Kamu Harus Tau ! Manfaat Telur Rebus untuk Diet, Otot, serta Ibu Hamil

Manfaat Telur Rebus untuk Diet, Otot, serta Ibu Hamil

HarianTrendingTopik.Com - Manfaat Telur Rebus untuk Diet, Otot, serta Ibu Hamil. Telur rebus, hampir semua orang pasti pernah mencicipi makanan ini, bisa dimakan langsung dan bisa di olah kembali menjadi bahan dari sajian yang lebih kompleks. Telur yang sering menjadi bahan konsumsi dapat berasal dari ayam, bebek, atau unggas lain.

Telur dari semua unggas memang bisa dimasak dan dimakan, tapi karena faktor mudah didapatkan, telur ayam menjadi pilihan terbaik yang ada. Sudah menjadi informasi yang umum bahwa telur rebus memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Karena mengandung gizi yang tinggi dan mudah di dapat, olahan resep makanan dengan bahan telur rebus dapat ditemui di negara manapun.

Di dalam telur terkandung protein,mineral,vitamin, fosfor,kalsium dan masih sangat banyak nutrisi lainnya. Dengan mengkonsumsi telur rebus ketika sarapan pagi, kandungan didalamnya dapat melengkapi kebutuhan asupan nutrisi tubuh untuk satu hari penuh.

Satu butir telur ukuran sedang yang direbus mengandung 78 kalori, vitamin A dan vitamin B kompleks. Uniknya, memasak telur dengan cara direbus, tidak akan menambah jumlah kandungan lemak.

Salah satu zat paling banyak terkandung pada telur adalah protein. Protein pada telur berfungsi dengan sangat baik untuk membentuk atau mengganti struktur sel yang rusak , memperbaiki jaringan otot ataudan tulang, dan proses penting lainya yang terjadi pada tubuh seperti produksi hormon dan enzim.

Dosis Protein yang Dibutuhkan Tubuh untuk Satu Hari


Dari hasil penelitian, seorang pria dewasa pada umumnya membutuhkan asupan protein sebanyak 56 gram setiap hari dan wanita membutuhkan 46 gram protein setiap hari.

Tentu saja kebutuhan protein setiap orang tidak sama. Orang dengan aktifitas yang lebih berat atau sedang dalam proses penyembuhan setelah sakit tentunya membutuhkan asupan jumlah protein yang lebih banyak.

Protein yang terdapat dalam Telur


Telur adalah salah satu bahan makanan dengan kandungan protein yang tinggi dan mengandung berbagai jenis asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh. Di dalam satu butir telur ukuran sedang yang direbus, mengandung 6.29 gram protein, dan mampu memenuhi 11% kebutuhan protein pada pria dan 14% kebutuhan asupan protein pada wanita.

Kandungan Kolestrol Pada Telur


Selain protein, telur juga mengandung jumlah kolesterol yang cukup banyak. Pada satu butir telur rebus yang berukuran besar didalamnya terkandung 186 mg kolesterol. Jika kamu sedang dalam keadaan sehat, kamu tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan kolesterol hingga 300 mg setiap hari.

Artinya, ketika kamu dalam kondisi sehat, batas konsumsi telur adalah 2 butir telur setiap harinya. Jika kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi atau gangguan yang berhubungan dengan kolestrol, maka batas kolesterol yang masuk ket tubuh kamu tidak lebih dari 200 mg atau hanya satu butir telur setiap hari.

Kandungan Nutrisi yang tedapat dalam 100 gram telur rebus :

Kalori : 155
Total lemak: 11 gr
Kolesterol : 373 mg
Gula : 1.1g
Kalium : 126 mg
Carbohidrat: 0 g
Protein :12.2 g
Vitamin A : 900 IU
Kalsium : 54mg
Zat besi : 2.7mg

( Data nutrisi Telur Rebus Wikipedia )

Sebanding dengan jumlah nutrisinya yang melimpah, mengkonsumsi telur rebus secara rutin dengan jumlah batas konsumsi yang sudah ditentukan untuk setiap harinya, akan sangat banyak sekali manfaat yang didapat oleh tubuh.

Manfaat telur rebus bukan hanya untuk kamu yang sedang dalam kondisi sehat,bahkan sangat bagus untuk ibu hamil atau untuk orang yang baru menjalani proses pembedahan.

Manfaat Mengkonsumsi Telur Rebus Dengan Rutin


1. Manfaat telur rebus untuk Otot

Telur yang dimasak dengan cara direbus tidak akan menambah jumlah kandungan lemak dan kandungan proteinnya tidak akan berkurang.

Kandungan protein yang cukup tinggi dan harga telur rebus yang relatif lebih murah daripada daging sapi membuat telur rebus menjadi sumber protein yang terbaik dan mudah di dapatkan untuk proses pembentukan otot.

Tidak hanya proses pembentukan, pemulihan otot setelah cidera juga membutuhkan banyak asupan protein.

Pada 100 gram daging sapi memang mengandung lebih banyak protein daripada 100 gram telur rebus. Dari sisi kualitas tentu saja daging sapi jauh lebih baik, tapi dari sisi kuantitas, telur rebus akan lebih mudah didapat dan tentu saja lebih aman untuk dikonsumsi dengan rutin.

Bagian telur rebus yang paling banyak mengandung protein ada pada bagian putih telurnya. Jika kamu berniat untuk membesarkan otot, kamu dapat memilih untuk mengkonsumsi putih telurnya saja.

Asupan Protein juga selalu dibutuhkan untuk memperbaiki otot atau jaringan kulit yang terluka. jika kamu seorang wanita yang melahirkan dengan proses sesar, mengkonsumsi bagian putih telur rebus akan mempercepat pengeringan dan pemulihan bagian sayatan setelah proses kelahiran dengan bedah sesar.

2. Manfaat telur rebus untuk Tulang

Protein sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan baru pada tubuh. Ketika masa pertumbuhan, protein akan digunakan untuk membentuk bagian baru dari tulang sehingga tulang dapat tumbuh dengan baik. Seseorang yang pernah mengalami patah tulang pasti disarankan oleh dokter untuk mengkonsumsi daging, telur atau susu agar proses pemulihannya lebih cepat.

Selain protein, pada telur juga banyak mengandung kalsium. Jika protein dibutuhkan untuk pebentukan jaringan baru seperti pada bagian tulang dan otot, kalsium justru akan disimpan pada tulang untuk menguatkan dan memadatkan.

Ketika masa pertumbuhan sudah selesai, kalsium akan lebih dibutuhkan untuk menjaga kemampuan tulang daripada zat protein. Jadi, jika kamu memasuki usia 40tahun, akan bagus jika kamu selalu mengkonsumsi telur rebus atau sumber makanan berkalsium untuk menjaga kepadatan tulang kamu.

3. Manfaat telur rebus untuk Otak

Didalam kuning telur terdapat salah satu senyawa yang bernama choline. Senyawa Choline ini ternyata mempunyai fungsi tersendiri dalam pembentukan acetylcholine yaitu zat yang dibutuhkan untuk menjaga kemampuan mengingat dan meningkatkan kinerja otak.

Ketika masih anak-anak, zat acetylcholine akan sangat dibutuhkan untuk perkembangan kemampuan mengingat, seiring bertambahnya usia zat ini akan selalu dibutuhkan untuk menjaga otak dari penurunan kemampuan mengingat atau sering disebut dengan pikun.

Memasak telur dengan cara direbus akan menjaga kandungan dalam kuning telur tetap utuh karena panas tidak langsung menyengat bagian dalam telur tapi bertahap dari bagian telur paling luar atau cangkang telur. Untuk mendapatkan nutrisi dari kuning telur yang lebih baik, sebaiknya telur jangan direbus terlalu lama agar bagian kuning telur tidak terlalu matang atau sering disebut setengah matang dalam istilah memasak.

4. Manfaat mengkonsumsi telur rebus untuk ibu hamil dan janin

Seperti yang sudah kita ketahui, telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Protein akan sangat dibutuhkan oleh wanita ketika masa kehamilan, dimana pertumbuhan sel dan jaringan tubuh janin akan membutuhkan sangat banyak asupan protein.

Sekali lagi, mengkonsumsi telur memang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh dalam kondisi apapun, tapi tetap saja jumlah yang dapat dikonsumsi harus dibatasi setiap harinya sesuai dengan dosis yang di anjurkan.

Kelebihan memilih telur rebus sebagai sumber protein adalah pada sisi finansial, dimana kita tahu, proses kelahiran akan membutuhkan banyak biaya, dengan harga telur yang masih relatif murah, calon ayah juga masih dapat menabung untuk mempersiapkan biaya kelahiran.

Perkembangan otak janin adalah masa yang penting ketika kehamilan, choline serta asam lemak omega-3 yang terdapat pada telur mampu menjadi sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan tubuh janin. Dengan tercukupinya nutrisi untuk perkembangan otak janin, bayi dapat terhindar dari kecacatan syaraf ketika lahir.

Selain nutrisi untuk janin, didalam telur rebus mengandung jumlah kalori yang cukup untuk mencukupi kebutuhan energi bagi ibu dan janin. Satu butir telur rebus dapat memberikan tambahan sekitar 70 kalori atau 30% kebutuhan kalori tambahan untuk ibu hamil. Baca Juga : Bahan makanan yang mengandung antibiotik alami.

5. Tujuan atau manfaat rutin mengkonsumsi telur rebus pada malam hari sebelum tidur

Sebenarnya tidak ada manfaat khusus jika mengkonsumsi telur rebus pada malam hari sebelum tidur, hanya saja jika kamu ingin menggemukkan badan atau ingin badan lebih terlihat berisi, cara ini sudah terbukti ampuh. Baca Juga: Ternyata gendut dapat menular.

Jumlah kalori dan protein yang cukup tinggi pada telur rebus dapat membentuk otot agar lebih besar. Ketika tidur, kamu tidak melakukan aktifitas yang menguras tenaga, jadi dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein dan kalori seperti telur rebus, otot akan menyerap protein lebih banyak dan hanya menggunakan sangat sedikit untuk aktifitas atau bergerak saat tidur.

6. Manfaat Telur Rebus untuk Diet

Kandungan nutrisi 2 butir Telur Rebus sudah sangat cukup untuk kebutuhan tubuh dalam satu hari. Dengan cara makan 2 butir telur rebus, kebutuhan nutrisi anda sudah terpenuhi, jika tidak makan nasi atau karbohidrat tidak masalah, jika terasa lapar biarkan saja. Anda hanya membutuhkan vitamin dari sumber buah-buahan.

Telur rebus untuk diet memang sangat bagus karena disamping harganya yang murah, bahan makanan satu ini juga sangat mudah didapat. Dengan cara ini pasti dalam waktu kurang dari satu bulan berat badan anda akan berkurang tanpa anda kekurangan jumlah nutrisi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel