Batu Ginjal : Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Cara Pengobatannya

Batu Ginjal : Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Cara Pengobatannya

HarianTrendingTopik.Com - Batu Ginjal : Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Cara Pengobatannya. Batu ginjal adalah jenis penyakit yang membunuh secara perlahan tapi pasti karena ketika sudah parah, batu ginjal hampir tidak bisa diobati.

Gejala batu ginjal hanya terasa sedikit nyeri pada awal terbentuknya dan rasa nyeri tersebut dapat dengan cepat menghilang. Sedangkan penyebab batu ginjal mempunyai banyak sekali faktor, mulai dari pola makan, jenis makanan atau faktor keturunan.

Apakah batu ginjal bisa sembuh ? Pengobatan batu ginjal ada banyak sekali metodenya seperti pencegahan terbentuknya batu ginjal, membenahi pola makan, menghilangkan batu ginjal dengan bedah atau dengan metode pengobatan batu ginjal yang dilakukan sendiri dirumah.

Batu ginjal atau kencing batu adalah endapan yang membentuk material keras dan hampir menyerupai batu dengan ukuran kecil di dalam ginjal. Endapan yang membentuk material keras itu berasal dari limbah sejenis zat garam-garaman hasil penyaringan darah yang jumlahnya terlalu banyak dan tidak dapat larut atau hanya sedikit yang terlarut kemudian mengendap dan mengkristal.

Pengendapan batu ginjal umum terjadi pada seseorang dengan usia 40 sampai 60 tahun yang dikarenakan kurangnya asupan air putih dan kemampuan organ dalam yang mulai menurun.

Endapan berupa batu-batu kecil biasanya keluar bersama urin, tetapi endapan yang sudah berukuran besar akan menyumbat saluran pada ginjal dan menyebabkan infeksi yang parah.

Pada rentang usia sekitar 50 tahun baik pria maupun wanita dapat dengan mudah memiliki batu ginjal karena kurangnya aktifitas fisik dan karena banyak penyebab lainnya. Meskipun demikian, secara umum pria mempunyai tingkat resiko yang lebih tinggi mengalami batu ginjal daripada wanita.

Jenis Batu Ginjal yang Sering Terjadi


1. Jenis Batu Ginjal Kalsium Oksalat

Jenis Batu Ginjal Kalsium merupakan jenis batu ginjal yang paling sering terjadi dan dialami hampir semua orang. Kalsium yang membentuk batu ginjal adalah kalsium oksalat yang sering ditemukan pada bahan makanan yang banyak mengandung kalsium seperti sayuran, buah-buahan atau dari kalsium di dalam tubuh.

Faktor usia juga dapat menjadi penyebab munculnya batu kalsium oksalat. Ketika tubuh memasuki usia 40 tahun, kondisi metabolisme dan penyerapan zat makanan akan melambat, tetapi aktifitas fisik seperti rutinitas pekerjaan bisa jadi semakin meningkat.

Meningkatnya aktifitas pekerjaan yang mudah memicu kelelahan dan stress ini biasanya tidak di imbangi dengan asupan air putih yang banyak, tetapi justru sering minum minuman berenergi yang pada dasarnya mengandung banyak sekali zat pewarna dan zat-zat tambahan.

2. Jenis Batu Ginjal Kalsium Fosfat

Batu Ginjal jenis Kalsium Fosfat jarang terjadi dan tidak banyak ditemukan penderitanya. Batu Ginjal jenis Kalsium Fosfat hanya terbentuk jika seseorang memiliki kondisi urin yang bersifat basa atau memiliki pH yang tinggi.

Batu Kalsium Fosfat juga dapat terbentuk pada seseorang yang menyukai makanan yang banyak mengandung kalsium Fosfat seperti kerang, kacang dan sebagainya.

3. Jenis Batu Ginjal Asam Urat

Batu Ginjal Asam Urat dapat terjadi karena adanya kandungan asam urat yang sangat tinggi di dalam darah. Hampir 25% atau dapat dikatakan satu dari empat orang yang menderita asam urat juga memiliki batu ginjal.

Jenis batu ginjal ini karena banyaknya asupan purin yang masuk ke dalam tubuh, jadi pola hidup yang buruk dan sembarangan mengkonsumsi makanan merupakan faktor terbesar terjadinya endapan batu ginjal asam urat.

4. Jenis Batu Ginjal Struvite

Batu Ginjal jenis Struvite ini jarang terjadi tetapi termasuk jenis batu ginjal yang paling berbahaya karena endapan nya sangat cepat sekali membesar dan menyumbat saluran ginjal. Jenis batu ginjal ini lebih banyak ditemukan pada wanita yang memiliki atau pernah mengalami infeksi saluran kemih. Kandungan pembentuk batu struvit paling banyak adalah magnesium, amonium dan fosfat. Magnesium adalah senyawa yang sangat mudah mengendap menjadi batu ginjal.

5. Jenis Batu Ginjal Cystine

Batu Ginjal jenis Cystine atau sering di sebut batu sistin ini paling mudah terbentuk karena faktor genetik. Sistin merupakan salah satu jenis asam amino di dalam tubuh, dimana kelainan dari faktor genetik menyebabkan jumlahnya tidak normal atau kadarnya berlebihan.

Jumlah sistin yang sangat banyak ini dapat menyebabkan kebocoran dinding protein yang terdapat pada ginjal menuju saluran urin sehingga sistin banyak yang mengendap dan menjadi batu ginjal.

Penyebab Terbentuknya Batu Ginjal

Fungsi utama ginjal adalah membersihkan dan menyaring darah dari zat-zat kotor atau zat limbah dalam darah yang kemudian dibuang bersama dengan urin. Permasalahan terbesarnya adalah jika zat limbah tersebut jumlahnya lebih banyak daripada cairan pelarut nya.

Jika cairan pelarut untuk membuang zat limbah tidak sebanding, maka zat limbah tidak dapat dibuang bersama urin secara sempurna yang akhirnya menyebabkan endapan. Endapan itulah yang semakin lama akan mengkristal membentuk batu ginjal.

Jumlah zat limbah yang terlalu banyak di dalam darah dan menjadi penyebab batu ginjal dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor:

1. Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih adalah penyebab utama terbentuknya batu ginjal. Zat limbah yang berupa garam-garaman atau mineral lain dapat dibuang bersama urin jika kandungan zat-zat ini lebih sedikit dari pada zat pelarutnya.

Tetapi jika zat pelarut atau kandungan air dalam darah lebih sedikit, maka mineral , garam, dan zat lainnya akan menempel satu sama lain sehingga lebih mudah mengendap dan mengkristal menjadi batu ginjal.

2. Pola Makan Sembarangan atau Menyukai beberapa Jenis Makanan Saja

Batu ginjal yang sering ditemui adalah jenis batu ginjal kalsium oksalat, penyebab terbesar terbentuknya batu ginjal ini karena seseorang sangat menyukai makanan yang banyak mengandung kalsium oksalat tetapi tidak menyukai makanan dengan nutrisi penyeimbang lainnya.

Jenis makanan yang memiliki kandungan oksalat tinggi seperti coklat tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Hampir semua pria dan wanita menyukai coklat dengan semua varian rasanya.

Ketika menikmati coklat pasti akan disertai dengan minuman yang berwarna menarik atau memiliki rasa yang manis menyegarkan, pola makan seperti inilah yang menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal dimana zat-zat didalam makanan yang nantinya akan disaring oleh ginjal memiliki jumlah yang lebih banyak daripada cairan pelarutnya atau kandungan air dalam darah.

4. Faktor Keturunan

Seseorang yang memiliki kerabat, ayah, atau kakek dengan riwayat batu ginjal akan lebih mudah memiliki jenis batu ginjal yang sama. Misalnya batu ginjal jenis sistin yang disebabkan karena ginjal mengeluarkan banyak asam amino, gangguan ginjal seperti ini dipengaruhi oleh penyakit turunan cystinuria.

Penyakit turunan lain yang menyebabkan batu ginjal adalah hypercalciuria dimana kondisi tubuh sangat banyak menyerap kandungan kalsium. Dengan kondisi tubuh seperti ini, jika penderita tidak mampu mengimbangi dengan jumlah asupan cairan yang banyak, maka endapan penyebab batu ginjal akan lebih cepat terbentuk daripada orang-orang dengan kondisi tubuh normal.

5. Mempunyai Penyakit Kronis

Sama seperti jenis batu ginjal asam urat yang terbentuk karena adanya penyakit asam urat yang kronis, penyakit lain juga dapat menyebabkan munculnya batu ginjal seperti diabetes, dan beberapa jenis penyakit kronis lainnya yang menyebabkan komplikasi.

Gejala Batu Ginjal


Gejala batu ginjal yang terjadi pada umumnya seperti nyeri di daerah pinggang bawah, perut bagian samping dan bagian selangkangan. Gejala ini hanya dapat dirasakan jika ukuran batu ginjal sudah mulai membesar dan menyumbat saluran ureter sehingga mengganggu kelancaran urin.

Meskipun demikian ada beberapa tanda yang mungkin bisa menjadi tolak ukur anda untuk memulai menjalani pemeriksaan batu ginjal.

1. Kadang Merasa Nyeri

Jika anda kadang-kadang merasa nyeri di daerah pinggang bawah atau bagian selangkangan saat akan mengeluarkan urin atau buang air kecil, akan lebih baik jika anda segera melakukan pemeriksaan agar mendapat penanganan lebih awal.

Walaupun rasa nyeri yang muncul tidak sering terjadi, jangan anda anggap remeh, karena jika rasa nyeri sudah sering muncul artinya batu ginjal sudah mencapai ukuran yang besar.

2. Sering Buang Air Kecil

Tanda ke dua adalah jika anda sering merasa ingin buang air kecil setiap waktu tetapi jumlah urin yang dikeluarkan selalu sedikit, hal ini disebabkan karena terjadi ada penyumbatan-penyumbatan batu ginjal pada ureter yang menyebabkan urin susah keluar.

3. Urin Keruh dan Berbau
Jika urin anda pernah berwarna keruh atau kecoklatan dan berbau tidak sedap, tetapi ketika itu anda tidak mengkonsumsi obat dengan dosis tinggi, bisa jadi itu adalah tanda-tanda batu ginjal karena adanya pendarahan dari gesekan batu ginjal saat melewati saluran kemih.

Gejala Batu Ginjal pada Anak


Gejala batu ginjal pada anak hampir sama dengan gejala batu ginjal pada umumnya tetapi terjadi dengan frekuensi yang lebih pendek serta sering disertai mual dan demam.

Jika anak anda pernah mengeluh sakit saat buang air kecil dan sering demam sebaiknya anda melakukan pemeriksaan lebih awal kepada anak anda.

Gejala Batu Ginjal pada Wanita


Gejala batu ginjal pada wanita dapat lebih awal terdeteksi karena ketahanan tubuh yang berbeda dengan pria. Jenis batu ginjal struvite dapat lebih sering muncul pada wanita karena rentan dengan infeksi kandung kemih.

Jika urin yang keluar berbau tidak sedap dan terasa nyeri saat akan berdiri kemungkinan batu ginjal sudah mulai terbentuk. Penanganan medis harus segera dilakukan jika tanda-tanda tersebut sudah sering di alami.

Gejala Batu Ginjal pada Pria


Gejala Batu ginjal pada pria juga sama dengan gejala yang terjadi pada umumnya tetapi pada pria batu ginjal dengan ukuran kecil tidak begitu terasa.

Tanda awal bagi pria memiliki batu ginjal adalah jika terjadi sulit buang air kecil, atau ketika akan buang air kecil membutuhkan waktu yang cukup lama sampai urin keluar dan ketika urin keluar akan berwarna keruh.

Dalam kondisi tubuh sehat dan normal urin akan dengan mudah keluar dan berwarna kuning cerah seperti biasanya.

Pengaruh Batu Ginjal Saat Hamil


Batu Ginjal yang terbentuk saat hamil memang jarang terjadi, penyebab utama terbentuknya batu ginjal saat hamil biasanya karena wanita hamil sering merasa mual dan malas minum air putih dengan rasa yang tawar.

Rasa sakit yang disebabkan batu ginjal dapat mempengaruhi kondisi janin karena ketika rasa nyeri muncul pasti akan terjadi tekanan di sekitar pinggang untuk menahan rasa nyeri tersebut.

Anda harus segera medapatkan penanganan dari dokter kandungan dan dokter urologi agar mendapatkan metode terbaik dalam proses perawatan batu ginjal saat hamil.

Cara Menghilangkan Batu Ginjal


Pada saat ini sudah banyak sekali metode untuk menghilangkan batu ginjal, tetapi semua metode tersebut dapat dilakukan tergantung dari ukuran batu ginjal itu sendiri.

Jika tanda-tanda awal sudah terlihat dan ukuran batu masih kecil, cara menghilangkannya masih mudah dan hampir semua metode dapat digunakan, tetapi jika ukuran batu sudah besar dan menyumbat harus segera dilakukan penanganan medis.

Apakah Batu Ginjal Bisa Sembuh Total ?

Semua jenis penyakit pasti obatnya, yang berbeda hanyalah waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhannya. Ketika batu ginjal sudah terdeteksi, anda harus segera melakukan tindakan pencegahan dan mencari tau penyebab terbentuknya batu pada ginjal anda.

Setelah mengetahui penyebab terbentuknya batu pada ginjal, anda harus mulai meninggalkan kebiasaaan-kebiasaan tersebut.

Batu ginjal biasanya akan terdeteksi ketika masih berukuran kecil. Walaupun masih berukuran kecil, anda jangan menganggap remeh hal tersebut, ikuti semua petunjuk dari dokter untuk proses menghilangkan batu ginjal yang sudah terbentuk.

Cara Pengobatan Batu Ginjal

Ada beberapa cara untuk pengobatan batu ginjal :

1. Operasi

Operasi merupakan cara tercepat untuk menghilangkan batu ginjal. Dengan metode bedah, batu di dalam ginjal akan langsung dibersihkan. Semua metode bedah pasti mempunyai resiko, jika anda takut dengan resiko yang akan terjadi, mulai sekarang rawatlah ginjal anda.

2. Herbal

Pengobatan untuk menghilangkan batu ginjal dengan cara herbal hanya dapat dilakukan untuk ukuran batu ginjal kecil sampai sedang. Fokus pengobatan herbal ini adalah mengkonsumsi bahan-bahan herbal yang mengandung zat untuk meluruhkan batu ginjal sedikit demi sedikit.

3. Minum Air Putih yang Banyak

Minum air putih dengan jumlah banyak mampu menghilangkan batu ginjal berukuran kecil yang nantinya akan keluar bersama urin. Banyak minum air putih memang tidak begitu efektif untuk menghilangkan batu ginjal yang sudah terbentuk dan mengeras, tetapi merupakan metode pencegahan terbaik.

Metode Operasi Batu Ginjal


Operasi untuk meghilangkan batu ginja harus dilakukan jika batu ginjal sudah berukuran besar dan dapat menyebabkan infeksi serius pada ginjal. Berikut metode yang dapat digunakan untuk operasi menghilangkan batu ginjal :

1. Uteroskopi

Metode operasi uteroskopi menggunakan ureteroskop untuk mengangkat batu ginjal dan memindahkan posisinya ke dalam ureter yang nantinya akan keluar bersama urin. Untuk batu ginjal dengan ukuran yang besar akan dipecah dahulu menggunakan metode khusus.

2. Bedah Terbuka

Sesuai dengan namanya , metode bedah terbuka akan membuat sayatan mulai dari permukaan kulit sampai kedalam ginjal untuk memudahkan pengambilan batu ginjal.

3. PCNL

PCNL adalah singkatan dari Percutaneous Nephrolithotomy. Metode PCNL juga menggunakan sayatan pada permukaan kulit yang dekat dengan ginjal kemudian memasukkan alat bernama nephroscope untuk mengambil batu ginjal.

Biaya Operasi Batu Ginjal

Metode operasi untuk menghilangkan batu ginjal memang membutuhkan biaya yang besar tetapi metode operasi adalah cara tercepat dan terbaik untuk menghilangkan batu ginjal yang sudah berukuran besar. Biaya yang dibutuhkan sekitar 10 juta sampai 25 juta untuk proses operasinya dan belum termasuk obat-obatan yang dikonsumsi setelah operasi.

