Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Keuntungan Investasi Besar di Tahun 2020

Peluang Keuntungan Investasi Besar di Tahun 2020

Hariantrendingtopik.com - Pada tahun 2020 ini peluang keuntungan investasi di Indonesia diharapkan dan diprediksi akan lebih stabil dan mengungtungkan.

Ada alasan kenapa investasi di Indonesia diprediksi bisa menguntungkan, tidak lain karena adanya faktor pendukung yang kuat terlihat pada awal tahun.

Mengingat pada awal tahun nilai rupiah terlihat dominan menguat daripada sepanjang tahun kemarin nilai rupiah yang lebih dominan terpantau melemah.

Faktor Pendukung Keuntungan Investasi di Tahun 2020


1. Faktor Kebijakan Bank Sentral Negara Maju

Salah satu faktor pendukung dari luar yaitu bank Sentral di negara maju terutama Amerika yang memberikan kebijakan menempuh pelonggaran moneter bisa berupa pemberian likuiditas ataupun penurunan suku bunga.

Pelonggaran moneter tentunya bisa menjaga suku bunga global tetap diposisi rendah dan adanya pasokan dollar AS bisa memberikan peluang menjaga agar tidak terjadi trend penguatan dollar secara signifikan.

Dengan terpantau melemahnya dollar AS maka akan menjadi sebab akibat kenaikan harga investasi emas yang cukup tinggi di awal tahun.

2. Kestabilan Harga Minyak Dunia

Diawal tahun tepatnya pertengahan januari harga minyak dunia terpantau stabil dan tentunya diharapkan selalu seperti itu untuk sepanjang tahun.

Jika kondisi harga minyak dunia relatif stabil karena mendapat banyak pasokan bahkan dari luar negara negara OPEC dan laju minyak serpih yang produksinya meningkat maka bisa dipastikan ada kenaikan harga saham dan obligasi di indonesia.

3. Terkendalinya Defisit Dalam Negeri

Mungkin sedikit berhubungan dengan mewabahnya virus corona dan membuat menurunnya proses impor dari luar termasuk untuk kebutuhan proyek pembangunan infrastruktur akan menyebabkan kenaikan harga komoditas yang artinya pasti ada penguatan nilai rupiah.

Efek bola salju dari terkendalinya tren inflasi dengan kestabilan rupiah memberikan kemungkinan besar bahwa Bank Indonesia bisa melonggarkan likuiditas termasuk menurunkan suku bunga serta rasio giro wajib minimum.

Apabila terjadi kondisi seperti ini dalam beberapa bulan sampai ketengah tahun akan muncul peluang penyaluran kredit yang cukup pesat sebagai pemacu pertumbuhan ekonomi. Kapan waktu yang tepat menjual emas ?

Kesimpulan

Adanya kebijakan seperti ini dari pihak luar ataupun dalam negeri akan membuat likuiditas modal asing mengarah ke surat utang negara ( SUN ) yang artinya imbal hasil dari surat utang negara lebih menarik daripada surat utang negara lain.

Ketika surat utang negara atau surat berharga negara lain mengalami kenaikan harga yang stabil tentunya peluang kenaikan nilai investasi dan penguatan daya beli diberbagai sektor ekonomi akan terjadi.