Tips dan Trik Mancing Ikan di Saat Musim Hujan, Persiapankan Jas Hujan Anti Angin !

Hariantrendingtopik.com - Memancing Ikan di Saat Musim Hujan dan banyak angin tentu punya cara dan triknya sendiri, mengingat kalau ketika musim hujan akan meningkatkan volume air dan juga kekeruhannya. 

Okkeee Memancing, seperti yang sudah kita tau merupakan salah satu kebiasaan atau kegemaran yang biasa dilakukan oleh beberapa orang yang bertujuan untuk sekedar mengisi waktu luang atau pun memang karena orang tersebut suka dengan aktifitas ini.

Jika kamu mempunyai hobi memancing, sudah pasti ketika sedang ada waktu luang akan segera berangkat mancing, tidak peduli dengan cuaca yang ada, entah itu sedang cerah ataupun sedang hujan, mendung pun pastinya tidak dihiraukan.

Cara Trik Mancing Ikan di Saat Musim Hujan

Ketika hujan, suhu air turun dan karenanya akan membuat ikan enggan untuk memakan umpan, apalagi dengan getaran permukaan air yang disebabkan dari air hujan, maka pelampung akan selalu bergerak sehingga susah membedakan apakah umpan sudah di makan ikan atau hanya bergerak biasa.

Cara Trik Mancing Ikan di Saat Musim Hujan

Hariantrendingtopik punya nih beberapa tips Mancing Ikan di Saat Musim Hujan agar bisa tetap mancing ikan walaupun dengan keadaan yaaaaaa seperti kita tau bagaimana spot mancing kalo lagi hujan.

1. Persiapkan dan Kenakan Pakaian Pelindung

Tips dan Cara pertama yang harus kamu lakukan yaitu Gunakan pakaian pelindung agar tubuh tidak basah oleh siraman air hujan, hal ini sangat penting, tentu saja perlindungan diri harus diutamakan barulah setelahnya memancing.

Dari pengalaman banyak pemancing yang berangkat kala hujan, kondisi tubuh yang terus menerus tersiram air hujan saat memancing akan memicu terjadinya hipotermia karena suhu yang terus turun, hal ini ditandai dengan keadaan tubuh yang mengigil, tremor atau bahkan ketidakmampuan untuk mengendalikan pancing dan joran, maka nya perlindungan diri agar tetap aman dari penurunan suhu sangatlah penting.

2. Saran Saja Pakai Teknik Melayang

Ketika mancing di waktu hujan, umumnya dan normalnya ikan malas bergerak ke permukaan, jadi sebaiknya penggunaan pelampung harus di setel agak naik atau yang biasa disebut teknik melayang, dengan begitu pemberat bergerak lebih cepat dalam hingga hampir mencampai dasar. 

Dengan posisi umpan yang melayang, harapannya ikan yang berukuran lebih besar akan cenderung lebih tertarik untuk memakan umpan.

3. Jangan Di Tempat Yang Terbuka

Bab yang penting dari Tips dan Trik Mancing Ikan di Saat Musim Hujan Paling harus di lakukan yaitu hindari tempat terbuka, terlebih lahi jika sedang hujan lebat disertai petir.

Tujuannya untuk meminimalkan resiko tersambar petir, dan juga menghindari tempat terbuka bertujuan untuk meminimalkan kontak dengan air hujan yang cenderung mengakibatkan turunnya suhu permukaan tubuh.

4. Jangan Mancing Masuk di Tengah Aliran Sungai

Kondisi arus aliran sungai sangat sering berubah ketika musim hujan, bahkan bisa jadi kadang banjir datang secara tiba-tiba karena hujan di hulu, jadi sebaiknya jangan memancing dengan cara berada di bebatuan yang ada di tengah sungai, Karena jika tiba tiba banjir tentu tidak mungkin bisa cepat lari ke pinggiran sungai.

Kemudian kalau mengambil posisi di pinggiran sungai, kamu harus tau jalur lari evakuasi yang akan kita lewati apabila terjadi banjir bandang, bahasa mudahnya jalur untuk lari mudah terlihat dan dilewati.

5. Sebaiknya Gunakan Barel Swivel

Tips yang disarankan dari pemancing profesional, sebaiknya menggunakan penuntun umpan atau dikenal dengan barel swivel, bab ini akan memperbesar peluang keberhasilan saat turun hujan, karena disebutkan penggunaan barel swivel yang berfungsi sebagai stoper timah.

Jadi nanti efeknya umpan akan terlihat bergerak secara alami mengikuti arus, dan secara ilmu perikanan, ikan akan lebih tertarik untuk menghampiri kail.

6. Gunakan Umpan Yang Sesuai di Musim Hujan

Cara terakhir yang sangat penting dan harus diperhatikan yaitu menyesuaikan umpan dengan jenis ikan yang hendak dipancing serta bisa juga menggunakan essen atau penguat bau umpan, contohnya cacing posphor untuk memancing ikan nila, ulat daun pisang untuk memancing ikan mujair dan sebagainya.

Jadi dengan menggunakan umpan yang sesuai dengan makanan ikan yang dipancing, harapannya kita dapat peluang keberhasilan yang lebih baik, usahakan agar umpan yang digunakan lebih amis agar tidak kalah dengan aroma air hujan, seperti yang mastopik bahas tadi, bisa menggunakan penguat bau umpan.

Mungkin itulah Cara Tips dan Trik Mancing Ikan di Saat Musim Hujan Melanda yang cukup sering terjadi, dan jangan lupa berdoa ya, semoga diberikan keberuntungan saat mancing dan juga bisa pulang dengan selamat sampai rumah.