Cara Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami


Sebenarnya bukanlah hal yang mudah untuk mengobati batu ginjal secara alami karena membutuhkan waktu yang lama dan biasanya seseorang yang memiliki batu ginjal dengan kondisi parah tidak mampu menahan rasa sakit yang muncul terus-menerus.

Mengobati batu ginjal secara alami dapat dilakukan jika batu ginjal sudah terdeteksi dan masih berukuran kecil. Dalam kondisi demikian pengobatan akan dilakukan dengan memperbaiki pola makan, mengurangi garam-garaman, banyak minum air putih dan tinggalkan semua minuman yang berwarna maupun berasa.

Cara pengobatan batu ginjal secara alami akan menggunakan bahan alami yang mengandung zat untuk menghancurkan batu ginjal sedikit demi sedikit.

Cara Pengobatan Batu Ginjal Sendiri di Rumah

Jika batu ginjal masih berukuran kecil, anda dapat mengobatinya sendiri secara rutin di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak uang, tetapi hal ini akan membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Obat paling ampuh untuk semua jenis batu ginjal dan semua penyakit adalah perbanyak minum air putih, tinggalkan makanan cepat saji, tinggalkan makanan atau minuman yang menggunakan pewarna buatan dan mempunyai banyak rasa seperti minuman bersoda.

Tidak sedikit jumlah penyakit yang disebabkan oleh minuman bersoda yang dapat menyebabkan komplikasi selain terbentuknya batu ginjal.

Baca Juga : Efek Buruk Minuman Bersoda

Anda dapat rutin meminum jus lemon karena asam sitrat pada lemon dapat membantu menghancurkan batu ginjal terutama batu ginjal jenis kalsium fosfat maupun oksalat.

Cara Menghilangkan Batu Ginjal Tanpa Operasi


Cara menghilangkan batu ginjal tanpa metode operasi hanya dapat dilakukan jika batu ginjal masih berukuran kecil dan belum mencapai ukuran sedang. Untuk ukuran batu ginjal yang sudah besar dan menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan, metode operasi merupakan metode terbaik yang dapat dilakukan.

Diet atau Pola Makan Penderita Batu Ginjal


Penderita batu ginjal harus mengubah pola makannya yang buruk menjadi pola makan yang sehat. Memang tidak mudah, tapi hal tersebut harus dilakukan agar batu ginjal anda tidak bertambah parah.

Pola makan yang sehat untuk penderita batu ginjal sangat mudah untuk dilakukan, anda hanya perlu meninggalkan semua jenis makanan cepat saji dan minuman dengan berbagai warna dan rasa.

Cobalah untuk mengatur jenis makanan yang anda konsumsi, usahakan untuk makan makanan dengan bahan alami dan kaya kandungan serat. Buat jadwal yang mengingatkan anda untuk selalu minum air putih secara rutin misalnya satu gelas setiap satu jam.

Obat Batu Ginjal Herbal

Obat batu ginjal herbal menggunakan bahan makanan yang kandungan nutrisinya dapat membantu meluruhkan batu ginjal yang sudah mengeras. Kandungan pembentuk batu ginjal paling banyak adalah kalsium , magnesium atau garam-garaman yang mengkristal.
Seperti asam sitrat yang terdapat pada lemon, ada beberapa bahan makanan lain yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita batu ginjal yang dapat membantu meluruhkan batu ginjal :


  1. Air Putih tanpa perasa dan pewarna apapun untuk memperbaiki proses pelarutan zat pembentuk batu ginjal.
  2. Vitamin A, Vitamin C dan Antioksidan dari buah apel akan sangat baik untuk proses penghancuran alami batu ginjal. 
  3. Kandungan air yang banyak dari semangka dapat menjadi pengganti ketika anda bosan minum air putih dalam jumlah banyak. Nutrisi dari semangka juga dapat membantu proses membersikah bagian dalam ginjal. 
  4. Buah anggur juga memiliki antioksidan yang cukum untuk meluruhkan batu ginjal dan membatu ginjal untuk memperbaiki fungsinya. 
  5. Semua jenis Buah yang banyak mengandung air , vitamin dan antioksidan dapat dikonsumsi oleh penderita batu ginjal. 

Pencegahan Batu Ginjal

Selalu ada pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, karena batu ginjal yang sudah berukuran besar dan parah dapat menyebabkan ginjal tidak berfungsi. Jadi akan lebih baik jika melakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat. Berikut cara pencegahan batu ginjal yang dapat dilakukan : 

  • Minum Air putih dengan jumlah banyak setiap hari.
  • Tinggalkan minuman bewarna, berasa dalam bentuk apapun seperti minuman beralkohol dan minuman bersoda. 
  • Kurangi makanan sumber oksalat seperti coklat, kangkung, brokoli dan sebagainya. 
  • Kurangi konsumsi makanan dengan rasa asin dan semua jenis garam-garaman. 
  • Perbanyak konsumsi jenis makanan yang mengandung asam sitrat seperti buah lemon. Makanan yang dimaksud mengandung asam sitrat adalah bahan makanan asli seperti sayur atau buah dan bukan jenis vitamin yang berupa kapsul atau suplemen. 

Perawatan Darurat ketika Terasa Nyeri Akibat Batu Ginjal

Rasa nyeri akibat batu yang bergesekan dengan dinding ginjal dapat muncul kapanpun. Jika anda sudah terdeteksi memiliki batu ginjal, sebaiknya persiapkan diri jika rasa nyeri tiba-tiba muncul. Anda bisa mengikuti cara berikut untuk mengatasi nyeri yang muncul tiba-tiba.

1. Ketika nyeri mendadak muncul, secara otomatis anda akan membungkuk dan tangan akan menekan pada bagian ginjal yang terasa nyeri. Setelah dalam kondisi seperti ini, usahakan anda segera menegakkan posisi badan secara perlahan karena membungkuk akan memberikan tekanan yang berlebihan pada ginjal. Ambil nafas panjang dan cari tempat duduk dengan posisi landai mendekati posisi tidur untuk memberikan ruang gerak di sekitar pinggang.

2. Rasa nyeri akan tetap ada, anda harus mencoba menahannya tanpa menekan area ginjal dengan tangan. Ambil air putih hangat kemudian minum perlahan, anda dapat mempersiapkan air putih hangat di dalam termos dari rumah.

3. Ambil posisi serileks mungkin sampai rasa nyeri mulai mereda. Setelah rasa nyeri mulai reda, anda dapat minum air putih lebih banyak. Dokter biasanya akan memberikan obat pereda nyeri ketika anda berkonsultasi, anda dapat meminum obat tersebut jika rasa nyeri tidak mereda.

Perbedaan Batu Ginjal dan Batu Empedu

Batu Ginjal dan Batu Empedu memiliki rasa nyeri yang hampir sama tetapi dengan lokasi sumber nyeri yang berbeda. Rasa nyeri batu ginjal terjadi di sekitar pinggang sedangkan rasa nyari batu empedu terjadi di sekitar perut bagian atas.

Batu ginjal yang sering terjadi disebabkan karena kurang minum air putih sehingga terjadi penumpukan mineral di dalam ginjal, sedangkan batu empedu memang belum dapat diketahui penyebabnya. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya batu empedu hampir semuanya karena komplikasi jenis penyakit seperti obesitas, diabetes atau kolestrol tinggi.

Kesimpulan

Batu ginjal adalah jenis penyakit yang faktor pembentuk utamanya karena pola makan yang sembarangan dan tidak memikirkan akibatnya untuk kesehatan. Jenis batu ginjal yang terbentuk dapat berbeda-beda tergantung dari penyebabnya.

Gejala batu ginjal tidak akan terasa jika ukuran batu masih kecil. Batu ginjal dapat terjadi pada siapapun, mulai dari pria, wanita bahkan anak-anak. Batu ginjal dapat disembuhkan jika anda bertekad mengubah pola makan yang buruk menjadi pola makan yang sehat ketika batu ginjal terdeteksi.

Cara terbaik untuk menghilangkan batu ginjal adalah dengan cara mencegah agar batu ginjal tersebut tidak terbentuk. Cara mencegah tebentuknya batu ginjal paling ampuh adalah dengan minum air putih yang banyak setiap hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel