Persiapan Yang Harus Di Lakukan Sebelum Memancing Ikan

Kegiatan dan hobi memancing memanng menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan karena tidak ada batasan usia atau kemampuan fisik khusus untuk melakukan aktifitas ini.

Meskipun bebas untuk dilakukan semua usia tentu kita juga harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum memancing ikan misalnya menyiapkan peralatan dan perlengkapan serta kondisi fisik.

Secara teknis ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi memancing ikan ke danau ataupun ke laut. Berikut Mas Topik merangkum persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum memancing.

Persiapan Penting Sebelum Memancing Ikan

Persiapan Penting Sebelum Memancing Ikan

1. Perhatikan dan Perhitungkan Perkiraan Cuaca

Sebelum kamu memutuskan untuk pergi memancing hal pertama yang harus dilakukan yaitu memperhatikan dan memeriksa ulang prakiraan cuaca di daerah spot tempat memancing nantinya.

Dengan memperhatikan dan memperhitungkan prakiraan cuaca maka kamu juga bisa mempersiapkan ham tambahan yang lebih detail misalnya pakaian apa saja yang harus dibawa serta mungkin jas hujan atau kantong plastik tambahan.

Disisi lain dengan mengetahui perkiraan cuaca nantinya akan bisa mempersiapkan lebih baik peralatan yang akan dibawa oleh tim serta memperhitungkan sarana transportasi yang akan digunakan menuju dan ketika di spot memancing.

2. Persiapkan Fisik Dengan Tidur Cukup

Sebelum berangkat ekspedisi memancing sangat disarankan untuk kamu menjaga kondisi fisik agar selalu prima dengan cara tidur malam yang cukup serta mempersiapkan multivitamin harian.

Jangan banyak begadang atau meminum kopi sebelum besok berangkat memancing memancing karena akan melemahkan hati dari kondisi terbaiknya dan juga jangan mengonsumsi kafein dan obat-obatan dalam bentuk apapun yang menyebabkan asam lambung naik sebelum ke kapal.

3. Kemas Peralatan dan Piranti dengan Benar

Seperti tipe olahraga outdoor lainnya, sebelum berangkat ke spot sebaiknya melakukan persiapan dan pengemasan peralatan atau perlengkapan dengan baik serta tepat sesuai dengan kapasitas tempat yang ada, kemudian pilihlah dan bawa barang barang prioritas untuk keperluan mancing.

Mungkin barang sepele yang sering disepelekan seperti obat-obatan, obat kumur, sampo, dan tisu bayi harus dibawa karena akan sangat penting jika perjalanan mancing akan memakan waktu seharian.

Melakukan daftarisasi list barang juga disarankan untuk dilakukan seperti menulis peralatan yang akan dibawa dan mencoret beberapa di antaranya jika dinilai kurang penting sehingga yang dibawa nantinya sesuai dengan kebutuhan.

Apabila memancing di musim dingin atau musim hujan maka pakaian tahan air dan perlengkapan hujan hingga peralatan anti badai harus menjadi prioritas yang harus dibawa.

4. Pentingnya Tabir Surya dan Pelingdung Kulit

Kegiatan memancing sebagian besar dan pada umumnya pasti dilakukan pada tempat terbuka dan jarang sekali dilakukan dibawah pohon, apalagi ketika dilaut lepas, maka sudah pasti kulit akan bertahan melawan sinar matahari.

Membawa perlengkapan pelindung kulit seperti tabir surya atau pakaian yang bisa mengantisipasi panasnya sinar matahari akan sangat disarankan

Terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa pelindung tentu bisa saja membuat kulit bermasalah, dengan pakaian khusus dibawah matahari atau tabir surya akan bisa menjaga kondisi kulit kamu.

Jadi ketika memacing seharian kulit akan lebih terlindungi dari efek tesengat matahari seperti mengelupas, kemerahan, dan gatal-gatal dan kadang disertai perih.

Kemudian tabir surya juga sangat direkomendasikan karena bisa melindungi dari gangguan kulit seperti penuaan dini atau bahkan kanker kulit yang tidak di inginkan karena efek tersengat sinar matahari dalam waktu lama.

Penutup Persiapan Sebelum Memancing Ikan

Meskipun kegiatan ini terlihat simpel dan aman tapi tetap saja ada beberapa Persiapan Yang Harus Di Lakukan Sebelum Memancing ikan agar ketika sampai di spot nantinya aktifitas kita saat melempar kail tidak terganggu hal-hal sepele.