Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak Muda Harus Paham dan Melek soal Keuangan

Anak Muda Harus Paham dan Melek soal Keuangan

Hariantrendingtopik.com - Anak muda atau usia remaja di era abad 21 atau yang sering disebut Milenial harus paham dan menyadari tentang pentingnya melek keuangan.

Dalam artian yang mudah, generasi muda di era ini harus bisa memahami pengaturan keuangan dan lebih jauh tentang investasi, terlebih lagi tentang bagaimana mendapatkan penghasilan secara mandiri.

Kenapa Anak Muda Harus Paham Keuangan ?


Anak muda atau milenial harus paham persoalan keuangan karena dari data sensus penduduk di era ini lebih dari sepertiga penduduk Indonesia adalah anak muda.

Di sisi perkembangan ekonomi dan bisnis sangat banyak perusahaan besar bahkan startup menargetkan anak muda sebagai sumber potensi keuntungan yang amat menjanjikan.

Satu satunya hal yang bisa disimpulkan dari kondisi demikian tidak lain adalah membentuk pola pikir anak muda yang menjadi konsumtif untuk selalu mengikuti dan update produk produk terbaru.

Hasilnya ? generasi muda akan terdidik untuk menjadi pribadi yang boros serta mengutamakan kepentingan sekunder daripada yang primer.

Sudah lihat kan perkembangan teknologi digital terutama industri fintech yang memberikan kemudahan pinjaman ketika terjadi kesulitan keuangan.

Karena proses proses yang tidak disadari seperti inilah yang membuat generasi muda "malas" untuk mempelajari strategi keuangan dan bahkan hampir tidak mampu untuk melek keuangan.

Gaya hidup yang hingar bingar membelanjakan uang demi pengakuan komunitas tidaklah baik untuk masa depan kemandirian generasi muda atau milenial.

Anak muda sekarang harus mampu memiliki pengetahuan dan pengaturan keuangan yang bagus untuk bisa bertahan dari laju perkembangan ekonomi yang sangat dinamis.

Alasannya sederhana, dengan pengelolaan keuangan yang baik mulai dari pendapatan sampai investasi pribadi bisa sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang menguntungkan tanah air.

Artikel Keuangan Pilihan :

Apa yang Terjadi Jika Milenial sudah Melek Keuangan ?


Apa yang Terjadi Jika Milenial sudah Melek Keuangan ?

Nah, apa sih yang akan terjadi jika generasi muda sudah melek keuangan atau paham betul tentang pengelolaan keuangan termasuk sampai tahap investasi ?

Maka inilah yang nantinya akan terjadi jika anak muda sudah mampu mengelola keuangan yang sehat menurut Kang Hartrop dan terlebih lagi jika sudah fasih diranah investasi.

1. Perkembangan Kualitas Ekonomi Pribadi dan Daerah

Salah satu hal sangat bisa dilihat dalam waktu dekat tentu saja meningkatnya kualitas keuangan secara pribadi ataupun daerah. Karena tentu saja ekonomi daerah hanya bisa dibangkitkan oleh pribadi pribadi yang produktif.

Ketika generasi muda mempunyai kemampuan dalam mengelola keuangan dan tau perkembangan di ranah ekonomi bisnis maka akan lebih mudah untuk mendapatkan layanan kesehatan, asuransi, perkembangan modal usaha dan lainnya.

Apalagi kalau seorang milenial sudah memiliki kemampuan berinvestasi, sejatuh jatuhnya kondisi keuangan dimasa depan karena sesuatu hal, tetap saja dengan adanya investasi akan menjaga dari keterpurukan kondisi keuangan yang kritis, dan bisa bangkit lebih cepat.

Dengan kondisi jaman yang serba praktis dan instant karena proses pembayaran mudah, kemandirian ekonomi dan keuangan harus sudah tumbuh dengan baik mulai dari saat remaja agar kedepannya tidak bingung ketika dihadapkan dengan financial problem

2. Meningkatkan Taraf Hidup dan Kemampuan Kelompok Sekitar

2. Meningkatkan Taraf Hidup dan Kemampuan Kelompok Sekitar

Maksudnya begini, sebagai lanjutan dari poin nomor satu dimana kamu sudah melek keuangan dan investasi artinya kamu siap untuk membangun sebuah kelompok yang memiliki tujuan produktif di bidang apapun.

Kalau mau bangun usaha kan harus ada modal dan sistem penataan keuangan yang baik kan ? itulah keuntungan kamu paham tentang keuangan sejak awal. 105+ Peluang usaha rumahan.

Dengan kemampuan akademis serta ditopang dengan pengeloaan dana yang matang, kamu seharusnya sudah bisa melihat masalah yang muncul di lingkungan terdekat, kemudian membuat keputusan serta resiko apa saja yang kemungkinan nanti akan dihadapi.

Berdasarkan latar belakang tersebut, kamu sudah bisa membangun sebuah usaha atau bisnis dimana bisa menyerap sumberdaya dari warga sekitar. Produk apapun bebas, terserah yang penting sesuai plan penyelesaian masalah yang ada di lingkungan sekitar.

3. Memperkuat Ekonomi Daerah

Lanjut ke poin nomor tiga, tentunya akan membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Tapi karena itulah dari awal kamu sudah dituntut untuk melek persoalan keuangan.

Kang Hartrop yakin dengan membangun sebuah usaha untuk meningkatkan taraf hidup kelompok sekitar, kamu juga bisa berbagi ilmu tentang pengelolaan keuangan.

Dengan begitu pasti akan ada beberapa orang yang mampu memahami dan melakukan semua ilmu yang kamu sampaikan.

Ketika sampai dititik itu maka orang tersebut bisa kamu jadikan partner untuk membuka cabang usaha atau usaha baru dengan produk yang lain.

Terus dan terus sampai skala penyebaran cukup besar maka daerah kamu bisa menjadi sentra industri yang menyerap tenaga kerja dari dalam daerah ataupun luar daerah.

Kesimpulan Pentingnya Melek Keuangan untuk Anak Muda


Anak muda, generasi muda di era 21 atau yang sering disebut milenial harus mau dan dipaksa untuk melek persoalan pengelolaan dan pengetahuan keuangan.

Kenapa demikian ? Era 21 adalah era dimana teknologi berkembang sangat pesat dimana perubahan mindset akan terjadi yang dulunya produktif membuat sesuatu untuk digunakan menjadi konsumtif yaitu segalanya didapat dengan membeli.

Memahami alur pengelolaan keuangan dari masa muda sangat penting karena jika kedewasaan financial sudah dimiliki seorang milenial maka secara tidak langsung pasti akan mempersiapkan merencanakan kebutuhan keuangan dimasa mendatang.