Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menjual Emas ?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menjual Emas ?

Hariantrendingtopik.com - Berinvestasi dengan logam mulia seperti emas pastinya harus tau kapan waktu yang tepat untuk menjual emas agar investasi kontan tersebut bisa langsung diuangkan dan tentunya harus menguntungkan.

Secara garis besar dan pada umumnya waktu menjual emas yang baik pasti ketika harga emas di posisi tertinggi. Tapi permasalahannya bagaimana bisa kita mengetahui apakah saat itu waktu yang tepat dan emas berada di harga terbaik atau tidak.

Karena pasti ada pertanyaan demikian, Kang Hartrop punya sedikit tips nih buat kamu yang mungkin bisa kamu ikuti ketika bingung kapan harus menjual investasi emas kamu.

Waktu Terbaik untuk Menjual Investasi Emas


Semua jenis investasi emas dalam bentuk apapun bisa menggunakan pertimbangan ini karena harga emas mengikuti satu tolak ukur yaitu nilai naik turunnya harga emas antam.

1. Perhatikan Jangka Waktu Investasi

Langkah pertama kamu harus memperhatikan jangka waktu investasi yang sudah berjalan. Untuk keuntungan yang bagus atau signifikan, usia investasi emas harus sudah lebih dari 5 tahun penyimpanan. Sekitar 10 tahun juga sangat bagus.

Kalau masa penyimpanan investasi emas masih dibawah 5 tahun, tetap menguntungkan tapi rasanya keuntungan yang didapat tidak terlalu tinggi hanya 20%-35% saja.

Dengan catatan tujuan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan yang tidak tergerus inflasi sedangkan investasi kontan bertujuan untuk menyimpan suatu nilai investasi dimana dapat di uangkan kapan saja.

Maka dari itu jika ada kondisi pengecualian seperti kamu benar benar membutuhkan suntikan dana untuk keuanganmu, kamu bisa segera menjual investasi emas saat itu juga tanpa memikirkan jangka waktu investasi. Kalau tidak urgent, usahakan masa inves harus diatas 10tahun.

Topik Pilihan Editor :
2. Perhatikan dan Catat Harga Emas dalam 2 Bulan

Untuk bisa menjual emas di waktu terbaik kamu harus mengetahui pola dan kondisi naik turunnya harga emas paling tidak dalam 2 bulan terakhir.

Caranya gampang saja, gunakan harga emas antam sebagai tolak ukur atau patokan kemudian ikuti harganya di situs berita nasional atau situs yang update harga emas, kemudian catat misal ditanggal sekian harga emas antam sekian dan seterusnya.

Sampai kamu mendapat data naik turun harga emas antam dalam 2 bulan barulah kamu akan bisa tau kapan waktu yang tepat untuk menjual investasi emas kamu.

Sebagai tolak ukur kedua, perhatikan nilai harga emas tertinggi dalam 2 bulan kebelakang pada data yang kamu catat tadi, dan kira kira nilai tertinggi itu berada di kisarang tanggal berapa, minggu pertama kedua ketiga atau keempat. Simpan nilai dan kisaran tanggal tersebut.

3. Perhatikan Kejadian Skala Nasional dan Internasional

Maksud Kang Hartrop dari memperhatikan kejadian skala nasional atau internasional adalah apakah dalam periode atau bulan tersebut terdapat sebuah kejadian bisa bencana atau peningkatan pasar dalam skala dalam negeri dan luar negeri.

Contohnya, jika saat itu terjadi penurunan daya beli masal atau krisis ekonomi maka jangan jual dahulu investasi emas kamu. Atau mungkin juga ada bencana besar seperti tsunami beberapa dekade lalu, pokoknya kejadian yang ramai di bahas situr berita besar, maka jangan jual investasi kamu.

Kalau berniat menjual investasi emas pastikan dalam waktu 30 hari terakhir kondisi pasar stabil kondusif dan tidak ada kejadian besar terjadi.

4. Perkiraan Waktu yang Bagus Untuk Menjual Emas

Oke, misal masa simpan investasi sudah cukup lebih dari 5 tahun, memantau harga emas sudah dan didapat nilai harga emas antam tertinggi serta kisaran tanggalnya, kemudian kondisi pasar nasional aman aman saja saatnya kamu menjual investasi emas agar mendapat keuntungan besar.

Waspadai minggu dimana dari data 2 bulan sebelumnya harga emas mencapai nilai tertinggi. Atau kadang terjadi tiba-tiba harga emas menyamai harga nilai tertinggi periode sebelumnya di tanggal yang berbeda.

Kalau tidak ada lonjakan harga emas antam, maka jual la investasi emas kamu ketika minggu minggu harga emas antam naik dan nilainya hampir sama dengan nilai harga emas tertinggi dua periode kemarin. Naik turunnya bisa 10.000-15.000 harga tertinggi.

Misal nilai harga jual emas tertinggi bulan kemarin 720.000 per gram maka kamu bisa menjualnya ketika harga jual emas sekarang antara 710.000 atau lebih dari 720.000 tentunya kamu sudah mendapatkan keuntungan yang bagus.

Kalau ada lonjakan harga di minggu yang berbeda dari data yang sudah dikumpulkan, jangan langsung dijual tapi perhatikan dulu 2 hari setelahnya apakah naik turunya stabil atau drastis. 

Kalau turun drastis maka kamu harus sabar menunggu periode depan, kalau terasa stabil kamu bisa menjualnya saat itu.

Kenapa Ribet Menentukan Waktu yang Tepat Menjual Emas ?


Bukan ribet, inti dari kerumitan mencari data harga emas dan menunggu pola yang sama tidak lain bertujuan agar nilai investasi emas yang kita uangkan bisa mendapat keuntungan besar atau keuntungan yang signifikan.

Akan berbahaya jika kita tidak memperhatikan dan menunggu harga emas, kalau kita menjual emas di sembarangan tanpa riset dan mengetahui pola harga kemudian tiba tiba harga jual emas turun drastis tentunya akan sia sia, buat apa investasi emas kalau hanya untung sedikit.