Coba 8 Doa Mancing Ikan Ini agar Bisa Dapat Banyak, Ada Yang dari Nabi Sulaiman

Hariantrendingtopik.com - Semua aktifitas atau kegiatan selayaknya kita awali dengan berdoa, mas Topik ada nih 8 Doa Mancing Ikan yang bisa kamu amalkan, dan semoga nanti banyak dapat sambaran serta bisa pulang dengan puas bawa banyak ikan yang besar.

Sebuah Doa mancing ikan adalah doa yang biasa diamalkan atau diucapkan oleh pemancing muslim saat mereka ingin memulai aktivitas memancing, tentu semua doa ini tujuannya baik dan agar ketika memancing kita bisa dihindarkan dari marabahaya. 

Dari yang Mas Topik cari informasinya, Ada sekitar 8 doa yang bisa kamu amalkan ketika akan mancing ikan dimana maksud dari doa tersebut yaitu meminta kelancaran rezeki seperti yang kita tau kalau mancing itu sedang berikhtiar tentang bab rejeki juga.

Kalau kamu cari doa mancing ikan yang dimaksud, bisa cek di surat Fatir ayat 2 dan 3, serta surat as-Sad ayat 35. Dan Selain dari Al-Qur’an, doa mancing ikan yang dimaksud bisa kamu cek juga dari riwayat doa Nabi Sulaiman ketika menginginkan kerajaan dan tentu saja doa-doa yang sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW yang intinya memohon kesuksesan yang disertai keberuntungan dan rahmat dari Allah SWT.

Kita harus yakin kalau Allah SWT pasti akan mengabulkan doa hambanya yang sedang bersungguh-sungguh berikhtiar dengan berserah diri tentang hasil kepada-NYA. Nah berikut ini mas topik akan membahas lebih dalam dari 8 doa mancing ikan yang bisa kita amalkan sebelum memancing.

Coba 8 Doa Mancing Ikan Ini agar Dapat Banyak, Salah Satunya dari Nabi Sulaiman

Doa Sebelum Memancing Ikan dari dalam Al-Qur’an

Mas Topik akan mencantumkan doa – doa yang bisa diamalkan ketika mancing ikan yang ada dalam Al-Qur’an. Dan dari sumber Liputan6 ada doa Dalam buku berjudul Doa-Doa Terbaik Sepanjang Masa (2013) yang ditulis oleh Ahmad Zacky El-Syafa, kemudian juga ada doa mancing ikan yang tercantum dalam surat Fatir ayat 2 dan 3, dan juga pada surat as-Sad ayat 35 yang bermakna meminta rejeki.

1. مَا يَفْتَحِ اللّٰهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۚوَمَا يُمْسِكْۙ فَلَا مُرْسِلَ لَهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

Maa yaftahillahu lin-nasi mir rahmatin fa la mumsika laha, wa ma yumsik fa la mursila lahu mim ba'dih, wa huwal-azizul-hakim.

Artinya: "Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana." (QS. Fatir ayat 2)

2. قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba'dī, innaka antal-wahhāb.

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi." (QS. Sad ayat 35)

3. يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ هَلْ مِنْ خَٰلِقٍ غَيْرُ ٱللَّهِ يَرْزُقُكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ

Yā ayyuhan-nāsużkurụ ni'matallāhi 'alaikum, hal min khāliqin gairullāhi yarzuqukum minas-samā`i wal-arḍ, lā ilāha illā huwa fa annā tu`fakụn.

Artinya: "Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?" (QS. Fatir ayat 3)

Doa Mancing Bersumber Dari Nabi Sulaiman AS dan Nabi Muhammad SAW

Ketika mancing ikan, bisa juga menggunakan doa yang dinukilkan dari doa-doa yang Nabi Sulaiman ketika meminta kekuasaan dari Allah SWT, seperti bagaiman Doa ini juga diabadikan dalam Al-Qur’an surat an-Naml ayat 30-31 yang harapannya kita diberi rejeki besar dan keberuntungan juga oleh Allah SWT.

4. إِنَّهُ مِن سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ * أَلاَّ تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِين

Innahu min sulaimana wa innahu bismillahir-rahmanir-rahim alla ta'lu 'alayya wa`tuni muslimin.

Artinya: “Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya isinya: 'Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadap-Ku dan datanglah kepada-Ku sebagai orang-orang yang berserah diri.'" (QS. an-Naml ayat 30-31)

Kita juga bisa mengamalkan doa memohon kelimpahan rezeki tentunya sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, meskipun Doa ini sanadnya bukan berasal dari Al-Qur’an dan hadis tapi masih bisa kita amalkan selama makna dan yang diminta itu baik.

Sebagai informasi yang harus kamu tau bahwa doa ini masuk kategori doa ma’tsur dan bersifat maknawi yang artinya makna dari doa itu baik dan dimana sangat umum dibaca oleh umat muslim di Indonesia ketika meminta limpahan rejeki.

5. اَللَّهُمَّاِنِّيأَسْئَلُكَأَنْتَرْزُقَنَىرِزْقًاحَلَالًاوَاسِعًاطَيِّبًامِنْغَيْرِتَعْبٍوَلَامَشَقَّةٍوَلَاضَيْرٍوَلَانَصَبٍاِنَّكَ عَلَىكُلِّشَيْءٍقَدِيْرٌ

Allahumma inni as'aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka'alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu agar Engkau melimpahkan rezeki kepadaku rezeki halal, luas, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."
 

Doa Mancing dan Doa Memohon Keberuntungan

Memancing juga sama halnya dengan bab keberuntungan akan dapat ikan atau tidak, maka dari itu doa meminta keberuntungan saat mancing dan juga dia memohon kelancaran rezeki dari Allah SWT sangat penting di panjatkan sebelum berangkat dan melempar umpan.

6. اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ صِحَّةً فِى اِيْمَانٍ وَ اِمَانًا فِى حُسْنِ خُلُقٍ وَنَجَاحَا يَتْبَعُهُ فَلاَحٌ وَرَحْمَةٌ مِنْكَ وَعَافِيَةً وَمَغْفِرَةً مِنْكَ وَرِضْوَانًا

Allahumma inni as'aluka shihhatan fii iimaanin wa iimaanan fii husni khulukin wa najaahan yatba'uhu falaahun warahmatan minka wa'aafiyatan wa maghfiratan minka wa ridhwaanan

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu kemurnian iman dan akhlak terpuji, serta kesuksesan yang disertai keberuntungan, dan aku mohon rahmat, kesehatan pengampunan, dan keridhaan dari-Mu."

7. اَللّٰهُمَّ يَا اَحَدُ يَا وَاحِدُ يَامَوْجُوْدُ يَاجَوَّادُ يَا بَاسِطُ يَاكَرِيْمُ يَاوَهَّابُ يَاذَا الطَّوْلِ يَاغَنُِّى يَامُغْنِىُ يَافَتَّاحُ يَارَزَّاقُ يَاعَلِيْمُ يَاحَىُّ يَاقَيُّوْمُ يَارَحْمٰنُ يَارَحِيْمُ يَابَدِيْعُ السَّمٰوَاتِ وَاْلاَرْضِ يَا ذَالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ يَا حَنَّانُ يَامَنَّانُ اِنْفَحْنِى مِنْكَ بِنَفْحَةِ خَيْرٍ تُغْنِنِى عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma yaa ahadu yaa waahidu ya maujuudu yaa jawwaadu yaa baasithu yaa kariimu yaa wahhabu yaa dzath thauli yaa ghaniyyu yaa mughnii yaa fattaahu yaa razzaaqu yaa 'aliimu yaa hayyu yaa qayyuumu yaa rahmaanu yaa rahiimu yaa badii'us samaawati wal ardhi yaa dzal jalaali wal ikraam yaa hannaanu yaa mannaanu infahmii minka binafhati khairin tughninii 'amman siswaaka

Artinya: "Ya Allah wahai Dzat yang Maha Esa tiada terbagi-bagi, wahat Dzat yang Maha Esa tidak bersekutu, wahai Dzat yang Maujud, wahai Dzat yang Maha pemurah, wahai Dzat yang Maha pembagi, wahai Dzat yang Mahamulia, wahai Dzat yang Maha pemberi, wahai Dzat yang Memiliki anugrah, wahai Dzat yang Maha kaya, wahai Dzat yang Maha pemberi, wahai Dzat yang Maha pembuka pintu rezeki, wahai Dzat yang Maha mengetahui, wahai Dzat yang Mahahidup, wahai Dzat yang Maha pengasih, wahai Dzat yang Maha penyayang, wahai Dzat yang Maha pemberi anugerah, limpahkanlah reseki dari-Mu dengan kelimpahan sebaik-baiknya yang dapat memberikan kecukupan bagi diriku, terlepas dari pengharapan pemberian siapapun selain Engkau."

8. اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563)

Itulah 8 Doa Mancing Ikan yang bisa kamu amalkan yang dimana doa tersebut bersumber dari Al Quran dan al Hadist, serta dinukilkan dari riwayat nabi serta doa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW untuk meminta limpahan rizki, keberuntungan serta perlindungan dari Allah SWT.

Ya, meskipun semuanya adalah dari usaha kita sendiri, tapi tetap saja meminta dan berdoa kepada Allah SWT adalah yang utama, mengingat kita adalah hamba yang hanya bisa berikhtiar dan akhirnya semua hasil adalah Allah SWT yang menentukan.