Begini Cara Melihat Spesifikasi HP atau Smartphone Sebelum Membeli

Begini Cara Melihat Spesifikasi HP atau Smartphone Sebelum Membeli

Hariantrendingtopik.com - Cara melihat spesifikasi hp atau cara cek spek sebelum membeli smartphone sekarang ini sangat mudah untuk dilakukan mengingat media sudah berkembang sangat pesat, jadi sekarang kamu tidak perlu datang ke toko ponsel hanya untuk mengetahui spek lengkapnya.

Dulu, ketika ingin beli hp, tipe hp jadul lah, untuk tau spesifikasinya, kita harus datang ke tempat yang jual hp dan bertanya, setelah itu masih mungkin jadi beli ataupun tidak jadi, tergantung dari kitanya jadi cocok dengan hp tersebut atau tidak.

Secara umum cara orang membeli smartphone itu dibagi menjadi dua, pertama membeli smartphone dengan basis harganya, misal "dengan budget sekian dapat smartphone apa?" dan yang kedua melihat dari spesifikasinya seperti "smartphone ini pake prosesor apa ? kuat gak buat ini" dsb.

Nah, permasalahan akan muncul ketika kamu adalah tipe orang yang mementingkan spesifikasi terlebih dahulu, otomatis kamu akan mencari tau bagaimana spesifikasi smartphone tersebut terlebih dahulu, kemudian membandingkan dengan harganya sebelum jadi untuk membelinya.

Mas Topik punya beberapa tips dan saran nih, jika memang kamu ingin cek spesifikasi terlebih dahulu, membandingkan antara kemampuan smartphone, budget yang dimiliki kemudian bisa untuk mengcover aktivitas digital kamu atau tidak.

Cara Melihat Spesifikasi HP atau Smartphone Sebelum Membelinya

Cara Melihat Spesifikasi HP atau Smartphone Sebelum Membelinya

Kalau dari pengalaman mas topik sendiri, ada 1 situs yang bisa mengcover semua informasi tentang spesifikasi smartphone yang baru keluar atau tipe-tipe sebelumnya, cukup lengkap informasi spesifikasi ponselnya, untuk data terbaca itu sudah cukup.

1. Cek Spesifikasi Smartphone dari situs GSMArena

Situs yang biasa mas Topik akses untuk tau spesifikasi Smartphone yang sedang dicari yaitu GSMArena, kamu bisa mengakses di Google seperti ini, misalnya "Samsung S21 Ultra Gsm Arena" maka kemungkinan besar situs pertama yang muncul adalah gsm arena yang memuat informasi spek Samsung S21 Ultra.

Membaca info spek yang tercantum saja sudah sangat cukup untuk kebutuhan keingintahuan kita, yang paling membantu ada di spesifikasi jaringan yang digunakan, sangat lengkap sekali. Kita bisa tau jaringan apa saja yang disematkan, varian ram dan internal kemudian prosesor serta kamera, dan yang paling penting besaran kapasitas baterai serta kemampuan charge nya.

Untuk kemampauan memberikan informasi tentang "pengetahuan spesifikasi" menurut mas topik sudah sangat cukup, nah berikutnya untuk melihat kemampuan dari smartphone tersebut, apakah spesifikasinya sesuai atau tidak, mas topik sarankan kamu untuk langsung melihat ulasannya di Youtube, Ya! cara ini paling relevan dari cara yang lain.

2. Cek Kemampuan Spesifikasi Smartphone di Youtube

Ya, sejauh yang mas Topik coba, mencari ulasan di youtube tentang ponsel tertentu adalah hal yang paling hemat tenaga dan bisa memberikan informasi yang cukup matang untuk memutuskan jadi membeli smartphone tersebut atau tidak.

Ada beberapa point yang bisa kamu cari tau di youtube, seperti :
  • Prosesor dan chipset yang digunakan
  • Varian Ram dan memori internal
  • Band Jaringan yang sudah tercover
  • Test kamera
  • Aplikasi atau game apa saja yang bisa di tangani
  • Kapasitas Baterai dan kemampuan pengecasannya
Ke 6 poin tersebut menurus mas topik sudah cukup untuk menyimpulkan apakah smartphone yang kamu minati cocok dengan penggunaan keseharian kamu, kebutuhan digital atau memang harus memutuskan varian smartphone yang lain.

Melihat spesifikasi di situs GsmArena dan cek ulasannya di youtube ini sudah sangat cukup memberikan data tentang smartphone yang ingin kamu beli, selanjutnya terserah keputusanmu saja mau jadi dibeli atau tidak.

Kalau untuk cek spesifikasi setelah membelinya, hal itu sangatlah mudah kamu bisa coba beberapa cara berikut :

Paling Mudah Cek Spesifikasi di About Phone

Untuk data spesifikasi umum pada smartphone yang sudah kamu beli, bisa lihat ke About Phone, buka saja lewat "Pengaturan > dan cari About Phone". Darisana akan muncul informasi berupa Model, sistem, penyimpanan, RAm, chipset dan informasi basic lainnya. Intinya informasi umum yang ingin kamu ketahui ada di sini.

Cek Spesifikasi Detail Smartphone dengan CPU-Z

Nah, Kemudian jika kamu ingin melihat spesifikasi smartphone secara lengkap dan detail bisa dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bernama CPU-Z. Dengan app ini hampir semua informasi spesifikasi bisa ditampilkan. Hanya saja CPU-Z lebih menitik beratkan untuk menampilkan informasi spesifikasi CPU secara terperinci dan mungkin detail dari sensor smartphone.

Kalau kamu mau coba aplikasi lainnya juga bisa, sangat banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan misalnya sebagai berikut :  

Cek Spesifikasi Smartphone dengan Device Info HW

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk cek spesifikasi smartphone yaitu Device Info HW. Secara umum detail informasi yang ditampilkan cukup lengkap. Kalau CPU Z lebih ke detailnya prosesor, sedangkan device info HM ini memberikan informasi spesifikasi umum dari semua komponen smartphone yang digunakan.

Cek Spesifikasi Smartphone dengan Droid Info

Aplikasi Droid info secara umum hampir sama dengan device info hw, hanya mungkin disertai detail proses cpu saja. Selainnya cukup simpel untuk dipahami. Pembagian kategorinya mudah dioperasikan, kamu tinggal geser kekanan untuk melihat spesifikasi dari tiap komponen handpone.

Penutup Cara Cek Spesifikasi Smartphone

Percayalah tidak sulit untuk mengetahui atau cek Spesifikasi HP Smartphone yang akan kita beli, justru hal yang paling sulit adalah memutuskan untuk membelinya atau memilih rekomendasi spesifikasi smartphone lainnya yang bisa dikatakan memiliki satu tingkat diatasnya.

Jadi, untuk menyimpulkan paling tepat tentang jadi membelinya atau tidak, kamu bisa bandingkan dengan kebutuhan kamu dengan smartphone tersebut dan pikirkan kemungkinan berapa lama smartphone tersebut bisa bertahan. Jika spek nya bisa mendukung kebutuhan kamu dan kira - kira smartphone bisa tahan dipakai 4 tahunan, itu sudah sangat bagus untuk mengambil keputusan membelinya.