Cara Menjaga Tulang Tetap Kuat dan Sehat di Usia Tua, Ini Yang Harus Di Lakukan !

Hariantrendingtopik.com - Memiliki kondisi Tubuh yang sehat, kuat dan tetap bugar dimasa-masa usia tua tentunya Menjadi harapan hampir semua orang ya, tentu saja karena dengan kondisi tubuh dan tulang yang kuat maka kita bisa menikmati usia tua dengan lebih bebas, bisa kesana kesini ataupun main dengan cucu.

Hariantrendingtopik punya nih beberapa tips dan cara menjaga tulang dan tubuh tetap sehat di usia tua yang mudah dilakukan dan sebaiknya bisa kamu coba dari sekarang, jadikan kebiasaan dari muda sehingga ketika tua nantu tinggal sehatnya saja.

Cara Menjaga Tulang Tetap Kuat dan Sehat di Usia Tua

Kita lihat saran dari para ahli kesehatan spesialis kedokteran olahraga yang menyebutkan kalau kita harus memperbaiki dan menghindari semua kebiasaan yang dapat merusak kesehatan muskuloskeletal.

Intinya hindari kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan tulang serta otot, maka dari itu butuh waktu panjang untuk efek nya dan semakin awal kita memulainya akan semakin baik peluang yang bisa kita dapatkan seiring berjalannya usia.

Cara Menjaga Tulang Tetap Kuat dan Sehat di Usia Tua

Rutin Latihan Fisik Untuk Memperkuat Tulang

Sebagai informasi penting yaitu Latihan fisik agar tulang menjadi lebih kuat harus lebih diperhatikan oleh para wanita, dan untuk pria pun juga sama pentingnya memperhatikan latihan untuk tulang. 

Hal ini dikarenakan wanita memiliki kecenderungan kepadatan tulang lebih rendah daripada pria, Terlebih lagi ketika masuk ke masa menopause maka presentasi penurunan kepadatan tulang bisa lebih besar.

Maka dari itu kepada semua pria dan terkhususnya kepada para wanita, disarankan untuk sering – sering mengkonsumsi dan memilih makanan dengan banyak kandungan kalsium dan vitamin D yang penting untuk mempekuat tulang. 

Contoh makanannya yang bisa kamu pilih yaitu seperti ikan dan daging, terus sayur yang mengandung kalsium, sangat disarankan untuk makan berbahan baku salmon karena merupakan sumber terbaik dengan kandungan kalsium dan vitamin D.

Lakukan olahraga beban, kemudian juga berjalan cepat atau latihan kekuatan secara rutin dalam range beberapa kali seminggu agar tulang mendapat rangsangan dan menghasilkan sel sel baru. Penting juga untuk memeriksa kepadatan tulang agar bisa tau seberapa besar kebutuhan asupan nutrisi yang pas setiap rentan usia.

Sebaiknya Peka Dengan Kondisi Fisik

Maksudnya begini, kamu sebaiknya peka dan harus memperhatikan apa yang fisik ingin sampaikan kepadamu, misalnya sebagai contoh tiba-tiba terasa nyeri di beberapa bagian sendi, maka tindakan yang dilakukan jangan langsung mengambil langkah minum obat tapi cari tau dulu kenapa bisa terasa nyeri jadi meminimalisir penggunaan obat bisa dilakukan.

Memang penting untuk rutin berolahraga agar tetap terjaga dari sisi kesehatan, tapi kamu juga harus paham kalau olahraga yang terlampau keras juga bisa menjadi penyebab utama kerusakan muskuloskeletal misalnya jika terjadi cidera, robek otot atau sebagainya.

Cidera yang dialami ketika olahraga yang keras kadang akan menimbulkan masalah di masa usia tua, misalnya kamu merasakan ada rasa nyeri di tempat yang dulu pernah cidera ketika suhu atau waktu tertentu, maka disarankan untuk periksa ke dokter tulang atau dokter yang bersangkutan dengan riwayat tersebut.

Jika yang dibicarakan itu rasa sakit ringan, pastinya bisa dengan mudah sembuh dalam beberapa waktu, tapi jika rasa sakit itu beberapa kali muncul lagi ditempat yang sama, sangat disarankan untuk mendapatkan perhatian medis dengan lebih intents.

