Cara Mudik agar Aman Asik dan Bisa Gratis

Cara Mudik agar Aman Asik dan Bisa Gratis

Hariantrendingtopik.com - Mudik adalah sebuah peristiwa pulang kampung yang sakral dan terjadi hanya sekali dalam setahun. Jika pulang kampung sendirian tidak bisa dikatakan mudik karena kata "mudik" bermakna majemuk dilakukan oleh banyak orang.

Tentunya Cara Mudik / Pulang Kampung yang Aman, Asik dan kalau bisa Gratis harus anda ketahui jika memutuskan untuk mudik dengan menggunakan motor, bus, kereta atau kapal. Kalau menggunakan pesawat sepertinya sangat tipis sekali harapan untuk mendapatkan tiket gratis.

Cara Mudik Aman Asik Bahkan Bisa Gratis Menggunakan Motor, Bus, Kereta atau Kapal tidak bisa anda rencanakan pada satu malam saja, minimal anda harus merencanakan kurang lebih 2 bulan sebelum hari dimana anda memulai perjalanan mudik. Apalagi jika anda berada di Jawa dan memutuskan untuk Pulang Kampung ke Padang.

Karena mudik dilakukan bersama orang banyak atau mudik bareng - bareng, keamanan dan kenyamanan harus menjadi prioritas utama yang anda pikirkan, tentunya kenyamanan yang didapat pasti sesuaikan dengan biaya yang dikeluarkan.

Jika merasa tidak nyaman ketika prosesi mudik misalnya berdesak desakan, ayolah, nikmati saja ! karena itulah setiap even mudik mempunyai kenangan tersendiri.

Cara Mudik Agar Aman dan Asik


Rencanakan Minimal 1 Bulan Sebelum Hari Mudik

Cara Mudik yang aman bukan hanya sekedar berdoa meminta agar dijauhkan dari mara bahaya dan tindak kejahatan. Berdoa agar aman itu wajib, tapi merencanakan agar mendapat keadaan mudik yang aman itu juga harus dilakukan.

Satu bulan sebelum waktu mudik, anda harus mulai merencanakan mulai dari persiapan, menabung, menjaga kesehatan sampai kendaraan apa yang akan digunakan, apakah akan menggunakan motor, mobil, kereta, bus, kapal laut atau pesawat.

Jika anda berniat untuk mengikuti mudik gratis bareng, perencanaan mudik anda harus mulai lebih jauh.

Anda harus selalu melihat dan mencari informasi mudik gratis dan kemana saja tujuannya, jika tujuan mudik gratis sesuai dengan kampung halaman anda, mulai saat itu juga anda harus mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk cara daftar mudik gratis.

Cara Mudah Daftar Mudik Gratis

Mudik gratis selalu di selenggarakan oleh Kementrian Perhubungan ( Kemenhub ) dengan tujuan agar mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.

Cara Mudah Daftar Mudik Gratis

Selain dari Kemenhub, ada juga beberapa BUMN atau Perusahaan yang menyelenggarakan mudik gratis untuk umum atau untuk para karyawannya sendiri.

Cara Mudah Daftar Mudik Gratis tidak bisa dilakukan ketika mendekati hari pemberangkatan karena jumlah orang yang dapat mengikuti mudik gratis tergantung kuota yang sudah disediakan.

Anda harus mulai mempersiapkan semua keperluan dan persyaratan untuk mengikuti mudik gratis minimal dua bulan sebelum hari mudik. Kendaraan yang harus dihindari dijalan raya.

Kenapa minimal 2 bulan ? Menurut pengalaman dan informasi mudik dari beberapa situs besar atau situs penyedia layanan mudik gratis, kuota yang disediakan sudah habis sebulan sebelum hari pemberangkatan. Artinya anda harus mempersiapkan semuanya kira-kira satu bulan sebelum kuota habis.

Persiapkan semua syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar mudik gratis, biasanya syarat yang dibutuhkan adalah data diri resmi seperti KK dan KTP.

Anda dapat mengkuti situs berita besar atau grup dari media sosial yang menshare informasi tentang diselenggarakannya mudik gratis. Ikuti perkembangan informasi mudik mulai dari Kemenhub, BUMN atau perusahaan lainya.

Ketika sudah ada informasi diselenggarakannya mudik gratis, cek rute tujuan yang disediakan, apakah sesuai dengan arah mudik anda atau tidak.

Jika rute yang disediakan ada yang sesuai dengan tujuan mudik anda, fokuslah untuk mengikuti perkembangan informasi mudik dari perusahaan tersebut. Catat tanggal pendaftaran dan persiapkan semua syarat-syarat yang dibutuhkan.

Daftarkan diri anda sesegera mungkin pada awal tanggal dibukanya pendaftaran. Namanya juga mudik Gratis, tentu harus berkorban waktu lebih banyak.

Namanya juga mudik Gratis

Jika semua persyaratan sudah dipersiapkan, anda terus memantau dan mengikuti waktu pendaftaran mudik gratis kemudian mendaftar pada awal dibukanya proses pendaftaran, kemungkinan besar anda pasti lebih mudah mendapatkan tiket untuk bisa mudik Gratis.

Cara Menabung Untuk Mudik

Momen mudik pasti membutuhkan biaya yang banyak kecuali tujuan anda kurang dari 30 menit perjalanan, itu bukan mudik, tapi jalan-jalan.

Yang dapat dikatakan mudik itu minimal membutuhkan waktu setengah hari perjalanan misalnya dari Semarang mudik ke Tegal.

Hari-hari dimana momen mudik terjadi pasti semua harga akan melonjak lebih mahal dari harga biasanya, karena itu mempersiapkan tabungan untuk mudik akan sangat diperlukan.

Cara Menabung Untuk Mudik tidaklah sulit, hanya dibutuhkan ketekunan untuk menabung sedikit demi sedikit. Anda dapat mengikuti tips singkat berikut ini untuk mempersiapkan tabungan mudik.

Ketika anda kembali ke tempat perantauan, siapkan sebuah tempat yang dapat menampung uang logam dan kertas misalnya kaleng bekas wafer atau roti.

Tempelkan tulisan misalnya "Tabungan Untuk Mudik dan THR Orang Tua, Jangan Sampai Pulang Malu Tak Pulang Rindu" kira-kira tulisan seperti itu yang mengingatkan anda untuk mempersiapkan dana untuk mudik.

Hitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk mudik sampai kembali lagi, misalnya ketika mulai mudik sampai kembali ke tempat perantauan kita butuh dana sekitar 6 juta.

Jarak waktu mudik terakhir sampai mudik berikutnya sekitar 10 bulan paling cepat, Jadi usahakan setiap hari dapat mengisi tabungan dengan uang 30 ribu rupiah.

Seharusnya setiap hari harus menabung 20 ribu untuk mudik, tapi lebihkan saja setengahnya untuk berjaga-jaga kalau ada waktu dimana anda tidak bisa menabung.

Anda dapat menghitung sendiri berapa biaya yang dibutuhkan untuk mudik anda, kemudian menghitung harus menabung berapa setiap harinya agar sekitar 10 bulan sudah terkumpul sejumlah dana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Paksakan untuk menabung setiap harinya karena ketika mendekati hari mudik, hampir semua orang memiliki masalah yang sama pada biaya.

Cara Packing Barang dan Melipat Baju untuk Mudik

Cara melipat baju untuk mudik sebenarnya sama saja dengan melipat baju biasa, hanya saja agar tidak memakan banyak tempat anda dapat menggulung baju yang sudah dilipat baru memasukkannya ke dalam tas.

Agar tas dapat muat banyak baju dan banyak barang ketika dibawa mudik, anda perlu tau cara packing barang yang benar ketika mudik. Daftar barang yang harus dibawa ketika liburan.

Cara Packing Barang yang akan dibawa mudik tidak terlalu sulit, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah menyiapkan semua barang yang akan dibawa tapi jangan lansung dimasukkan ke tas.

Pisahkan barang yang bersifat sering digunakan, hanya akan diambil dan digunakan ketika dalam perjalanan, dan barang yang hanya akan digunakan ketika sampai di tempat tujuan mudik.

Cara Packing Barang yang akan dibawa mudik selanjutnya, pilih barang yang memang harus dibawa sampai di tempat tujuan dan singkirkan barang yang bisa didapatkan dalam perjalanan, misalnya jangan membawa bekal snack atau makanan berat terlalu banyak, anda dapat membelinya ketika dalam perjalanan.

Barang yang harus dimasukkan pertama ke dalam tas adalah barang yang tidak dipakai dalam perjalanan dan hanya akan digunakan ketika di tempat tujuan, misalnya pakaian, buku atau seperti pengering rambut.

Setelah semua barang tersebut masuk ke tengah tas, selanjutnya masukkan barang yang akan dipakai ketika dalam perjalanan misalnya pakaian ganti, tidak usah terlalu banyak.

Jika anda menempuh sehari perjalanan, sediakan saja satu set pakaian ganti yang nyaman. Taruhlah barang-barang tersebut di bagian tas paling atas atau di kantong-kantong samping tas agar mudah di ambil.

Cara Packing Barang untuk mudik yang terakhir, sediakan tas kecil atau tas selempang yang dapat anda bawa kemanapun serta dapat anda awasi dengan mudah. Tas kecil atau tas selempang digunakan untuk menaruh barang-barang yang selalu di pakai seperti dompet, handphone, dan barang berharga lainnya.

Sebisa mungkin usahakan agar barang yang di taruh pada tas utama adalah barang sekunder. Barang sekunder yang dimaksud adalah barang yang jika kita kehilangannya tidak terlalu merugikan dan dapat dibeli lagi kapan saja misalnya jenis pakaian, aksesoris, atau makanan.

Cara Mudik Agar Aman Nyaman, Asik dan Tidak Membosankan


Rute Perjalan

Anda harus mengetahui dan mempersiapkan rute perjalanan yang akan ditempuh karena ketika mudik semua bisa saja terjadi, misalnya jalan macet total karena ada kecelakaan atau hal lainnya kecuali anda mengikuti program mudik gratis.

Sebagai contoh misalnya anda dari Jakarta bertujuan mudik ke Yogyakarta, anda harus mencari rute dengan kemungkinan akan lancar selain dari rute utama.

Perbanyak referensi perkembangan pembangunan terbaru, carilah titik titik lokasi dimana anda dapat beristirahat dalam perjalanan, misalnya posko mudik atau lokasi seperti SPBU. Gunakan teknologi seperti Google Maps untuk mempermudah anda memilih rute lain jika ada kendala pada rute utama.

Mudik Sendiri atau Ada Teman Mudik

Mudik sendirian memang lebih mudah karena tidak ada beban untuk menunggu orang lain, tapi sebisa mungkin carilah teman mudik yang searah, minimal dengan kota tujuan yang sama. Adanya teman mudik akan membuat anda merasa aman karena ketika mudik dapat saling menjaga satu sama lain.

Mudik seorang diri mempunyai lebih banyak resiko, terlebih lagi anda tidak dapat selalu waspada ketika dalam perjalanan.

Jika anda mudik menggunakan kendaraan umum seperti bus, sebisa mungkin usahakan bersama teman atau keluarga sehingga anda tidak bersama orang lain dalam satu pasang tempat duduk.

Kendaraan yang Digunakan

Hal penting lainnya ketika mudik adalah kondisi kendaraan yang digunakan. Jika anda mudik menggunakan pribadi seperti motor dan mobil, pastikan kendaraan yang anda gunakan dalam kondisi baik dan semua perlengkapannya berfungsi dengan baik. Periksa kondisi kendaraan secara rutin minimal 2 minggu sebelum anda berangkat mudik.

Mudik menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta atau pesawat memang tidak bisa anda cek kondisinya, tapi anda dapat memilih bus kereta atau pesawat yang memiliki kabar minim tentang kecelakaan karena faktor kondisi kendaraan tersebut.

Harga tiket dari kendaraan umum yang minim perihal kecelakaan memang akan lebih mahal, tapi seharusnya hal tersebut tidak masalah dibandingkan dengan keselamatan anda.

Perjalanan ketika Mudik

Momen yang paling membosankan adalah ketika berada dalam perjalanan. Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, rasa bosan akan muncul ketika terkena kemacetan, sedangkan mudik menggunakan kendaraan umum pasti jenuh duduk dalam waktu yang lama tanpa melakukan apapun.

Buatlah semua keadaan ini menjadi menyenangkan untuk anda, lakukan hal yang anda suka tetapi tidak membutuhkan ruang gerak yang besar, misalnya membaca buku atau main game di smartphone.

Di dalam kendaraan umum sebisa mungkin jangan terlalu lama mendengarkan musik menggunakan earphone karena akan mengurangi kewaspadaan anda.

Mudik dengan menggunakan kendaraan pribadipun tetap dapat dibuat asik ketika kena macet. Jika anda menggunakan mobil, anda dapat menonton video atau menikmati musik.

Jika anda menggunakan motor, tidak banyak hal yang dapat anda lakukan, tapi ada cara agar asik menggunakan motor yang harus anda coba.

Ketika terkena macet, cobalah buka aplikasi Google Maps dan cari dimana lokasi anda. Carilah jalan alternatif atau hindari jalan raya pada aplikasi Google Maps tapi tetap mengarah ke rute utama anda.

Lewatlah jalan tersebut, menikmati jalan yang baru pasti akan membuat anda lebih nyaman, selain tidak macet, otak akan memproses pemandangan yang baru dilihat mata sehingga anda tidak merasa bosan lagi.

Makan Minum dan Obat-obatan

Perjalanan mudik yang membutuhkan waktu lama akan menguras tenaga dan bisa jadi muncul gangguang kesehatan seperti pegal, mual, kembung atau otot kram.

Sebelum berangkat persiapkan juga obat-obatan yang biasa anda konsumsi untuk keadaan mendadak seperti obat pusing dan mual.

Beristirahatlah setiap 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi, mungkin kelihatannya tubuh anda masih kuat, tapi percayalah kondisi kewaspadaan anda dijalan sudah mulai menurun, tubuh anda juga perlu istirahat kira-kira setengah jam untuk memulihkan kondisi.

Ketika dalam perjalanan mudik sebisa mungkin hindari makan terlalu banyak, makanlah ketika masuk waktu makan saja agar kondisi lambung anda stabil.

Berbeda dengan makan, anda harus selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cara minum secara rutin. Kekurangan cairan dapat mengurangi konsentrasi dan tentunya akan berbahaya ketika dalam perjalanan.

Cara Mengatasi Mual Saat Mudik

Mual ketika perjalanan mudik biasanya disebabkan karena kekurangan oksigen, rasa khawatir atau tidak nyaman, dan asam lambung yang naik karena kondisi jenuh di dalam kendaraan yang sesak mendekati kondisi stress.

Cara mengatasi mual saat mudik dapat mudah di lakukan hanya jika anda memiliki kontrol yang baik terhadap tubuh anda.

Pertama kali yang harus anda lakukan ketika merasa mual adalah tenangkan diri, atur nafas dengan menghirup udara secara dalam dalam waktu yang konstan.

Jika anda naik mobil, bus atau kapal laut, hindarilah melihat jalan atau laut tapi usahakan mendapat udara segar misalnya dengan membuka jendela.

Cara mengatasi mual saat mudik lainnya dapat dilakukan dengan meminum atau makan camilan yang berbahan jahe. Kadungan jahenya akan memperbaiki kondisi lambung anda yang merasa stress karena guncangan.

Anda juga dapat meminum teh hangat jika memungkinkan, terutama teh yang sudah di campur lemon. Jika anda ingin mengatasi mual saat mudik menggunakan obat, anda harus paham jenis obat mual apa yang cocok untuk anda.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Mudik

Merasa ngantuk saat mudik adalah hal yang wajar karena otak bekerja nonstop memproses informasi kondisi jalan yang di tangkap mata. Rasa mengantuk akan muncul ketika otak anda merasa lelah dan membutuhkan istirahat.

Cara mengatasi ngantuk saat mudik yang paling efektif adalah dengan berhenti dan mencari tempat untuk istirahat atau tidur sebentar.

Rasa ngantuk tidak ada obatnya kecuali tidur. Tidur sekitar 20 menit sudah dapat mengembalikan kondisi otak anda dari rasa lelah.

Jika anda menggunakan kendaraan umum, usahakan jangan dilawan ketika rasa ngantuk muncul. Beritahu teman atau saudara anda jika mengantuk dan tidurlah, anda dapat tidur bergantian dengan teman anda.

Sampai Di tujuan Mudik

Tempat tujuan mudik adalah final destination atau tujuan terakhir ketika mudik. Pertama kali pastikan cari orang yang sangat ingin anda temui misalnya orang tua atau kerabat dekat.

Gunakan waktu ketika sampai untuk istirahat dan merebahkan bandan. Jangan pernah membuat jadwal atau daftar kegiatan apapun ketika sampai di tujuan mudik, yang harus anda lakukan adalah bersyukur dan nikmatilah waktu di kampung halaman anda.

Merencanakan Kembali ke Tempat Rantau

Sembari beristirahat dan menikmati suasana kampung halaman, anda bisa merencanakan bagaimana kembali ke tempat peraduan kecuali jika anda ikut program mudik gratis beserta arus baliknya.

Jika anda menggunakan kendaraan umum, pastikan membeli tiket jauh sebelum hari dimana anda kembali melakukan perjalanan ke tempat perantauan.

Pastikan cek kembali kondisi kendaraan pribadi anda, ganti sparepart yang sudah aus karena perjalanan mudik. Yang terpenting jangan lupa menyisihkan sebagian dana untuk persediaan ketika arus balik.

Meninggalkan Hewan Peliharaan Kucing atau Burung ketika Mudik

Siapa yang punya hewan peliharaan kucing atau burung dan bingung ketika mau mudik ? Anda tidak perlu bingung ketika meninggalkan hewan peliharaan, titipkan saja di petshop.

Sekarang sudah ada petshop atau jasa merawat hewan peliharaan ketika di tinggal mudik oleh majikannya.

Jika di tempat perantauan ada tetangga yang menyukai hewan seperti hewan peliharaan anda, cobalah tanyakan apa bisa menitipkannya kepada mereka.

Jika bisa, berikanlah sedikit uang untuk tanda terimakasih, hal tersebut juga akan memperkuat hubungan baik dengan tetangga anda.

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang Cara Mudik / Pulang Kampung Aman Asik Bahkan Bisa Gratis Menggunakan Motor, Bus, Kereta atau Kapal.

Tujuan utama mudik bukanlah seberapa cepat bisa sampai melainkan dapat sampai di tempat tujuan dengan selamat dan tidak mengalami halangan apapun. Jadi nikmatilah perjalanan mudik anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel