Cara Agar Tubuh Sehat dan Kuat serta Selalu Bugar saat Tua yang Harus Anda Lakukan dari Sekarang



HarianTrendingTopik.Com - Cara Agar Tubuh Sehat dan Kuat serta Selalu Bugar saat Tua. Memiliki tubuh yang sehat saat masa tua tidak dapat terjadi secara instant, banyak hal yang harus dimulai dari sekarang saat usia masih muda.

Kenapa demikian ? Ketika memasuki usia tua sekitar 50 tahun, proses regenerasi sel-sel tubuh akan sangat lambat, jika tidak dimulai dari sekarang, tubuh tidak akan mampu untuk mengimbangi penyerapan nutrisi ketika masa tua mulai datang.

Pada era modern seperti sekarang sangat banyak orang yang mengabaikan kondisi kesehatannya. Gaya hidup yang serba instant dan semakin banyak jenis makanan yang siap saji dapat mengakibatkan efek buruk pada tubuh jika dikonsumsi terus menerus.

Padahal, Hampir setiap orang selalu ingin memiliki tubuh yang selalu sehat agar dapat melakukan aktifitas dengan lebih produktif.

Pada kondisi saat ini, tuntutan kerja menjadi lebih berat, waktu untuk melakukan aktivitas fisik akan berkurang karena kondisi badan yang sudah dalam keadaan lelah ketika selesai bekerja. Kurangnya aktivitas fisik adalah awal mula penyebab gangguan kesehatan yang muncul pada tubuh apa lagi dengan pola makan yang tidak teratur.

Menjaga tubuh dalam kondisi sehat dan bugar memang tidak mudah, anda harus sengaja meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan fisik atau aktivitas lain yang menyehatkan. Jika anda ingin mempunyai kondisi kesehatan yang selalu prima, anda dapat melakukan cara sehat yang mudah berikut ini mulai dari sekarang.

Cara Agar Tubuh Sehat dan Kuat serta Selalu Bugar saat Tua


Olahraga secara Rutin

Olahraga adalah hal yang sangat baik untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan olahraga secara teratur akan menjaga aliran darah tetap lancar, mengeluarkan zat yang berbahaya, dan dapat membakar lemak yang sudah banyak tertimbun.

Keringat yang keluar secara teratur dapat melembabkan kulit agar tidak kering dan cepat menua, selain itu, sirkulasi cairan dalam tubuh akan menjadi lancar dan toxin di dalam darah akan keluar bersama keringat atau urin.

Melakukan aktivitas olahraga secara teratur memang selalu dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Olahraga fisik perlu dilakukan oleh seseorang yang setiap harinya jarang melakukan aktifitas atau lebih sering menghabiskan waktu di depan meja kerja.

Olahraga dapat membuat fisik lebih kuat dan fleksibel sehingga tidak mudah gampang sakit atau merasa penat, pegal dan lesu. Yang paling penting, Ginjal dan jantung anda akan senantiasa sehat dan terhidar dari penyakit berbahaya.

Minum Air Putih yang Lebih Banyak

Setiap hari tubuh selalu membutuhkan asupan air untuk mengganti cairan yang dikeluarkan selama beraktifitas. Jika tubuh sering berada kondisi pada keadaan kekurangan cairan, tubuh dapat mudah terserang penyakit seperti anemia atau tifus (jika memiliki riwayat tifus sebelumnya).

Agar tubuh tetap dalam keadaan segar dan bugar, anda perlu minum air putih paling sedikit 2 liter dalam sehari. Semakin banyak anda minum air putih, maka hasilnya akan semakin baik. Air yang bersih belum tentu sehat.

Tujuan minum air putih dalam jumlah banyak bukan hanya untuk mengganti cairan yang hilang selama beraktifitas, tetapi karena semua fungsi dari organ tubuh memerlukan asupan air yang cukup.

Jika tubuh kekurangan cairan, darah akan menjadi lebih kental dan sirkulasinya akan semakin lambat, jantung akan bekerja lebih keras dan organ tubuh lain terutama bagian otak akan terlambat mendapatkan asupan nutrisi yang di suplai bersama aliran darah.

Jangan Pernah Lupa Sarapan dan Selalu Konsumsi Makanan Sehat

Sarapan pagi adalah sumber energi pertama kali yang digunakan untuk menjalankan aktifitas selama satu hari penuh. Jika anda terbiasa tidak sarapan dan mulai makan menjelang siang, ubahlah kebiasaan tersebut dengan sarapan di pagi hari dan tidak makan ketika siang tetapi perbanyaklah minum air putih.

