Mengobati Sakit Maag Menggunakan Lemon, Apakah Bisa Sembuh ?

Mengobati Sakit Maag Menggunakan Lemon, Apakah Bisa Sembuh ?

HarianTrendingTopik.Com - Mengobati Sakit Maag Menggunakan Lemon. Pembahasan tentang mengobati sakit maag dengan menggunakan lemon atau manfaat lemon untuk mengobati sakit maag sudah sering kali ditemukan di media internet. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah benar hanya dengan menggunakan lemon penyakit maag dapat disembuhkan ?

Lemon atau yang dikenal dengan nama Citrus Lemon adalah buah berwarna kuning yang sudah banyak dikenal didunia. Lemon terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat banyak dan dapat memenuhi 88% kebutuhan harian per 100 gram.

Selain kandungan vitamin C nya yang melimpah, lemon juga mengandung banyak senyawa seperti polifenol, naringenin, hesperidin, diosmin, eriositrin, naringin dan d-limonene.

Sebenarnya tidak ada yang namanya penyakit maag, maag biasa dijadikan kata untuk mengungkapkan keluhan yang terjadi pada bagian pencernaan. Jadi maag bukanlah suatu penyakit melainkan gejala atau tanda adanya penyakit tertentu di bagian pencernaan.

Penyakit yang menjadi gejala dari maag biasanya ada di bagian lambung, karena rasa mual yang muncul pertama kali pasti bersumber dari lambung. Cara Mengatasi Maag Kambuh Tanpa Obat.

Ada banyak penyakit yang menjadi penyebab maag seperti asam lambung atau refluks asam lambung. Selain asam lambung, penyebab maag lainnya dapat juga disebabkan karena peradangan pada bagian dinding lambung, usus atau peradangan kerongkongan.

Infeksi pada salah satu organ dalam di sekitar perut juga dapat menjadi penyebab munculnya maag walaupun memang jarang sekali terjadi.

Proses Munculnya Gejala Maag

Gejala Maag yang umum dan sering terjadi disebabkan karena berlebihnya jumlah asam lambung. Karena suatu gangguan, produksi asam lambung menjadi berlebih dan menyebabkan iritasi pada selaput lendir pada dinding lambung.

Pada dasarnya asam lambung memang dibutuhkan untuk proses pencernaan makanan, tetapi jika jumlah asam lambung berlebih maka akan berimbas merusak danmengikis permukaan dari dinding lambung.

Permukaan dinding lambung yang sudah mengalami iritasi dan terkena asam lambung berlebih secara berulang-ulang, maka pada kondisi berikutnya akan menyebabkan munculnya rasa perih dan sensasi mual.

Sensasi rasa mual yang muncul merupakan respon alami dari organ pencernaan untuk mengeluarkan benda atau zat yang dianggap tidak baik untuk kondisi lambung. Benda atau zat yang ingin di kurangi oleh lambung ketika itu adalah berupa asam lambung itu sendiri.

Bagaimana Cara Lemon Dapat Membantu Mengobati Maag


Kandungan vitamin C pada buah lemon dikenal juga dengan nama asam askorbat. Pada bagian ini, Vitamin C pada lemon TIDAK SAMA dengan kandungan vitamin C pada minuman kemasan atau minuman bervitamin. Pada produk minuman atau vitamin kemasan, kandungan vitamin C nya berupa asam sitrat (dibuat dengan proses kimia) dan bukan berupa asam akrobat (vitamin C asli dari buah).

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Digestive Diseases and Sciences, asam askorbat pada lemon ternyata mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan luka akibat peradangan dan mengandung zat fitronutrien yang dapat melawan bakteri H. pylori. Diketahui bahwa bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada dinding mukosa lambung.

Berdasarkan penelitian para ahli ternyata asam askorbat pada lemon mempunyai sifat yang unik. Rasa asam dari lemon tidak menjadi asam di lambung ketika dikonsumsi tetapi justru menjadi pembentuk basa.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya artikel tentang cara membuat air alkali untuk menyeimbangkan pH tubuh dari bahan dasar air dan lemon. Pembentuk basa dari lemon terjadi karena residu dari proses pencernaan air lemon membantu menghilangkan ion hidrogen dan kemudian memberikan efek basa pada tubuh.

Dari sini mulai terlihat bagaiman lemon dapat membantu mengobati sakit maag. Maag yang di akibatkan oleh asam lambung yang berlebih menyebabkan iritasi dan peradangan pada dinding lambung, sedangkan kandungan asam askorbat dari buah lemon mempunyai kemampuan menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh peradangan.

Air dari lemon pun saat masuk kedalam tubuh tidak berubah menjadi zat asam melainkan menjadi pembentuk basa yang dapat menekan jumlah asam lambung berlebih.

Beberapa artikel menyarankan agar minum air perasan lemon sebelum makan untuk mengurangi rasa mual yang ditimbulkan oleh asam lambung. Harus diketahui bahwa rasa mual tersebut merupakan tanda maag yang belum mencapai kondisi kronis.

Rasa mual yang muncul merupakan kondisi awal maag ringan karena jumlah asam lambung yang tinggi. Jika kondisi ini dibiarkan saja tanpa diobati , iritasi kecil pada lambung akan menjadi luka yang menyebabkan maag kronis. Sedangkan maag kronis tidak memberikan gejala mual, tetapi munculnya rasa sakit seketika dengan durasi yang lama pada lambung.

Kesimpulan

Kandungan dari air perasan lemon memang dapat menjadi terapi untuk mengurangi mual karena asam lambung dan membantu menyembuhkan iritasi dinding lambung hanya jika kondisi maag masih dalam tahap gejala awal dimana rasa mual lebih sering terasa daripada rasa nyeri.

Jika anda ingin menggunakan air perasan lemon untuk terapi menyembuhkan maag, lebih baik konsultasikan dahulu ke dokter apakah penyebab maag anda karena asam lambung yang berlebih atau ada penyebab lain.

Jika kondisi maag sudah kronis dimana rasa nyeri lebih sering muncul daripada rasa mual, jangan mencoba tindakan terapi apapun tetapi anda harus segera mendapatkan tindakan medis karena maag kronis mempunyai daftar efek buruk yang tidak sedikit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel