Manfaat Lemon untuk Wajah, Kulit dan Pencernaan

Manfaat Lemon untuk Wajah, Kulit dan Pencernaan

HarianTrendingTopik.Com - Manfaat Lemon untuk Wajah, Kulit dan Pencernaan. Sering digunakan sebagai perasa masakan karena rasanya yang masam, ternyata lemon mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, untuk kesehatan kulit bahkan untuk kesehatan organ pencernaan. Lemon terkenal sebagai salah satu jenis buah yang mengandung antibiotik alami, yang artinya ada banyak gangguan kesehatan yang dapat diselesaikan oleh si Lemon.

Lemon yang mempunyai nama lengkap Citrus Lemon sudah menjadi buah yang populer di dunia kesehatan sejak lama. Tempat asal lemon sampai sekarang memang belum diketahui, tapi lemon mulai dibudidayakan di sebuah wilayah di timur laut India, Burma utara dan China.

Kandungan nutrisi lemon tidak kalah dari jenis jeruk lainnya. Kandungan utama dari lemon yaitu Vitamin C dengan jumlah 59% dari angka kecukupan gizi harian per 100 gram. Selain vitamin C, pada lemon juga terdapat Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan B12. Kandungan zat penting lainnya berupa Cholin , Kalsium , Zat Besi , Magnesium , Fosfor , Potassium (Kalium) , Seng (Zinc) , Manganese dan Selenium.

Manfaat Lemon untuk Wajah, Kulit, dan Pencernaan


1. Lemon Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan ketika Menjalani Program Diet

Sebenarnya tidak ada penelitian yang menjelaskan bahwa ada kandungan di dalam lemon yang dapat menghilangkan lemak untuk menurunkan berat badan. Tetapi jika kamu rutin mengkonsumsi Air perasan lemon dan berhenti mengkongsumsi minuman lain terutama yang mengandung kafein, gula atau soda.

Kandungan dari air perasan lemon akan membantu memperbaiki metabolisme tubuhmu. Faktanya, air perasan lemon tidak mengandung gula buatan, kecuali jika kamu menambahkan pemanis.

Dalam kondisi pola makan yang diatur, tidak terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat kemudian menghindari minuman yang mengandung gula buatan maka sistem metabolisme tubuh akan mulai membaik.

Dengan kembalinya fungsi metabolisme dengan normal, kandungan lemak yang menyebabkan berat badan akan terbakar sedikit demi sedikit sampai akhirnya berkurang dengan berjalannya waktu.

Berdasarkan runtutan proses tersebut, lemon di percaya dapat membantu mengurangi berat badan. Jadi bukan karena mengkonsumsi lemon kemudia berat badan berkurang, tetapi kandungan di dalam lemon dapat memperbaiki fungsi metabolisme yang dapat memaksimalkan pembakaran lemak.

2. Lemon Memberikan Asupan Vitamin Harian dan AntiOksidan

Jumlah kandungan vitamin C yang banyak pada lemon sebenarnya mampu untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Tentu saja vitamin C asli dari lemon jauh lebih baik daripada kandungan vitamin C pada produk suplemen kemasan.

Lemon juga termasuk salah satu buah yang dapat menjadi sumber anti oksidan alami bagi tubuh terutama karena jenis kandungan vitamin C nya. Vitamin C yang terkandung pada lemon merupakan asam askorbat ( senyawa kimia asli dari buah dan bukan buatan manusia ).

Asam askorbat ini mempunyai kemampuan sebagai antioksidan dan mampu membantu memperbaiki luka pada dinding lambung. Baca juga : 7 Bahan Makanan ini Mengandung AntiBiotik Alami yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan dan Tubuh Kamu.

3. Lemon Dapat Membantu Mengatasi Gejala Maag

Sudah banyak sekali artikel yang membahas jika minum air perasan lemon dapat membantu menyembuhkan maag. Ternyata hal ini dapat terjadi karena kandungan dari asam askorbat lemon dapat membantu menyembuhkan luka pada dinding lambung yang disebabkan karena terkikis oleh asam lambung.

Pembahasan Selengkapnya : Mengobati Maag dengan Menggunakan Lemon.

4. Lemon Untuk Mencegah Batu Ginjal

Sering dikhawatirkan jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C justru dapat menyebabkan batu ginjal karena ion aktif dalan vitamin C dapat memicu meningkatnya produksi oksalat dalam tubuh.

Tapi tenang saja, hal ini berlaku hanya pada beberapa jenis suplemen vitamin C, sedangkan untuk air perasan lemon kandungan utamanya adalah air yang menjadi media utama pelarut batu ginjal dan jenis vitamin C yang terdapat pada buah berbeda dengan jenis vitamin C pada suplemen kemasan.

Ketika rutin mengkonsumsi air perasan lemon sekali dalam sehari , kondisi metabolisme dan penyerapan air organ pencernaan akan membaik. Air perasan lemon mampu memberikan sensasi rasa kenyang pada lambung dan rasa segar pada tenggorokan sehingga memungkinkan kamu merasa tidak tertarik lagi untuk minum minuman bersoda yang menjadi penyebab utama terbentuknya batu ginjal

5. Lemon Dapat Memperbaiki Proses Pencernaan

Manfaat dan khasiat terbaik dari lemon adalah dapat memperbaiki kondisi metabolisme dan pencernaan. Hal ini berarti akan berimbas pada peningkatan asupan cairan dan penyerapan nutrisi yang lebih baik. Hampir semua penyakit komplikasi berat pasti bermula dari gangguan sistem pencernaan.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji akan mengganggu proses penyerapan nutrisi karena terlalu banyak kandungan lemak jahat. Jadi mulai sekarang tinggalkan semua jenis makanan dan minuman cepat saji. Cobalah untuk rutin mulai minum jus buah asli dan masukkan jus lemon ke daftar minuman yang harus ada setiap hari.

Kekurangan air dan vitamin C akan menyebabkan peradangan pada sistem pencernaan mulai dari tenggorokan , lambung bahkan akan memberikan efek gangguan ginjal.

Dengan mengkonsumsi air perasan lemon secara rutin tentunya akan memperbanyak asupan cairan dan vitamin yang masuk kedalam tubuh. Dengan lebih banyak asupan cairan, pencernaan makanan dan pembuangan zat yang tidak dibutuhkan akan menjadi lebih sempurna.

6. Lemon Dapat Menyehatkan Kulit Terutama Bagian Kulit Wajah / Muka

Lemon dengan semua kandungan yang terdapat di dalamnya dapat memperbaiki metabolisme dan fungsi pencernaan. Khasiat lemon tersebut ternyata bukan hanya untuk organ dalam saja. Vitamin, Mineral dan AntiOksidan adalah nutrisi utama untuk kulit agar dapat melawan polusi dan radikal bebas.

Pernahkah kamu meliah irisan lemon atau kulitnya digunakan untuk masker ? Atau mungkin sabun cuci dengan lemon yang mudah menghilangkan minyak ?

Seperti itulah kemampuan kandungan vitamin dan antioksidan dari irisan lemon yang dapat dimanfaatkan langsung untuk membersihkan wajah, mengurangi lemak dan mencerahkan kulit.

Konsumsi air perasan lemon setiap hari dengan menambahkan jumlah air yang lebih banyak dapat menghindarkan tubuhmu dari kondisi dehidrasi. Hindari minuman yang mengandung soda, gula buatan, alkohol atau zat berwarna agar tidak ada zat yang mengendap pada sistem pencernaan dan metabolisme tubuh kembali normal.

Manfaat Lemon untuk Wajah, Kesehatan Tubuh, Kulit dan Pencernaan tidak bisa didapat secara instant, kamu harus berjuang mengkonsumsinya secara rutin dan menghindari makanan atau minuman yang menghambat kerja sistem pencernaan barulah kamu dapat merasakan khasiatnya secara maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel