Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Hariantrendingtopik.com - Perihal cara menjaga kesehatan gigi dan mulut seharusnya menjadi perhatian penting untuk kita praktikkan mengingat jika terjadi kerusakan akan menyebabkan rasa sakit yang amat mengganggu.

Sebenarnya menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang mudah untuk dilakukan, hanya saja kadang kita menyepelekannya dan hanya memberikan perhatian ketika sudah terjadi rasa sakit yang berkelanjutan.

Berikut ini Kang Hartrop merangkum beberapa tips dan cara menjaga kesehatan gigi serta rongga mulut dengan tindakan-tindakan sederhana sehari-hari.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


1. Sikat Gigi 2 Waktu dalam satu Hari

Menyikat gigi 2 kali sehari dan 2 waktu sehari adalah 2 hal yang berbeda. Maksud menyikat gigi 2 waktu sehari yaitu setelah makan berat dan sebelum tidur. Cara sikat gigi yang benar.

Kalau kamu makan berat 3 kali akan sangat bagus jika diimbangi sikat gigi tiap selesai makan, artinya sehari sikat gigi 4kali. Tujuannya agar sisa makanan berat yang menempel di sela-sela gigi tidak tertinggal dalam waktu yang lama.

Secara teknis anjuran sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur, ingat itu jumlah minimal dalam satu hari. Sikat gigi setelah makan akan sangat baik untuk selalu membuat gigimu bersih.

2. Pakailah Pasta Gigi BerFluorida

Secara umum, fungsi fluorida pada pasta gigi untuk proses mineralisasi gigi. Jadi menggunakan pasta gigi dengan kandungan Fluorida bisa menjaga kekuatan gigi kamu.

Kandungan fluorida bisa kamu lihat pada kemasan pasta gigi, perhatikan dengan seksama kalau bisa jangan sering ganti-ganti pasta gigi apalagi untuk coba-coba.

3. Hindari Ngemil

Makan cemilan setiap waktu artinya menumpuk sisa makanan terus menerus. Sebisa mungkin kalau ingin ngemil jadikan persis setelah makan berat baru kemudian sikat gigi.

Dengan begitu waktu diantara jam makan gigimu akan senantiasa bersih. Lagipula dengan begitu pencernaanmu akan lebih baik karena tidak bekerja berat terus menerus.

Camilan memang nikmat, tapi rasa gurih atau manis di setiap jenis cemilan bisa menjadi penyebab rusaknya gigi kamu.

4. Makan Makanan Bergizi

Sepertinya tidak perlu diterangkan panjang lebar, dengan makan makanan bergizi artinya memberikan asupan vitamin dan mineral untuk tubuh. Selain itu pastinya ada asupan kalsium dan mineral untuk gigi serta tulang.

5. Hindari Makanan Minuman Manis atau Asam

Makanan dan minuman manis mengandung banyak gula serta makanan minuman asam bisa mengikis email gigi. Jadi usahakan untuk menghindari kedua jenis makanan dan minuman tersebut karena bisa menyebabkan gigi berlubang. Cara menghilangkan sakit gigi.

Jika memang tidak bisa dihindari, kurangi saja jumlahnya atau konsumsi bersamaan dengan makanan berat setelah itu gosok gigi dengan benar.

6. Batasi Konsumsi Gula

Masih sama dengan poin sebelumnya, kandungan gula dalam makanan manis sudah dikatakan buruk untuk kesehatan gigi oleh para ahli dinegara manapun.

Kalau kamu bingung harus mengurangi seberapa, kamu bisa menggunakan ukuran konsumsi 5% jumlah gula dari total jumlah kalori setiap hari.

7. Sekali Kumur

Setelah sikat gigi kalau bisa berkumurlah satu kali saja. Tujuannya agar kandungan mineral pada pasta gigi menempel lebih lama. Kalau terlalu banyak kumur bisa jadi semua kandungan pasta gigi akan terbuang bersamaan membuang air kumur.

8. Banyak minum air putih

Selain bagus untuk rehidrasi tubuh, minum banyak air putih juga akan selalu membilas bakteri yang menempel pada gigi dan rongga mulut. Lagipula hanya mineral dalam air putih saja yang tidak menyebabkan imbas apapun pada gigi.

9. Mengunyah Permen Karet

Boleh saja mengunyah permen karet, tapi jangan sering-sering ya. Tujuannya untuk merangsang agar produksi saliva (air liur) bekerja dengan baik.

Pada saliva atau ludah terdapat kandungan natrium, kalsium serta magnesium yang sangat membantu untuk perkembangan gigi atau menjaga ketebalan email gigi.

10. Jangan Merokok

Dinegara belahan manapun sudah jelaskan bahwa rokok bisa menyebabkan banyak sekali penyakit pada rongga mulut. Jadi lebih baik tinggalkan rokok untuk menjaga tubuh dan pola hidup sehat.

11. Ke Dokter Gigi 6 Bulan Sekali

Gejala kerusakan gigi bisa muncul kapan saja, karena itu akan sangat baik jika melakukan kunjungan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksa apakah ada gangguan gigi dan mulut yang muncul.

Jika ada, maka bisa segera dilakukan tindakan pencegahan atau pengobatan. Jika tidak ada maka selamat, gigi dan mulut kamu terdetesi sebagai gigi dan mulut yang sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel