Cara Mencuci Sayur yang Benar Dengan Garam dan Cuka

Cara Mencuci Sayur yang Benar

Hariantrendingtopik.com - Cara mencuci sayur yang benar harus dilakukan agar sayur yang kita masak betul-betul bersih dan tidak ada kotoran tertinggal. Selain menggunakan sabun khusus, mencuci sayur juga bisa menggunakan bahan alami serpeti garam dan cuka.

Sayur yang baru dibeli dari pasar seperti brokoli, bayam, asparagus atau jamur akan bagus jika dicuci dengan bersih dahulu sebelum dimasak karena di khawatirkan masih ada bakteri atau zat lain yang menempel walaupun terlihat bersih dan terbungkus plastik

Jika mencuci sayur dengan sabun atau produk kimia lainya, kamu harus membilas dengan bersih agar tidak ada sisa sabun yang menempel, berbeda dengan mencuci sayur dengan bahan alami, kamu tidak perlu dipusingkan apakah sayur yang dicuci sudah benar-benar bersih atau belum.

Tapi jika kamu berniat untuk menyimpan sayur tersebut setelah dibeli, jangan terburu-buru membuka kemasan dan mencucinya, biarkan saja tetap terbungkus plastik rapat dan langsung simpan saja kedalam kulkas.

Sayur yang disimpan setelah dicuci akan lebih cepat busuk karena bakteri akan lebih cepat berkembang di dalam kondisi lembab.

Cara membersihkan sayur dengan bahan alami tidak berbeda dengan cara mencuci menggunakan sabun, hanya saja membutuhkan waktu sedikit lama untuk membersihkan kotoran yang menempel pada sayur.

Cara Mencuci Sayur dengan Bahan Alami


1. Cara Mencuci Sayur dengan Air Garam

Garam sangat ampuh untuk melarutkan sisa zat pestisida yang masih menempel pada sayur yang baru dibeli. Garam jenis apapun dapat digunakan, tapi lebih baik jika menggunakan garam kasar yang berasal langsung dari laut.

1. Cara Mencuci Sayur dengan Air Garam

Cara penggunaannya, kamu dapat mencampurkan air dan garam dengan perbandingan satu sendok makan garam kasar untu 2 gayung air.

Setelah air dan garam tercampur, kemudian rendam dan bersihkan sayur dengan tangan atau sikat pembersih sekitar 5 menit. Jika sayur sudah bersih dengan air garam, kemudian bilas dengan air yang mengalir.

2. Cara Mencuci Sayur dengan Cuka

Bahan alami berikutnya yang dapat diguanakan untuk membersihkan sayur adalah Cuka. Cuka dapat membunuh bakteri dan kuman yang tidak terlihat pada sayur.

Campurkan cuka dengan air secukupnya kemudian gunakan untuk merendam dan membilas sayur sekitar 5 menit, setelah itu kamu dapat membilas sayur sekali lagi dengan air mengalir agar benar-benar bersih.

Menggunakan bahan alami untuk mencuci sayur tidak akan menimbulkan resiko apapun, tapi proses membersihkan sayur harus lebih teliti daripada menggunakan sabun.

Kamu dapat mencoba cara membersihkan sayur yang baru dibeli dengan seperti berikut jika kamu ingin menggunakan cuka atau garam.

Cara Mencuci Sayur yang Benar Agar Bebas Pestisida


1. Cuci tangan Sampai bersih

Sebelum mencuci sayur, tangan harus dicuci terlebih dahulu menggunakan sabun sampai bersih paling tidak selama 1 menit dibawah air mengalir. Hal ini dilakukan agar tidak ada kuman dari tangan yang ikut menempel setelah sayur dicuci bersih.

2. Buang bagian sayur yang rusak

Pilih bagian sayur yang sudah rusak kemudian potong dan buang agar tidak memyebabkan sayur lainya cepat membusuk karena kontaminasi bakteri.

Hanya gunakan bagian sayur yang baik dan segar untuk diolah menjadi makanan. Bagian sayur yang masih segar akan lebih mampu mempertahankan nutrisinya ketika dimasak nantinya.

3. Pisahkan sayur yang sudah bersih

Sayur yang sudah dipotong dan dicuci bersih kemudian pindahkan ke tempat terpisah dan jangan langsung di masak. Hal ini harus dilakukan agar jumlah air yang menempel setelah dicuci berkurang terlebih dahulu.

4. Jangan mencuci sayur menggunakan bahan kimia berbahaya

Sebisa mungkin selalu gunakan bahan alami untuk mencuci sayur dan jangan gunakan bahan kimia yang berbahaya seperti sabun, atau cairan pemutih. Bahan kimia yang digunakan untuk mencuci sayur dapat menyebabkan lebih banyak menempelnya zat berbahaya pada sayur.

Jika sayur yang dicuci dengan sabun tidak dibilas dengan bersih, kotoran dan zat pestisida akan terperangkap pada cairan sisa sabun yang masih menempel.

Berbeda jika sayur dicuci dengan bahan alami seperti garam dan cuka, walaupun ada sisa yang menempel, tidak akan menjadi masalah jika sayur langsung dimasak setelah dicuci.

Kenapa harus mencuci sayur dengan benar ?


Mencuci sayur yang baru dibeli memang selalu menjadi rutinitas yang harus dilakukan, walaupun sayur sudah terbungkus rapi, rasanya masih kurang mantab kalo belum dicuci di bawah air mengalir.

Mencuci sayur dengan benar harus dilakukan apalagi menggunakan bahan alami, selain lebih murah, tentunya kamu akan bebas khawatir karena bahan kimia untuk mencuci sayur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel