Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kamu Jadi Orang Kaya

10 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kamu Jadi Orang Kaya

Hariantrendingtopik.com - Ternyata ada loh Kebiasaan Kebiasaan yang Bisa Membuat Kamu Jadi Orang Kaya. Bekerja keras memang salah satunya, tapi untuk soal habit atau hal tertentu ada yang harus kamu biasakan agar nantinya mudah untuk jadi kaya.

Permasalahannya semua orang mau kaya tapi tidak mau merubah kebiasaannya yang biasa biasa saja menjadi sebuah kebiasaan yang berpikir sebagaimana rupa agar keuangan berkembang tanpa perlu bekerja ekstra.

Perlu diketahui, urusan kaya bukanlah seberapa keras kamu bekerja namun seberapa pintar kamu mengelola keuangan yang ada, dan tentunya waktu yang dibutuhkan tidak sebentar. Butuh waktu bertahun tahun agar pondasi keuanganmu terbentuk.

Berikut Kang Hartrop merangkum 10 kebiasaan yang bisa membuat kamu menjadi orang kaya karena kebiasaan tersebut akan menuntut untuk merubah aliran uang yang pasif menjadi aktif.

10 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kamu Jadi Orang Kaya


1. Pahami Kondisi Keuangan Kamu dan Buat Rinciannya Setiap Bulan

1. Pahami Kondisi Keuangan Kamu dan Buat Rinciannya Setiap Bulan

Artikel Keuangan Pilihan :
Merubah sebuah kebiasaan yang sudah terbentuk dari kecil pastilah tidak mudah, apalagi soal mengelola keuangan, kebiasaan dari keluarga ayah dan ibu tidak mungkin bisa ditinggalkan begitu saja.

Meskipun begitu kamu harus merubah kondisi keuangan agar bisa mengarahkannya ker jalur investasi daripada menabung ataupun menghaburkannya sia sia.

Mulailah dengan membuat rincian keuangan tiap bulannya. Usahakan selengkap mungkin dari pengasilan yang masuk serta semua pengeluaran, barulah diatur pelan pelan agar pengeluaran sesuai dengan kebutuhan.

Memahami kondisi keuangan yang ada sangat penting untuk menjadi kepribadian orang kaya karena dari situlah kamu bisa mengatur arus keuangan yang tadinya dari membelanjakan menjadi menginvestasikan.

2. Hindari Berhutang dalam Bentuk Apapun

2. Hindari Berhutang dalam Bentuk Apapun

Kebiasaan kedua yang harus dihilangi adalah kebiasaan berhutang dalam bentuk apapun. Sebisa mungkin tinggalkan kehidupan menuruti keinginan dengan cara berhutang.

Hiduplah apa adanya agar bisa mengumpulkan modal untuk melangkah ke ranah investasi. Perlu kamu tau kalau kebiasaan berhutang ini sangat bahaya untuk rencana keuangan kamu.

Alih alih kamu mendapatkan apa yang di inginkan, justru tiap bulan akan terpotong untuk mengembalikan sedangkan nilai barang yang kamu miliki sudah berkurang jauh.

3. Fokus untuk Investasi sesuai Tujuan Kamu

3. Fokus untuk Investasi sesuai Tujuan Kamu

Selanjutnya mulailah untuk melangkah ke dunia investasi sesuai dengan apa yang kamu ingin pelajari, misalnya kamu tertarik investasi emas ya dalami metode dan cara caranya.

Atau kamu suka dengan investasi funding atau lending yang lebih rumit tapi pengembaliannya lebih cepat, kamu harus mempelajarinya dengan baik sebelum memutuskan untuk menanam investasi.

Tak usah banyak - banyak pilihan jenis investasi dahulu, cukup satu saja dan dalami sampai kamu mahir. Nanti setelah pasif menghasilkan baru cobalah jenis investasi lain.

4. Segeralah Berinvestasi Ketika Ada Kesempatan

Setelah belajar dan mempelajari salah satu jenis investasi dengan dalam, buatlah kebiasaan selalu memulai langkah investasi setelah memahami satu sub ilmu di investasi tersebut.

Perhatikan waktu dan kesempatan yang ada dengan baik, sekiranya dirasa waktunya tepat segeralah ambil bagian dengan menanam investasi kamu.

Jadikan kebiasaan investasi ini berulang ulang sehingga nanti terbentuk satu sistem otomasi yang memberikan kamu hasil dari investasi sampai menjadi orang yang kaya.

5. Kalau Terasa Berat, Mulailah dari yang Kecil

Bingung karena ilmu yang dipelajari sangat besar dari satu jenis investasi saja ? Tak apa itu normal untuk yang baru membiasakan diri berinvestasi.

Mulai dari yang kecil saja, kalau kamu suka investasi di crowdfunding atau jenis lending mulailah dari menanam investasi 1 -3 juta dahulu sembari belajar.

Sebenarnya hampir 80% ilmu dari investasi berasal dari pengalaman ketika melakukan penanaman investasi yang berulang ulang, sisanya hanya teori langkah langkah melakukannya.

Tipikal ilmu berinvestasi bukan seperti beladiri yang belajar sampai mahir baru turun ke arena laga, tapi belajar cara investasi kemudian mencoba sedikit sedikit dan berulang terus menerus.

6. Perkuat Saham dalam Portofolio Investasi

Satu-satunya jenis investasi yang harus kamu pelajari sembari menjalankan jenis investasi yang kamu sukai adalah investasi di bidang saham.

Kamu harus mempelajari investasi ini karena nanti di pasar atas semua bergerak dengan nilai saham ini. Tentu kamu pasti sudah tau alasannya, tidak lain karena yang namanya perusahaan besar pasti melakukan jual beli saham.

7. Alokasikan Dana untuk Investasi Ekuitas

Antara investasi yang kamu sukai, kemudian saham dan pasar modal nantinya akan berhubungan satu sama lain. Ketika kamu paham ketiga ini, kamu akan dianggap sebagai orang yang paham dengan ilmu investor.

Artinya posisi kamu bukan sebagai pencari uang lagi, melainkan mengelola laju keuangan kamu berupa investasi dipasar digital yang luar biasa besar.

Karena itu sebisa mungkin biasakan untuk mengalokasikan dana pada persiapan investasi saham dan ekuitas atau jenis pasar modal.

Masih belum paham di ranah tersebut ? Kembalilah untuk membaca poin nomor 5 yaitu dengan mulai dari yang kecil saja. Pasti ada platform yang memberikan fitur untuk pemula, cobalah dari sana untuk mencari ilmunya.

8. Jangan Ikuti Keinginan untuk Boros

Penting ! Jangan mengikuti keinginan untuk boros ketika persiapan investasi ataupun ketika investasi sudah memperlihatkan hasil.

Berusahalah untuk membuat uang yang ada untuk masuk ke aliran investasi atau minimal masuk ke modal usaha jika ada. Semua barang yang masih bisa dipakai, dipakai dulu saja jangan buru buru beli baru.

9. Pelajari Semua Kemungkinan Sumber Pendapatan Baru

Sampai titik ini Kang Hartrop yakin kebiasaan mu sudah banyak berubah dari konsumtif menjadi produktif. Tanpa di sarankan pun kamu akan mempelajari kemungkinan sumber pendapatan baru yang tidak terimbas kondisi cuaca dan sebagainya.

Nanti kamu akan paham sendiri jenis usaha apa yang cocok untuk kamu dan nilainya bisa berputar bersamaan di ranah investasi termasuk investasi ekuitas.

10. Buat Semua Investasi Menjadi Otomasi

Bab terakhir, pelajari semua ranah investasi yang sudah kamu lakukan dan buatlah menjadi sistem otomasi, maksudnya otomatis untuk berputar dengan sedikit usaha kamu jadi akan banyak waktu luang untuk menikmati hasilnya.

Untuk hal ini kamu harus belajar tentang perkembangan teknologi juga, karena tentunya semua laju investasi akan mudah dikontrol melalui gadget ataupun laptop.

Kenapa merubah kebiasaan bisa membuat jadi kaya ?


Intinya sederhana, mau jaman berubah seperti apapun akan ada tiga jenis kebiasaan yang berubungan dengan keuangan yaitu pemborosan, menabung dan menginvestasikan.

Satu satunya pondasi agar bisa menjadi kaya pastilah kamu harus mengubah kebiasaan dari boros atau menabung menjadi kebiasaan berinvestasi. Hanya dengan investasilah nilai keuangan yang kamu miliki tidak akan tergerus oleh inflasi.