Cara Mengatasi Maag yang Kambuh atau Kumat Tanpa Obat ( Untuk Maag yang Belum Kronis )

Cara Mengatasi Maag yang Kambuh atau Kumat Tanpa Obat ( Untuk Maag yang Belum Kronis )

HarianTrendingTopik.Com - Cara Mengatasi Maag yang Kambuh atau Kumat Tanpa Obat. Penderita Maag pasti sering terganggu ketika maag nya kambuh atau kumat. Jika maag kambuh apa yang harus dilakukan ? Untuk hal ini anda tidak boleh sembrono mengambil tindakan, Pastikan anda tahu Cara mengatasi maag yang kambuh tanpa obat, tentunya agar tidak ketergantungan.

Maag yang sering kambuh menandakan bahwa gejala maag masih berada di tahap pertengahan atau mendekati kondisi kronis. Pastikan anda segera mendapatkan penanganan medis, tapi jika maag sering kambuh tanpa sebab, jangan terburu-buru menggunakan obat.

Ada cara pertolongan pertama mengatasi maag yang sering kumat atau kambuh untuk meredakan rasa nyeri yang timbul. Walaupun dikatakan kambuh tanpa sebab, maag dapat kambuh mendadak ketika asam lambung meningkat dengan tiba-tiba.

Meningkatnya asam lambung ini pasti mempunyai faktor yang menyebabkannya. Asam lambung dapat meningkat dalam waktu singkat biasanya disebabkan karena kondisi tubuh dan otak mendekati tahap stress, misalnya karena tekanan pekerjaan atau adanya rasa takut dan cemas.

Ketika kondisi anda mendekati stress, peningkatan asam lambung adalah respon alami dari lambung yang mengira ada benda yang menyebabkan munculnya kondisi tersebut kemudian berusaha untuk membuangnya.

Efek dari meningkatnya asam lambung akan muncul sensasi mual dan ingin muntah untuk beberapa waktu. Penyakit Maag : Penyebab, Gejala, Jenis, dan Maag pada Ibu Hamil.

Jika anda memiliki luka atau iritasi pada dinding lambung, meningkatnya asam lambung akan memperkuat rasa sakit karena iritasi lambung anda. Rasa sakit yang muncul secara tiba-tiba ini lah yang biasa dikenal dengan maag kambuh atau maag kumat.
Meminum obat maag ketika kambuh memang akan meredakan maag dengan cepat, tapi anda perlu menghawatirkan efek samping yang ditimbulkan.

Tidak sedikit kasus dari seringnya meminum obat maag setiap kambuh, pada saat kambuh berikutnya akan memerlukan dosis dari obat maag yang lebih banyak dan ini akan berulang terus menerus.

Ada baiknya mulai sekarang jangan terburu-buru minum obat tetapi lakukan pertolongan pertama cara mengatasi maag kambuh atau yang sering kumat tanpa obat untuk mengurangi rasa sakit yang muncul.

Cara Mengatasi Maag yang Kambuh atau Kumat Tanpa Obat


1. Longgarkan Ikat Pinggang atau Aksesoris Apapun yang Menempel

Longgarkan atau lepas ikat pinggang dan semua jenis aksesoris pakaian apapun yang dapat memberikan tekanan pada sekitar perut anda. Tujuan melepaskan ikat pinggang adalah agar kondisi otot sekitar perut menjadi rileks dan aliran darah menjadi lebih lancar.

2. Ambil Posisi Duduk Bersandar Serileks Mungkin ( Jangan Posisi Tidur )

Hentikan semua aktifitas anda dahulu kemudian cari tempat duduk bersandar dan posisikan tubuh anda agar rileks dan nyaman kira-kira dengan sudut 120o-140o. Jangan berbaring atau mengambil posisi tidur karena akan menarik otot perut anda. Kemudian ambil nafas panjang beberapa kali agar kondisi otot-otot perut anda kembali ke keadaan normal.

3. Minum Air Putih Hangat atau Minuman Bersifat Basa

Ambil air putih kemudian minum perlahan-lahan dan jika memungkinkan minumlah air putih yang hangat. Ketika maag kambuh, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari minuman dingin terlebih dahulu. Air putih hangat dapat membantu menetralisir bakteri dan dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.

Jika anda menyadari bahwa maag dapat kambuh kapan saja, sebaiknya persiapkan air putih hangat atau minuman jahe hangat. Mengobati Maag dengan Menggunakan Lemon, Apa Benar Bisa Sembuh ?

4. Selalu bawa Permen Karet

Bagi anda yang memiliki maag dengan kondisi sering kambuh / kumat, usahakan selalu membawa air putih hangat dan permen karet. Setelah cukup minum air putih cobalah untuk mengunyah permen karet. Permen karet akan mendorong produksi air liur yang mampu melegakan esofagus dan menekan jumlah asam lambung karena bersifat basa.

5. Sediakan Buah yang Dapat Menetralisir Asam Lambung

Setelah rasa sakit maag yang kambuh sudah sedikit berkurang, makanlah buah yang dapat menetralisir asam lambung seperti pisang, pepaya atau semangka. Anda juga dapat mengkonsumsi minuman yang bersifat basa seperti air campur madu atau air kelapa muda.

Langkah-langkah pertolongan pertama cara mengatasi maag kambuh / kumat tersebut dapat anda lakukan hanya jika kondisi maag anda belum mencapai tahap kronis. Maag kronis adalah kondisi dimana lambung sudah terluka parah dan hanya dapat ditangani dengan obat atau dokter.

Jika rasa sakit yang muncul tetap tidak berkurang, barulah anda dapat menggunakan obat maag. Pada kondisi demikian artinya maag anda sudah mulai parah dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

Kesimpulan dari Cara Mengatasi Maag yang Kambuh atau Kumat Tanpa Obat


Obat maag memang dapat meringankan rasa sakit ketika maag kambuh / kumat, tetapi obat maag tidak dapat menyembuhkannya. Jika setiap maag kambuh dan anda hanya mengkonsumsi obat maag saja, itu artinya anda membiarkan penyakit maag anda semakin parah.

Jangan anggap maag sebagai penyakit yang umum dan sepele. Karena jika maag sudah masuk ketahap kronis, ada rentetan komplikasi penyakit yang sudah menanti. Anda harus memperhatikan dengan seksama bagaimana cara mengatasi maag yang kambuh atau kumat tanpa obat. Hal ini tentu saja bertujuan agar tubuh anda tidak menjadi ketergantungan dengan obat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel