Cara Minum Madu Yang Benar Agar Bisa Mendapatkan Manfaat Secara Maksimal

Hariantrendingtopik.com - Madu termasuk salah satu jenis bahan makanan yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, maka dari itu itu cara meminumnya juga harus diperhatikan dengan benar agar bisa mendapatkan efek manfaatnya yang maksimal.

Bagaimana caranya mengonsumsi madu justru tidak kalah penting juga dengan meminum madu itu sendiri, yaa meskipun kita tidak bisa memungkirinya kalau madu masih termasuk pemanis tambahan atau bahan makanan yang ditambahkan agar memberikan rasa manis.

Mengkonsumsi madu yang dilakukan secara berlebihan pun juga tidak baik. Dari penelitian para ahli gizi, tidak diperboleh kan mengkonsumsi jenis gula dari 6 sendok teh takaran perharinya untuk wanita dan tidak lebih dari 9 sendok teh untuk pria perharinya begitupun dengan minum jenis madu.

Jenis Madu asli berasal dari sumber alami seperti dari madu hutan, lebah ternak dan sebagainya, tetapi menjadi berbeda masalah ketika sudah menjadi kemasan “produk madu” karena di dalam kandungannya pastilah ada bahan bahan tertentu yang ditambahkan seperti pengawet dan gula.

Permasalahan akan muncul ketika tubuh menganggap gula dan madu itu sama meskipun hasil penguraiannya secara metabolismenya berbeda.

Cara Minum Madu Yang Benar Agar Dapat Manfaat Maksimal

Cara mengonsumsi madu yang benar sangat penting dengan memperhatikan jumlah takaran perharinya agar tidak masuk ke kategori berlebihan. Pada Umumnya Madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, jadi disarankan untuk mendapatkan asupan dibawah bawah 100 kalori khusus wanita dan 150 kalori khusus pria per harinya, jangan lebih dari itu.

Ada Hal yang harus kamu perhatikan ketika mengkonsumsi madu, karena di dalam madu ini juga mengandung fruktosa yang hampir mirip dengan gula, jadi pastikan takarannya sesuai.

Caranya Minum Madu Yang Benar Agar Dapat Manfaat yang Maksimal

Memilih Jenis Madu

Hal Pertama yang harus dipahami yaitu madu memiliki banyak jenis, jenis utamanya mulai dari organik, dark, light, raw, dan filtered, nah jenis jenis tersebut merupakan acuan darimana sumber madu dihasilkan.

Perbedaan dari jenis madu juga berdasarkan sumber bunga yang nektarnya dikonsumsi lebah mulai dari warna, rasa, dan kandungan nutrisi madu itu juga mengacu pada nektar si lebah jadi madu yang dihasilkan juga pasti berbeda.

Cara memilih madu yang benar bisa di cek dari rasanya sehingga disesuaikan dengan penggunaannya, contohnya nih madu dengan rasa kuat lebih baik untuk campuran makanan dan bukan dikonsumsi langsung.

Madu asli akan sangat terlihat dari warnanya yang terlihat berwarna gelap karena disebutkan memiliki kadar antioksidan lebih banyak walaupun dari segi rasa lebih pahit dari biasanya maka dari itu sesuaikan jenis madu dan penggunaannya, sekarang ini dikota tidak mudah untuk mendapatkan madu yang benar benar asli, jadi pastikan dapat merk yang terpercaya.

Memilih Kualitas Madu

Kemudian yang terbilang sulit karena kualitas madu “yang sebenarnya” hanya bisa dipahami oleh para pakar pakar madu dari pengalaman yang panjang, apalagi jika sudah menjadi kemasan siap konsumsi, jadi sangat penting untuk memperhatikan list gizi yang tercantum. Jadi jika kamu memang rutin mengkonsumsi madu, maka lebih baik pelajari dan lakukan riset terlebih dulu tentang kemurnian dan kualitas madu, terutama dari merk yang didapat.

Selalu baca pada kemasan madu, cek rekomendasi dari mereka yang berpengalaman dibidangnya dan jangan mudah tergiur dengan harga murah hanya karena embel-embel asli dari hutan. Pilihlah madu dengan merek - merek ternama walaupun secara nilai harga lebih mahal.

Hal yang harus kamu tau, bentuk madu yang bisa dibilang bagus itu tidak cair seperti sirup dan tidak terlalu terasa lengket di tangan, dan dari baunya lebih beraroma bunga bukan wangi gula. Kalau ingin tau madu yang asli seperti apa, cobalah jalan-jalan ke pelosok jalan tembus area hutan, disana kadang ada madu hutan yang dijual, harganya mahal memang, tapi kamu bisa tau madu asli itu bagaimana.

Penyajian Madu

Cara mengkonsumsi madu yang benar yaitu dengan langsung minum pertakaran sendok teh, bukan sendok makan. Lebih nyaman di lidah dan perut bisa dengan mencampurkan madu dengan bahan makanan lain, seperti mencampur satu sendok makan madu ke dalam teh atau bisa juga dengan roti.

Jenis-jenis makanan yang lebih enak dinikmati jika ada rasa manis, maka kamu bisa menggunakan madu sebagai perasanya dibandingkan menambahkan gula, jika sebagai campuran kue juga oke, tapi kadar campurannya haruslah diperhatikan lebih tertakar.

Madu Untuk Anak

Jika madu akan di konsumsi anak makah harus sangat diperhatikan karena tidak boleh memberikan madu kepada anak yang berusia di bawah satu tahun, alasannya karena di tubuh bayi masih bisa berkembang racun dari jenis bakteri tertentu yang bernama Clostridium Botulinum, maka berhati-hatilah tentang ini.

Anak diatas satu tahun baru bisa diberikan madu dengan takaran yang tepat, perhatikan betul takaran yang harus dan bisa diberikan, tiap anak beda beda, disesuaikan juga untuk kebutuhannya.

Itulah tips dan bagaimana cara mengkonsumsi madu yang benar dan harus duperhatikan agar bisa mendapatkan manfaatnya yang maksimal dan menjadikan badan kita menjadi lebih sehat. Semoga informasi dari HarianTrendingTopik diatas bermanfaat ya.