Pengertian Bisnis : Tujuan dan Jenisnya

Pengertian Bisnis : Tujuan dan Jenisnya

Hariantrendingtopik.com - Kata " Bisnis " Seharusnya sudah tidak asing di telinga kita.Tapi apasih maksud sebenarnya dari arti kata Bisnis ?

Pengertian bisnis secara umum adalah sebuah aktifitas atau kegiatan bisa dari seseorang maupun berkelompok yang didalamnya terdapat alur produksi, distribusi, penjualan dan pembelian barang ataupun jasa dimana tujuan utamanya untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Di Indonesia, kata bisnis dan usaha memiliki makna yang sama, walaupun sebenarnya ada perbedaan dari keduanya.

Bisnis lebih dipandang sebuah aksi dari suatu kelompok atau organisasi sedangkan usaha lebih ke pengelolaan oleh 1 atau 2 orang saja. Bisnis apa ya ?

Kata " Bisnis" sendiri sebenarnya hasil peleburan dari bahasa Inggris yaitu "business" yang mempunyai arti kesibukan. Makna dari kesibukan yang dimaksud adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk didapatkannya keuntungan.

Tujuan Aktifitas Bisnis


Tujuan sebuah bisnis tentu saja untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Tapi tentunya dari sudut pandang orang diluar lingkup bisnis, akan muncul berbagai tujuan yang tersirat dari proses bisnis tersebut.

1. Sebagai sarana menyalurkan sumber daya baik berupa kemampuan ataupun hasil alam
2. Sebagai tempat bertemunya transaksi jual beli barang atau jasa
3. Sebagai tempat lapangan pekerjaan baru
4. Sebagai indikator perkembangan ekonomi masyarakat global
5. Sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

Jenis Bisnis yang Dicari dan Berkembang dengan Baik


1. Bisnis Online

Kegiatan bisnis yang dilakukan dengan media internet karena adanya pergeseran perilaku komunikasi manusia dari manual yang awalnya bertemu langsung menjadi berbasis internet. Bisnis Online.

Aktifitas bisnis online tetap sama dengan bisnis offline, bedanya sekarang media promosi terbaik memang menggunakan ranah online karena target dengan jangkauan lebih luas.

Contoh bisnis online seperti toko online, jual beli akun digital, trading, bursa saham dan semua segmen bisnis dengan menggunakan jaringan internet.

2. Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan adalah jenis bisnis yang sebagian besar kegiatannya dilakukan di sekitar rumah tanpa membutuhkan cost yang lebih untuk menyewa tempat. Bisnis Rumahan yang Menguntungkan.

Walaupun namanya bisnis rumahan, jika perkembangan bisnisnya terlampau baik tentu saja akan membutuhkan perkembangan dari segi tempat dan modal produksi sehingga kesempatan bergeser menjadi bisnis lingkup besar akan sangat terbuka lebar.

3. Bisnis Indonesia

Bisnis Indonesia dari maksud keyword pencariannya mengandung arti kegiatan bisnis yang bertaraf nasional. Bisnis dengan sistem yang sudah terintegrasi sempurna dengan berbagai cabang besar di seluruh Indonesia.

Sebagian besar pencarian dari bisnis Indonesia menyasar pada target pasar modal dan bursa saham. Selain itu tidak menutup kemungkinan dari yang dicari adalah bisnis yang memang otentik dengan kondisi sumber daya di Indonesia.

4. Bisnis Sampingan

Bisnis sampingan merupakan segmen keyword bisnis yang paling banyak dicari karena sifatnya yang dapat dikerjakan secara fleksibel dalam sisi waktu.

Karena mayoritas penduduk Indonesia mempunyai profesi sebagai pekerja dalam suatu instansi, maka bisnis sampingan banyak sekali dilirik dengan tujuan untuk menambah penghasilan diluar pendapatan pokok dari pekerjaan.

5. Bisnis yang Menjanjikan

Pengertian bisnis yang menjanjikan bukanlah sebuah kegiatan bisnis, melainkan ide rencana dari sebuah bisnis apakan menjanjikan keuntungan dengan persentase besar untuk waktu yang cukup lama di masa depan. 35 Ide Bisnis yang Menjanjikan.

Tidak sedikit yang salah mengartikan bahwa bisnis yang menjanjikan adalah sebuah ide bisnis yang nantinya akan menjanjikan suatu keuntungan. Sebenarnya tidak demikian, menjanjikan atau tidaknya sebuah kegiatan bisnis dilihat dari ketekunan pelaku bisnis serta kemungkinan kesempatan berkembang yang ada.

6. Bisnis yang Menguntungkan

Hampir sama dengan bisnis yang menjanjikan, hanya saja pada bisnis yang menguntungkan memiliki maksud dimana waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses bisnis dari awal sampai mendapatkan untung hanya membutuhkan waktu yang singkat.

7. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu segmen bisnis yang menyasar target pasar makanan dan minuman. Perkembangan pasang surut bisnis kuliner luar biasa dapat terlihat dalam waktu singkat untuk kenaikan dan penurunan perkembangan dari bisnis tersebut.

Bisnis kuliner termasuk jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh siapa saja serta ruang lingkup mulai dari kecil sampai lingkup nasional. Bisnis ini tidak berkembang sendirian saja tetapi ikut menyeret bisnis persewaan lahan untuk melenggang berdiri dengan pelan tapi pasti.

8. Bisnis Properti

Bisnis properti adalah jenis bisnis yang mau tidak mau harus berkaitan dengan orang banyak menyangkut sebuah kepemilikan atas real properti seperti tanah dan bangunan, harta benda seseorang, serta kepemilikan barang atau kekayaan intelektual seseorang.

Bisnis properti temasuk binis dengan kapasitas modal yang besar serta totalitas penuh untuk konsentrasi terhadap jenis binis properti yang digeluti. Contoh bisnis properti misalnya jual beli tanah atau bangunan, penyewaan, atau bisa juga berupa hak kepemilikan seseorang atau kelompok.

9. Bisnis Franchise / Waralaba

Sebuah bisnis dimana adanya suatu ikatan yang salah satu pihak memberi hak memanfaatkan dan menggunakan kekayaan intelektual dari pihak lain dengan pembagian keuntungan yang sudah disepakatai sesuai persyaratan yang belandaskan perundang-undangan yang ada.

Secara mudahnya bisnis franchise atau waralaba adalah sebuah bisnis dimana orang yang mempunyai ide dan sumberdaya akan memodali pelaku bisnis lain untuk menjualkan produknya, dan keuntungannya akan dibagi sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

10. Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga berkaitan sangat erat dengan bisnis rumahan serta bisnis sampingan dimana pelaku bisnisnya adalah kumpulan dari beberapa ibu rumah tangga. Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga.

Target pasar awal dari bisnis ibu rumah tangga tidak terlalu melebar, hanya sebatas daerah kecil dengan modal kecil sampai sedang.

Perkembangan bisnis ibu rumah tangga tidak dipungkiri semakin pesat karena pengaruh dari kemudahan bertukar informasi melalui media sosial.

11. Bisnis untuk Pemula

Segmen bisnis kecil yang memang seseorang melakukannya dengan tujuan mempelajari basic dasar pondasi kegiatan bisnis dengan resiko yang sangat kecil.

Mulai dari modal, target pasar sampai tingkat kesulitannya masih sangat ringan. Tujuan utamanya bukanlah keuntungan semata tetapi juga untuk membentuk pola pikir dan mental pelaku bisnis pada tahap awal.

Arti Bisnis Secara Mudah


Bisnis adalah semua aktifitas yang didalamnya terdapat proses produksi serta jual beli yang dilakukan sendirian atau kelompok. Makna dari Bisnis dan Usaha pada dasarnya sama, yang membedakan hanyalah pada jumlah dan lingkup sumberdaya dari spelaku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel