Cara Membuang Baterai Yang Benar Dengan Mengetahui Tipe dan Memisahkan nya

Hariantrendingtopik.com - Bagaiman mengatasi Limbah baterai, Cara Membuang Baterai Yang Benar ini seharusnya sangat diperhatikan sesuai dengan tipe baterai tersebut, mengingat kalau kandungan di dalam baterai ini adalah zat yang sangat bisa dan mampu mencemari tanah, maka disarankan jangan sembarangan membuangnya.

Sebagai informasi buat kamu kalau ternyata Jutaan baterai dengan beragam jenis dan ukuran dibuang setiap tahunnya di Amerika Serikat dan Karena baterai memiliki beragam bahan berbahaya didalamnya termasuk metal dan asam berat, jadi karena bab ini maka baterai bisa menjadi masalah lingkungan yang serius jika tidak dibuang dengan benar.

Coba kamu cek artikel tentang bagaimana cara membuang baterai dengan benar yang Hariantrendingtopik ulas berikut ini, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Cara Membuang Baterai Yang Benar Dengan Mengetahui Tipe

Tips Cara Membuang Limbah Baterai dengan Benar

Dari banyak sumber yang Hariantrendingtopik baca, Tips Cara Membuang Baterai dengan Benar yang pertama yaitu JANGAN buang baterai alkalin di tong sampah biasa. Jadi Baterai alkalin memang harus dikumpulkan dengan kategori sampah rumah tangga berbahaya lainnya untuk didaur ulang secara khusus agar tidak menimbulkan efek pencemaran. 
Sumber Informasi : Limbah Baterai Bekas.

Sepertinya sudah Banyak toko juga menyediakan kotak pengembalian untuk baterai, tapi sayang Hariantrendingtopik jarang sekali menemukan toko yang seperti ini. Kalau di kantor pemerintahan daerah memang sudah ada pemilahan sampah dari lingkungan hidup untuk pembuangan sampah jenis baterai.
 

Baterai Kotak 9-volt

Kemudian untuk Baterai kotak yang 9-volt harus ditutup kontaknya dengan selotip non-konduktif karena bisa dengan mudah menyebabkan kebakaran jika terkena bahan kering yang mudah terbakar seperti kain dan kertas.
 

Baterai alkalin

Sedangkan untuk Baterai alkalin atau mangan yang biasa digunakan di senter, mainan, pengatur jarak jauh (remote control) Contohnya tipe AA, AAA hingga 9-volt, sebaiknya dikumpulkan jadi satu dulu barulah dibuang setelah terkumpul banyak ditempat khusus yang menerima limbah baterai.

Hal ini juga berlaku ketika akan membuang baterai alkalin yang bisa diisi ulang, nikel-metal-hidrid, atau karbon di kumpulan sampah rumah tangga berbahaya, sifatnya sama dengan baterai Alkalin yang sekali pakai.
 

Baterai Jam

Baterai kancing atau baterai yang biasa digunakan untuk jam juga harus dibuang di tempat pembuangan sampah berbahaya karena bahan dasarnya mengandung merkuri oksida, lithium, oksida perak, atau seng dan bahan tersebut dinilai berbahaya dan harus dibuang di tempat pembuangan sampah berbahaya untuk ditangani khusus baterai.

Sebaiknya Buanglah baterai jenis lithium dan lithium-ion di tempat pusat daur ulang baterai, mungkin memang susah ya mencari tempat seperti ini, Hariantrendingtopik juga masih kesusahan cari tempat buat buang baterai. 

Jenis Baterai Lithium ini biasa digunakan di berbagai perangkat mungil dan telah ditandai sebagai baterai tidak berbahaya oleh pemerintah misal baterai di smartwatch atau baterai hp jadul dulu. Seharusnya jenis Baterai ini diterima di pusat daur ulang baterai, tapi mungkin ada tempat yang menolak jenis tertentu.
 

Baterai Isi Ulang

Baterai yang dapat dapat diisi ulang dimana menggunakan bahan lead-acid atau nikel-cadmium di tempat khusus pembuangan sampah berbahaya, kalau bisa sih Baterai jenis ini harus dibawa ke pusat daur ulang itu lebih baik.

Baterai Aki Motor

Nah khusus aki motor, ini tentu sangat mudah karena di penjual aki pun pasti menerima tukar tambah atau aki mati. Sebagai informasi kalau Aki mengandung asam sulfur dan memiliki 6 atau 12 voltase jadi sangat bersifat korosif. Di tempat yang menerima aki mati biasanya menggunakan aki tersebut untuk di daur ulang.

Ketahui Dulu Jenisnya Sebelum Cara Membuang Baterai

Ketahui Dulu Jenisnya Sebelum Cara Membuang Baterai

Begini, sebelum membuang sampah baterai, maka sebaiknya kita bisa tau dan paham dulu klasifikasi pembuangan untuk berbagai jenis baterai nya jadi jangan di sama ratakan, hal ini karena tiap tipe 
  • Baterai mengandung beberapa jenis racun yang sangat berbahaya sendiri- sendiri dan ada juga yang dianggap sebagai barang berbahaya oleh pemerintah, maka dari itu sebaiknya ketahui jenis baterainya sebelum membuangnya.
Kita sebaiknya dan seharusnya membuang baterai bekas dengan benar, jika memang ada sebaiknya dibuang ke tempat pembuangan sampah berbahaya atau tempat daur ulang yang diizinkan untuk mendaur ulang baterai secara resmi.

Karena jika Baterai yang dibuang begitu saja di tong sampah maka bisa saja munjul efek buruk pada lingkungan, contohnya :
  1. Baterai bisa Memenuhi tong sampah dan perlahan akan bocor meracuni tanah dan air.
  2. Setelah hancur, zatnya bisa menguap dan menembus atmosfer apalagi ada Beberapa jenis logam baterai yang bisa menembus jaringan organisme dan meracuninya.

Hal Yang Sebaiknya Di Lakukan

Tentang baterai, disarankan untuk menggunakan baterai ramah lingkungan, misalnya dengan memilih baterai dengan tingkat logam berbahaya yang lebih rendah dan bisa juga mengurangi efek lingkungan di tong sampah.
  • Kemudian kamu bisa Memilih baterai jenis alkalin jika memungkinkan karena pabrik baterai jenis ini sudah mengurangi jumlah merkuri pada baterai mereka sejak tahun 1984 silam.
  • Pilihlah jenis baterai perak oksida dan zinc-air daripada baterai dengan merkuri-oksida yang memiliki tingkat logam berat lebih tinggi.
Baterai isi ulang lebih disarankan untuk digunakan karena tentu akan mengurangi efek lingkungan dibandingkan penggunaan jumlah baterai sekali pakai yang habis. Tapi sebagai informasi saja kalau baterai isi ulang memiliki logam berat, jadi pilihlah baterai isi ulang dengan kualitas bagus agar bisa dipakai lebih lama.
 

Kumpulkan Dulu Sebelum di Buang

Tentang cara membuang baterai yang benar, kamu harus tau kalau baterai tidak bisa dibuang di tong sampah kota secara sembarangan, lebih baik kamu kumpulkan dulu di tempat atau wadah besi agar lebih aman dari bocor ke tanah dan setelah banyak bisa dibawa ke tempat pembuangan sampah atau tempat daur ulang. 

Namun begitu, sampai artikel ini dibuat, Hariantrendingtopik masih kesulitan untuk mencari tempat pembuangan baterai seperti diatas, kadang di tempat daur ulang pun masih menganggap sampah baterai tidak berharga, yaaa nanti Hariantrendingtopik update lagi soal gimana membuang baterai yang benar.