Cara Memulai Bisnis untuk Pelajar dan Karyawan

Cara Memulai Bisnis untuk Pelajar dan Karyawan

Hariantrendingtopik.com - Cara memulai bisnis untuk pelajar SMA, Mahasiswa ataupun strata yang lain serta para karyawan tidak ada bedanya dengan cara mulai bisnis umum. Hanya saja harus ditekankan pada perubanhan mindset dari pasif menjadi aktif.

Cara memulai bisnis untuk karyawan dan pelajar tentunya bisa kamu terapkan mulai dari bisnis online, properti, kuliner, travel wisata atau bisnis jenis apapun yang kamu sukai.

Memulai bisnis dari nol untuk para pelajar, pegawai dan karyawan bukanlah hal yang salah, tetapi harus menjadi sebuah tantangan. Bisnis yang mudah berkembang di daerah kampus.

Ketika kamu sudah mempunyai keyakinan untuk berjuang di bidang bisnis jenis apapun itu, segera lakukan dan jangan ditunda-tunda lagi. Di penjuru dunia sudah banyak pebisnis sukses dari kaum anak muda dan bahkan ada yang sukses di usia tua.

Harus digaris bawahi bahwa kata "sukses" tidak dapat di ukur dari pkamungan orang lain, arti sukses yang dicari hanya kamu dan keluarga kamu yang tahu pasti.

Misalnya ketika kamu dikatakan sukses ketika usia menginjak 60 tahun, bukan berarti kamu terlambat untuk sukses dan tidak bisa menikmatinya, tapi kesuksesan tersebut untuk generasi kamu berikutnya.

Di sisi lain, ada orang yang tujuan suksesnya bukan banyaknya keuntungan yang didapat tapi waktu yang bebas untuk melakukan sesuatu yang disukai.

Contohnya ketika kamu bekerja pada perusahaan, waktu libur akan sangat berharga karena sangat jarang sekali didapatkan, dengan memulai bisnis kamu dapat mengatur waktu sesuka kamu.

Untuk kamu yang masih menjadi pelajar, mahasiswa, karyawan atau pegawai kamu dapat memulai bisnis dari sekarang, apapun jenis bisnisnya. Bagaimanapun hasilnya nanti bukanlah masalah, karena disetiap proses pasti ada pengalaman berharga yang didapatkan.

Tips dan Cara Memulai Bisnis


1. Dasar Bisnis dengan Mengetahui Bidang Ketertarikan Kamu

1. Dasar Bisnis dengan Mengetahui Bidang Ketertarikan Kamu

Bisnis yang paling baik adalah bisnis yang dilakukan dan bukan bisnis yang direncanakan. Semangat seseorang ketika memulai sebuah bisnis biasanya hanya akan bertahan di waktu awal saja.

Ketika bisnis berjalan beberapa bulan dan hanya sedikit menghasilkan atau bahkan belum menghasilkan apapun, hampir sebagian besar orang pasti akan menyerah, karena itu lakukanlah bisnis yang berkaitan dengan hal yang kamu sukai.

Dengan menjalankan bisnis yang berkaitan dengan rasa ketertarikan kamu, walaupun belum menghasilkan apapun, kamu tidak akan pernah menganggap apa yang kamu lakukan adalah hal yang sia-sia. Ciri ciri kamu cocok berwirausaha.

Mengetahui minat dan ketertarikan yang kamu sukai amatlah penting dan bukanlah hal yang mudah. Kamu tidak bisa mengikuti motivasi dari orang lain tentang hal ini karena hanya kamu sendirilah yang mengetahuinya secara pasti.

Cara mudah untuk mengetahui kemana minat kamu dalam bisnis

Sesuatu hal yang sering kamu lakukan biasanya bersumber dari rasa ketertarikan kamu, tapi yang harus kamu ketahui adalah bahwa hal tersebut bukanlah efek musiman atau karena sedang banyak orang yang melakukannya.

Misalnya, seseorang yang suka memelihara burung dengan jenis apapun kemudian juga memelihara jenis burung yang sedang ramai di pasaran, hal tersebut termasuk sebuah ketertarikan bahkan bisa disebut hobi.

Berbeda dengan seseorang yang mulai memelihara burung hanya karena jenis burung tersebut sedang ramai diperbincangkan atau harga jualnya sedang tinggi, tentu saja hal ini bukanlah sebuah minat dan ketertarikan dari apa yang benar-benar kamu sukai.

Contoh lainnya, jika kamu sangat menyukai perjalanan ke alam, mendaki gunung, hiking atau semacamnya, kamu dapat memulai bisnis dengan menjual aksesoris atau gear yang mendukung kegiatan tersebut.

Awal perjalanan bisnis kamu pasti akan lebih mudah karena kamu akan lebih percaya diri dan lebih mudah menjalin komunikasi dengan orang yang mempunyai minat atau hobi yang sejenis.

