Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Kaya Setelah Pensiun

Cara Menjadi Kaya Setelah Pensiun

Hariantrendingtopik.com - Menjadi kaya setelah masuk masa pensiun pastinya di inginkan oleh semua orang, apalagi bisa santai dan leha leha namun tetap ada pemasukan setiap bulannya.

Sayangnya menjadi kaya setelah pensiun tidak semudah yang diucapkan, di sisi usia sudah tidak produktif pendapatan juga mulai berkurang.

Karena itu cara menjadi kaya setelah pensiun nanti harus dilakukan dari sekarang selagi masih bekerja, kalau tau dan paham langkah langkahnya mudah saja kok untuk jadi kaya setelah tidak bekerja.

Ada beberapa langkah yang kang Hartrop rincikan sehingga setelah masuk masa pensiun, kamu sudah punya sistem investasi yang tinggal menunggu waktu membuatmu kaya.

Cara Menjadi Kaya Setelah Pensiun


1. Fokus ke Kemerdekaan Finansial Selama Masih Bekerja

1. Fokus ke Kemerdekaan Finansial Selama Masih Bekerja

Oke Kang Hartrop akan ulas sedikit tentang apa itu kemerdekaan finansial. Kemerdekaan financial atau financial freedom bukanlah memiliki uang yang banyak melainkan kondisi keuangan kamu tidak terbebani oleh hutang tagihan dan sejenisnya.

Sehingga ketika kamu mendapatkan gaji atau penghasilan maka nilai uang tersebut bisa bebas kamu gunakan untuk apa saja tanpa harus memikirkan membayar tagihan cicilan angsuran atau sejenisnya.

Kenapa harus mencapai kemerdekaan financial ketika masih bekerja ? Yap jawabannya sederhana dengan kondisi keuangan yang bebas digunakan untuk apa saja kamu bisa memfungsikan aliran penghasilan kamu untuk membangun sistem investasi mandiri.

Tapi sekali lagi, mencapai kemerdekaan finansial tidak mudah, kamu harus rela menahan keinginan untuk membeli sesuatu yang tidak penting dan membebaskan keuanganmu dari beban hutang atau sejenisnya.

Jika kamu bisa sampai di titik kemedekaan financial maka membangun sebuah sistem investasi bisa dilakukan lebih cepat.

Tolak ukurnya gampang, ketika kamu mendapatkan gaji atau penghasilan, kamu tidak terbebani dengan membayar hutang dan pembagian kebutuhan jelas. Seperti sekian untuk rumah tangga, sekian untuk biaya bulanan dan masih ada sisa untuk menabung.

Ketika kamu merasakan membagi penghasilan untuk beberapa kebutuhan besar saja dan tidak merasa pusing, maksudnya lega dan tidak terbebani.

Saat itulah kamu sudah masuk ke kemerdekaan finansial. Percayalah untuk sampai ketitik ini sangat berat apalagi dengan status sebuah keluarga.

2. Ambil Langkah Investasi Mulai Sekarang

2. Ambil Langkah Investasi Mulai Sekarang

Topik Pilihan Editor :
Setelah bisa mencapai kemerdekaan finansial atau financial freedom, tidak harus sepenuhnya bisa 60-70% saja, kamu sudah bisa melangkah mengambil sebuah investasi.

Jenis investasi yang harus kamu ambil atau beli dalam bahasa formalnya adalah jenis investasi jangka panjang seperti investasi emas, tanah, properti, atau saham dan reksadana.

Pokoknya sebuah investasi yang nilainya pasti naik signifikan dalam kurun waktu 5-10 tahun. Apapun jenis investasinya. Disini muncul sebuah tuntutan agar kamu mau belajar kembali dan memahami nilai perkembangan investasi.

Jadi Setiap periode 5 tahun tingkatkan jumlah investasimu sampai nilainya bisa mengcover semua kebutuhan dan sampai di titik gajimu benar benar tidak perlu digunakan sepersenpun, kalau bisa.

Setelah itu kamu bisa lanjut ke point nomor 4, tapi tetap ada point nomor 3 sebagai "warning" karena biasanya setelah ada uang nganggur akan muncul rasa "bisa nih ambil hutangan besar untuk membeli ini dan itu".

3. Hindari Segala Jenis Hutang

Pada poin ini ada sebuah syarat yang harus kamu patuhi dan laksanakan dengan sebaik mungkin yaitu menghindari semua jenis hutangan dalam jumlah berapapun. Makan seadanya, naik motor seadanya, beli smarphone juga sesuai fungsinya saja.

Tujuannya tidak lain agar pertumbuhan dan perkembangan investasimu tidak terganggu. Karena itu dari basa basi paling atas, Kang Hartrop sudah menjelaskan kalau cara menjadi kaya setelah pensiun itu tidak mudah.

4. Bangun Sistem Otomasi dari Investasi yang Ada

4. Bangun Sistem Otomasi dari Investasi yang Ada

Setelah nilai investasi kamu sudah cukup besar, ambil contoh 400jt-700juta, beralihlah ke sebuah investasi dengan sistem otomasi. Terserah dilembaga dan perusahaan apapun, tapi biasanya disarankan ke bank nasional terpercaya. Jaminannya kuat.

Pelajari dan ambilah sebuah investasi berjangka panjang dengan sistem otomatis memberikan hasil ke rekening kamu. Dengan beginik ketika kamu pensiun nanti sudah ada "gaji" yang siap menggantikan penghasilan semasa kerja.

Terus kembangkan nilainya sedikit demi sedikit tidak masalah karena pasar investasi seperti itu bisa dipastikan selalu naik. Untuk bentuk investasinya semua terserah kamu yang penting menjadi aliran keuangan untuk menopang kebutuhan di masa pensiun.

5. Kelola Keuangan, Jangan Boros

Sama seperti poin nomor 3, mengelola keuangan dan jangan boros menjadi satu faktor penguat agar kamu benar benar bisa kaya setelah pensiun dan tidak butuh kerja keras untuk mendapatkan uang karena ketika pensiun nanti waktunya kamu menikmati hasil.

Kelola dan pahami cara mengatur keuangan rumah tangga sebaik mungkin dan alirkan sisa keuangan yang tidak terpakai ke sistem otomasi investasi tadi dengan tujuan agar jumlahnya semakin besar.

Tak perlu malu terlihat biasa biasa saja, omongan orang jangan didengarkan karena ada tujuan pasti dimana setelah pensiun nanti kamu hanya perlu jalan kebeberapa tempat mengambil hasil investasi bulanan.

6. Perlebar Investasi Passive Income

6. Perlebar Investasi Passive Income

Jika keuangan masa pensiunmu sudah terasa tercover sempurna dari hasil investasi, saatnya kamu menyisihkan dana dan membangung sebuah investasi lagi tapi dengan sistem semi otomasi. Maksudnya harus ada orang yang mengelola.

Jenis investasi yang harus kamu ambil adalah investasi dengan passive income seperti usaha kos kosan, sewa lahan, pembiayaan kelompok tani dan bagi hasil apapun jenisnya.

Pokoknya dari investasi tersebut kamu mendapat bagian uang cash dari orang yang dipercaya untuk mengelola secara terkhusus adalah anak sendiri. Jadi selain menyiapkan kemerdekaan keuangan pribadi, kamu juga menyiapkan kemerdekaan finansial untuk generasi selanjutnya.

7. Persiapkan Generasi Penerus Pengelola Investasi

Belajar investasi dan membangun sistem pendapatan pasif sangat amat susah, jatuh bangun sudah menjadi makanan rutin.

Kerena itu dengan kemampuan dan kepemahaman kamu dititik memiliki dua buah investasi yang profit, ajarkan anak kamu membangun sistem investasi dengan teknologi dimasanya.

Mungkin secara teknologi yang digunakan dan jenis investasinya akan jauh berbeda, tapi tetap saja alur nilai dan cara kerjanya akan sama.

Jadi ajarkan kemampuan berinvestasi kepada anak dari sejak dini agar poin pertama yaitu mencapai kemerdekaan finansial anak kita lebih cepat tersentuh. Kemudian step-by-step nya akan berulang kembali terus menerus.

Kenapa Berusaha Menjadi Kaya untuk Masa Pensiun ?


Pertanyaan yang lebih tepat yaitu apakah cara menjadi kaya setelah pesiun benar benar penting ? jawabannya sederhana saja kalau kamu lakukan, semisal kamu tidak sampai ketitik "kaya setelah pensiun" sudah pasti generasi selanjutnya atau anak anak kamu yang akan mendapatkan hasilnya.