Mengenal Komponen Komputer dan Fungsinya

Hariantrendingtopik.com - Mengenal Komponen Komputer dan Fungsinya rasanya penting dilakukan oleh pelajar menengah pertama bahkan sampai universitas karena melihat semua akses informasi teknologi dimulai dari perangkat komputer.

Berikut ini adalah beberapa Komponen Komputer serta lengkap dengan fungsinya yang dilansir dari Teknoblas.com, dimana sudah dikerucutkan oleh Kang Hartrop sehingga yang tertera hanya Komponen Komputer penting saja.

Komponen Penting Komputer dan Fungsinya


Maksud dari Komponen Komputer penting adalah komponen atau bagian dari komputer yang harus ada agar komputer dapat berfungsi dengan normal. Diluar itu, komponen lainnya bisa disebut dengan komponen tambahan.

1. Komponen Casing PC atau Casing CPU

1. Komponen Casing PC atau Casing CPU

Komponen Casing PC atau kotak tempat motherboard bisa dikatakan penting atau juga bisa tidak penting karena tanpa casing pun jika semua rangkaian terpasang secara sempurna maka komputer juga bisa berfungsi dengan baik.

Hanya saja kenapa Casing PC dianggap penting menurut Kang Hartrop adalah karena sisi estetika dan keindahan dari seni merakit PC.

2. Komponen Motherboard atau Mainboard Komputer

2. Komponen Motherboard atau Mainboard Komputer

Motherboard atau Mainboard termasuk komponen komputer paling penting karena fungsinya sebagai penyedia aksesdan tempat komponen inti seperti CPU,hardisk, RAM, VGA terhubung dan terkoneksi.

Ketika ingin membangun komputer rakitan sendiri, maka ada 2 komponen yang harus dipilih pertama kali yaitu mau menggunakan prosesor jenis apa dan berikutnya motherboard yang cocok dan bisa suport, baru kemudian memilih komponen lain yang didukung ileh motherboard.

3. Komponen Prosesor ( CPU ) Komputer

3. Komponen Prosesor ( CPU ) Komputer

CPU adalah singkatan dari Central Prosessing Unit yang artinya bagian inti untuk pemrosesan semua aktifitas komputer. Bahasa mudahnya kalau CPU atau Prosesor itu seperti otak pada komputer.

Sampai artikel ini ditulis ada 2 jenis CPU berdasarkan lebar bitnya yaitu 32bit dan 64bit. Kalau ditanya bagus mana ? Kang Hartrop sudah pasti menjawab pakailah prosesor 64bit. Tidak menutup kemungkinan akan ada jenis baru melihat dari cepatnya perkembangan teknologi prosesor.

4. Komponen Power Supply Komputer

4. Komponen Power Supply Komputer

Power Supply adalah komponen khusus yang mensuplay dan mengatur daya keseluruh komponen yang ada didalam Casing PC termasuk motherboard sampai ke RAM.

Fungsi pentingnya tentu saja merubah arus listrik rumahan atau arus AC menjadi arus DC yang biasa digunakan di semua perangkat komputer.

5. Komponen VGA atau GPU Komputer

5. Komponen VGA atau GPU Komputer

VGA (Video Graphics Array) atau juga sering disebut GPU (Graphics Processing Unit) mempunyai fungsi untuk memproses data berupa grafis dan visual. Prosesor kan berfungsi untuk memproses semua data, sedangkan VGA khusus data dan instruksi bagian grafis.

Secara teknik pada Prosesor juga sudah terdapat fungsi pemrosesan grafis bawaan dari pabrikannya, tapi jika kebutuhan visual kamu berlebih seperti gaming atau desain maka kamu membutuhkan VGA yang bagus untuk diinstall.

6. Komponen Hard Disk Komputer

6. Komponen Hard Disk Komputer

Harddisk komputer berfungsi untuk menyimpan semua data yang pada pada komputer termasuk sistem operasi sampai semua data gambar,foto, ataupun dokumen yang kamu simpan.

Perkembangan teknologi harddisk sekarang sudah memunculkan perangkat bernama SSD yang dari sisi kecepatan serta ketahanan lebih baik daripada cakram hardisk.

Perlu diketahui kecepatan membaca hardisk jauh lebih lambat daripada kecepatan proses CPU, karena itu ada perangkat untuk menjembatani masalah ini yang bernama RAM.

7. Komponen RAM Komputer

7. Komponen RAM Komputer

Komponen RAM Komputer berfungsi untuk menyimpan data sementara dari harddisk yang dibutuhkan untuk proses CPU ketika ada program komputer yang dijalankan.

Karena itu semakin besar kapasitas RAM sesuai ditiap jenisnya maka fungsi komputer akan lebih baik atau kata yang tepat yaitu komputer tidak lemot.

8. Komponen Keyboard dan Mouse Komputer

8. Komponen Keyboard dan Mouse Komputer

Komponen Keyboard dan Mouse pada Komputer merupakan input device yang artinya sebagai perangkat yang langsung berhubungan dengan sentuhan user dimana fungsinya untuk menginput data berupa huruf atau klik kursor.

Teknologi Keyboard dan Mouse berkembang sudah sangat pesat, pada saat ini mouse dan komputer sudah banyak menggunakan teknologi wireless sebagai pengganti kabel.

9. Komponen Monitor Display Komputer

9. Komponen Monitor Display Komputer

Perangkat keras yang menampilkan hasil proses CPU dan VGA komputer berupa informasi visual tentunya adalah Monitor.

Perlu kamu tau, semakin besar ukuran monitor dan semakin dalam pikselnya maka berbanding lurus dengan semakin besar kebutuhan kapasitas VGA yang digunakan.

Karena itu jika mengandalkan fungsi grapichs prosesing dari CPU saja rasanya masih kurang cukup.jika menggunakan kualitas monitor yang bagus.

10. Komponen USB Wireless Receiver Komputer

10. Komponen USB Wireless Receiver Komputer

Tidak hanya Komponen USB Wireless Receiver, komponen hardware yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim data internet juga sangat penting untuk komputer saat ini mengingat semua informasi dan perkembangan teknologi berbasis ke jaringan internet.

11. Komponen Speaker Komputer

11. Komponen Speaker Komputer

Sebuah perangkat komputer yang bagus tanpa disertai perangkat untuk menampilkan data berupa suara rasanya kurang sempurna. Karena itu lengkapilah perangkat komputer kamu dengan speaker agar nyaman ditelinga ketika mendengarkan nada-nada favoritmu.

Kesimpulan dari Pembahasan Komponen Komputer 


Sebenarnya sangat banyak sekali jenis Komponen Komputer yang ada saat ini termasuk komponen input sampai komponen tambahan.

Pada artikel ini Kang Hartrop memilih 11 komponen saja dari semua yang ada dan mengulasnya seperti diatas karena Komponen Komputer tersebut termasuk penting untuk sebuah perangkat PC agar bisa digunakan dan berfungsi dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel