Sudah Tau ( Satu ) 1 Galon Aqua Berapa Liter ? Ini Konversi Satuan Ukurannya !

Hariantrendingtopik.com - Satu 1 Galon Aqua Berapa Liter ? Itu sepertinya menjadi pertanyaan umum ya ketika mau beli galon aqua atau mungkin sering juga ditanyakan oleh konsumen yang menggunakan galon aqua, tujuannya sih sederhana, kadang cuma pengen tau dan ada juga yang menghitungnya dari harga dibagi jumlah liter, jadi nanti akan kelihatan harga per liter nya.

Nahhhh Apakah kamu tau berapa liter isi 1 galon Aqua yang biasa dijual ditoko ? Oke kita anggap saja semua kenal dengan Aqua, yaa salah satu merk dagang air minum kemasan yang menjual produk air kemasan bagi masyarakat Indonesia. Yang dijual juga bervariasi kemasannya, ada yang kemasan gelas, botol mini, botol tanggung dan juga ada yang botol besar, terutama dari ukuran galon untuk rumahan.

Kalau kita lihat untuk sekarang maka Aqua kemasan galon bisa dikatakan menjadi produk yang memiliki volume terbesar di antara semua produk Aqua, maksudnya ya belum ada yang lebih besar dari ukuran galon. Memang ukuran ini sangat pas untuk kebutuhan air minum skala rumah tangga, satu Aqua galon bisa digunakan untuk beberapa kali minum satu keluarga, per galon saja normalnya bisa sampai 2 hari.

Pertanyaan yang sering muncul yaitu 1 galon Aqua berapa liter ? Mungkin tujuannya sederhana, apakah jumlah literannya bisa buat minum sekeluarga atau bisa juga menghitung harga per liternya. Kalau membahas jumlah liter isi 1 galon Aqua tentu hampir sama dengan produk air galon kemasan dari merk lainnya, yang seukuran tentu, misal ada beda pun paling sedikit saja.

Hariantrendingtopik ingin membahas nih tentang pertanyaan 1 galon Aqua ada berapa liter, semoga saja informasinya bisa bermanfaat dan menjawab pertanyaan kamu ya.
 
Sudah Tau 1 Galon Aqua Berapa Liter ? Ini Penjelasannya !

Konversi Ukuran Galon Aqua ke Satuan Liter

Ada baiknya kita membahas dulu apa itu satuan galon sebelum masuk ke konversi literan nya agar bisa paham perbedaan dasarnya.
 

Apa Itu Satuan Galon ?

Galon adalah sebuah atau salah satu sebutan satuan untuk menyatakan volume dan sering disingkat dengan gal, jadi galon plastik itu mengikuti sebutan dari satuan volume air didalamnya

Satuan galon awalnya populer digunakan di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa Barat dimana awal-awalnya dipergunakan untuk menakar bir dan anggur di Inggris.

FYI sebagai informasi buat kamu, secara istilah dari “galon” berasal dari kata “galun”, dalam bahasa Prancis disebut “galon” Selain itu sebutan galon juga pernah diistilahkan dengan “jale” dalam bahasa Prancis Kuno dan “gellet” dalam bahasa Inggris Kuno yang tentu masih banyak variasi istilah lainnya.

Pada dasarnya sebutan Galon tidak digunakan sebagai satuan baku untuk satuan volume yang digunakan karena nilainya yang berbeda-beda di masing-masing negara, maka dari itu satuan galon lebih sering berlaku secara lokal saja misalnya di negara kita Indonesia, Galon biasa untuk sebutan satuan isi air di botol plastik minum galonan, jadi disebut dengan galon ya segitu itu.

Contohnya misal Di Britania Raya dan Kanada 1 galon setara dengan 4,546 liter nah kemudian di Amerika Serikat 1 galon setara dengan 3,79 liter jadi tidak sama ya, kalau di Indonesia lebih mendekati satuan untuk Amerika serikat di 3.8 an.

Kemudian Informasi Tentang Aqua

Dari istilah bahasa, Aqua bisa merepresentasikan dari Air. Kemudian tentang merk Aqua adalah nama sebuah merk air minum kemasan yang telah melayani konsumen Indonesia sejak tahun 1973 dan perusahaannya yaitu PT. Aqua Golden Mississippi dimana tiap hari memproduksi ratusan ribu liter air minum dengan berbagai kemasan, Perusahaan ini didirikan oleh pengusaha bernama Tirto Utomo asal Wonosobo, Jawa Tengah.

Kemudian singkat cerita Pada tahun 1998 perusahaan ini telah diakusisi oleh Danone Group dan dari sinilah Aqua dikenal menjadi sebuah merk produsen air minum kemasan yang unggul dari segi penjualan dan kualitas hingga sekarang ini.

Melihat Varian Produk Air Minum Aqua

Ketika ulasan ini mas Topik buat, ada beberapa varian produk air minum kemasan yang diproduksi oleh Aqua dan sering kita lihat di marketstore, seperti berikut ini :
  • Aqua Kemasan Gelas 240 ml
  • Aqua Kemasan Botol 300 ml ( sering disebut mini )
  • Aqua Kemasan Botol 600 ml ( sering disebut tanggung )
  • Aqua Kemasan Botol 1.500 ml ( sering disebut botol besar )
  • Aqua Kemasan Galon 19 Liter ( yang dipasang di dispenser )

Kita Bahas Ukuran Galon Aqua

Nah, masuk ke pembahasan ukuran dari Aqua galon yang paling banyak memenuhi permintaan masyarakat terhadap kebutuhan air minum rumahan keluarga. Aqua galon memiliki Volume isi paling banyak jika diukur dalam liter dibanding dengan varian kemasan aqua lainnya.

Yang kamu beli bentuk galon besar dan dipasangkan pada dispenser, ya itulah artinya kamu beli air minum merk Aqua dengan ukuran 5 Galon atau 19 Literan, dari situ sebutan paling gampang jadi “Aqua Galon”.
 

Satuan 1 Galon Aqua Berapa Liter ?

Okee Merk air minum Aqua memiliki standar tersendiri terkait volume isi dari air galon yang diproduksi yaitu, 1 galon Aqua berisi 19 liter air minum, jadi memang di sesuaikan dengan kebutuhan volume air minum rumah tangga yang bisa dibawa oleh satu orang.

Jadi ketika kamu membeli produk Aqua galon di toko maka akan mendapatkan air minum sebanyak 19 liter dalam satu kemasan “Galon”.

1 Galon Aqua 19 Liter 
  • Kemasan 1 Galon Plastik Aqua berisi Volume 5 Galon air
  • Ukuran 1 Volume Galon yang Dipakai Aqua yaitu sekitar 3.8 Liter an
  • 5 Galon Air dalam botol Aqua sama dengan 19 Liter an
  • Jadi Kemasan 1 Galon Air Minum Aqua berisi 19 Liter

Harga Beli Galon Aqua Air Minum

Kemudian kita coba hitung berapa harga beli dari galon Aqua sama airnya, jadi nanti bisa terlihat berapa harga air per liternya.
  • Harga beli galon aqua dengan isinya ketika ulasan ini dibuat mas Topik sekitar Rp 55.000
  • Harga dari Galon kosong nya saja Rp 35.000
  • Kalau isi ulangnya sekitar Rp 20.000
  • Jadi Rp 20.000 dibagi 19 Liter = Hasilnya Sekitar Rp 1.052 Per Liter nya
Kalau pakai jasa antar tentu harganya beda ya, pasti ada tambahan harga untuk bensin, tenaga dan alat transportasinya

Tentang Aqua Galon Asli Vs Palsu

Karena air minum Aqua galon sudah sangat populer, tentu akan ada oknum nakal yang memanfaatkanya dengan memproduksi Aqua galon palsu, beda asli dan palsu ini bukan di ukuran Galonnya ya, melainkan air didalamnya. Kalau yang asli sesuai dengan standar air minum aqua.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pembeli untuk membedakan Aqua galon asli dengan palsu. Seperti berikut :
  1. Pertama Kemasan galon tempat air minum akan tersegel rapat dan dalam bentuk yang utuh, jika terlihat ada yang janggal atau segelnya berubah maka sebaiknya jangan dibeli.
  2. Kedua tentang Segel Galon, Aqua galon asli pasti tersegel dan tertutup rapat. Segel yang digunakan saat ini berwarna biru dan putih terdapat tulisan tebal "Aqua" berwarna putih, dan juga jika dipegang dengan tangan maka segel akan terasa tebal dan kencang.
  3. Bagian samping segel penutup Aqua galon berbentuk tetesan air, ini desain ori dari Aqua asli. Jadi jika tanda tersebut tidak ada, bisa dipastikan Aqua galon tersebut palsu.
  4. Cek dari kualitas air yang berada di dalam galon, yang asli tentu airnya jernih, bebas kotoran, tidak berbusa, dan steril dan terlihat bersih. Ketika membeli Aqua galon asli pun kamu akan diberikan tisu pembersih debu yang berkemasan plastik dengan logo Aqua.
Kira-kira seperti itulah ulasan dari mas Topik tentang satuan 1 Galon Aqua Berapa Liter. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Dam juga jangan lupa Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya dan jadi tau 1 Galon Aqua itu berisi 5 galon atau 19 Liter air minum.