Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya Lengkap

Hariantrendingtopik.com - Mengenal Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya secara lengkap rasanya penting untuk anak muda masa kini karena semua akses informasi teknologi dimulai dari perangkat komponen komputer ini.

Pada Komponen Komputer secara garis besar terbagi menjadi dua yaiut Komponen Komputer Utama atau penting dan komponen komputer tambahan.

Komponen komputer utama sangat dibutuhkan dan harus ada agar komputer dapat berfungsi dan dioperasikan secara normal.

Sedangkan komponen komputer tambahan berfungsi untuk penunjang kinerja komputer tersebut sehingga terasa nyaman dan data visual atau audio dapat dinikmati secara maksimal.

Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya

Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya

Pengertian Komponen Komputer adalah bagian-bagian dari komputer yang harus ada dan bisa berupa komponen tambahan agar komputer dapat berfungsi dengan normal.

Komponen Komputer Casing PC

Komponen Komputer Casing PC atau kotak tempat motherboard bisa dikatakan penting atau juga bisa tidak penting karena tanpa casing pun jika semua rangkaian terpasang secara sempurna maka komputer juga bisa berfungsi dengan baik.

Hanya saja kenapa Casing PC dianggap penting menurut Mas Topik adalah karena sisi estetika dan keindahan dari seni merakit PC.

Fungsi casing pc atau casing CPU adalah sebagai tempat atau rumah komponen komputer yang lain untuk pemrosesan data seperti motherboard, hardisk, powersupply dan lainnya.
Komponen Motherboard Komputer

Motherboard atau Mainboard termasuk komponen komputer paling penting karena fungsinya sebagai penyedia aksesdan tempat komponen inti seperti CPU,hardisk, RAM, VGA terhubung dan terkoneksi.

Ketika ingin membangun komputer rakitan sendiri, maka ada 2 komponen yang harus dipilih pertama kali yaitu mau menggunakan prosesor jenis apa dan berikutnya motherboard yang cocok dan bisa suport, baru kemudian memilih komponen lain yang didukung oleh motherboard.

Pembahasan tentang komponen komputer lainnya secara lengkap dan detail bisa kamu baca pada situs : Teknoblas.com

Komponen Prosesor CPU Komputer

CPU adalah singkatan dari Central Prosessing Unit yang fungsinya sebagai bagian inti untuk pemrosesan semua aktifitas komputer. Bahasa mudahnya kalau CPU atau Prosesor itu seperti otak pada komputer.

Sampai artikel ini ditulis ada 2 jenis CPU berdasarkan lebar bitnya yaitu 32bit dan 64bit. Kalau ditanya bagus mana ?

Mas Topik sudah pasti menjawab pakailah prosesor 64bit. Tidak menutup kemungkinan akan ada jenis baru melihat dari cepatnya perkembangan teknologi prosesor.

Komponen Power Supply

Power Supply adalah komponen khusus yang berfungsi mensuplay dan mengatur daya keseluruh komponen yang ada didalam Casing PC termasuk motherboard sampai ke RAM.

Fungsi pentingnya tentu saja merubah arus listrik rumahan atau arus AC menjadi arus DC yang biasa digunakan di semua perangkat komputer.

Komponen VGA atau GPU Komputer

VGA (Video Graphics Array) atau juga sering disebut GPU (Graphics Processing Unit) mempunyai fungsi untuk memproses data berupa grafis dan visual. Prosesor kan berfungsi untuk memproses semua data, sedangkan VGA khusus data dan instruksi bagian grafis.

Secara teknik pada Prosesor juga sudah terdapat fungsi pemrosesan grafis bawaan dari pabrikannya, tapi jika kebutuhan visual kamu berlebih seperti gaming atau desain maka kamu membutuhkan VGA yang bagus untuk diinstall.

Komponen Hard Disk Komputer

Harddisk komputer berfungsi untuk menyimpan semua data yang pada pada komputer termasuk sistem operasi sampai semua data gambar,foto, ataupun dokumen yang kamu simpan.

Perkembangan teknologi harddisk sekarang sudah memunculkan perangkat bernama SSD yang dari sisi kecepatan serta ketahanan lebih baik daripada cakram hardisk.

Perlu diketahui kecepatan membaca hardisk jauh lebih lambat daripada kecepatan proses CPU, karena itu ada perangkat untuk menjembatani masalah ini yang bernama RAM.

Komponen RAM Komputer

Komponen RAM Komputer berfungsi untuk menyimpan data sementara dari harddisk yang dibutuhkan untuk proses CPU ketika ada program komputer yang dijalankan.

Karena itu semakin besar kapasitas RAM sesuai ditiap jenisnya maka fungsi komputer akan lebih baik atau kata yang tepat yaitu komputer tidak lemot.

Selain tentang kapasitas, ada juga yang namanya DDR RAM. Kode DDR pada ram ini termasuk DDR1 DDR2 DDR3 atau DDR4 adalah generasi pembaharuan dan peningkatan dari DDR yang notabene sebagai proses kecepatan RAM generasi terbaru.

Komponen Keyboard dan Mouse

Komponen Keyboard dan Mouse pada Komputer merupakan input device yang fungsinya sebagai perangkat yang langsung berhubungan dengan sentuhan user dimana fungsinya untuk menginput data berupa huruf atau klik kursor.

Teknologi Keyboard dan Mouse berkembang sudah sangat pesat, pada saat ini mouse dan komputer sudah banyak menggunakan teknologi wireless sebagai pengganti kabel.

Keyboard berfungsi sebagai komponen input data berupa angka dan huruf sedangkan mouse berfungsi untuk input data berupa analog dan klik.

Optane atau Intel Optane

Optane atau Intel optane adalah perangkat komponen komputer jenis baru yang berfungsi sebagai akselerator atau mempercepat proses read dan write data pada hardisk.

Jadi dengan menambah komponen Optane maka kemampuan komputer kamu dalam membaca data dari hardisk bisa hampir menyamai kecepatan read data pada SSD.

Karena optane adalah jenis komponen baru, maka perangkat motherboard yang bisa menggunakannya juga hanya pada seri baru terntentu.

Selain itu optane hanya bisa digunakan dengan didukung prosesor berkemampuan komputasi data tinggi seperti seri Intel generasi 8 keatas.

SSD ( Solid State Drive )

SSD atau Solid State Drive adalah komponen perkembangan dari hardisk. Fungsi SSD masih sama dengan hardisk yaitu untuk menyimpan data pada komputer.

Perbedaannya ada pada penggunaan IC atau Integrated Circuit di dalam SSD yang membuat penyimpanan atau pembacaan data jauh lebih cepat dan lebih tahan goncangan.

Komputer rakitan terbaru hampir semuanya menggunakan SSD untuk storage datanya, tidak menutup kemungkinan akan ada perkembangan dari SSD yang memiliki kemampuan jauh lebih cepat.

VNAND SSD Sata M.2

Tidak lama setelah SSD keluar, komponen komputer jenis baru yang mempunyai fungsi sama yaitu menyimpan data juga muncul ke permukaan.

VNAND SSD Sata M.2 merupakan perkembangan bentuk dari SSD yang lebih compact dan simpel. Karena banyaknya tuntutan laptop ultraslim dengan peforma tinggi, maka dikembangkanlah VNAND SSD Sata M.2.

VNAND SSD Sata M.2 juga dapat digunakan pada motherboard tipe baru sehingga komputer tidak membutuhkan ruang besar sebagai tempat ssd atau hardisk.

VNAND SSD NVMe M.2

Kemudian setelah jenis sata juga dikembangkan lagi berupa VNAND SSD NVMe M.2. Perbedaannya ada di sisi kemampuan pembacaan serta penulisan data yang sangat cepat.

Sebenarnya VNAND SSD NVMe M.2 lebih cocok untuk komputer jenis pekerjaan khusus seperti gaming ataupun desain.

Salah satu yang bagian yang terbaik dari VNAND SSD NVMe M.2 ini tidak membutuhkan kabel sama sekali, jadi portnya sudah build in pada motherboard segingga tinggal masukkan pada port dan baut untuk mengencangkan posisinya.

ROM

Selain komponen RAM, ada juga komponen ROM pada komputer. Fungsi dari ROM ini tidak lain sebagai penyimpan data dan data tersebut hanya bisa dibaca tanpa bisa di ubah atau ditulis ulang.

ROM atau Read Only Memory biasanya terdapat pada bios motherboard yang didalamnya berisi fungsi dasar setingan motherboard dari pabrik.

Semua jenis bios yang ada bisa disebut dengan ROM karena datanya tidak untuk diubah - ubah dan hanya di read saja ketika komputer dihidupkan.

Komponen Monitor Display Komputer

Fungsi komponen display atau monitro adalah Perangkat keras yang menampilkan hasil proses CPU dan VGA komputer berupa informasi visual.

Perlu kamu tau, semakin besar ukuran monitor dan semakin dalam pikselnya maka berbanding lurus dengan semakin besar kebutuhan kapasitas VGA yang digunakan.

Karena itu jika mengandalkan fungsi grapichs prosesing dari CPU saja rasanya masih kurang cukup.jika menggunakan kualitas monitor yang bagus.

Pendingin CPU Heatsink Bawaan

Komponen komputer pendingin CPU Prosesor berfungsi untuk mengurangi panas prosesor selama melakukan komputasi data atau ketika komputer hidup.

Khusus Heatsink CPU bawaan desainnya standar sekali dan pasti dapat ketika membeli prosesor Intel maupun AMD. Kemampuan pendinginannya mungkin hanya untuk pekerjaan harian biasa dan bukan untuk pekerjaan khusus seperti game atau desain.

Pendingin CPU dengan Udara ( Air CPU Cooler )

Pendingin CPU berbasis udara fungsinya sama saja dengan heatsink konvensional yaitu untuk mendinginkan prosesor yang panas karena pekerjaan memroses data.

Perbedaanya, Air Cooler ini merupakan perkembangan dari heatsink bawaan. Bahan yang digunakan lebih baik dan bisa menurunkan suhu panas CPU lebih banyak.

Liquid CPU Cooler ( Thermal Cooler )

Perkembangan CPU cooler berikutnya dari kipas udara biasa menjadi menggunakan media liquid, cairan khusus mirip cairan pendingin radiator yang sudah satu set dalam produk.

Kemampuan mendinginkan CPUnya sangat amat baik, hampir semua komputer custom build terbaru menggunakan Liquid CPU Cooler ini. Kemampuan pendinginannya stabil untuk ngegame dan pekerjaan desain.

Custom Liquid CPU Cooler

Hampir sama dengan Liquid CPU Cooler set pabrikan, bedanya untuk custom cooler semua bagiannya mulai dari radiator, kipas, heatsink, pipa, cairan dan reservoir dibeli secara terpisah.

Tidak semua komputer menggunakan sistem pendingin seperti ini, biasanya hanya komputer custom yang memang dibangung untuk tujuan pekerjaan khusus seperti komputer pameran dan gamer profesional.

Fan Casing PC atau Kipas pendingin

Fan Chasing PC atau Cooling Fan atau kipas pendingin semuanya sama saja. Fungsi fan pada komputer sebenarnya bukan untuk mendinginkan melainkan mengalirkan sirkulasi udara sehingga panas didalam komputer bisa dialirkan keluar.

Penempatan dan pengaturan posisi komponen kipas harus diperhatikan dengan baik, sebisa mungkin aliran udara mengalir dari depan dan bawah kemudian dikeluarkan lewat kipas bagian atas dan belakang.

Komponen LAN Card

Dulu LAN Card adalah komponen komputer yang bersifat tambahan, tapi sekarang hampir tidak pernah digunakan karena fungsi lan card sudah di build in menjadi satu dengan motherboard.

Fungsi LAN Card sendiri untuk terminal akses internet menggunakan media kabel, ketika itu koneksi internet baru bisa menggunakan kabel sehingga LAN card menjadi komponen tambahan.

Untuk sekarang sudah jarang sekali dipakai dan sudah digantikan oleh USB Wireless recevier yang lebih simpel dalam bentuk serta cara memasangnya.

Sound Card

Komponen komputer Sound Card berfungsi sebagai output dan input data berupa audio. Mudahnya sebagai colokan speaker ataupun colokan microphone.

Untuk masa sekarang sound card sudah jarang dipakai karena juga build in pada motherboard, tapi ada komputer dengan fungsi khusus yang masih dan harus menggunakan sound card kelas tinggi yaitu komputer untuk rekaman atau pekerjaan audio.

Ada 3 jenis sound card yang mungkin kamu ingin tau :

1. Sound card onboard yang langsung jadi satu pada motherboard.
2. Sound card PCI yang khusus digunakan oleh komputer rekaman atau editing audio.
3. Sound card portabel dengan model USB.

WLAN Card

WLAN Card atau Wireless Lan Card merupakan perkembangan dari LAN Card yang sebelumnya menggunakan kabel menjadi koneksi WIFI.

WLAN Card berfungsi untuk menangkap koneksi internet dari akses poin WIFI, sehingga komputer bisa terhubung ke jaringan online.

Masa jaya WLAN Card sepertinya sudah sangat meredup dengan digantikan oleh USB Wireless Receiver yang tidak butuh memasang didalam komputer dan cukup hanya dengan mencolokkan ke port USB saja.

Optical Drive DVD ROM

Optical Drive DVD ROM atau yang sering disebut DVD ROM saja merupakan salah satu komponen input sekaligus output yang berfungsi untuk membaca atau menulis data dari piringan cakram yang sekarang sering disebut disk DVD RW (Read Write).

Dulu pertama kali keluar media disk yang gunakan yaitu jenis VCD yang berkapasitas kecil, dengan berkembangnya material maka menjadi DVD yang kapasitas penyimpanannya lebih besar.

DVD ROM Portable

Sebelumnya dvd rom berupa perangkat add in atau dipasang pada casing komputer, karena perkembangan port usb sangat pesat dan sekarang sudah berkecepatan tinggi maka muncul inovasi dari DVD ROM yang berupa perangkat portable.

DVD ROM Portable lebih ringkas dan lebih compact dalam bentuknya, colokan ke komputer menggunakan port USB yang sekaligus sebagai sumber dayanya.

Kamera WebCam

Kamera WebCam merupakan komponen komputer tambahan yang berfungsi sebagai komponen input data berupa visual. Pada sebuah komputer, kamera webcam kadang dibutuhkan dan kadang tidak, tergantung dari jenis pekerjaanya.

Tetapi pada laptop keluaran terbaru pasti semuanya sudah build in dengan kamera webcam ini. Fungsi penggunaanya mungkin lebih ke converence atau pertemuan dan ngobrol via media internet yang membutuhkan tampilan wajah.

Printer

Sebagai komponen output, Printer berfungsi untuk mencetak data berupa huruf angka ataupun gambar. Dulu printer berdiri sendiri, tapi sekarang sudah berkembang menjadi serangkaian perangkat berserta scanner dan copy.

Scanner

Scanner adalah piranti scanning yang berfungsi sebagai input data berupa file image atau gambar, pada dasarnya scanner digunakan untuk memasukan file dokumen kedalam komputer tanpa mengubah isi yang sudah terdapat variabel tambahan dari orang lain.

Karena tidak mungkin jika menulis dokumen tersebut dan membuat variabel ektra tambahan secara manual, maka dibutuhkanlah scanner ini untuk memasukkan dokumen tersebut kedalam komputer dalam bentuk file gambar.

USB Wireless Receiver Komputer

Tidak hanya Komponen USB Wireless Receiver, komponen hardware yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim data internet juga sangat penting untuk komputer saat ini mengingat semua informasi dan perkembangan teknologi berbasis ke jaringan internet.

Komponen Speaker

Sebuah perangkat komputer yang bagus tanpa disertai perangkat untuk menampilkan data berupa suara rasanya kurang sempurna.

Karena itu lengkapilah perangkat komputer kamu dengan speaker agar nyaman ditelinga ketika mendengarkan nada-nada favoritmu.

Penutup Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya

Demikianlah artikel Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya dengan Lengkap, adapun komponen komputer generasi baru akan selalu Mas Topik Update secara berkala.

Perlu dipahami semua komponen komputer jenis apapun akan selalu berkembang dan mengupdate bentuk ataupun kemampuan prosesnya. Jadi kedepannya akan semakin banyak jenis komponen komputer yang bermunculan.