Cara lainnya untuk mengetahui hal yang kamu sukai adalah coba ingat kembali hal apa yang pernah kamu lakukan dan tidak menghasilkan apapun tapi kamu rela mengeluarkan uang untuk hal tersebut.

Misalnya kamu rela menggunakan uang hanya untuk mencoba membuat roti seperti yang kamu lihat di internet atau facebook, bisa dipastikan disanalah rasa ketertarikan, minat dan hal yang benar-benar kamu sukai berada.

2. Yakin dan Sugesti yang Positif

2. Yakin dan Sugesti yang Positif

Memulai sebuah bisnis haruslah disertai rasa yakin yang sangat kuat karena dunia dagang tidak seperti dunia kerja. Cara menjadi pengusaha sukses.

Di dunia kerja, kamu harus mengikuti aturan yang dibuat oleh perusahaan, mengerjakan tugas kamu, dan merasa tenang karena setiap bulannya kamu mendapatkan hasil yang nilainya sudah pasti.

Tetapi pada dunia dagang, kamu harus mengikuti aturan yang kamu buat sendiri, harus selalu konsisten, semua resiko kamu tanggung sendiri dan pendapatnya pun belum jelas.

Tanpa rasa yaking yang kuat, bisa dipastikan kamu akan menyerah di tengah jalan. Untuk kamu yang sudah mempunyai niat masuk ke dunia dagang, yakinkan pada diri kamu sendiri. Rahasia pedagang sukses.

Menjalankan bisnis berdasarkan apa yang kamu sukai pasti akan menghasilkan sesuatu karena sebuah hasil adalah bayangan dari sebuah proses, semakin besar dan kuat proses yang kamu lakukan pasti ada hasil yang akan mengikuti.

Terlepas dari sebuah hasil, setiap proses pasti akan bertemu dengan hambatan atau masalah. Hal ini pasti terjadi, karena ini adalah tahap dimana kamu diharuskan untuk menambah ilmu dan kemampuan agar masalah yang muncul dapat diselesaikan dengan kata lain kamu harus meningkatkan kualitas diri.

Berikan sugesti positif setiap mengerjakan sesuatu seperti " Saya pasti bisa menjalankan bisnis ini ". Sugesti positif yang selalu kamu lakukan dapat memberikan sebuah kekuatan ekstra ketika kamu mulai menyerah dalam menghadapi masalah atau jalan buntu.

3. Buat Langkah Awal Memulai Sebuah Bisnis

3. Buat Langkah Awal Memulai Sebuah Bisnis

Setelah mengetahui jenis bisnis apa yang kamu sukai dan yakin untuk memulainya, hal yang harus kamu lakukan berikutnya adalah membuat langkah awal. Membuat sebuah langkah awal tidaklah sulit, cek kembali modal apa saja yang kamu punya.

Berapapun dana yang kamu miliki, kamu tetap dapat membuka sebuah bisnis, apalagi pada jaman sekarang memulai sebuah bisnis tidak harus mempunyai tempat permanen terlebih dahulu, kalaupun ada itu akan lebih bagus.

Carilah supplier dari barang atau jasa yang akan kamu jadikan bisnis, cari informasi sedetail mungkin, cari harga yang paling murah yang bisa kamu dapatkan, tentunya sesuaikan dengan modal yang kamu miliki dahulu.

Hal yang paling penting saat akan memulai bisnis adalah jangan pernah memaksakan sesuatunya seperti apa yang orang lain miliki atau seperti yang kamu inginkan. Hindari bisnis yang katanya mudah sukses.

Mulailah dengan apa yang kamu miliki terlebih dahulu, jangan pernah berhutang untuk menambah modal jika kamu baru pertama kali mencoba memulai bisnis.

4. Manfaatkan Media yang Ada untuk Promosi Bisnis Kamu

4. Manfaatkan Media yang Ada untuk Promosi Bisnis Kamu

Media untuk mencari supplier dan promosi pun saat ini sangat murah dan mudah didapat. Jika kamu memulai bisnis penjualan alat-alat renang, kamu dapat mempromosikannya menggunakan media sosial. Bisnis online untuk anak muda.

Cari target penjualan di daerah yang tidak jauh dari tempat tinggal kamu, pembeli tidak perlu datang ke tempat kamu, tawarkan saja jasa pengiriman ke rumah pembeli, dengan cara ini kamu tidak membutuhkan modal yang besar.

Buang cara berpikir jika memulai sebuah bisnis harus mempunyai modal yang besar, hal ini akan sangat menghambat proses datangnya ide dan kreatifitas kamu. Lihat sekeliling kamu, apa yang dapat kamu gunakan dengan murah bahkan gratis.

5. Ketahui apa yang akan Kamu Dapatkan dari Bisnis

Setiap orang yang mencoba memulai bisnis pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda, tapi jika kamu ingin cepat kaya dari sebuah bisnis, percayalah, kamu lebih baik tidak mencoba bisnis tersebut, kembalilah ke kantor kamu dan bekerja seperti biasa.

Motivasi paling kuat dari seseorang yang bertahan pada bisnisnya dalam waktu yang sangat lama bahkan bertahun-tahun bisa dipastikan bahwa hal itu bukanlah semata-mata untuk uang saja.

Bisa diyakinkan pasti ada hal lain yang orang tersebut dapatkan dari bisnisnya. Hal semacam inilah yang harus kamu tahu dan kamu yakin akan mendapatkannya.

Seperti yang dibahas pada point pertama, jika kamu ingin memulai sebuah bisnis sebisa mungkin bisnis tersebut harus berkaitan dengan minat dan hal yang kamu sukai.

Dengan melakukan hal yang kamu sukai, tujuan utama kamu akan lebih kepada kepuasan hati daripada keuntungan berupa uang.

Contohnya seperti ini, ada seseorang yang memulai bisnis penjualan perlengkapan outdoor karena dia sangat menyukai aktifitas camping, hiking atau sejenisnya.

Ketika promosinya sedang mengalami sepi respon dari pembeli, dia dapat melakukan hobinya dan mendapatkan bahan promosi dari produk bisnisnya seperti foto produk atau video tutorial penggunaan produk tersebut.

Bisnis seperti inilah yang akan bertahan lama karena orang tersebut dapat melakukan hal yang dia sukai dan bisnisnya pun tetap berjalan.

6. Cari Partner Bisnis, Jika Ada

Tidak dapat disangkal bahwa memulai sebuah bisnis pasti akan menyita waktu, tenaga dan bahkan dana yang kamu punya.

Cara paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencari teman untuk mengelola bisnis bersama. Mencari partner bisnis bukanlah hal yang mudah karena tidak semua orang dapat memahami arah dan tujuan orang lain.

Jika ingin mencari partner bisnis, mulailah dari orang terdekat kamu, misalnya saudara, keluarga, atau teman dekat. Dengan adanya partner bisnis, kamu dapat berbagi tugas, mendiskusikan sebuah masalah dan tentunya beban pikiran kamu akan semakin ringan.

Untuk perihal partner bisnis ini tidak perlu kamu paksakan, jika memang ada, kamu dapat menawarkan kepadanya untuk menjadi partner bisnis kamu.

Tapi jika tidak ada orang yang tepat, hal tersebut bukanlah masalah yang serius, kamu hanya perlu bersabar dan tetap pada tujuan kamu, ketika bisnis kamu semakin berkembang, bisa jadi ada banyak orang yang menawarkan untuk berkerja sama dengan kamu.

7. Keberanian Mengambil Keputusan dalam Ber Bisnis

Ketika kamu yakin akan memulai sebuah bisnis, itu artinya kamu juga harus siap menghadapi masalah dan tantangan yang disebabkan oleh bisnis kamu karena itu kamu harus memiliki keberanian untuk bertahan dan melawan masalah tersebut.

Setiap bisnis mempunyai tantangan dan masalah yang berbeda, tapi percayalah, setiap masalah yang kamu lalui pasti akan membuat kualitas diri dan kemampuan bisnis kamu semakin baik.

8. Tetap Lakukan yang Terbaik

Dalam dunia bisnis, kamu akan selalu berinteraksi dengan banyak orang, pembeli atau konsumen lah yang akan menilai kualitas bisnis kamu. Ide bisnis Rumahan.

Pastikan lakukan semua hal sebaik mungkin mulai dari kualitas barang jasa dan kualitas pelayanan, jangan pernah membandingkan diri kamu sendiri dengan pengelola bisnis yang sudah sukses, semua itu butuh proses.

Masalah dan hambatan dalam bisnis kamu akan secara alami membuat kualitas bisnis kamu akan semakin baik. Yang terpenting, jangan sampai kamu terlalu merendahkan diri, tetap jaga harga diri dan wibawa.

Penutup Cara Memulai Bisnis untuk Pelajar dan Karyawan


Demikianlah Tips dan Cara Memulai Bisnis, apapun jenis bisnisnya seperti bisnis online, kuliner properti atau jenis usaha bisnis apapaun dari Awal untuk Pelajar, Mahasiswa dan Karyawan. Semoga tips dan informasi ini dapat lebih menyakinkan kamu untuk memulai bisnis dari sekarang.

Berusahalah berdiri dengan kaki sendiri, walaupun lebih susah dan sakit, hasil yang diperolehpun akan selalu memberikan rasa kepuasan tersendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel