Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Penting Sebelum Memilih Asuransi

Tips Penting Sebelum Memilih Asuransi

Hariantrendingtopik.com - Sebelum memilih asuransi, ada tips dan hal - hal penting yang harus kamu lakukan agar nantinya asurasi yang kamu pilih bisa cocok dan sesuai untuk perencanaan keuangan kamu dimasa depan.

Banyak yang belum menyadari akan pentingnya asuransi sebagai penopang kuat perencanaan keuangan di waktu mendatang, termasuk anak muda, orang tua dan bahkan pelaku bisnis sekalipun.

Alasannya sederhana yaitu rasa takut jika asuransi yang sudah dibayarkan justru sulit untuk diklaim ketika dibutuhkan. Padahal tujuan dari adanya asuransi seharusnya bisa menghilangkan kekhawatiran tersebut.

Karena sedikit permasalahan itulah Kang Hartrop merangkum beberapa tips dan hal penting yang harus kamu lakukan sebelum memilih asuransi agar asuransi yang kamu pilih nantinya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Hal - Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Memilih Asuransi


1. Pahami Kebutuhan dan Kemampuan untuk Asuransi

1. Pahami Kebutuhan dan Kemampuan untuk Asuransi

Artikel Keuangan Pilihan :
Hal yang harus kamu lakukan pertama kali sebelum memilih asuransi tentunya harus memahami kebutuhanmu akan asuransi dan kemampuan dalam membayar premi.

Jangan sampai asuransi yang kamu pilih mencakup semuanya seperti asuransi kesehatan dan asuransi mobil sekaligus padahal yang kamu butuhkan hanya asuransi kesehatan saja.

Tentu saja kamu juga harus menyadari kemampuan untuk menghandle pembayaran asuransi tersebut setiap bulannya, kalau pembayaran asuransi justru memberatkan keuangan lebih baik kamu menabung daripada harus memilih salah satu produk dari asuransi.

Sekiranya kamu memang membutuhkan salah satu produk dari asuransi, katakanlah asuransi untuk mobil kamu dan kamu mampu untuk membayar premi asuransi dalam jumlah tertentu setiap bulan barulah kamu berkonsultasi ke pakar atau agen asuransi.

2. Konsultasi Ke Pakar Asuransi

2. Konsultasi Ke Pakar Asuransi

Setelah kamu tau kebutuhanmu akan salah satu produk asuransi, kamu bisa berkonsultasi atau ngobrol kepada pakar financial, orang yang paham asuransi ataupun agen asuransi itu sendiri yang kamu kenal dengan baik.

Konsultasikan tentang kamu butuh asuransi apa saja dan kemampuan membayar premi asuransi perbulannya serta bagaimana kondisi keuangan kamu.

Nanti kamu akan mendapatkan informasi tentang jenis asuransi apa yang cocok untuk kamu dan besaran premi serta jangka waktu asuransi yang bisa kamu pilih.

Dengan beberapa informasi tersebut tentunya kamu barulah bisa melangkah ke merencanakan pengaturan keuangan kembali sebelum memutuskan untuk ikut asuransi yang disarankan.

3. Buat Perencanaan Asuransi

3. Buat Perencanaan Asuransi

Maksud dari membuat perencanaan asuransi yaitu dari semua informasi yang sudah kamu dapat sebelumnya sekarang kamu dapat menentukan tujuan utama dari asuransi yang kamu butuhkan.

Intinya jika kamu membutuhkan asuransi untuk mobil yang baru dibeli karena khawatir hilang atau terjadi kerusakan dan sebagainya. Maka rencanakan tujuan utama kamu berasuransi untuk mendapatkan perlindungan untuk mobil yang dibeli.

Kemudian carilah informasi lebih lengkap tentang produk asuransi untuk mobil (misalnya) dari berbagai perusahaan penyedia asuransi dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan kamu.

Setelah itu pilihlah beberapa perusahaan penyedia asuransi yang kamu rasa cocok dan gali informasi tentang produk asuransi dan perusahaan tersebut.

4. Cari Info Testimoni Tentang Perusahaan Asuransi

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah perusahaan asuransi yang kita pilih itu bagus atau tidak bisa dengan mencari testimoni orang orang tentang perusahaan tersebut.

Cari tau bagaimana proses claimnya ribet apa mudah dan bagaimana proses ketika mengurusi sesuatu hal apakah terlalu berbelit-belit atau simpel.

Jangan lupa cari tau juga apakah perusahaan asuransi tersebut termasuk perusahaan asuransi yang resmi dan legal atau tidak. Kalau resmi pasti nanti mudah dalam soal penjaminan.

5. Bandingkan dengan Produk Asuransi Lain

Kemudian lakukan hal yang sama yaitu mencari informasi lebih detail tentang produk asuransi yang dipilih pada perusahaan asuransi lain.

Bandingkan satu persatu apakah ada perusahaan asuransi lain yang mempunyai nilai plus lebih daripada semua perusahaan asuransi yang akan dipilih.

Sabar saja jangan terburu buru karena memilih asuransi tujuannya untuk jangka panjang dan bukan untuk nilai ganti rugi semata.

Jangan terlena dengan iming iming yang indah dari sebuah agen asuransi, pastikan dulu testimoni orang orang tentang perusahaan tersebut baik, kira kira 10 banding 1 lah itu sudah sangat bagus.

6. Pilih dengan Seksama

Terakhir kalau kamu sudah menemukan dua atau tiga perusahaan asuransi yang cocok maka tinggal pilih dengan seksama mana yang pas buat kamu.

Kalau misal semuanya memiliki rating dan testimoni orang yang bagus, saran saja dari Kang Hartrop pilihlah perusahaan asuransi yang paling banyak anak cabangnya di daerah kamu.

Kesimpulan dari Tips Sebelum Memilih Asuransi


Kesimpulannya, salah satu Tips Penting Sebelum Memilih Asuransi adalah sabar dan teliti. Jangan terburu-buru rencanakan dahulu apa saja kebutuhan kamu yang perlu untuk diasuransikan serta lihat juga kemampuan keuangan. Pastikan asuransi itu menguntungkan dan bukan memberatkan.