Kompres Nyeri Dengan Suhu Dingin Sebaiknya Dihindari

Bagi beberapa orang Mungkin dengan bertambahnya usia ada beberapa bagian tubuh yang mulai merasakan nyeri dan dengar dari sana nini dapat saran untuk mengkompres dengan suhu dingin misalnya menggunakan es, sebaiknya jangan di ikuti ya.

Mengompres sendi dengan es atau suhu dingin justru tidak disarankan karena hanya meredakan dan menunda penyembuhan tetapi penyebab utamanya tidak terselesaikan sama sekali, intinya hanya sementara saja. Perlu dipahami jika terjadinya pembengkakan sebenarnya adalah bagian dari proses pemulihan itu sendiri jadi lebih baik hindari kompres dengan es atau media bersuhu dingin lainnya.

Pembengkakkan di bagian tubuh bisa saja terjadi karena reaksi alami badan kita meningkatkan aliran darah dan berproses mengirimkan sel darah putih ke area yang rusak sebagai bentuk sebuah upaya untuk memperbaiki kerusakan, dan ternyata dingin dari es ini justru menghambat preses tersebut.

Lebih disarankan untuk menggunakan obat pengurang rasa nyeri atau obat oles untuk bengkak daripada mengkompres dengan es seiring bertambahnya usia.

Penting Untuk Lakukan Terapi Fisik

Bisa saja rasa nyeri muskuloskeletal yang sering muncul di salah satu sisi bagian tubuh akan berakhir dengan penanganan medis, pilihannya tentu ada dengan obat obatan, oprasi atau pembedahan dan juga bisa dengan terapi fisik.

Hariantrendingtopik sangat menyarankan Terapi fisik, dan tentu hal ini sangat banyak direkomendasikan terlebih dahulu karena resikonya yang minim dan bisa membantu memperkuat area dimana terasa tidak nyaman, sebagai informasi terapi fisik lebih bertujuan untuk membangun ketahanan sehingga tubuh lebih baik ketika menghadapi rasa nyeri yang muncul.

Perlu diperhatikan ya jika Terapi fisik pun tidak boleh sembarangan dilakukan serta harus berdasarkan rekomendasi dokter agar hasil terapinya tepat pada bagian yang membutuhkan. Bersumber dari Pada beberapa penelitian telah disebutkan bahwa masalah osteoartritis lutut lebih sedikit menerima rasa sakit jika mendapatkan sesi terapi fisik daripada harus mendapatkan suntikan steroid.

Memang tentang Pengobatan medis tetap diperlukan, tetapi antara pengobatan dan terapi harus bisa bersamaan dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal apalagi tujuan kita untuk meminimalisir efek di masa tua nanti.

Latihan Pada Dasar Panggul

Nah, jika mulai muncul rasa sakit punggung, itu merupakan efek dari masalah muskuloskeletal yang sering terjadi karena bertambahnya usia, wajar terjadi. Dan juga hal ini Bisa jadi juga karena adanya ketidak seimbangan jaringan di dasar panggul ataupun pada kelompok otot dan jaringan ikat ke tulang ekor karena itu latihan dasar panggul juga bisa dicoba.

Apabila terjadi kondisi otot dasar panggul terlalu kencang atau terlalu lemah pasti akan memberi tekanan pada punggung dan akhirnya punggung terasa neyeri serta kadang disertai gejala sulit buang air besar atau permasalahan kesehatan lainnya.

Untuk masalah dari otot di dasar panggul ini pada umumnya lebih sering dialami oleh para wanita ataupun orang yang sering mengangkat beban berat, untuk pengobatan yang disarankan lebih tepat memilih kombinasi terapi fisik dan terapi biofeedback.

Biasakan Duduk Dengan Posisi Yang Benar

Dari seusia muda, jika tuntutan pekerjaan kamu mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama, maka sebaiknya lakukan peregangan secara teratur misalnya 45 menis sekali. Tujuan dari dilakukannya Peregangan seperti pemanasan sebelum olahraga agar aliran darah tetap lancar.

Dan juga kamu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung gula atau lemak jahat. Cobalah ubah makanan harian dengan bahan yang sehat banyak serat dan rendah lemak. Terutama Banyak minum air putih, ini penting untuk sirkulasi darah, jika bosan dengan air putih bisa minum jus buah asli tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya, jadi murni jus buah saja.