Sarapan akan menjaga lambung agar tidak berada pada kondisi kosong ketika anda menjalani aktifitas atau bekerja pada pagi hari yang membutuhkan energi dengan jumlah besar untuk berkonsentrasi.

Yang paling penting, Sarapan jangan asal kenyang saja, tetapi perhatikan juga kesehatan dan kandungan nutrisinya. Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji atau makanan berlemak yang mengandung jumlah kalori berlebihan.

Perbanyaklah mengkonsumsi sumber protein dan vitamin yang alami seperti buah pepaya atau semangka sebagai pengganti makan siang. Cara diet mudah dan murah tanpa olahraga.

Masalah utama yang disebabkan karena lambung sering kosong di pagi hari adalah penyakit maag. Penyakit maag kadang dianggap hal yang sepele, tapi jangan salah, penyakit maag tidak akan sembuh seiring bertambahnya usia tetapi justru akan semakin parah.

Tinggalkan Kebiasaan yang Tidak Sehat

Semua jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi atau masuk melalui mulut pasti akan membawa efek pada tubuh ketika usia tua. Seperti Rokok yang tidak baik untuk paru-paru atau alkohol yang akan merusak lambung dan ginjal.

Agar mendapatkan efek yang maksimal dari makanan bernutrisi dan bervitamin, Mulai sekarang hindarilah konsumsi segala hal yang buruk untuk tubuh seperti rokok,minuman bersoda, alkohol, terlalu banyak karbohidrat, gula, makanan cepat saji dan ketergantungan pada obat tertentu.

Meninggalkan semua makanan dan minuman tersebut memang tidaklah mudah, tapi daripada anda menderita ketika usia tua, akan lebih baik mulai sekarang hanya konsumsilah jenis makanan yang mempunyai nutrisi yang jelas untuk kesehatan.

Ubah Pola Tidur dan Hindari Penyebab Stress

Tidur lebih awal ketika memberikan banyak sekali manfaat pada kondisi terutama agar tubuh dapat merelaksasi dan memberbaiki kerja organ dan enzim setelah menjalankan aktivitas seharian penuh. Tidur lebih awal juga sangat baik untuk organ jantung dan ginjal karena mendapatkan waktu istirahat yang lebih lama.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa tidur larut malam dapat terhindar dari stress, tetapi perlu diketahui bahwa hal tersebut berlaku untuk mereka yang memang tidak mengalami stress kemudian memutuskan untuk tidur larut karena ada suatu hal yang harus dikerjakan.

Berbeda jika kondisi tubuh seseorang sudah dalam keadaan stress dan lelah maka akan sulit tidur ketika malam dan bangun dalam keadaan tubuh yang lesu dan tidak segar. Gejala, Penyebab, dan cara Mengatasi Insomnia.

Efek buruk yang disebabkan karena pola tidur yang salah adalah sebuah gangguan tidur atau yang sering disebut insomnia. Insomnia memang bukanlah sebuah penyakit, tapi penyakit yang ditimbulkan oleh gejala insomnia sangatlah banyak seperti tekanan darah rendah, maag, bahkan sampai diabetes akut.

Jenis-jenis penyakit seperti ini akan mempunyai efek berkepanjangan, misalnya diabetes yang lambat laun akan menyebabkan komplikasi penyakit jantung.

Sebisa mungkin hindari semua hal yang dapat menyebabkan strees, jika tekanan ketika kerja sudah melampaui ketahanan tubuh anda, ada baiknya jika berpikir ulang untuk mencari pekerjaan lain. Karena nilai gaji yang anda dapatkan sekarang tidaklah sebanding dengan biaya pengobatan ketika tua nanti.

Masa tua seharusnya menjadi masa yang paling indah untuk anda menghabiskan waktu bersama keluarga. Tapi bagaimana jika anda justru sakit-sakitan ketika tua ? Mulai sekarang pikirkanlah kembali bagaimana kondisi kesehatan anda, cobalah lakukan cara menjaga agar tubuh sehat dan selalu bugar saat tua serta persiapkan tubuh anda agar mampu menghadapi deregenerasi sel-sel ketika masa tua datang. Apakah anda berpikir dapat lebih mudah mendapatkan kesehatan ketika tua ? Percayalah, ketika waktu itu telah datang, anda akan menyesal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel