Cara Mudah dan Aman Meningkatkan HPK, Harga per Klik, CPC Google Adsense untuk Blog

Cara Mudah dan Aman Meningkatkan HPK, Harga per Klik, CPC Google Adsense untuk Blog

HarianTrendingTopik.Com - Cara Meningkatkan CPC Google Adsens. CPC ( Cost per Click ) atau BPK (Biaya Per Klik) dalam dunia Google Adsense adalah istilah yang digunakan untuk menerangkan berapa harga dari iklan yang ada di blog setiap 1 kali klik. Perlu diketahui bahwa CPC dari setiap iklan tidaklah sama tentu saja pasti ada Cara Meningkatkan CPC Google Adsense nya.

Tetapi dalam laporan dasboard google adsense, nilai CPC didapat dari perhitungan jumlah penghasilan dibagi jumlah klik yang didapat. Penjelasan nilai CPC dengan contoh sebuah kasus misalnya dalam sehari Website atau Blog kita mendapatkan 3 kali klik dengan laporan penghasilan sebesar Rp 6000,00

Artinya adalah Nilai CPC yang tertera pada laporan Google Adsense akan sebesar 2000 karena didapat dari perhitungan :

Laporan Nilai CPC = Jumlah Penghasilan / Jumlah Klik

Karena harga klik pada setiap iklan pasti berbeda, pasti ada yang tinggi dan ada yang bernilai rendah.

Kita akan buat permisalan sebagai berikut :

Harga Klik Iklan pertama= 4000
Harga Klik Iklan kedua = 500
Harga Klik Iklan ketiga = 1500

Dengan Ketiga klik pada iklan tersebut akan didapatkan total penghasilan sebesar 6000 dan nilai rata-rata CPC 2000 pada laporan di dasboard adsense.

Kenapa Harga Klik Iklan Mahal ?


Harga klik iklan yang mahal sebenarnya tidak bisa diketahui, tentu saja karena hanya pihak google lah yang tahu berapa harga setiap klik iklan. Tapi ada beberapa faktor yang sudah banyak diketahui dari riset yang dilakukan oleh para publisher.

1. Usia Akun Adsense

Menjalankan bisnis menjadi publisher adsense tidak jauh berbeda dengan membangun bisnis di dunia nyata, butuh konsistensi, kualitas dan kepercayaan. Pada Bisnis nyata seperti dagang, dibutuhkan waktu cukup lama untuk mendapat kepercayaan dari para pembeli.

Ketika bisnis mulai dibangun yang pertama kali menjadi target adalah kepercayaan dari pembeli, keuntungan yang didapat pun masih sedikit.

Jika bisnis sudah berjalan cukup lama dan bertahan, banyak pembeli yang sudah percaya dengan kualitas barang yang dijual, keuntungan pun dapat semakin bertambah. Mengelola Blog atau Website dengan bisnis adsense sebagai mitra juga seperti ilustrasi dagang tersebut.

Semakin lama akun google adsense bertahan dengan kualitas yang baik tanpa pelanggaran dan pengunjung yang datang selalu konstan dan mungkin dapat bertambah setiap waktu, maka harga klik iklan juga akan semakin mahal.

Pihak google akan memilah mana akun adsense yang baik dari berbagai usia akun dan jumlah pengunjung yang datang, semakin tua usia akun adsense dan dengan jumlah pengunjung yang tinggi maka pihak google akan menawarkan harga klik dengan standar yang lebih mahal karena iklan pasti akan lebih banyak dilihat orang daripada blog dengan pengunjung yang sedikit.

2. Kualitas Artikel

Kualitas artikel akan menjadi penyebab kedua bagaimana harga klik iklan adsense menjadi lebih mahal. Dengan artikel yang berkualitas, maka pembaca akan semakin lama dan betah nongkrong di blog anda yang artinya durasi waktu iklan yang tampil juga semakin lama.

Harga klik iklan yang tidak disengaja pasti sangat murah dan bisa jadi menjadi invalid klik, berbeda dengan iklan yang di klik setelah tayang dengan durasi yang cukup lama pasti harga klik iklan akan semakin tinggi karena kualitas klik yang bagus.

3. Iklan Produk Premium

Jenis produk yang tampil pada iklan tentunya juga mempengaruhi jumlah harga klik. Iklan dengan produk yang mempunyai kisaran harga mahal di pasaran biasanya akan memiliki harga klik yang relatif mahal juga seperti iklan produk mobil atau jasa asuransi yang sudah ternama.

Kenapa Harga Klik Iklan Murah ?


Harga Klik iklan yang murah lebih mudah diketahui penyebabnya karena memang ada bagian dari peraturan adsense yang menjelaskan hal tersebut. Sebagian besar penyebab harga klik iklan adsense menjadi murah dapat disebabkan oleh kebalikan dari faktor penyebab harga klik iklan mahal dan tentunya ada beberapa penyebab lainnya.

1. Usia Akun Adsense dan Blog Masih Muda

Usia blog dikatakan sudah dewasa ketika memasuki usia sekitar satu tahun, sedangkan untuk usia akun adsense tidak ada ukuran pasti berapa tahun dapat dikatakan dewasa.

Dari informasi yang bertebaran di media internet, akun adsense bernilai bagus dari mata para pengiklan karena dilihat dari jumlah besarnya pengunjung yang murni dari search engine google atau yang sering disebut organik visitor.

Jika usia blog masih muda dan pengunjung masih sedikit, kemudian dipasang iklan dari google adsense pasti rata-rata harga klik iklan relatif murah. Hal ini disebabkan karena blog yang pengunjungnya masih sedikit belum dianggap blog yang kredible oleh pihak google adsense.

2. Klik Terlalu Cepat

Penempatan iklan yang menyebabkan terlalu cepat di klik atau sering terjadi klik tidak sengaja akan menghasilkan harga klik yang sangat murah bahkan bisa jadi tidak mendapatkan komisi untuk klik tersebut. Posisi iklan yang paling mudah menyebabkan klik tidak sengaja biasanya berada di bagian atas blog di sekitar navigasi.

Kualitas artikel yang tidak bagus atau jumlah artikel yang sangat sedikit juga dapat menyebabkan pengunjung memalingkan pandangan dari konten ke iklan yang berwarna lebih menarik. Semakin cepat iklan di klik dari waktu mulai tayang, harga klik akan semakin murah karena sistem adsense kemungkinan akan menilai bahwa blog tersebut hanya ingin memancing pengunjung saja.

3. Produk Iklan yang Kurang Jelas

Produk iklan tertentu yang sangat sering muncul biasanya akan memberikan harga klik yang murah dan efeknya iklan dengan kualitas premium jarang muncul karena tergantikan iklan yang murah. Iklan dengan harga murah sering kali mengandung kata-kata aneh seperti kata " Pesugihan " atau sejenisnya, atau dapat di lihat dari domain yang digunakan, iklan dengan harga murah biasanya menggunakan domain gratis yang banyak tersedia.

Cara Mudah dan Aman Meningkatkan CPC Google Adsense untuk Blog


Tidak banyak yang bisa dilakukan oleh publisher blog untuk meningkatkan harga klik dari iklan pada blog mereka karena pihak google adsense mengatur sepenuhnya tentang kebijakan dari harga klik iklan. Tentu saja masih ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh publisher blog untuk meminimalisir jenis iklan yang berharga murah.

1. Jaga Eksistensi Blog atau Website

Blog atau website yang terjaga dan selalu aktif dalam waktu lama misalnya sekitar 10 tahun tentu saja akan memberikan efek positif seperti dipercaya oleh pihak google karena pengunjung unik yang sering datang, di sisi lain tentunya akun adsense yang sudah bertahan lama akan memberikan keuntungan untuk pihak google juga.

2. Posisi Iklan

Tempatkan iklan di bagian blog yang meminimalisir klik tidak sengaja, seperti di bagian bawah artikel, sidebar kanan bagian tengah agak kebawah atau dibagian atas artikel dibawah judul. Jangan terlalu banyak memasang iklan pada blog, dari beberapa sumber jumlah iklan terbaik yang bisa dipasang adalah 3 atau 4 buah saja.

3. Perbanyak Tampilan Halaman daripada Klik

Semakin banyak jumlah halaman yang tampil dan jumlah klik yang semakin sedikit biasanya akan mampu menaikkan harga klik iklan karena blog dipandang oleh pihak adsense sebagai blog yang memberikan klik dengan kualitas bagus.

Nilai perbandingan jumlah halaman yang tampil dan jumlah klik tertera pada kolom CTR, tidak ada acuan berapa jumlah CTR yang aman agar akun adsense aman dari banned tapi tetap ada acuan nilai CTR yang baik dan secara tidak langsung menjelaskan bahwa blog anda memberikan klik yang berkualitas.

Nilai CTR yang baik dan dapat digunakan sebagai acuan posisi iklan yang baik berada pada sekitar 3%. Posisi iklan akan sangat berpengaruh dengan klik yang berkualitas karena iklan akan terhindar dari invalid klik.

4. Kualitas Artikel

Usahakan setiap membuat konten artikel, memberikan informasi sejelas mungkin yang memang dicari oleh pengunjung sehingga pengunjung akan membutuhkan waktu yang lebih lama membaca artikel sebelum melakukan klik pada iklan. Tujuan dan Fungsi Riset Keyword.

Jenis iklan yang tampil pada laman blog, sebagian besar akan sesui dengan isi dari artikel, misalya artikel yang membahas tentang produk mobil, kemungkinan iklan yang muncul adalah jenis iklan tentang produk mobil. Jadi usahakan membuat konten dengan keyword yang membahas jenis produk atau jasa dengan harga klik mahal seperti artikel otomotif, jasa asuransi, atau pariwisata.

5. Blokir Iklan yang Aneh

Bagaimana mengetahui iklan aneh yang sering muncul di blog padahal seorang publisher dilarang melihat iklan pada blognya sendiri secara berulang-ulang ?

iklan penyebab cpc kecil

Cara paling mudah yang dapat dilakukan oleh publisher untuk mengetahui iklan mana yang banyak muncul dan mengandung kata-kata aneh adalah dengan mengaktifkan pusat peninjauan iklan di dasboard google adsense. Dengan mengaktifkan pusat peninjauan iklan, kita dapat mengetahui iklan apa saja yang muncul saat blog diakses oleh pengunjung.

Cari iklan dengan kata-kata aneh atau iklan dari domain gratis, kemudian blokir iklan tersebut. Cara ini tidak bisa dikatakan efektif karena selalu ada trial dan eror, jadi pengalaman mencari iklan yang mempunyai harga klik murah akan sangat dibutuhkan.

Anda dapat mencari informasi pada grub atau komunitas yang membahas adsense secara detail, jangan segan bertanya tentang google adsense dan selalu rajin untuk mencoba, dengan berjalannya waktu anda akan mudah mengetahui mana iklan dengan harga klik mahal dan iklan dengan harga klik murah.

Pembahasan diatas hanyalah sebagian kecil dari dunia google adsense, masih banyak metode Cara Meningkatkan HPK, Harga per Klik, CPC Google Adsense, yang terpenting adalah hasil tidak akan pernah menghianati usaha kita, jadi teruslah belajar dan mencoba. Semoga Sukses !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel