Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop yang Kita Gunakan

Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop yang Kita Gunakan

Hariantrendingtopik.com - Cara Cek Spesifikasi Laptop atau Cara Melihat Spesifikasi Laptop yang sedang kita gunakan tidak sulit untuk dilakukan, dan cara ini sangat mungkin kamu perlukan ketika akan mengupgrade part atau ingin mengetahui komponen yang sesuai.

Menurut Mas Topik, Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop Komputer lebih sering dilakukan ketika ingin mengganti komponen laptop atau komponen komputer seperti RAM atau Hardisk. Karena tipe komponennya hanya bisa diketahui dengan melihat spesifikasinya terlebih dahulu. Dan bagian part tersebutnya yang memungkinkan untuk diganti.

Mungkin juga kamu bisa lakukan jika ingin mencoba laptop baru sebelum membelinya. Kadang kan ada tuh laptop yang di jadi pajangan atau laptop display untuk di coba dulu, nah kamu bisa mencoba cek spesifikasinya dahulu dengan cara ini sebelum membeli.

Cara Cek Spesifikasi Laptop Dengan Mudah

Cara Cek Spesifikasi Laptop Dengan Mudah

Ada beberapa cara untuk melihat spesifikasi laptop yang sedang ada di hadapan kita, ada yang tinggal gunakan control panel atau dengan aplikasi tambahan.

1. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Control Panel Home

Pertama kamu bisa cek spesifikasi dengan menggunakan Control panel home, hanya saja informasi spesifikasi yang muncul cuma basic nya saja seperti prosesor dan kapasitas Ram. Caranya seperti berikut :
  • Buka Windows Explorer
  • Klik Kanan MyKomputer
  • pilih Properties
Cara yang sangat mudah, informasi yang ditampilkan berupa model laptop, prosesor, RAM, tipe sistem 64bit atau 32bit, dan sistem operasi yang digunakan. Dengan cara ini rasanya sudah cukup lah untuk mengetahui prosesor yang digunakan serta besaran dan kecepatan RAM.

Jika kamu masih ingin melihat spesifikasi yang lebih detail, kamu bisa gunakan Dxdiah yang memang aplikasinya sudah tertanam di sistem operasi windows, jadi tinggal di panggil saja dengan command.
 
2. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Dxdiag

Kemudian kamu juga bisa cek spesifikasi laptop dengan menggunakan aplikasi Dxdiag yang sudah ada bawaan pada semua operating system Windows. Caranya seperti berikut :
  • Tekan tombol keyboard “Windows + R”
  • Ketik “Dxdiag”
  • Klik OK
Dengan menggunakan Dxdiag, informasi spesifikasi yang ditampilkan cukup lengkap. Ada sistem yang digunakan, display, komponen sound yang digunakan dan device input. Lumayan lengkap, sudah sangat cukup jika kamu ingin tau part yang digunakan dan mencari gantinya di toko online atau toko komputer.

3. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Menggunakan CPU-Z

Selanjutnya kamu bisa cek spesifikasi laptop menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berstatus freeware atau bebas digunakan. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu CPU-Z.

Informasi spesifikasi komponen yang diberikan lumayan lengkap. Salah satu informasi yang paling terperinci ditampilkan adalah bagian spesifikasi CPU. Dengan menggunakan CPU-z kamu bisa melihat spesifikasi prosesor secara detail.

Kalau ditanya aplikasi yang bisa menampilkan spesifikasi laptop atau komputer yang lengkap, mas Topik akan menyarankan CPU-Z atau Speccy. Kemudian aplikasi lainnya sih banyak, tapi rasanya ada beberapa kekurangan dari sisi penggunaannya.  

4. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Menggunakan Speccy

Kemudian software untuk cek spesifikasi laptop yang paling disarankan yaitu Speccy. Detail penyampaian informasi spesifikasi laptopnya sangat rapi dan mudah digunakan.

Kamu tinggal download aplikasinya, install dan tinggal dibuka saja. Tunggu sebentar sampai semua detail spesifikasinya berhasil ditampilkan.

5. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Menggunakan HWiNFO

Kamu juga bisa menggunakan Software HWiNFO untuk cek spesifikasi laptop. Informasi yang ditampilkan sangat lengkap sekali.

Hanya saja kekurangan ada di kebutuhan install softwarenya, tidak semua OS bisa menjalankan software ini. Pada windows 7 harus menginstal salah satu registri dulu agar bisa menjalankan HwiNfO ini.

6. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Informasi Sistem

Cara lain untuk melihat spesifikasi laptop menggunakan aplikasi bawaan juga bisa menggunakan Informasi Sistem yang sudah disediakan oleh Sistem Operasi Windows.
  • Buka Start menu
  • Ketik "msinfo32" atau "System Information"
  • Tekan Enter
Salah satu cara yang paling Mas Topik sarankan, karena tidak perlu ribet menginstall software atau buka aplikasi lain. Tinggal buka start menu dan ketik msinfo32, kemudian hampir semua informasi spesifikasi penting akan ditampilkan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Search Google atau Youtube

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Search Google atau Youtube

Terakhir, tentunya kamu bisa mencari spesifikasi laptop yang ingin kamu beli dengan mencarinya di Search Engine Google. Tapi pastikan kamu tau merk dan tipe laptop yang kamu cari, karena kadang banyak sekali seri laptop yang hampir sama dan memiliki sedikit perbedaan pada spesifikasinya.

Kalau Mas Topik mau membeli laptop, pasti cari spesifikasinya di Google. Misalnya harus mencari laptop yang sudah dibeli dan kemudian cek spesifikasinya secara manual pasti ribet banget.

Pilihan paling mudahnya jelas cari spek laptop di Google, nah kalau ingin tau reviewnya sebelum membeli maka kamu bisa cek lewat youtube. Hal ini sangat berguna jika ingin membeli laptop dengan budget tertentu yang kamu miliki.

Penutup Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop

Dari semua cara cek atau melihat spesifikasi laptop diatas, Mas Topik lebih menyarankan untuk menggunakan msinfo32 informasi sistem dan mencari spesifikasinya di search engine Google. Mudah, simpel dan tidak perlu ribet-ribet mengisntall aplikasi lain.

Tapi kalau untuk mengetahui garis besarnya saja maka kamu bisa menggunakan Dxdiag dan juga control panel home, cara ini sudah cukup untuk melihat part yang yang bisa diganti seperti Hardisk dan RAM.