketahui dengan melihat spesifikasinya terlebih dahulu. Mungkin juga kamu bisa lakukan jika ingin mencoba laptop baru sebelum membelinya.

Kadang kan ada tuh laptop yang di jadi pajangan untuk di coba dulu, nah kamu bisa mencoba cek spesifikasinya dahulu sebelum membeli.

Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop


Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Control Panel Home

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Control Panel Home

Pertama kamu bisa cek spesifikasi dengan menggunakan Control panel home, hanya saja informasi spesifikasi yang muncul cuma basic nya saja seperti prosesor dan kapasitas Ram. Caranya seperti berikut :

  • Buka Windows Explorer
  • Klik Kanan MyKomputer
  • pilih Properties

Cara yang sangat mudah, informasi yang ditampilkan berupa model laptop, prosesor, RAM, tipe sistem 64bit atau 32bit, dan sistem operasi yang digunakan.

Harian Trending Topik :

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Dxdiag

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Dxdiag

Kemudian kamu juga bisa cek spesifikasi laptop dengan menggunakan aplikasi Dxdiag yang sudah ada bawaan pada semua operating system Windows. Caranya seperti berikut :

  • Tekan tombol keyboard “Windows + R”
  • Ketik “Dxdiag”
  • Klik OK

Dengan menggunakan Dxdiag, informasi spesifikasi yang ditampilkan cukup lengkap. Ada sistem yang digunakan, display, komponen sound yang digunakan dan device input.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Menggunakan CPU-Z

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Menggunakan CPU-Z

Selanjutnya kamu bisa cek spesifikasi laptop menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berstatus freeware atau bebas digunakan. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu CPU-Z.

Informasi spesifikasi komponen yang diberikan lumayan lengkap. Salah satu informasi yang paling terperinci ditampilkan adalah bagian spesifikasi CPU. Dengan menggunakan CPU-z kamu bisa melihat spesifikasi prosesor secara detail.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Menggunakan Speccy

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Menggunakan Speccy

Kemudian software untuk cek spesifikasi laptop yang paling disarankan yaitu Speccy. Detail penyampaian informasi spesifikasi laptopnya sangat rapi dan mudah digunakan.

Kamu tinggal download aplikasinya, install dan tinggal dibuka saja. Tunggu sebentar sampai semua detail spesifikasinya berhasil ditampilkan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Menggunakan HWiNFO

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Menggunakan HWiNFO

Kamu juga bisa menggunakan Software HWiNFO untuk cek spesifikasi laptop. Informasi yang ditampilkan sangat lengkap sekali.

Hanya saja kekurangan ada di kebutuhan install softwarenya, tidak semua OS bisa menjalankan software ini. Pada windows 7 harus menginstal salah satu registri dulu agar bisa menjalankan HwiNfO ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Informasi Sistem

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Informasi Sistem

Cara lain untuk melihat spesifikasi laptop menggunakan aplikasi bawaan juga bisa menggunakan Informasi Sistem yang sudah disediakan oleh Sistem Operasi Windows.

  • Buka Start menu
  • Ketik "msinfo32" atau "System Information"
  • Tekan Enter

Salah satu cara yang paling Kang Hartrop sarankan, karena tidak perlu ribet menginstall software atau buka aplikasi lain. Tinggal buka start menu dan ketik msinfo32, kemudian hampir semua informasi spesifikasi penting akan ditampilkan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Search Google

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Search Google

Terakhir, tentunya kamu bisa mencari spesifikasi laptop yang ingin kamu beli dengan mencarinya di Search Engine Google.

Tapi pastikan kamu tau merk dan tipe laptop yang kamu cari, karena kadang banyak sekali seri laptop yang hampir sama dan memiliki sedikit perbedaan pada spesifikasinya.

Kalau Kang Hartrop mau membeli laptop, pasti cari spesifikasinya di Google. Misalnya harus mencari laptop yang sudah dibeli dan kemudian cek spesifikasinya secara manual pasti ribet banget.

Kesimpulan Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop


Dari semua cara cek atau melihat spesifikasi laptop diatas, Kang Hartrop lebih menyarankan untuk menggunakan msinfo32 informasi sistem dan mencari spesifikasinya di search engine Google. Mudah, simpel dan tidak perlu ribet-ribet mengisntall aplikasi lain.