Cara Memilih Reel Pancing Ultralight yang Bagus dan Murah

Cara Memilih Reel Pancing Ultralight yang Bagus dan Murah

Hariantrendingtopik.com - Hobi UL ? Pengen tau Cara Memilih Reel Pancing Ultralight yang Bagus dan Murah ? Coba cek ulasan berikut.

Kamu yang mencari topik ini pastinya sudah paham betul kalau piranti untuk permainan Ultra Light bisa merogoh kocek yang lumayan.

Kali ini Kang Hartrop akan membagikan tips cara memilih reel pancing yang bagus untuk ultra light dengan harga yang cukup murah.

Cara berikut ini dari pengalaman Kang Hartrop sendiri ketika mencari reel untuk main ultra light dengan harga dibawah 300.000 dan dengan kualitas yang cukup bagus.

Cara Memilih Reel Pancing yang Bagus untuk UltraLight


1. Reel Sudah Power Handle

Power handle reel adalah sebuah mekanisme dimana handle reel jika diputar ke depan otomatis sambungan bautnya akan mengencang, dan jika diputar arah kebelakang sambungan bautnya akan melonggar.

Fungsinya sudah jelas, ketika fight dengan ikan makan handle reel tidak akan melonggar karena putarannya selalu kedepan. Rekomendasi reel Ultralight terbaik.

Berbeda dengan reel dengan sistem pengencang handle manual yang harus selalu di cek agar tidak longgar.

2. Reel mempunyai berat yang ringan

Berat reel untul game ultra light biasanya standar dibawah 400 gram. Karena agar meminimalisir beban ketika melempar minow berulang - ulang. Namanya juga Ultra Light yang artinya super ringan, jadi piranti yang digunakan semuanya harus dengan standar berat yang ringan.

3. Reel harus sudah ball Bearing dan roller bearing

Kenapa harus sudah Ball Bearing dan roller bearing ? Tujuannya agar mengurangi hambatan dari senar PE ketika harus bergesekan terus menerus dengan Line Roller. Jumlah ball bearingnya bebas bervariasi tergantung dengan kebutuhan dan selera tentunya.

4. Reel sudah menggunakan material ALumunium untuk Spool

Berbicara mengenai Ultra Light yang cara bermain dengan melempar dan menarik berulang kali, pastilah ketahanan dari piranti merupakan prioritas utama.

Dengan harga yang murah sepertinya mustahil jika menginginkan material full metal. Jadi untuk sebuah reel, Spool yang menggunakan material alumunium itu sudah bagus.

5. Max Drag antara 5 - 8kg

Untuk pertimbangan max drag bisa bervariasi tergantung kebutuhan, tapi jika untuk ultra light sepertinya 5 - 8kg sudah cukup bagus menahan tarikan ikan air asin. Senar PE terbaik untuk ultralight.

6. Instant anti-reverse system

Fungsi ini sepertinya sudah hampir ada disemua piranti untuk ultra light. Tujuannya agar menahan tarikan ikan sehingga reel tidak berputar dengan arah sebaliknya.

7. Seri Reel maksimal 2000

Reel yang berniat digunakan untuk bermain Ultra Light tidak perlu seri yang besar karena mempertimbangkan ukuran dan beratnya. Rata-rata seri yang digunakan kecil antara 800 - 2000. Reel seri 2000 sudah ukuran maksimal untuk Ultra Light, jadi jangan beli ukuran reel yang lebih dari itu.

Tapi, Kang Hartrop sangat menyarankan untuk menggunakan reel seri 1000 saja. Pertimbangannya begini.

JIka menggunakan reel seri 500 kemudian menggunakan pe0.4 dengan ukuran lebar 0.1mm ada kemungkinan terjadi kusut ketika melakukan casting atau lemparan. Cara memilih set pancing laut pinggiran.

Hal ini disebabkan karena ukuran spool yang kecil sehingga pe dengan lebar 0.1mm lebih cepat keluar spool yang bukan karena tarikan lemparan melainkan karena lebar melingkar PE hampir sama dengan spool.

Jika menggunakan seri 1000 maka kamu bisa menggunakan PE dengan berbagai macam ukuran seperti 0.06mm 0.08mm 0.10mm sampai 0.12mm.

Dan jika tidak ingin mengalami kusut ketika melakukan lemparan cobalah untuk menyesuaikan ukuran PE dengan Seri Reel nya

-Seri 500 menggunakan PE 0.15 lebar 0.06mm
-Seri 800 menggunakan PE max 0.2 lebar 0.08mm
-dan Seri 1000 menggunakan PE max 0.4 lebar 0.10, dan tentu saja bisa juga menggunakan PE 1.5 dan PE 2.

Reel Pancing yang Bagus untuk Ultra Light dengan Harga Murah


Bagi kamu yang mencari paket piranti mancing ultra light, reel dengan harga murah berkisar 300.000 itu sudah cukup bagus dan awet.

Dengan beberapa kebutuhan reel yang kang Hartrop ulas seharusnya total modal yang harus dikeluarkan untuk membeli tackle set sudah berada dibawah 1 juta rupiah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel