Investasi Kontan yang Halal dalam Islam

Investasi Kontan Terbaik Yang Menguntungkan di Indonesia Serta Halal dalam Islam

Hariantrendingtopik.com - Pentingnya investasi kontan yang halal dalam hukum islam tentu saja memiliki manfaat yang beragam. Untuk jangka panjang, investasi kontan ini akan terus bertambah nilainya dan dapat di uangkan kapanpun dibutuhkan.

Anda seorang milenial atau seseorang yang selalu berpikir untuk masa depan ? Investasi kontan Terbaik Yang Menguntungkan di Indonesia Serta Halal dalam Islam adalah jawaban yang tepat untuk meningkatkan nilai dari nilai uang yang anda miliki.

Misalnya anda mempunyai uang ditabungan sekitar 50 juta atau lebih, investasi dapat meningkatkan nilai uang tabungan anda untuk beberapa tahun ke depan.

Tentunya investasi tersebut tidak berupa uang lagi, tapi berupa suatu barang atau benda yang nilainya akan terus bertambah mengikuti kenaikan inflasi setiap tahun.

Investasi kontan, walaupun masih belum banyak peminatnya, jenis investasi ini sering di pilih oleh mereka yang tidak menyukai hal ribet dalam proses pengembalian bentuk investasi menjadi sejumlah nominal uang.

Walaupun investasi kontan di masyarakat memiliki beberapa pengertian yang berbeda. Pada dasarnya investasi kontan adalah jenis investasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dimasa depan, dengan proses pembelian dan penjualan bentuk investasi yang mudah, cepat dan segera.

Salah satu sifat dari investasi kontan adalah pembelian dan penjualan yang selesai dalam satu waktu atau sering di katakan cash dan tanpa adanya tempo, kredit dalam bentuk apapun.

Walaupun rasanya kata "cash" ini kurang mewakili dari nama investasi tersebut karena proses pembelian dan penjualannya tidak sesingkat seperti perniagaan.

Sebagai orang yang memeluk agama islam, dalam memilih investasi terbaik yang menguntungkan di Indonesia, tentu saja kita tidak bisa mengabaikan nilai halal, karena halal atau tidak itulah yang akan kita pertanggung jawabkan nanti.

Investasi Kontan pada dasarnya pun ada karena banyak orang muslim yang ingin berinvestasi tetapi tanpa adanya unsur riba.

Berikut ini ada beberapa bentuk Investasi Kontan terbaik yang menguntungkan di Indonesia serta halal dalam islam yang dapat anda coba. Meskipun pilihannya tidak terlalu banyak, yang penting tetap halal dan itu yang utama.

Investasi Kontan yang Halal


1. Investasi Emas

1. Investasi Emas

Emas merupakan aset investasi yang fleksibel, ada dalam investasi konvensional maupun investasi halal. Pembelian dan penjualannya pun bisa dengan berbagai cara dan berbagai metode. Pembeda dari halal dan tidak nya dalam investasi emas adalah cara ketika membeli dan menjualnya.

Investasi emas yang halal harus dilakukan dengan cash dan pembayaran kontan, begitupun ketika akan menjualnya. Ketika investasi emas jangan pernah membeli dengan cara kredit karena itu adalah riba. Belilah emas di toko emas yang memberikan surat-surat kepemilikan resmi dari emas tersebut.

Belilah brankas besi untuk menyimpan investasi emas anda sendiri agar aman. Simpanlah emas di rumah anda di dalam brankas, jangan tergiur dengan tawaran menyimpan emas di tempat tertentu dengan diberikannya royalti, hasil bunga atau sebagainya.

Nilai dari emas akan selalu naik setiap tahunnya. Walaupun ada waktu dimana harga emas akan turun, jangan khawatir, waktu nilai tukar emas yang naik akan lebih pangjang. Ketika menjual, juallah secara cash, jadi anda menerima nilai tukar berupa uang saat itu juga.

Secara perhitungan ahli ekonomi, pembelian dan penjualan aset berupa emas secara kredit atau tempo memang akan lebih menguntungkan. Biarkan Saja! Ingat ! yang dicari adalah nilai "halal" bersama dengan aset investasi kita.

2. Bagi Hasil Dalam Berniaga

Bagi Hasil Dalam Berniaga

Bagi hasil dalam berniaga atau berdagang juga bisa dikatakan sebagai investasi, tapi memang waktu berlakunya tidak sepanjang investasi emas. Cara mudah untuk investasi dengan bagi hasil misalnya anda sebagai pemilik modal, dan ada orang lain yang mulai mengembangkan usaha dengan modal dari anda.

Sistem bagi hasil yang berjalan baik akan memberikan penghasilan setiap bulannya. Tapi perlu di sadari, untuk menemukan orang yang mampu berdagang dengan modal dari anda itu tidak mudah. Apalagi menentukan jenis usaha yang dapat bertahan dengan perubahan trend.

Jika anda tertarik untuk berinvestasi pada sistem bagi hasil perniagaan, anda harus memiliki modal lain selain uang. Minimal anda harus bisa mencari orang yang benar-benar dapat dipercaya.

Akan lebih baik jika anda memiliki dasar kemampuan menganalisis trend pasar. Jadi ide dan modal dari anda, sedangkan partner anda yang menjalankan bisnisnya. Ciri - ciri kamu lebih cocok wirausaha.

Sistem pembagian hasil harus jelas akadnya. Mulai dari berapa tempo waktu yang diberikan sebelum berlakunya pembagian hasil serta berapa persen pembagian hasil yang disepakati. Perjanjian atau akad harus dibuat sebelum deal memulai bisnis dan harus disetujui antara kedua pihak tanpa paksaan.

3. Investasi dengan Membeli Saham Perusahaan

Investasi dengan Membeli Saham Perusahaan

Investasi dengan cara membeli saham suatu perusahaan sekarang sudah banyak yang memberikan fasilitas pembelian secara tunai serta adanya komunitas dari perusahaan tersebut untuk saling bertukar informasi atau menjual kembali saham yang sudah dibeli.

Investasi membeli saham dari suatu perusahaan tidak sama dengan reksadana. Pada investasi ini anda harus memiliki kemampuan dasar minimal mencari perusahaan yang menjual sahamnya langsung kepada perorangan atau melalui sebuah komunitas.

Membeli saham dari suatu perusahaan termasuk sebuah proses jual beli, jadi tidak ada masalah dengan hukum islam. Hindari bisnis yang menawarkan mudah sukses.

Tapi ada persyaratan yang harus depenuhi, yang pertama perusahaan yang akan anda beli sahamnya harus jelas, menggunakan sistem yang jelas dan bukan perusahaan fiktif atau ada indikasi fiktif.

Syarat berikutnya adalah produk dari perusahaan tersebut harus jelas dan bukan produk yang haram, misalnya sebuah perusahaan yang memproduksi alat-alat kebersihan, itu boleh-boleh saja dan tidak ada masalah.

Kemudian dalam sistem perusahaan tersebut harus tidak ada unsur gambling atau judi, jika ada unsur penganiayaan atau mungkin banyak penduduk di sekitar merasa dirugikan dengan adanya perusahaan tersebut maka hukumnya menjadi haram untuk melakukan transaksi jual beli.

Jika anda ingin memulai investasi dengan cara membeli saham dari suatu perusahaan, pastikan anda mengetahui secara pasti mulai dari sistem yang diterapkan, semua jenis produknya, dan bagaimana tanggapan penduduk sekitar atau sebagian masyarakan kepada perusahaan tersebut.

4. Investasi Reksadana Syariah

Investasi Reksadana Syariah

Reksadana Syariah sudah mulai tumbuh di Indonesia dari mulai daru tahun 2005 dan terus berkembang sampai sekarang.

Reksadana syariah pada dasarnya hampir sama dengan reksadana konvensional, pembedanya ada pada daftar perusahaan yang ditawarkan dan adanya dewan syariah yang menetapkan standar perusahaan yang masuk dalam katagori sesuai dengan hukum-hukum syariah.

Jika membeli saham perusahaan secara langsung anda akan melakukannya dengan seorang diri dan jenis perusahaannya hanya sebatas pengetahuan anda saat itu.

Pada reksadana syariah anda akan mendapatkan fasilitas keterangan langsung dari berbagai perusahaan dalam sekali pelayanan. Tentu saja hal ini lebih menghemat waktu.

Pelayanan yang ditawarkan pun ada bermacam-macam, tergantung dari kebutuhan anda, ada yang mulai dari 1-3 tahun atau 10-15 tahun. Tenang saja, anda akan mendapatkan semua penjelasan tersebut dari perusahaan pengelola reksadana syariah.

Untuk kategori perusahaan yang masuk dalam daftar reksadana syariah tentu sudah diseleksi dengan hukum syariah yang berlaku misalnya tidak boleh ada produk yang haram dan sistem yang diterapkan harus jelas.

5. Investasi Sewa Lahan

Investasi Sewa Lahan

Investasi sewa lahan sudah mulai banyak sekali peminatnya, tapi tidak menutup kemungkinan untuk setiap orang mempunyai kesempatan yang lebih baik. Pasalnya perkembangan jaman sekarang ini menuntut seseorang untuk mempunyai pendapatan tambahan.

Pendapatan tambahan yang terlintas di pemikiran umum pastilah dengan cara berniaga atau berdagang. Jenis dagangan berupa makanan jadi seperti ayam penyet atau bubur haruslah mempunyai lokasi tetap dimana semua pembeli dapat langsung menuju tempat jualan tersebut.

Dana 80 Juta apa cukup? Tentu bisa ! Hanya saja anda harus benar-benar jeli mencari lokasi yang nantinya akan menjadi jalan utama.

Ketika harga masih relatif murah karena jalanan belum ramai, anda dapat membelinya dengan dana yang ada. Jangan berpikir untuk membeli tanah yang luas, untuk awalya cobalah membeli dengan ukuran cukup untuk lokasi dagang misalnya 5x8 m2.

Jika anda memiliki dana yang lebih, anda dapat membeli lokasi yang lebih dekat dengan jalan utama yang sudah ramai.

Sewakan saja lahan tersebut dengan waktu 1 tahun, 2 tahun atau 5 tahun dengan harga yang bisa lebih murah tetapi pihak yang ingin menyewa harus mendirikan bangunan non permanen sendiri.

Cara ini lebih efektif dan menguntungkan. Sedangkan penyewa memang saat ini juga menginginkan lahan yang bebas diatus sedemikian rupa tergantung kebutuhannya.

6. Investasi Properti Antik

Investasi Properti Antik

Investasi jenis ini membutuhkan keterampilan khusus, terutama kejelian anda dalam melihat nilai eksentrik lain dari suatu barang antik. Karena memang tidak semua barang antik banyak peminat dan nilainya semakin naik setiap tahun.

Tidak banyak yang dapat dibahas dalam investasi properti antik. Dalam investasi ini minat dan ketertarikan terhadap benda-benda antik adalah yang utama.

Tapi dalam menilai barang antik, anda harus menhindari pembahasan tentang hal mistik yang bertentangan dengan aturan islam dan tinggalkan pembelian barang antik secara kredit.

7. Investasi Bisnis Ternak Qurban

Investasi Bisnis Ternak Qurban

Investasi bisnis sapi qurban atau jenis hewan qurban lain sudah tidak diragukan lagi keuntungannya. Hanya saja anda dituntut sudah memiliki lahan yang cukup untuk kandang sekaligus tenaga yang mengurusi pakan ternaknya.

Tidak ada keraguan dalam bisnis hewan qurban karena memang sudah dicontohkan oleh Baginda Rosullulah Nabi Muhammad Shallallahu`alaihi Wa Sallam yang memang adalah seorang peternak yang sukses.

Dalam islam ada hari-hari dimana harga hewan qurban menjadi stabil dan hampir tidak ada tawar menawar ketika membelinya yaitu hari raya qurban atau Idul Adha. Rahasia pedagang sukses.

Di salah satu grub facebook dengan nama peternak sapi indonesia, setelah hari raya qurban banyak sekali yang menshare keuntungan dari berjualan sapi, dan nilainya memang WOW.

Jika anda mempunyai lahan kosong dan tempat tinggal anda masih relatif jauh dari kota atau masih di daerah desa kabupaten. Investasi jenis ini sangat cocok untuk anda. Tips membeli sapi qurban.

8. Sedekah / Wakaf / Sumbangan Bangun Majelis

Sedekah / Wakaf / Sumbangan Bangun Majelis

Jenis investasi terakhir ini adalah jenis investasi yang kekal bahkan akan dinikmati setelam mati juga. Dimana semua harta akan ditinggal, tapi investasi ini akan selalu mengikuti sampai ke alam kubur.

Sedekah, wakaf atau menyedekahkan harta untuk membangun majelis ilmu dan masjid akan menjadi bekal amal yang luar biasa.

Sudah jelas bahwa orang yang bersedekah akan mendapatkan limpahan rezeki yang berlipat ganda. Berapa jumlahnya dan kapan diberikannya diluar kemampuan nalar manusia, tapi pasti akan terjadi.

Pasti terjadi ? 100 % pasti? Tentu saja sudah di firmankan dalam Al Quran Surah Al Baqarah 261

" Orang yang menginfakkan harta di jalan Allah, seperti sebutir biji yang menumbuhkan 70 tangkai pada setiap tangkainya terdapat 100 biji. Allah melipatgandakan kepada siapa saja yang Dia kehendaki, Allah Maha Luas dan Maha Mengetahui".

Meskipun dalam perhitungan akal manusia, dengan pandangan dhoirnya jumlah harta akan berkurang. Akan banyak tabir peristiwa qodo dan qodar yang akan berubah.

Karenanya manusia tidak akan mampu mengukur dan memikirkannya. Sedangkan rasa khawatir dan kecewa jika tidak kunjung melihat balasannya semata-mata hanyalah hasutan syetan.

Investasi Terbaik Yang Menguntungkan di Dunia

Investasi terbaik yang dapat dilakukan manusia di dunia dan yang akan menyelamatkan setelah kematian hanyalah jenis investasi yang cara dan prosesnya halal sesuai syariat, bukan banyaknya jumlah keuntungan yang didapat.

Demikianlah ulasan singkat tentang Investasi Kontan Terbaik Yang Menguntungkan di Indonesia Serta Halal dalam Islam. Jika ada kata yang salah ataupun ada jenis investasi yang belum kami sertakan, mohon tinggalkan komentar ya. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel