Cara Agar Artikel Blog dan Website Cepat Terindex Google

agar artikel cepat terindex google

Hariantrendingtopik.com - Sangat wajar jika blog baru mengalami kendala pada pengindexan. Maka dari itu sebelum membahas cara agar artikel blog dan website cepat terindex Google, ada baiknya mengetahui sebab-sebab artikel susah terindex.

Pada blog baru akan dibutuhkan penyesuaian dari robot spiderweb Google untuk mengcrawl blog kamu. Cara agar blog ramai pengunjung.

Proses penyesuaian atau pengcrawlan awal ini akan terlihat seperti alamat blog kamu sudah muncul di mesin pencari Google kemudian beberapa saat hilang lagi. 

Jangan khawatir dengan hal tersebut, karena normalnya butuh sekitar 2 minggu agar alamat website terindex dengan sempurna. 

Agar proses pengindexan lebih cepat, sebaiknya blog atau website segera di daftarkan pada web master dan sumbit sitemap setelah membuat artikel pertama. Cara mudah menulis artikel blog.

Kamu juga dapat sekaligus mendaftarkan ke analytics google, setelah itu bersabarlah sekitar 2-3 minggu pertama karena membangun blog tidak semudah yang dibayangkan.

Cara agar Artikel Blog dan Website Cepat Terindex Google


1. Usia Blog, Konsisten dan Rajin Update Konten

Kemampuan spider bot milik Google untuk mengcrawl artikel blog yang sudah di daftarkan ke webmaster sudah tidak diragukan lagi. 

Jika konten blog kamu rutin update atau sering menerbitkan artikel secara konsisten misalnya 2 - 4 artikel setiap hari, tanpa melakukan fetch as google pun artikel akan cepat terindex.

Cara ini tentu saja paling disukai oleh bot, karena bot akan bekerja sesuai dengan query yang masuk ke perintah bot untuk mengcrawl. 

Tapi permasalahannya, masih banyak orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengopy paste seenaknya sendiri artikel milik orang lain. Cara agar blog tidak di AGC.

Misalnya setelah mempublish artikel, dan blog kamu sudah ramai, pasti ada saja yang mencoba untuk mengcopy nya. Yang bahaya jika bot belum mengcrawl artikel tersebut tetapi sudah di post dan di fetch as google pada blog lain.

Crawl artikel yang dilakukan bot secara otomatis biasanya akan terindex maksimal dalam waktu 2 hari untuk blog yang rutin update 2-3 artikel setiap harinya. Jadi artikel yang diterbitkan 2 hari lalu otomatis akan terindex hari ini.

Kemampuan bot untuk mengindex artikel juga tergantung dari jumlah artikel yang diterbitkan, semakin banyak artikel yang diterbitkan setiap hari maka kemampuan bot untuk memproses query juga semakin tinggi. Bisa di lihat dari crawl status pada blog berikut.

Cara agar Artikel Blog dan Website Cepat Terindex Google

Terlihat jumlah data yang dicrawl oleh robot Google meningkat setiap harinya, artinya jumlah spider web yang datang untuk mengcrawl data semakin banyak.

Pada titik ini kemampuan dan kecepatan crawl data artikel baru akan semakin baik, jika tetap kontinue membuat artikel bisa jadi artikel tersebut dapat tercrawl hanya dalam waktu satu hari saja.

2. Melakukan Fetch as Google pada Webmaster

Fungsi fetch as Google yang notabene ada di fitur webmaster lama sekarang sudah dihilangkan dan diganti dengan URL inspection pada webmaster yang baru.

Kelebihannya kita bisa men-submit lebih dari 10 artikel pada hari yang sama. Mengingat pada webmaster lama akan terjadi eror ketika sudah submit artikel ke 11.

3. Request Index URL pada Webmaster yang Baru

URL inspection adalah fitur pada webmaster yang baru dengan fungsi yang sama dengan Fetch As Google.

Tentu saja fitur ini pasti memiliki penyempurnaan dari fitur sebelumnya. Untuk request index pada webmaster yang baru, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut :

1. Masuk ke halaman search console webmaster yang baru
2. Pilih URL inspection pada menu dashboard sebelah kiri bagian atas

2. Pilih URL inspection pada menu dashboard sebelah kiri bagian atas

3. Copy dan paste kan link halaman yang akan di index pada kolom inspection di atas halaman kemudian tekan enter

3. Copy dan paste kan link halaman yang akan di index pada kolom inspection di atas halaman kemudian tekan enter

4. Webmaster akan mengambil data dari search engine, tunggu saja

4. Webmaster akan mengambil data dari search engine, tunggu saja

5. Jika halaman masih baru dan belum terindex maka status akan muncul URL Not found, tinggal klik saja Request Indexing

6. Jika halaman sudah ada atau isi kontennya baru selesai di update maka status yang muncul URL is on Google, kemudian klik Request Indexing untuk meminta pengindexan ulang halaman

6. Jika halaman sudah ada atau isi kontennya

7. Webmaster akan melakukan permintaan untuk pengindexan, jika keluar captcha tinggal di ikuti dan verify

7. Webmaster akan melakukan permintaan untuk pengindexan

chapca robot

8. Jika status Indexing Requested muncul, artinya submit anda berhasil dan tinggal menunggu artikel terindex saja

8. Jika status Indexing Requested muncul

Kesimpulan agar artikel cepat terindex Google


Ke 3 cara di atas adalah Cara agar Artikel Blog dan Website Baru Cepat Terindex Search Engine Google. Jangan khawatir jika ada artikel yang belum terindex sempurna tapi sudah dicopy orang lain, saat ini robot Google saudah sangat cerdas untuk mengetahui siapa pemilik aslinya.

Akhir kata salam kepada para blogger dan teruslah berkarnya update artikel setiap hari. Sulit memang rasanya, tapi paksakan saja pasti hasil akan datang dengan sendirinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel